Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Minggu, 15 Agustus 2021

5 Alasan Labuan Bajo Menjadi Destinasi Impian

Masih terus berharap keadaan kembali membaik, sudah rindu sekali rasanya pelesiran ke berbagai destinasi di Indonesia setelah Pandemi berakhir. Masih banyak list perjalanan yang ingin dikunjungi, salah satunya Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur. Cukup sedih kalau mengingat ini sebab sebelumnya hampir mau berangkat namun karena situasi serta kondisi tidak memungkinkan kala itu sehingga urung dilakukan.

Akhirnya hanya bisa menikmati gambar-gambar indah panorama Labuan Bajo dari adik yang bisa berangkat ke sana. Sejak beberapa tahun terakhir Labuan Bajo memang tengah memikat banyak wisatawan untuk datang menikmati panorama keindahannya. Labuan Bajo bahkan ditetapkan menjadi salah satu dari 5 destinasi wisata super prioritas yang dicanangkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) selain Borobudur, Danau Toba, Likupang dan Mandalika.

Siapapun pasti akan jatuh hati dengan Labuan Bajo karena bisa merasakan sensasi traveling yang lengkap. wisata budaya, alam yang menakjubkan, melihat hewan dari zaman purbakala sampai sailing (wisata bahari) menggunakan Kapal Pinisi sebuah kapal layar yang menggunakan semacam layar sekunar dengan dua tiang dengan tujuh helai layar. Setidaknya ada 5 alasan mengapa Labuan Bajo menjadi destinasi impian. (Dokumentasi Gambar milik adik)

1) Gugusan Pulau Eksotis

Sebagai destinasi wisata kepulauan, Labuan Bajo identik dengan kegiatan  berwisata dari satu pulau ke pulau lain atau istilah lainnya island hopping. Ada beberapa gugusan pulau yang indah dengan pesona alamnya. Seperti : 

- Pulau Padar

Bisa dikatakan ikonik-nya dari Labuan Bajo, lokasi ini menjadi primadona bagi siapa pun yang datang ke ke destinasi ini. Perbukitan yang dikelilingi laut biru yang sangat cantik. Setidaknya memakan waktu 15-20 menit untuk sampai puncaknya, Perasaan lelah tentu akan terbayar ketika melihat pemandangan yang tersuguh dari atas Pulau Padar.  Ada empat pulau kecil dan cekungan Pantai Padar dengan panorama yang memukau jika dilihat dari atas tertinggi bukit Padar. 

- Pulau Komodo

Menjadi habitat terbesar hewan purba Komodo di Taman Nasional Pulau Komodo. Spot paling tepat untuk melihat pola keseharian komodo adalah bukit Ara dengan ketinggian kurang lebih 538 Mdpl. Selain komodo, di area ini  juga bisa melihat satwa liar lain seperti banteng, rusa dan kuda liar di Padang rumput luas serta hutan sabana. Disamping itu juga ada wisata biota bawah laut.

- Pulau Kanawa

Memiliki keindahan alam dan bahari yang sangat mempesona terutama keindahan pantai serta kehidupan bawah laut yang sangat menarik. Warna Laut yang biru kehijauan, juga pasir pantai yang putih bersih. Menjadikan area refreshing dan kenyamanan tersendiri tentunya.

Pulau ini juga menawarkan sebuah taman bawah laut dengan keindahan yang mempesona pasalnya biota bawah laut serta terumbu karang dapat dengan mudah disaksikan ketika tiba di dermaga lantaran permukaan airnya yang begitu jernih. 

- Pulau Kelor

Kabarnya dinamakan kelor karena pulau ini bentuknya cenderung bulat dan kecil. Di pulau bisa terlihat panorama keindahan gunung, pantai, sekaligus pemandangan bawah lautnya. Selain itu di pulau ini terdapat pasir putih, dan bukit yang berubah menjadi sabana kering dengan warna cokelat. Kawasan Pulau Kelor juga kerap dijadikan spot Snorkeling dan diving dengan perairannya yang sangat tenang. 

