Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Minggu, 19 Juli 2020

5 Drama Korea Bertema Kisah Cinta 2 Dunia


Jika membahas drama Korea memang ga ada habisnya. Ceritanya yang variatif dan kreatif dari para industri perfilman disana selalu totalitas menggarap membuat para penikmatnya enggan untuk beranjak.

Umumnya drama Korea memang cukup khas dengan kisah romantis dan bikin baper. Dari begitu banyak beragam genre, kisah cinta dua dunia antara seorang manusia dengan 'yang bukan manusia' jadi salah satu tema yang kerap kali dihadirkan.

Kendati kerap tidak masuk akal, nyatanya ada banyak drama Korea yang menceritakan mengenai kisah romantis yang mengisahkan cinta beda dunia. Antara manusia dengan hantu, siluman, dan manusia dari dunia atau alam yang berbeda. Meski tak semua akan berakhir bahagia. Kali ini Aku mau rekomendasiin 5 kisah cinta dua dunia dari drama Korea yang pernah Aku saksikan : 


1) W - Two World (2016)

W - Two World (sumber gbr : IMDB)
Drama yang mengangkat kisah cinta antara manusia dan tokoh komik Webtoon. Memiliki judul resmi yang terdiri satu huruf saja, yaitu W. Sebelumnya Akupun sempat mengira jika judul W itu kepanjangan dari webtoon, tapi tenyata menurut Song Jae Jung, sang penulis, W merupakan singkatan dari Who dan Why. Dua kata yang berkaitan dengan kisah hidup pemeran utamanya, Kang Chul (diperankan oleh Lee Jong Suk) dan Oh Yeon Joo (diperankan oleh Han Hyo Joo).

Oh Yeon Joo adalah seorang dokter residen bedah tahun kedua di sebuah rumah sakit ternama. Ia memiliki ayah bernama Oh Sung Moo yang merupakan penulis webtoon terkenal berjudul W. Bukunya telah terbit dalam beberapa seri dan selalu mendapatkan tanggapan positif dari masyarakat.

Suatu ketika Oh Yeon Joo memasuki ruang kerja ayahnya, dan suatu keanehan terjadi yang membuatnya terjebak masuk kedalam komik Webtoon yang tengah dikerjakan ayahnya. Awalnya Ia tak menyadari segala keanehan terjadi saat pertama menolong seorang pemuda bernama Kang Chul yang tengah terluka.

Setiap memasuki babak klimaks, Oh Yeon Joo kerap melihat tulisan bersambung yang melayang dan kemudian kembali ke dunia nyata. Dan tidak sekali dia masuk ke dunia komik dan mengalami pepindahan dua dunia.

Runutan segala kejadian antara Oh Yeon Joo dan  Kang Chul begitu kompleks dan romantis, sehingga memunculkan perasaan cinta diantara keduanya. Kendati demikian mereka harus melewati kejadian perpindahan  dimensi antara dunia nyata dan komik untuk memecahkan misteri mengungkap penjahat yang telah membunuh keluarga Kang Chul dan mengincar nyawanya, seorang pembunuh tanpa identitas . 

Drama W - Two World ini berjumlah 16 episode. Keunikannya menyajikan cerita yang tak biasa dimana benturan antara dunia nyata dan dunia webtoon mampu memberikan daya tarik drama ini secara visual, terlebih ketika transisi perpindahan dimensi yang ada konsep animasi layaknya komik webtoon.

2) Scholar Who Walks The Night ( 2015 )

Scholar Who Walks The Night (Sumber gbr : IG happy_flower0106)
Cerita cinta antara Vampir dan Manusia, jadi teringat film fenomenal dari Hollywood Twilight. Tapi tentu saja drama Korea yang memiliki judul Scholar Who Walks the Night ini berbeda cerita. Diadaptasi dari cerita Komik Korea dengan judul yang sama.

