Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Senin, 04 Juni 2018

Pesan Inspirasi Video Keluarga Surya, Betapa Pentingnya Perencanaan Keuangan

Launching Keluarga Surya (Doc.Pribadi)
Terakhir belakangan ini terutama di jagat media sosial, Keluarga Surya tengah ramai menjadi perbincangan. Oh..ini bukan tentang publik figure yang memiliki anak kembar itu tapi sebuah web series di Youtube, konsep situasi komedinya  tidak seperti kebanyakan yang sudah ada. Jika di perhatikan film pendek ini mengambil tema tentang pentingnya perencanaan keuangan. Saya jadi teringat memiliki beberapa teman dimana dalam setiap pekannya selalu melakukan perjalanan. Awalnya sempat mengira jika mereka termasuk orang-orang yang memiliki pendapatan atau keuangan yang baik. Tapi ternyata, gambar di media sosial tidak menampilkan kenyataan. Di balik itu, tidak sedikit yang Saya dengar terlilit hutang hanya untuk memenuhi hasrat, gengsi dan gaya hidup.

Beberapanya kerap kali memberikan jawaban "gimana nanti" perihal keungan yang penting bisa jalan-jalan. Saya paham betul jika setiap orang dalam hidup pasti memiliki tujuan financial yang berbeda pada setiap individunya. Ada yang memprioritaskan untuk kebutuhan keluarga, ada yang mengolah untuk pendidikan dan ada juga untuk memenuhi gaya hidup ke kinian yang tengah trend.

Memang tidak ada salahnya membahagiakan diri dengan melakukan hal yang disukai, tetapi apakah semua sudah berjalan sebagaimana mestinya. Jangan sampai, managemenet keuangan yang keliru malah menjebak pada kesulitan financial. Hal ini semakin menyadarkan betapa penting sebuah perencanaan keuangan sebagai landasan dasar dalam mengolah pendapatan dan pengeluaran secara berkesinambungan untuk masa mendatang yang lebih baik.

Diakui, saat ini masih banyak masyarakat yang belum memiliki pemahaman terkait pengelolaan keuangan, khususnya proteksi dan investasi, sehingga memilih untuk menunda melakukan perencanaan keuangan untuk kenyamanan masa depan. Keluarga milenial umumnya menabung hanya untuk tujuan jangka pendek dan masih enggan berinvestasi jangka panjang. Hal ini merujuk pada Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan yang dilakukan oleh Otoritas Jasa Keuangan pada 2016 yang menunjukkan, indeks literasi asuransi masyarakat Indonesia hanya mencapai 15,76%, mengalami penurunan dibanding beberapa tahun sebelumnya.

Hadir presscon #LebihBaik Sekarang (Doc.Dito)
Kondisi ini mendorong PT Sun Life Financial Indonesia (Sun Life) untuk terus giat mengedukasi masyarakat, khususnya keluarga Indonesia tentang pentingnya mencapai kemapanan finansial, salah satunya. melalui kampanye komunikasi #LebihBaik Sekarang yang resmi diluncurkan pada 31 Mei 2018 bertempat di XXI Lounge, Plaza Senayan.

Peluncuran Kampanye #LebihBaik Sekarang


Dibekali pengalaman panjang dan kompetensi di industri asuransi dan finansial, Sun Life memahami literasi keuangan masyarakat dan pengelolaan keuangan bagi setiap keluarga Indonesia merupakan hal yang sangat penting, karena keluarga merupakan salah satu pilar perekonomian bangsa. Selain itu, sebagai unit terkecil dari masyarakat, keluarga memiliki fungsi untuk memperkenalkan dan menanamkan nilai baik pada individu, salah satunya terkait pengelolaan dan perencanaan keuangan.