- Pulau Rinca

Kerap disebut rumah Komodo, menjadi salah satu habitat komodo selain Pulau Komodo. Akan tetapi ada banyak juga kehidupan hewan liar kecil lainnya. Pulau ini bisa di capai dengan perahu kecil dari Ibu Kota, Labuan Bajo. Spot yang paling tepat untuk menikmati tingkah laku Komodo dari dekat biasanya akan ditemani ranger atau pengawas.

2) Melihat langsung Hewan Endemic Komodo

Salah satu keistimewaan berkunjung ke nusa tenggara Timur ini adalah keberadaan hewan endemic komodo yang bisa dilihat dekat dari habitat aslinya. Sekitar tahun 1991 Cagar Alam Komodo ditetapkan sebagai salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO di Indonesia didasari atas keindahan bentang alam di Pulau Komodo yang memiliki estetika dan fenomena yang langka. 

3) Pesona Wisata Alam Yang memikat

Labuan Bajo memiliki lanskap alam yang luar biasa indah dan memikat. Garis pantai serta panorama yang begitu memanjakan mata, dan berbagai destinasi wisata menarik lainnya yang tak kalah menakjubkan. Setelah gugusan Pulau dengan beragam pesona ada juga pantai yang unik di kawasan Nusa tenggara timur ini.

Pink Beach sebuah view yang begitu unik. Warna pink dari pantai ini  merupakan campuran antara pantai pasir putih yang bercampur dengan serpihan karang, cangkang kerang, serta kalsium karbonat dari invertebrata laut yang berukuran sangat kecil. 

Disamping itu, Labuan Bajo juga menawarkan keunikan alam lagi berupa sebuah bentang alam yang tak kalah unik. Untuk mencapai ke lokasi tersebut setidaknya memerlukan petualangan dalam perjalanannya. Adalah Goa Rangko atau kerap disebut Goa Rahasia karena  masih cukup sulit untuk  dicapai oleh kendaraan secara umum, setidaknya harus berjalan kaki dan menyewa pemandu dari masyarakat setempat untuk mencapai tujuan.  Indah dan unik karena dihiasi dengan berbagai batu stalakmit dan stalaktit yang tidak tajam serta terisi air laut berwarna biru jernih.

4) Keindahan bawah laut

Tidak bisa dipungkiri, kalau Labuan Bajo adalah surga bagi para pecinta wisata alam. Selain memiliki pantai dengan warna pasir yang unik, gugusan pulau yang menawan, keistimewaan endemik hewan purba yang tidak kalah mengesankan adalah keindahan alam bawah lautnya. Beragam ikan dan terumbu karang warna-warni menjadi daya tarik tersendiri. Ada beberapa spot yang cukup recomended untuk aktifitas snorkling ataupun diving.

- Manta Point dengan keindahan perairan berwarna tosca yang jernih. Satu daya tarik di area ini adalah adanya satwa air langka yang dilindungi di Indonesia, yakni manta ray atau ikan pari manta besar khas Indonesia Timur. Disini juga banyak dijumpai habitat ubur-ubur yang memang menjadi makanan bagi ikan manta.

- Taka Makassar merupakan pulau yang sangat kecil di Labuan Bajo. Saking kecilnya, pulau ini hanya akan muncul saat air sedang surut. Di bawah pulau berbentuk bulan sabit dan berpasir putih bersih ini, akan bisa dijumpai keindahan laut yang menawan. Gugusan terumbu karang yang dikerubungi ikan-ikan kecil dapat terlihat dengan jelas karena air lautnya yang jernih.

5) Wisata budaya

Membahas daya tarik Labuan Bajo tidak hanya dari alam dan pesona lainnya saja. Yang tidak boleh terlewatkan dan menjadi salah satu keistimewaan juga dari Labuan Bajo adalah wisata budaya tepatnya Desa Wae Rebo, destinasi ini memiliki budaya lokal yang unik. Hal tersebut dapat terlihat dari rumah warga desa yang berbentuk segitiga yang disebut Mbaru Niang.

Sumber gambar : Website Merdeka (com)

Desa Wae Rebo terletak di ketinggian 1000 mdpl dikelilingi oleh perbukitan yang sangat asri karena hal itu area ini sering dijuluki dengan sebutan kampung di atas awan. Pada Agustus 2012 Wae Rebo bahkan dinyatakan UNESCO sebagai Warisan Budaya Dunia.

