Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Senin, 07 Juni 2021

Tingkatkan Keterampilan Bersama Platform Belajar Online Qubisa

Sudah lebih dari satu tahun, Pandemi ini menginfeksi secara global dan seruan untuk tetap berada dirumah terus menggaung menjadi sebuah peringatan. Dampak dari Pandemi ini juga juga mempengaruhi berbagai sektor tidak terkecuali perekonomian. Banyak perusahaan yang terpaksa berhenti beroperasi dan ada juga yang melakukan pengurangan karyawan.

Kendati keadaan belum seutuhnya stabil, bukan berarti menyerah dengan situasi sulit ini. Pergunakan waktu dengan melakukan suatu hal bermanfaat selama di rumah saja, misalnya dengan mengikuti kursus online gratis yang tidak sekedar hanya untuk mengisi waktu saja tapi juga menambah skill dan keterampilan. Yang terpenting ada gadget dan kuota data mencukupi.

Di era serba digital seperti sekarang ada banyak  platform belajar online yang bisa diakses secara gratis. Dengan bermacam metode pembelajaran dan kategori, pilihan tempat mempelajari semua bidang itu sangat beragam. Salah satu tempat untuk belajar online yang cukup rekomendasi adalah Qubisa merupakan platform e-learning berbasis web, yang sangat mudah di akses. Selain itu, juga bisa mengunduh aplikasi nya lewat playstore.

Mengenal Qubisa Lebih Jauh

Qubisa adalah sebuat platform pembelajaran yang menghubungkan Peserta (yang melakukan pembelajaran) dengan Instruktur (yang memberikan pengajaran) lewat dua metode yakni melalui webinar dimana bisa saling berinteraksi ataupun lewat rekaman video dengan persentasi yang sesuai pembahasan. Platform belajar online ini memiliki cakupan topik sangat beragam dan bervariasi.

Dengan tagline Aku Bisa Kamu Bisa, Qubisa memiliki misi untuk menyiapkan lulusan baru dan profesional agar menjadi lebih kompeten dan kompetitif dalam Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Meningkatkan akses Pendidikan dan Pelatihan yang berkualitas untuk semua orang yang bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun. Menambah skill atau keterampilan sesuai passion yang di minati.

Platform belajar daring ini sangat sesuai untuk semua kalangan, baik yang bekerja ataupun yang melakukan aktivitas di rumah saja. Apalagi bagi yang memiliki perencanaan untuuk  mengembangkan Karir, disini juga ada fitur menu pilihan belajar Career DevelopmentSangat membantu menambah pengetahuan serta wawasan dengan mengakses video-video bermanfaat yang disediakan oleh Qubisa. Materi yang disampaikan cukup sederhana tetapi tidak terlalu sulit untuk dipahami. Sebagian besar durasi pembelajarannya juga tidak terlalu lama.

Untuk bergabung di Qubisa caranya pun sangat mudah. Saat mendaftar hanya tinggal isi data diri berupa nama lengkap, username, email, password, dan nomor hp. Setelahnya jangan lupa untuk verifikasi email. Setelah terdaftar Kita bisa langsung login dan memilih pembelajaran yang sesuai dengan minat.Setiap peserta bebas untuk memilih kursus online gratis di situs Qubisa ini. Ada 10 Kategori yang bisa di ikuti : 

1. Business

Di kategori bisnis, peserta bisa belajar semua hal yang berkaitan dengan dunia bisnis dan dibagi menjadi 9 sub kategori diantaranya All Business, Communications, Entrepreneurship, Finance, Home Business, Industry, Management, Media, Strategy. 

2.Design 

Saat ini keterampilan design berbasis web tengah banyak digandrungi. Di platform Qubisa ada 3 sub kategori pembelajaran seperti All Design, Design Tools dan Web Design.

3. Finance & Accounting

Mempelajari berbagai hal mengenai dunia keuangan dan finance. Terbagi dalam 4 sub kategori diantaranya All Finance & Accounting, Finance, Investing & Trading dan Money Management Tools. 