Mengambil setting waktu pada dinasti Joseon, drama ini dimulai dengan menceritakan peristiwa yang terjadi 120 tahun silam. Dimana Kim Sung-yeol (Lee Joon Gi) pada awalnya adalah manusia normal yang dekat dengan Putra Mahkota Junghyun (Lee Hyun Woo) dan telah berencana menikah dengan kekasihnya, Lee Myung-hee (Kim So Eun).

Karena sebuah insiden kecelakaan yang terjadi di istana, Pangeran Mahkota Junghyun bercerita tentang seorang vampir jahat bernama  Gwi (Lee Soo Hyuk), yang mengendalikan istana seperti boneka. Sebelum dihukum mati, Putra Mahkota Junghyun juga mengungkapkan bahwa ia telah mengerjakan rencana rahasia untuk mengalahkan Gwi dan rencana itu dituliskan dalam buku harian pribadinya.

Mengapa kemudian Kim Sung-yeol jadi makhluk abadi vampir ? Hal itu lantaran Ia digigit oleh pemburu vampir bernama Hae-seo (Yang Ik Joon) yang merupakan wali vampir dan bertugas menghukum vampir lain yang melanggar aturan. Dia menggigit Kim Sung-yeol untuk memberinya beberapa kekuatan sebelum lenyap berubah menjadi abu setelah pertarungan nya dengan Gwi. 

120 tahun kemudian Kim Sung-yeol masih mencari buku harian pribadi putra mahkota Junghyun yang akan mengungkap memusnahkan Gwi. Silih berganti penjual buku ditemui sampai kemudian takdir mempertemukan nya dengan Jo Yang Sun (Lee Yoo Bi) yang merupakan putri bangsawan  yang hidup sengsara karena sang ayah dituduh berkhianat. Guna mencukupi kebutuhan hidup, ia berpura-pura menjadi pria dan menjual beragam buku ilegal. 

Jo Yang Sun sudah cukup lama mengagumi 'pelajar malam' dari sebuah buku, dan tak menyangka Kim Sung-yeol adalah penjelmaan dari komik misterius itu. Dalam kurun waktu pencarian buku putra mahkota, kebersamaan mereka terjalin kian erat dan menumbuhkan perasaan cinta diantara keduanya.

Cerita drama ini memang fokus untuk menemukan cara menghancurkan Gwi, sosok vampir kejam yang berambisi untuk menguasai seluruh umat manusia. tinggal di istana kerajaan bawah tanah dan menggunakan kekuatan dan intrik politiknya untuk mencegah Putra Mahkota Lee Yoon (Shim Chang Min) naik ke tahta.

Drama Scholar Who Walks the Night berjumlah 20 episode. Memiliki cerita cinta yang cukup klasik, dimana satu sama lain ingin saling melindungi bagi yang di cintainya. Salah satu ost yang aku suka di drama ini berjudul Sad Wind yang di nyanyikan Eun Ga Eun.

Baca Juga : 5 Drama Korea Bertema Cinderella

3) Meow The Secret Boy (2020)

Meow The Secret Boy (Sumber gbr : KoreanIndo)
Mengangkat tema cerita tentang kucing dan manusia. Seekor kucing lucu yang diam-diam dapat berubah menjadi sesosok pemuda tampan bernama Hong Jo (Kim Myung Soo). Ia tinggal bersama dengan seorang gadis bernama Kim Sol Ah (Shin Ye Eun) yang menyimpan masa lalu cintanya yang bertepuk sebelah tangan.

Meski Hong Jo bisa menjadi manusia, Ia tidak tahu bagaimana atau mengapa  bisa berubah. Setelah Hong Jo dibuang oleh pemilik sebelumnya, Kim Sol Ah datang untuk membawa dan merawatnya. Keduanya tinggal bersama dalam satu rumah, walau sebenarnya Kim Sol Ah ini alergi dengan bulu kucing.

Setelah beberapa waktu Hong Jo tinggal bersamanya, Kim Sol Ah pun menyadari bahwa Hong Jo bukan kucing biasa. Kucing itu bisa menjelma sebagai manusia dan dia harus terlibat dengan hal-hal yang tak terduga selama mereka tinggal berdua. Selain itu juga dibumbui  dengan romansa kasih tak sampai antara Kim Sol Ah dan Lee Jae Sun (Seo Ji Hoon) yang sudah berteman selama 10 tahun lamanya.