Presscon Kampanye #LebihBaik Sekarang (Doc.Pribadi)
"Melalui kampanye #LebihBaik Sekarang, Sun Life mengajak masyarakat Indonesia untuk tidak lagi menunda dalam melakukan perencanaan yang tepat, demi meraih kualitas kesehatan, pendidikan, dan keuangan yang lebih baik untuk diri sendiri dan keluarga." Elin Waty, Presiden Direktur Sun Life Financial Indonesia mengungkapkan.

Selama 23 tahun beroperasi di Indonesia sejak tahun 1995, Sun Life sebagai sebuah perusahaan penyedia jasa layanan keuangan terkemuka yang berbasis di Kanada, menawarkan beragam produk serta layanan seperti asuransi, investasi, hingga persiapan hari tua ini telah mendampingi keluarga Indonesia dalam mewujudkan aspirasi masa depan yang mereka impikan dan terus berupaya mengajak lebih luas lagi agar masyarakat lebih cermat untuk mencapai kemapanan finansial.

Senada dengan yang diungkapkan narasumber sebelumnya, Prof. Dr. Paulus Wirutomo, M. Sc, Sosiolog sekaligus guru besar Sosiologi Universitas Indonesia mengatakan “Masyarakat saat ini cenderung senang menabung untuk tujuan jangka pendek dan enggan untuk berinvestasi jangka panjang. Hal ini tak terlepas dari kebiasaan dan prilaku konsumtif serta gaya hidup hedonis yang menjadikan seperti travelling ataupun kepemilikan barang mewah kerap menjadi tujuan utama."

Beliau melanjutkan bahwa nilai atau values yang dianut individu, memiliki peran penting dalam pengambilan keputusan, termasuk dalam melakukan perencanaan keuangan. Dengan memahami dan mulai melakukan pengelolaan keuangan yang tepat, seseorang tetap dapat menikmati gaya hidup masa kini tanpa mengabaikan kenyamanan hidup di masa mendatang.

Web Series Keluarga Surya


Disamping itu, Sun Life juga terus berupaya memberikan edukasi literasi financial dengan metode yang lebih kreatif dan tengah digandrungi generasi sekarang melalui video web series yang dapat dengan mudah diakses masyarakat luas dalam konten visual digital dan mengusung genre komedi situasi yang sarat akan makna bertajuk 'Keluarga Surya.'

Team Sun Life & Pemain Web Series (Doc.Dian Ravi)
"Adapun alasan dibuatnya web series ini tak lain satu bentuk adaptasi di zaman era kekinian yang mayoritas mengandalkan digital melalui video youtube misalnya." Ungkap Shierly Ge, Chief Marketing Officer Sun Life Financial Indonesia.

Video web series ini berkisah tentang kehidupan sebuah keluarga modern dengan berbagai isu sehari-hari, mulai dari pengelolaan Tunjangan Hari Raya (THR), perencanaan pendidikan keluarga hingga pentingnya menerapkan pola hidup sehat. Yang cukup unik dan menarik perhatian adalah nama masing-masing individu yang memiliki keterkaitan dengan matahari seperti Ayah Surya (Edo Borne), Ibu Mentari (Karina Nadila), Si sulung Fajar (Bima Azriel) dan si bungsu yang cantik, Cahaya (Sandrinna Michelle).

Setiap episodenya berdurasi sekitar 5 menit dengan 8 episode kisah keluarga yang ditayangkan. Untuk episode pertama ini video 'Keluarga Surya' sudah rilis dengan mengambil tema #PengelolaanKeuanganTHR yang juga membuka jejak pendapat melalui kuis di fanpage nya sebagai #TeamHabisin atau #TeamTabungin. Waktu penayangan per episodenya itu sekitar dua minggu sekali. Lihat videonya di sini.


Sepanjang tayangan, pasti Kita bisa senyum-senyum karena situasi komedinya sangat akrab di keseharian bahkan bisa jadi juga mengalami hal demikian. Web series ini menjadi suatu edukasi ringan tapi sarat makna untuk mengingatkan tanpa berkesan menggurui. melalui kampanye #LebihBaik Sekarang, mengingatkan kepada masyarakat untuk tergerak memulai perencanaan keuangan sejak dini.