4. Human Resource 

Mendalami karakteristik Sumber Daya Manusia. Dalam dunia kerja hal ini umumnya berkaitan dengan perekrutan pegawai. Terbagi dalam 5 sub kategori : All Human Resource, HR Management, HR Transformation, Organization Development dan Recruitment & Selection. 

5. IT & Software 

Mempelajari berbagai hal yang berkaitan akan ilmu teknologi dan perangkat lunak. Ada 2 sub kategori meliputi All IT & Software dan Operating System. 

6. IT Development 

Mempelajari ilmu teknologi lebih spesifik, seperti pengembangan suatu perangkat lunak. Untuk kategori ini dibagi jadi 7 subkategori diantaranya All IT Development, DatabasesDatabase, Game Development, Machine Learning, Mobile Development, Programming Languages dan Web Development. 

7. Lifestyle & Health 

Tidak hanya menekankan pada pembelajaran keterampilan, di Qubisa juga ada sharing tips seputar gaya hidup dan kesehatan. Terbagi dalam 9 sub kategori yakni All Lifestyle & Health, Beauty & Makeup, Food & Beverage, Gaming, General Health, Music, Photography, Sport dan Travel. 

8. Personal Development 

Sharing session yang merupakan materi berisi pengembangan diri agar lebih dapat mengontrol atau mengendalikan diri  secara baik dan efektif. Terdiri dari 8 sub kategori : All Personal Development, Career Development, Creativity, Leadership, Motivation, Personal Brand Building, Psychology dan Stress Management. 

9. Sales & Marketing 

Mempelajari lebih mendalam seputar dunia pemasaran. ini terbagi dalam 7 sub kategori meliputi All Sales & Marketing, Kursus Online Digital Marketing , Branding, Content Marketing, Product Marketing , Search Engine  Optimazation  dan Social Media Marketing.

10. Teaching & Academics

Belajar dan mendalami materi akademik yang terbagi ke dalam 4 sub kategori : All Teaching & Academics, Geography, History dan Language. 

Ada beberapa kelas yang tersedia di situs Qubisa diantaranya webinar, kursus, paket kursus dan microlearning yang merupakan webinar pengembangan diri untuk mempelajari skill tertentu dengan cara singkat dan topik yang cukup up to date dengan kondisi saat ini. Ada begitu banyak program yang di tawarkan Qubisa ini seperti salah satu yang Aku ikuti  dan cukup menarik materi pembahasannya dan berkaitan cukup erat dengan era digitalisasi.

Temanya adalah "Gerakan Milenial Melek Literasi Digital" dengan instruktur Universitas Padjajaran, terdiri dari 16 video dengan durasi 57 menit. Berkaca pada banyak kejadian yang terjadi di jejaring sosial belakangan ini, belum begitu banyak pengguna yang memahami secara mendalam seputar literasi digital. Sehingga mudah terpengaruh pada hoax, cyber bullying dan dampak negatif lainnya.


Peran Penting Literasi Digital di Era Digitalisasi

Tingginya jumlah pengguna internet di Indonesia, masih belum diimbangi secara maksimal dengan kemampuan literasi digital yang mumpuni. Jadi, pemahaman seputar literasi digital bukan hanya sekedar mencakup kemampuan mengoperasikan gadget canggih dan internet, literasi digital merupakan kemampuan untuk memahami, mengevaluasi, dan menggunakan informasi yang didapat melalui berbagai sumber digital secara bertanggung jawab. Di tengah arus informasi serta digitalisasi yang pesat perkembangannya, pengguna harus lebih bijak. Pahami algoritma dan karakteristik media atau platformnya. Jika seseorang bisa menerapkan literasi digital dalam penggunaan internet, maka manfaatnya meliputi :

- Mendapatkan informasi terkini

Di era digitalisasi seperti sekarang, siapapun bisa mendapatkan informasi dengan mudah. Baik itu melalui situs pencarian maupun jejaring sosial media. Seakan mendapatkan informasi yang aktual dan faktual, menjadi sebuah keharusan. Namun dengan pemahaman literasi digital secara tepat setidaknya bisa memfilter segala sumber informasi yang tepat dan tervalidasi.