Merancang list menjelajahi Labuan Bajo rasa-rasanya tentu tak akan cukup jika berkunjung hanya sehari, mengingat begitu banyaknya objek menarik yang sayang jika dilewatkan. Untuk pilihan akomadasi penginapan, ada beragam macamnya, Jika mencari dengan harga cukup bersahabat dengan fasilitas memadai, Aku suka menggunakan RedDoorz yang merupakan jaringan penginapan budget online di Indonesia dan mudah dijumpai karena telah banyak tersedia di berbagai wilayah. Proses reservasinya nya pun sangat mudah.

1) Buka aplikasi atau website RedDoorz, login atau klik Daftar jika belum memiliki akun

2) Di halaman beranda ketik nama kota atau wilayah tujuan di kotak pencarian (dalam hal ini Aku pilih Kota Labuan Bajo ). Jangan lupa Pilih waktu chekin dan chekout kemudian enter.

3) Setelahnya akan muncul berbagai properti pilihan yang tersedia.

4) Klik properti yang di inginkan. Untuk mengetahui lebih jauh  fasilitasnya bisa klik detail properti, biasanya berisi gambaran kondisi dari properti tersebut. Setelah dirasa sudah pas langsung klik pesan sekarang.

5) Cek lagi detail biaya, biasanya sudah terangkum jelas biaya properti satu kamar serta sudah include pajak kemudian klik tab biaya sekarang

6) Pilih jumlah pembayaran ada beberapa opsi mulai dari transfer bank, kartu kredit serta bisa juga bayar di beberapa minimarket

7) Setelah di pilih akan keluar instruksi pembayaran. Misalnya memilih by transfer maka di tab utama akan di infokan virtual acount atau nomor rekening untuk transfer. 

8) Setiap detail transaksi akan dikirim ke emil terdaftar beserta nomor refrensi bookingan serta batas waktu pembayarannya. 

Sepengalaman reservasi melalui RedDoorz cukup puas dengan harga yang ditawarkan (apalagi jika ditambah promo diskon). Disamping itu situs jasa pelayanan penginapan online ini selalu memberi jaminan di tiap akomodasi, berupa adanya Wi-Fi gratis, televisi satelit, air mineral, linen dan kamar mandi yang bersih, serta adanya peralatan mandi.

RedDoorz memberikan pengalaman menginap yang nyaman dan mudah misalnya easy booking 24 jam.Oleh karenanya, sepatutnya tidak perlu risau mengenai penginapan, sebab hotel di labuan bajo beragam jenis serta klasifikasinya. Tinggal di sesuaikan saja dengan kecukupan budget dan keinginan.

Hampir dua tahun, permasalahan pandemi karena Covid-19 ini memporak-porandakan segala rencana. Semoga keadaan akan lekas membaik, sehingga bisa mewujudkan impian yang tertunda dan tidak hanya berakhir sekedar harap.

22 komentar:

Tanti Amelia mengatakan...

ya ampuuun kupikir ini judul drakor loh mbak!

Tapi emang bener sih semua viewnya is all about the light of heaven!

nchie hanie mengatakan...

Aamiin. Semoga segera usai dan kita bisa traveling lagi dengan nyaman dan aman tanpa khawatir.
Bhuaaa, aku mupeeng banget lihat poto2nya beneran surgaa saat melihatnya.
Pink beach yg menggoda banget ituu, love,bangga sama wisata alam, budaya di Labuan Bajo.

Ainhy edelweiss mengatakan...

Semoga pandemi cepat usai dan traveling bisa bisa kemana-mana, apalagi Indonesia kaya akan keindahan alamnya dan cukup aku sendiri ingin sekali menyentuh semua tempat wisata di Indonesia timur. Aminnn

Andiyani Achmad mengatakan...

sambil membaca tulisan ini aku sambil berdoa dalam hati dan diucapkan semoga bisa ke Labuan Bajo sekeluarga terutama sama suami buat honeymoon yang tertunda heheheh

Mia Yunita mengatakan...

Wah asyik nih, reddoorz pun ada di labuan bajo ya. Jadi pengen traveling ke situ deh.

Wiwid Wadmira mengatakan...