Kim Sol Ah dan Hong Jo berasal dari dunia dan latar belakang yang jauh berbeda. Yang satunya kucing dan satunya manusia, namun akhirnya mereka saling jatuh cinta. Walaupun hal ini terdengar tidak masuk akal, tapi rasa cinta bisa tumbuh dari dua perasaan yang saling terbuka.

Sisi uniknya drama ini menggambarkan sudut pandang manusia ketika melihat hewan peliharaan, sekaligus bagaimana hewan peliharaan memandang manusia.

Bisa jadi rekomendasi bagi para cat Lovers. Drama yang diadaptasi dari Webtoon dengan judul Welcome ini juga seakan mengingatkan semestinya hewan peliharaan tak hanya dilihat sebagai teman manusia, tetapi sudah semestinya manusia dan hewan peliharaan harus saling menyayangi.

4) Bride Of The Water God (2017)

Bride Of The Water God (Sumber gbr : Twitter @NJHPhilppinnes)
Menceritakan tentang Dewa Air bernama Ha Baek (Nam Joo Hyuk) yang turun ke bumi demi bertemu dengan 'pengantinnya', Yoo So Ah (Shin Se Kyung) yang seorang manusia. Yoon So Ah sendiri adalah seorang dokter psikiatri, keluarganya ditakdirkan untuk melayani dewa air dari generasi ke generasi. Inilah yang menjadikannya sebagai mempelai wanita dari dewa air.

Di sisi lain Ha Baek telah ditakdirkan untuk dinobatkan sebagai raja Dewa Air, tetapi sebelum diangkat menjadi Raja Ia harus mengumpulkan ketiga batu suci untuk menetralkan sungai selatan yang sudah memerah airnya. 

Batu-batu tersebut ada di dunia manusia.  Dan akhirnya turunlah dia ke dunia manusia. Disana dia ditemani oleh Dewa kecil sebagai pelayan nya bernama Nam So Ri (Park Kyu-Sun). Ketika Ha Baek datang ke bumi, dia kehilangan kekuatan dan petanya ke batu dewa. Sehingga ia harus bergantung pada seorang gadis manusia, Yoo So Ah yang merupakan keturunan dari keluarga yang bersumpah melayani para dewa.

Yoon So Ah sebenarnya terlilit hutang, bahkan ia sudah sangat berniat menjual tanah leluhurnya untuk pergi dan tinggal ke Vanuatu. Tetapi anehnya tak pernah berhasil, lantaran tanah itu merupakan perantara dunia dewa dan manusia.

Drama berjumlah 16 episode ini kabarnya merupakan spin off manhwa populer Korea hanya saja Settingnya dibuat modern dengan berlatar kota Seoul. Selain Nam Joo Hyuk dan Shin Se Kyung, drama ini juga didukung oleh peran pemain dari Lim Joo Hwan, Gong Myung serta Krystal f(x).

5) Angel's Last Mission: Love (2019)

Angel's Last Mission Love (Sumber gbr : Woollim Entertainment)
Mengisahkan perjalanan kisah romansa yang bersemi antara Lee Seo Yeon (Shin Hye Sun), seorang balerina yang tidak percaya akan cinta dan Kim Dan (Kim Myung Soo), sesosok malaikat  yang diutus untuk sebuah misi agar bisa kembali ke surga.

Kim Dan menerima sebuah tugas untuk menemukan cinta sejati Lee Yeon Seo. Jika ia berhasil, maka nantinya bisa kembali ke surga. Namun, lambat laun sang malaikat justru jatuh cinta kepada Lee Yeon Seo.

Lee Seo Yeon seorang perempuan yang berkarakter angkuh dan berasal dari keluarga kaya raya. Namun, ia terpaksa melepaskan mimpinya menjadi balerina setelah mengalami kecelakaan yang mempengaruhi penglihatannya.