- Kemampuan mengevaluasi

Pemahaman akan Literasi digital akan membuat pengguna lebih kritis terhadap sebuah informasi, karena telah dibekali pemahaman mengenai dunia digital. Sebab di era informasi akan dihadapkan dengan banyak sekali kabar bohong atau hoax. Maka dari itu setiap pengguna teknologi digital harus mengantisipasinya. 

- Terhindar dari cybercrime

Dengan memiliki literasi digital, tentunya pengguna bisa melakukan self-filtering untuk menghindari segala bentuk kejahatan di dunia cyber. Sebab kejahatan di dunia digital merupakan tindakan yang cukup sulit di filter jika  tidak bersikap kritis terhadap segala bentuk informasi.

- Mempermudah proses komunikasi

Tingkat pemahaman yang di miliki perihal dunia digital, tentu menjadikan pengguna bisa dengan mudah mengoperasikan beberapa teknologi untuk digunakan dalam kehidupan sehari-hari termasuk perihal berkomunikasi secara cepat. Misalnya melewati jejaring sosial media ataupun aplikasi komunikasi yang terus berkembang terakhir belakangan ini.

- Menghemat Biaya

Kemampuan menggunakan internet tentunya dapat membantu pengguna untuk memperoleh informasi dengan gratis. Banyak sekali situs-situs portal berita online yang menyediakan berbagai informasi yang bisa diakses tanpa memerlukan biaya yang mahal.

Pemahaman Literasi Digital Di era Revolusi Industri 4.0

Sebagai pengguna, Kita tidak hanya dituntut untuk melek teknologi, namun juga update terhadap informasi. Dunia industri digital telah menjadi suatu paradigma dan acuan dalam tatanan kehidupan saat ini. Untuk menghadapi revolusi industri 4.0 dimana tentu memerlukan literasi digital yang baik.

Pemahaman yang mendalam seputar literasi digital akan memberikan kemampuan pengguna untuk memproses berbagai informasi, dapat memahami pesan dan berkomunikasi secara efektif. Bisa menciptakan, melakukan kolaborasi, komunikasi, dan bekerja sesuai dengan aturan, serta memahami kapan dan bagaimana teknologi harus digunakan agar tercapai efektifitas. Termasuk kesadaran serta berpikir kritis terhadap berbagai dampak positif dan negatif yang mungkin terjadi akibat dari penggunaan teknologi dalam kehidupan sehari-hari.

Program menarik Qubisa 

Tidak hanya sekedar materi yang padat dan informatif dengan berbagai microlearning dan metode belajarnya, di Qubisa juga ada program yang sangat menarik yakni Liga PoinQu. Disini Kita belajar sambil terus mengumpulkan poin yang nantinya bisa ditukarkan dengan hadiah menarik. Asik banget ya, sambil menyerap ilmu sekaligus punya kesempatan untuk kumpulkan poin di Liga PoinQu sambil belajar dan bisa mendapatkan total hadiah hingga puluhan juta rupiah.

Yang tidak kalah menarik, Qubisa juga tengah menggelar lomba video Microlearning Festival berhadiah 95 juta rupiah yang merupakan event kompetisi pembuatan video kreatif edukatif dan di unggah di platform Qubisa yang berlangsung dari 18 Mei - 27 Juni 2021. Topik-topik yang dibahas juga beragam, bisa mengenai wirausaha, tips & Trik, pengembangan diri serta berbagai topik menarik lainnya yang bisa menjadi inspirasi yang berguna.

Aku pernah mendengar sebuah kata bijak "Waktu yang di gunakan untuk belajar tak akan sia-sia. Semua akan terbayar dengan hasil yang akan di terima kelak." Hal ini semakin mempertegas, bahwa dalam memanfaatkan waktu sebaik-baiknya adalah dengan terus belajar. Meski di tengah situasi Pandemi seperti ini, masih bisa memanfaatkan sistem belajar via kursus online.