Aamiiin... Semoga pandemi lekas berlalu, gak sabar juga untuk bisa jalan-jalan, keliling Indonesia lagi. Keren banget ya Labuan Bajo ini. Beruntung sekarang pilihan penginapan makin banyak dan beragam.

Katerina mengatakan...

Labuan Bajo memang terbaik. Kegiatan wisata di sana komplit, menantang, dan sangat berkesan. Saya udah 2 tahun sejak abis dari Labuan Bajo. Sampai sekarang terkenang dan ga satupun bisa terlupakan. Sebagai orang Indonesia yang gemar berwisata, wajib banget liburan di Labuan Bajo

Ruli retno mengatakan...

Aku belum kepikiran mau kesana karena aku gak suka hewan melata (komodo) eh ternyata selain komodo destinasinya banyak yg menarik ya, jadi pengen ke pantai pink

Dewi Rieka mengatakan...

Jadi kangen berburu hotel di Red Doorz ya pilih yang murah tapi nyaman. Terakhir booking hotel suatu tahun lalu..

Dwi Puspita mengatakan...

Tjakeppp banget pemandangan alam disana memang, bikin betah deh liburan lama disana, bisa2 gak mau pulang...hahaha

Tuty Queen mengatakan...

Duh, cakepnya Labuan Bajo. Udah lama banget pengen kesini tapi harus nabung dulu biar lancar dan puas liburannya :)

Ade UFi mengatakan...

Duh, jadi mupeng deh mau jalan-jalan ke Lombok. Kapan lah pandemik ini berhenti. Itu indah banget yaa pemandangan labuan bajo. huhuhu...

Dian Restu Agustina mengatakan...

Aku ke Labuan Bajo bareng rombongan tuh senengnya karena biaya lebih bisa dihemat, tapi jadi ga bisa milih sendiri itinerary. Dan aku masih penasaran keliling ke tempat lainnya seperti yang disebutkan di artikel ini. Apalagi kalau nginepnya di RedDoorz, bakalan nyaman dan harga terjangkau di genggaman

Jiah Al Jafara mengatakan...

Aku penasaran juga sama Pink Beach. Anak pantai kok ya selalu excited lihat laut. Labuan Bajo juga banyak tempat yang oke. Semoga ada kesempatan buat ke sana

Dee_Arif mengatakan...

Ah iya mbak, Labuan bajo adalah salah satu wishlist liburanku, selain pengen ke pulau komodo aku juga pengen ke pantai pink

mardanurdin.com mengatakan...

Ya Allah, membaca postingan ini bikin jiwaku meronta-ronta. Soalnya ini nih destinasi wisata yang sudah sejak lama kuimpikan. Semoga masa pandemi ini segera berakhir dan diberi rezeki untuk berkunjung ke Labuan Bajo.

Rachmanita AdindaRara mengatakan...

Aku belum pernah ke Labuan bajo tapi kalau lihat dari foto-fotonya ini kepengen banget sih pastinya ke sana cuma kayaknya nanti dulu deh

Milda Ini mengatakan...

Sejak Redoor muncul , aku ya suka nginap di tempat ini diberbagai kota dan banyak juga nemui pengalaman, ada yang sampai tiga kali ganti kamar baru puas, ada juga yang langsung Ok, lumayanlah bisa menyisihkan bajet buat beli oleh2 yah

lendyagassi mengatakan...

MashaAllah~
Bahagia banget melihat Pantai yang jernih dan warnanya memukau.
Pastinya kudu ke Labuan Bajo niih..untuk menikmati bagaimana udara di sana, hehhee..

Latifika mengatakan...

Pink beach nya cantik bangett, aku pernah liat temen ke sana honeymoon, mendukung banget suasananya. Lanjut lagi ke Labuan Bajo mereka. Ah, saya kapaaannnnnn

Mirna mengatakan...

Aku selalu iri sama orang-orang yang bisa ke Labuan Bajo, foto dan videonya tersebar dimana-mana dan aku belum pernah. Semoga nanti dimampukan rizky nya buat berlibur ke Labuan Bajo, semoga RedDoorz juga masih ada biar dapet penginapan murah berkualitas

Rifai Hadi mengatakan...

Salah satu destinasi yang sejak lama menjadi incaran, tapi tidak kesampean.