Setelah kematian orang tuanya, Lee Yeon Seo telah disiapkan untuk menjadi pewaris tunggal sejumlah kekayaan dari keluarganya. Di sisi lain, ia sering ditipu oleh orang yang menginginkan uangnya, sehingga ia tidak bisa mempercayai siapa pun. 

Kehadiran Kim Dan di sisi Lee Yeon Seo perlahan memberi keberanian pada perempuan itu untuk lebih memaknai hidup. Namun, Kim Dan menyadari jika ia tidak diperbolehkan untuk jatuh cinta dengan manusia, karena jika dilanggar konsekuensi hukuman yang didapat begitu berat dimana salah satunya akan musnah dan menghilang.

Elemen hujan memiliki andil besar dalam perkembangan hubungan karakter Kim Dan bersama Lee Yeon Seos dalam drama yang berjumlah 32 episode ini, sekaligus berkaitan dengan masa lalu dan masa depan keduanya.

Baca Juga : 5 Drama Korea Bertema Fantasi

Sebenarnya masih banyak judul drama Korea yang mengangkat kisah cinta dua dunia ini di drama Korea seperti Goblin, My Love From the Star, Black, Legend of the Blue Sea, dan lainnya. Tapi, Aku sudah memasukannya di rekomendasi drama Korea dengan tema yang lain. Jadi, jangan lupa di baca-baca juga ya.

12 komentar:

Maria G Soemitro mengatakan...

Kalo Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo masuk mana?

Drama Korea emang ngga ada abisnya mengeksplor ide cerita ya?

Robot mirip plek dengan manusia, kisah dunia paralel, duh :D

Okti Li mengatakan...

Kalau ngomongin soal dua dunia, sebenarnya akan ada banyak pelajaran yg bisa kita ambil ya. Termasuk soal kemana kita akan pergi setelah habis jatah hidup kita di dunia ini.
Ceritanya memang bagus-bagus. Saya ga bosan bacanya. Seolah saya juga ikut nonton film eh dramanya

Nanik nara mengatakan...

iya ya, padahal settingnya dunia modern, tapi kisah cinta dua dunia ini tetap menarik

Dwi Ananta mengatakan...

Dari semua itu aku cuma nonton yang W, lainnya berhenti nonton di tengah jalan hehehe... Karena not cup my tea aja sih. Yang W seru banget, bagaimana tokoh manhwa protes ke penulisnya hahaha

Hilda Ikka mengatakan...

Aku tertarik nonton nomor 1,3,5. Apalagi yang nomor 3 sih, soalnya aku suka kucing :D 😂

Ratna Kirana mengatakan...

Fave aku bride of habaek, bajunya bagus, yang main kece. Sayang kurang hitz padahal menurutku keren bangeeet! Mau nonton yang lain juga aah..

Putri Haneen mengatakan...

Duh penasaran banget pengen nonton Meow The Secret Boy..

Dee_Arif mengatakan...

Wahh sama sama pecinta drakor ni..
Mbak suka yg genre fantasy yaa

Susi Susindra mengatakan...

DI antara judul di atas, yang saya pernah nonton (kayaknya) Scholar who Walks The Night. Tapi saya kurang yakin. Hihihi

Drama Korea banyak yang bagus dan cepat tamat. Itu yang bikin orang-orang suka.

duniamasak mengatakan...

aku tambahin The King: Eternal Monarch ya hehehe itu juga bagus karena cinta beda belahan dunia dan pemerannya Lee Min Ho. pasti auto baper :')

Sapti nurul hidayati mengatakan...

Wah, ternyata drakor yang bertema "mistis" gini juga ada ya? Jadi penasaran pengen lihat juga. .tapi sepertinya makhluk beda dunianya lebih serem tempat kita ya...

Irra Octaviany mengatakan...

King The Last Eternal Monarch gak dimasukin mbak? itu juga drama tentang dunia paralel. hihi. njelimet banget nontonnya.