Dari segi kepraktisan, kursus online tentu saja memilikinya. Kita tidak perlu pergi ke tempat yang jauh untuk bisa bertemu langsung dengan pengajar atau instruktur. Kegiatan ini pun bisa dilakukan dimana saja dengan mudah, terutama dari rumah. Lebih hemat biaya dan tidak memakan waktu di jalan

53 komentar:

anotherorion mengatakan...

platform qubisa ini kayake segmentasinya emang buat belajar lifeskill baik hard maupun softskill ya kak, jadi applicable banget buat dukung pekerjaan or kehidupan sehari-hari

Anazkia mengatakan...

Pandemi ini banyak "melahirkan" hal-hal baru. Ini salah satunya. Kalau dulu, ilmu-ilmu gini cuma bisa diakses di kota-kota besar. Sekarang, selagi ada sinyal dan kuota ini bisa diakses siapa saja dengan muda ^_^

Okti Li mengatakan...

Adanya Pandemi dan kecanggihan teknologi, demhan masuk nya internet ke desa, memang sudah banyak membantu saya yang domisili di pedesaan. Saya sekarang bisa ikut webinar apapun, selagi mau. Tidak harus ke luar darrah atau ke ibukota lagi kaya dulu... Mumpung ada internet harus kita maksimalkan dengan ikut banyak pelatihan atau kelas ya

Sally Fauzi mengatakan...

Aku baru tahu qubisa ini. Adanya aplikasi pembelajaran kaya gini justru bikin siapa saja bisa akses di mana pun selama sinyal dan kuota internet aman ya kak...

Ning! mengatakan...

Baru tau nih ada platform belajar namanya qubisa. Bisa jadi referensi tempat belajar online selanjutnya. Makasih infonya kak.

ulfah aulia mengatakan...

Aku pernah dengar platform belajar qubisa ini, kayaknya asik ya kak karena selain belajar kita bisa juga dapat hadiah dari programnya. Terima kasih infonya kak

Riana Dewie mengatakan...

Ada banyak pilihan kategori sesuai dengan bidang yang diminati. Jadi pingin kepoin Qubisa juga nih, buat nambah skill di masa pandemi. mumpung banyak dirumahnya :D

Raja Lubis mengatakan...

Nambah lagi satu platform belajar yang aku tahu. Dan kategori Qubisa ini cukup lengkap juga. Nanti saya kepo lebih lanjut untuk kategori IT semoga bisa berguna dan menunjang pekerjaan.

Anak Kereta mengatakan...

wah banyak juga pilihan kategor kelasnya. Bisa jadi solusi nih yang mau ningkatin skill tapi tetep di rumah aja.

Nyi Penengah mengatakan...

kategorinya banyak ya Ti, aku belum pernah cobain di Qubisa nih
mau juga kapankapan ah biar tahu rasanya. Sekarang ada kursus online begini jadi hepi lho

Eri Udiyawati mengatakan...

Jadi, kalau aku mau meningkatkan skill di bidang Finance & Accounting sesuai jurusan kuliah jaman dulu, cocok juga ya belajar di Qubisa. Sekalian menerapkan ilmunya di dunia kerja saat ini.

irpanisme mengatakan...

Mencerdaskan kehidupan bangsa bisa ditempuh dengan berbagai macam cara. Salah-satunya platform belajar online. Semoga sukses ^_^

Dian farida ismyama mengatakan...

Literasi digital ini memang penting banget ya mbak. Apalagi kita terhubung dengan Internet setiap hari. Jangan sampai share hoax dan membuat fitnah lah di Internet dan sosmed. Aku juga udah belajar microlearning qubisa

Andiyani Achmad mengatakan...

bisa jadi alternatif pilihan untuk orangtua dalam memilih platform belajar online untuk anak-anaknya

Dee_Arif mengatakan...

senangnya ada Qubisa ini ya mbak
belajar online jadi makin menyenangkan dan mudah

Puspa mengatakan...

Menarik artikelnya Siti. Belum banyak kelas-kelas online yang dibuat oleh lokal dan dapat digunakan secara gratis. MOOC ini jelas membantu untuk dapat banyak wawasan dan pengetahuan secara cuma-cuma.

Hallowulandari mengatakan...

wahhh, aku langsung meluncur ke web kubisa nih, jadi banyak video2 informasi tentang berbagai macam topik yaa, menarik banget buat nambah2 skill nih

Maftuha mengatakan...

