Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Jumat, 24 Juli 2020

Berbagi Berkah Lewat Sedekah Daging Kurban Bersama Dompet Dhuafa


Seiring pergerakan waktu, Alhamdulillah kini telah memasuki bulan Dzulhijjah dalam penanggalan Hijriah. Salah satu bulan yang memiliki berbagai keistimewaan dimana salah satunya terletak pada 10 hari pertama. 

Sebagaimana sabda Rasulullah :
"Jika kamu masuk ke dalam sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah, maka bersungguh-sungguhlah sampai hampir saja ia tidak mampu menguasainya (melaksanakannya)." (HR. Ad Darimi)

Dari hadits tersebut, Rasulullah menganjurkan umat muslim untuk lebih bersungguh-sungguh dalam menjalankan ibadah dan amalan saleh.

Seperti Kita ketahui, dalam moment Dzulhijjah begitu banyak amalan ibadah yang bisa dilakukan. Selain ibadah wajib tentu saja, beberapa diantaranya berpuasa Arafah/tarbiyah/10 hari pertama Dzulhijjah, pergi haji serta berkurban bagi yang mampu.

Iya berkurban merupakan salah satu ibadah dalam agama islam  dimana umat muslim melakukannya dengan cara menyembelih binatang ternak sebagai wujud pengorbanan. Ibadah kurban ini sendiri dilakukan pada bulan dzulhijah tepat pada tanggal 10 Dzulhijjah.

Akan tetapi di tahun ini Kita tak bisa menafsikan tengah menghadapi ujian berat karena pandemi. Ditengah ketidakpastian, telah terjadi ketimpangan ekonomi dan tidak sedikit yang kehilangan pekerjaan. Kesulitan perekonomian semakin kian terasa, terlebih bagi mereka dengan mata pencaharian yang memiliki penghasilan harian.

Berkurban merupakan salah satu amalan yang disukai oleh Allah di hari raya Idul Adha dan memiliki pahala luar biasa sehingga tidak heran jika banyak umat muslim bersemangat untuk menggapai pahalanya.

Setiap muslim pasti memiliki keinginan untuk menunaikan kurban, mempersembahkan daging kurban untuk dibagikan manfaatnya kepada mereka yang paling membutuhkan.


Kabar baiknya, Dompet Dhuafa mau ajak #OrangBaik yang belum memiliki kesempatan berkurban, tapi sangat ingin ikut berbagi. Khususnya berbagi ke masyarakat kurang mampu di wilayah pelosok yang terdampak pandemi dan belum pernah merasakan nikmat serta berkahnya daging kurban.

Nyatanya masih cukup banyak daerah yg belum bisa merasakan daging kurban dan juga banyak yang tahun ini belum bisa berkurban karena pandemi. Ekonominya berubah, jadi hanya bisa sedekah.

Di tengah Pandemi ini, Dompet Dhuafa, berinisiatif untuk tetap bisa memberdayakan umat secara lebih baik. Jika sekiranya umat  sedang berada dalam keterbatasan dan itu menjadi sebuah ujian. Untuk tetap menjaga keikhlasan dan semangat dalam jemaah, serta kreativitas dalam beramal Sholeh maka di berikan kesempatan melalui sedekah daging kurban.

Lewat Sedekah daging kurban ini nantinya, donasi yang diberikan mulai dari  dari Rp100.000 dan uang yang terkumpul akan dikonversikan menjadi hewan kurban yang akan disalurkan ke masyarakat kurang mampu di berbagai wilayah pelosok Indonesia. Untuk diketahui bahwa sedekah daging Kurban ini niat atau akadnya adalah sedekah atau donasi bukan niat berkurban kendati nantinya sedekah tersebut dikonversi menjadi hewan kurban yang bisa dirasakan kebermanfaatannya bagi yang yang menerima.

Untuk berpartisipasi dengan donasi lewat program sedekah daging bersama Dompet Dhuafa, yang bisa diakses melalui link berikut dmptdf.com/sedekahdaging yakinilah sedekah yang dilakukan akan mendatangkan berbagai kebaikan juga keberkahan. Tidak ada syarat khusus untuk Sedekah Daging Kurban ini selain niat yang ikhlas untuk membantu atau membahagiakan saudara seiman di pelosok negeri.

