Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Minggu, 25 Agustus 2019

Meriahkan Hari Kemerdekaan, BUMN Gelar Sejumlah Acara di Gorontalo

Indonesia memiliki pesona keindahan alam yang begitu mengagumkan salah satunya pesona alam yang mendapat julukan Maldives 'Indonesia' yakni Pulau Cinta di Gorontalo. Resmi menjadi Provinsi ke-32 di Indonesia pada 22 Desember 2000 seiring dengan program pemekaran wilayah berkenaan dengan otonomi daerah beberapa tahun lalu.

Wilayah Gorontalo sebelumnya menjadi bagian dari provinsi Sulawesi Utara. Kemudian ditetapkanlah Kota Gorontalo (sering disebut juga Kota Hulontalo) yang terkenal dengan julukan "Kota Serambi Madinah" sebagai ibu kota provinsi.


Di hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74, seluruh masyarakat Indonesia menyambut dan merayakan ulang tahun kemerdekaan  dengan penuh sukacita. 


Umumnya selain merayakan dengan upacara bendera dan perlombaan 17 Agustus, berbagai kegiatan positif bisa dilakukan seperti melakukan kegiatan bakti sosial (baksos). Sebagaimana yang dilakukan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Bersama beberapa BUMN lain seperi PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero), dan PT Djakarta Lloyd (Persero) dan PT Reasuransi Indonesia Utama (Persero) menyelenggarakan serangkaian kegiatan dalam kerangka program BUMN Hadir untuk Negeri di Gorontalo.

Keempat BUMN tersebut menggelar serangkaian kegiatan sejak 16 Agustus 2019, melakukan program pasar murah, serta berbagai kegiatan csr seperti  bedah rumah, beasiswa pelajar, revitalisasi benteng Otanaha, penyediaan sarana air bersih elektrifikasi, dan membangun fasilitas umum berupa tiga unit MCK komunal di kampung nelayan di Kota Gorontalo.


Pada pasar murah yang digelar di Gorontalo, sinergi Bank Mandiri,  IndonesiaRe, PPI dan Djakarta Lloyd menyiapkan 2.250 paket sembako senilai Rp 42.500 per paket yang dapat dibeli masyarakat seharga Rp 10.000.

Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Sulaiman A. Arianto, mengungkapkan  ulang tahun kemerdekaan bisa menjadi momentum bagi Bank Mandiri bersama perusahaan negara yang lain untuk memperkuat komitmen menjadi agen pembangunan di Tanah Air.

“Kami ingin selalu hadir bagi seluruh masyarakat, baik melalui pengembangan skala bisnis maupun aktivitas-aktivitas sosial yang bertujuan untuk mengedukasi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di berbagai wilayah Tanah Air,”  Sulaiman A Arianto menuturkan.

Di saat yang bersamaan, kegiatan tersebut juga di isi dengan berbagai hiburan dan perlombaan rakyat yang diikuti oleh direktur dan pejabat keempat perusahaan BUMN tersebut dan masyarakat sekitar.

Disamping itu, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) juga mengagas program Siswa Mengenal Nusantara dengan melaksanakan pertukaran pelajar Nasional antar provinsi. Kegiatan ini mempunyai nilai luhur dengan harapan para pelajar penerus bangsa ini  akan benar-benar bisa membangun serta mengontruksi pendidikan karakter. Juga membuka wawasan kepada siswa siswi di Indonesia agar dapat mengenal keragaman budaya.

Melewati berbagai macam rangkaian dan seleksi, siswa siswi terbaik dari Jawa Timur diberangkatkan ke Gorontalo begitupun sebaliknya. Dalam rangkaian kegiatannya, siswa siswi ini nantinya bisa mengenal secara mendalam mulai dari bahasa, budaya setempat, dan juga etika di daerah yang disinggahi. Kegiatan ini diharapkan mampu  untuk menanamkan rasa bangga dan cinta tanah air pada diri masing-masing. Selain itu para pelajar pilihan ini juga akan dikenalkan proses bisnis dan pengetahuan dasar dari masing-masing BUMN.

Puncak acara BUMN hadir Untuk Negeri tahun 2019, ditutup dengan menggelar Jalan sehat pada tanggal 18 Agustus 2019 yang  start dan finish di Lapangan Taruna Remaja.

Ribuan peserta meramaikan kegiatan jalan sehat yang merupakan salah satu agenda dari beberapa kegiatan yang digelar Kementerian BUMN dalam rangka merayakan HUT Kemerdekaan RI ke-74 sebagai komitmen BUMN untuk terus hadir di tengah masyarakat.

8 komentar:

Anisa mengatakan...

Wah keren banget nih acaranya. Selain itu juga sangat membantu nih ya Mbak

Meiga mengatakan...

Wah alhamdulillah nih ya ada acara seperti beli sembako murah gini. Sangat membantu

Alvi mengatakan...

Banyak banget nih ya kegiatan yang dilakukan di Gorontalo ini. Semoga semuanya senang ya

Novita mengatakan...

Pelaksanaan upacara kemerdekaan BUMN dilaksanakan di daerah yang jauh dari pusat kota agar masyarakat yang ada di sekitar lokasi juga bisa melihat dan merasakan langsung program BUMN hadir untuk negeri ya

Irawati mengatakan...

Positif banget melalui acara program sinergi BUMN yakni kegiatan Siswa Mengenal Nusantara (SMN) pastinya lebih membuka wawasan para siswa untuk saling mengenal lebih dalam soal daerah tujuannya

Lisnadwi mengatakan...

Selain ada upacara kenaikan bendera, juga ada berbagai perlombaan yang bernuansa nasionalisme

Lisa Moningka mengatakan...

Dari berberapa agenda acara, cukup terlihat ya kemeriahan yg dirasakan masyarakat untuk merayakan peringatan Kemerdekaan RI bersama BUMN

Azzahra mengatakan...

Selain merayakan dengan upacara bendera dan perlombaan 17 Agustus, juga bisa dengan melakukan kegiatan bakti sosial