Nambah lagi ya platform baruuu... ini cukup lengkap juga keknys. Btw gratisny brpa lma ini

mirnaaf mengatakan...

PeelP digaris bawahi kemampuan literasi digital yang kurang. Ckck. Semoga bisa menjadi instropeksi bersama. Semangat ^^

Mugniar mengatakan...

Ada lomba video Microlearning Festival berhadiah 95 juta rupiah .... waah menarik ini ... mau cek syarat2nya apa saja. Siapa tahu bisa bikin. Cari ide duluu.

lianny mengatakan...

Wah menarik sekali ya Qubisa ini, lengkap sekali 10 kategorinya, tinggal pilih aja kita mau belajar yang mana. Asyiknya, bisa belajar online dari rumah, cocok banget di masa pandemi seperti sekarang ini.

nurul rahma mengatakan...

Menyenangkan bangeettt kalo kita bisa belajar secara online dgn platform QuBisa ini.
Emak2 rempong maupun pekerja korporat tetep dapat kesempatan untuk upgrading skills yak.
Kece banget!

nchie hanie mengatakan...

Sekarang familiar banget platform belajar online ini, memudahkan kita semua buat nambah skill atau mempertajam skill kita yam banyak kategorinya jugaa.
Aku mau kepoiin ahh, mau apgred skill lagii.

Rach Alida Bahaweres mengatakan...

Wah ada lomba juga ya. Jadinya kita bisa mendapat banyak ilmu sekaligus menguji kemampuan kita melalui lomba. Makasih infonya mba

Meykke Santoso mengatakan...

Setujuuu mba, aku juga baru saja belajar cara branding diri positif juga di sini. benar benar membantu kita yang ingin belajar gratis dan dari rumah ya. Suka banget sama Qubisa

Firsty Ukhti Molyndi (Molzania) mengatakan...

Qubisa ini lengkap sekali materi pembelajarannya, jadi pengen ikutan semuanya. molly suka nih belajar online

Diah Kusumastuti mengatakan...

Masa pandemi harus dimanfaatkan sebaik-baiknya ya, Mbak. Termasuk belajar dan meningkatkan skill. Qubisa ini banyak pilihan kelasnya, ya. Biayanya pun terjangkau bahkan banyak yang gratis. Menarik :)

Keke Naima mengatakan...

Salah satu hal positif dari pandemi. Banyak pembelajaran online yang melimpah. Gak sekadar searching di Google. Mungkin kalau di kota besar sudah banyak pilihan. Tetapi, yang seperti ini juga bisa dimanfaatkan sampai yang tinggal di pedesaan.

Nanik Nar mengatakan...

Ada lomba video micro learning festival di qubisa. Mau cek persyaratannya ah, siapa tahu bisa ikutan. Makasih infonya mbak

Sapti nurul hidayati mengatakan...

Kalau saya kemarin ikut kelas pengembangan diri mbak.. Ikut yang kelas microlearning. Materinya mudah diikuti dan nggak bikin bosan. Memajg dengan Qubisa belajar daring jadi mudah

Maya Siswadi mengatakan...

Wah, aku bisa kalap nih belajar kalo udah ngubek2 Qubisa ini. Bisa belajar banyak hal, gratis pula ya?

Milda Ini mengatakan...

cara daftarnya mudah yah, ada banyak pilihan untuk kursusu gratis juga, duh menarik sekali nih

tantiamelia.com mengatakan...

Pengen deh bisa ikutan lombanya
QUBISA bikin modul belajar bikin video juga kan yaaa?

Rina s mengatakan...

Ini isinya lebih untuk orng dewasa ya mba materinya maksudnya bukan untuk sekolah formal sd smp sma. Videonya pelatihannya ada yng dibuat beberapa bagian dan pendek2 jd ga bosen nontonnya

Nia K. Haryanto mengatakan...

Wah iya nih, bisa banget aku kenalin ini ke anak gadisku. Biar selama nunggu masa perkuliahan, dia ada kegiatan. Siapa tahu juga nemu passionya. Bidangnya banyak ya QuBisa ini. Suruh nyoba yang gratisan dulu. Jika tertarik bisa beralih ke yang berbayar ya.