Jangan pernah ragu untuk melakukan segala kebaikan, melalui #SedekahDagingKurban mari bersama sempurnakan Hari Raya Idul Adha hingga ke pelosok negeri untuk kaum dhuafa dan yang terdampak pandemi. Begitu banyak hikmah dan manfaat yang bisa diambil dari amalan ibadah ini. Dimana agama pun telah mengajarkan kepada umatnya untuk saling berbagi kepada sesama.


16 komentar:

Ariefpokto mengatakan...

Ini cara baru buat berdonasi. Cuman mau bertanya. Donasi akan dikonversikan menjadi hewan Kurban, nanti kurbannya atas nama siapa? Soalnya ada persyaratan Kurban kan.

Ani Berta mengatakan...

Semoga makin banyak yang tergerak untuk berdonasi. Kaum dhuafa jarang banget makan daging. Ini kesempatan untuk menyenangkan mereka melalui sedekah cara ini. Salut sama DD yang suka ada inovasi!

Lina Muryani mengatakan...

emang dari dulu dompet dhuafa ini top banget deh dan semakin ke sini semakin bagus apalagi belum ini meraih penghargaan dari Indonesia Fundraising Award 2020

Ophi Ziadah mengatakan...

insyaAllah gak ragu selama ada rezeki selalu usahakan untuk bs berbagi lewat Qurban.
Programnya DD ini bisa membuat daging Qurban menyebar lebih merata ke seluruh pelosok yaa

adhealbian mengatakan...

Seneng banget yah skarang tuh banyak media yang membantu mereka yg blm kesampean utk berkurban, jd bisa berkurban melalui sistem donasi yg dikonversi ke hewan kurban. Dompet Dhuafa bisa menjadi media yg tepat bagi mereka yang ingin berkurban melalui donasi ;)

Jalan-Jalan KeNai mengatakan...

Semoga di masa pandemi begini tetap ada semangat untuk berbagi. Malah rasanya semakin indah. Kalau melalui Dompet Dhuafa penyebarannya bis alebih merata

Anggapann mengatakan...

MAsyaAllah bersyukur banget dengan adanya program ini dari Dompet Dhuafa

Visya Al Biruni mengatakan...

Wah inobatui banget prpgrap sedekah daging ini ya Kak. Aku baru tshu bahwa ternyata banyak masyarakat di daerah yang belum tersenyum Daging kurban :'''

Okti Li mengatakan...

Donasi dengan kurban jelas beda niat dan rukunnya ya. Selagi blm bisa kurban, tidak ada salahnya ikut donasi seperti ini. Islam tidak memberatkan. Besar kecilnya tidak masalah yg penting ikhlas

Maria G Soemitro mengatakan...

ngga kerasa udah menjelang Idul Adha ya?
Beruntung ada gebrakan kitabisa.com bareng Dompet Dhuafa ya?
Sehingga kita bisa menyalurkan daging kurban hingga pelosok tanah air

Syaiful BS mengatakan...

Semoga semakin banyak yang ikutan berkurban yaa mbakku. Dan semoga yang tahun ini belum bisa berkurban tahun besok diberikan rezeki lebih untuk berkurban. aamiin

everonia.com mengatakan...

Masya Allah, program Dompet Dhuafa memang selalu terbaik , semoga semakin banyak orang yang mau berbagi, walaupun media berbagi ngga langsung kita yang ngasih , Insya Allah pahalanya tetap sama yaa.

Hani S. mengatakan...

Insya Allah dengan adanya program ini, semakin banyak Saudara kita dapat turut menikmati daging kurban ya Mba. Semakin gak ada alasan juga untuk kita dapat membantu sesama, dimanapun dan kapanpun.

Sulung Siti Hanum mengatakan...

Aku masih bingung soal donasi daging ini. Begitu didonasikan, nanti hewan kurban yang disembelih ada atas nama tertentu gitu kan ya. Misalnya kita bantu 1 orang yang gak mampu untuk kurban. Bener gak ya?

Akarui Cha mengatakan...

Masya Allah. Luar biasa kampanye Sedekah Daging yang digalakkan oleh Dompet Dhuafa ini. Bagi yang ingin bersedekah daging karena belum bisa berqurban jadi tersampaikan. Semoga maju terus Dompet Dhuafa.

khairulleon mengatakan...

Dompet Dhuafa ini emang paling gercep kalau melakukan kebaikan.
Sayangnya tahun ini aku belum bisa ikut berkontribusi berkurban karna ada kebutuhan satu dan lain hal.
Semoga tahun besok bisa QUrban sapi ya ampun mau banget :((((