22 komentar:

Uci mengatakan...

Aku suka banget Keluarga Surya, isinya menyentil tapi jadi ngena banget dan jadi inget sebaiknya THR itu harus diapakan agar ga menyesal.

Mpo Ratne mengatakan...

Nonton tapi tersentil untuk melakukan berbuat sesuatu agar berubah.

turiscantik.com mengatakan...

Punya asuransi jiwa memang pentinh bngt tapi kesadaran buat punya asuransi masih agak sulit ya kalau di indonesia. Kalau pakai web series yg kocak kyk keluarga surya sih agak asik ya pesannya sampai.

Anisa AE mengatakan...

Ada web seriesnyanya, wah bagus banget ini untuk edukasi.

idfipancani mengatakan...

Oh aku biasanya nonton keluarga badak ... kalo keluarga surya belon malah baru tau. Nonton aaaah. Makasih buat referensinya loh.

Nchie Hanie mengatakan...

Belom pernah nonton keluarga surya nih, haduuh... baiklah nanti nonton, jadi penasaran nih.
Nah kalo soal perencanaan keuangan pastinya harusss yaa agar mebjadi #LebihBaik

Maria Margaretha mengatakan...

Perencanaan keuangan ini penting banget. Bener bener perlu. Nonton ah, buat referensi.

maya rumi mengatakan...

wuah aq harus nonton nih serial keluarga surya, biar makin melek sama perencana keuangan, tfs mbak

Nurul Rahmawati mengatakan...

memang financial planning harus banget jadi prioritas setiap keluarga
Kindly visit my blog: bukanbocahbiasa(dot)com

Hani mengatakan...

saya tontonin dulu baru komen. haha. konyol ya ceritanya. jadi gak kepengen kejadian kaya keluarga surya. >.<

Sabda Awal's Blog mengatakan...

wah saya harus nonton nih kayaknya, cocok untuk nambah pengetahuan saya dalam dunia finansial. Tonton video pertama, uang THR buat makan2 ya, haha, giliran bagi angpao lebaran cuma 5000...

nursaidr mengatakan...

Jadi dia web series toh. Kirain apaan itu keluarga surya. Rame bener pada bahas itu. Meluncur ke youtube cek videonya. Penasaran euy..

honnie josep mengatakan...

Sun Life ini memang keren, setiap tahun mereka ada edufair dan sekarang ada web series-nya, suka!

Sadewi mengatakan...

penting banget perencanaan keuangan apalagi bagi aku yang sudah memiliki anak usia sekolah, jadi penasaran pengen nonton.

hida mengatakan...

Belum pernah nonton web seriesnya, tapi perencanaan keuangan memang perlu ya untuk kesiapan di masa depan.

Agung Han mengatakan...

Belakangan suka baca postingan 'keluarga suryo'baru ngeh ternyata ada kaitan dg Sun Life

D. Pusupa mengatakan...

Wah aku belum pernah menonton Keluarga Surya. Sekarang ada banyak brand mengunakan web series untuk iklan yang sifatnya soft dan menurutku sih sebagian di antaranya berhasil.

Selamet Hariadi mengatakan...

bener nih, penting bgt ngerencanain keuangan dengan baik.. thanks mbak

Cerita Bang Doel mengatakan...

kayaknya seru ya? apalagi nonton bsa merencanakan keuangan lagi.. wajib di tonton ya

Liswanti Pertiwi mengatakan...

Seru banget ya nonton web series ini

Qudsi Falkhi mengatakan...

Komen dulu sebelum pindah channel ke youtube buat nonton keluarga Surya, hehehe.
Baca ulasannya jadi mengingat diri sendiri yang belum pintar mengelola keuangan, 😁

Helenamantra mengatakan...

Sekarang udah ada yang episode 4. Tetap kocak dan nyentil!