Sam Leinad mengatakan...

Aplikasinya keren banget ya. Banyak yg bisa kita pelajari, dari Bisnis, Akuntansi, hingga IT. Bermanfaat banget buat nambah skill

echaimutenan mengatakan...

ningkatin diri pakai qubisa ini banyak ya pilihannya tinggal diambil yang sesuai dengan keinginan kita nngkatin diri
aku jadi pengen tadi abis liat-liat cobain ahh

lendyagasshi mengatakan...

Penting banget memang melek digital dan tetap menyaring segala informasinya dengan benar.
Web Qubisa ada banyak sekali ragam skill yang bisa dipelajari dengan gratis. keren~

Akarui Cha mengatakan...

Banyak banget sub materi yang bisa dipelajari melalui QuBisa ya. Apalagi sudah belajar, bisa dapat poin juga dan seru banget kalau nantinya jadi dapat hadiah.

Siti Nurjanah mengatakan...

Iya betul sekali, kategori pembelajaran juga beragam bisa banget untuk yang ingin menambah wawasan dan meningkatkan skill serta keterampilan nya

Siti Nurjanah mengatakan...

Iyas, betul sekali mba
Berkat kemajuan Digital sekarang untuk mengakses ilmu pun jadi lebih mudah

Siti Nurjanah mengatakan...

Iya Teh Okti.
Internet dan kemajuan teknologi membantu kita juga lebih mudah dalam mengakses segala hal
Tak terkecuali utk webinar ataupun kursus online seperti Qubisa

Helenamantra mengatakan...

Baca topik-topik di QuBisa menarik ya. Enaknya sekarang itu mau kursus bisa via daring, cocok buat buibu macem aku yang susah ninggalin anak. Btw, kalau dari segi harga, berapa yg perlu dipersiapkan?

Inka Paramita mengatakan...

Waaah kereen banyak banget kursus online menarik dan bermanfaat dari Qubisa! Aku pengen nyoba buat nambah skill bisnisku nih, makasih sharingnya mba..

nurul rahma mengatakan...

Yihaa!
Siapapun bisa upgrading skills dgn QUBISA ini ya Mba
Ga ada kata "telat" untuk belajar.

Semangaatttt!

Moch. Ferry Dwi Cahyono mengatakan...

Platform Qubisa beragam pilihan pelatihan apik untuk diikuti, jangan ketinggalan ya.

Nurul Sufitri mengatakan...

AKu baru ngeh nih ada platform buat belajar online gratis seperti Qubisa :) Mesti dimanfaatkan sebaik2nya donk ya jangan sampai terlewatkan. Anak2 butuh belajar lebih paham bukan sekadar hapal aja tentunya kan.

laila dzuhria mengatakan...

Aku kira platform2 belajar itu hanya ada buat anak2 sj lho. Tp ternyata ada jg buat dewasanya. Alhamdulillah bgt ada qubisa.com ini. Jd kita bisa menambah ilmu di mana sj dn kapanpun.

Firsty Ukhti Molyndi (Molzania) mengatakan...

Molly mau nih ikutan kursus Qubisa. Tertarik dengan beberapa list kursusnya. Cari tau ahh biar makin pinter.

Fenni Bungsu mengatakan...

Belajar secara daring ini, lebih simple karena bisa dilakukan sesuai dengan kebutuhan kita, terlebih lagi banyak pilihan bidangnya. Jadi kuy dimanfaatkan untuk pengembangan skill

http://kakilasak.com/ mengatakan...

Buat yg kehilangan pekerjaan dan mau upgrade akill memang kudu ikut nih di Qubisa. Salut euy

unggulcenter mengatakan...

Makin banyak ya platform sperti ini yg bs kita manfaatkan, jd banyak pilihan diera distance learning saat ini dan kedepan

Maria G Soemitro mengatakan...

Qubisa solutif banget ya?

dulu, sebelum pandemi udah malas nambah skill di luar rumah karena macet

apalagi saat pandemi, tanpa keluar rumah bisa nambah skill