Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Minggu, 23 Oktober 2022

K-Movie My Lovely Angel

Sejak melihat trailer My Lovely Angel tahun lalu dibuat penasaran sama kisah film yang mengangkat tema keluarga ini. Terlebih aktor yang memerankan adalah Jin Goo, penggemar drama Descendants of the Sun pasti tau sosok second lead fenomenal ini.

Memiliki judul lain You’re So Precious to Me adalah film yang didulurkan oleh tvN Movie yang berkisah tentang seorang pria bernama Jae Sik (Jin Goo) dan kehidupannya yang di ambang kebangkrutan. Ia merupakan seorang pimpinan Sik Entertainment, sebuah agensi acara. Tak memiliki tempat tinggal ataupun gedung, yang tersisa dimilikinya adalah mobil bekas dan sering digunakannya.

Suatu hari Jae Sik mendapatkan kabar, bahwa salah satu model narator yang bekerja untuknya bernama Ji Young meninggal dunia. Padahal Ia punya pinjaman yang cukup lumayan pada Jae Sik.

Bertekad untuk mendapatkan uangnya kembali, Jae Sik mendatangi kediaman Ji Young. Di rumah sewa yang begitu sederhana, Jae Sik tak menemui siapapun kecuali putri kecilnya Ji Young bernama Eun Hae (Jung Seo Yeon). 

Betapa terkejutnya Jae Sik saat mengetahui anak kecil itu tidak dapat melihat, mendengar, dan berbicara. Ketika pemilik sewa datang, Jae Sik berpura-pura menjadi ayah dari putri tunggalnya Ji Young yang buta dan tuli dengan niat agar dapat mengambil uang ataupun deposito dari rumah Ji Young. 

Meski awalnya merasa terganggu dengan Eun Hae, lambat laun rasa empati terhadap gadis cilik itu meruntuhkan sikap ego nya. Eun Hae hanya anak malang yang di telantarkan ayahnya lantaran orang tuanya tidak menikah secara resmi. Sehingga membuatnya harus hidup kesulitan bersama sang ibu yang bekerja pas-pasan. 

Selama ini Eun Hae sering ditinggal Ji Young bekerja dan meninggalkan makanan hanya roti yang bertumpuk di atas meja. Eun Hae selalu bersembunyi di bawah meja dan selalu berharap ibunya akan kembali, namun gadis kecil itu tak mengetahui bahwa ibunya telah tiada.

Tak pernah terbayangkan sebelumnya dalam benak Jae Sik untuk hidup bersama seorang ABK (Anak Berkebutuhan Khusus). Semua terjadi tanpa perkiraan sebelumnya karena pria ini pun dihimpit keadaan.

Sebuah perjalanan mencari keluarga yang tersisa dari ibunya Eun Hae, memberikan waktu dan kedekatan secara perlahan antara Jae Sik dan Eun Hae. Meski awalnya pria itu cukup kesulitan menemukan cara untuk berkomunikasi dengan Eun Hae. Akhirnya mencoba metode menggunakan ujung jari mampu mengurangi ketidaknyamanan di antara mereka.

Kedekatan emosional antara Jae Sik dan Eun Hae semakin terbentuk. Hari-hari yang mereka lalui jadi lebih berwarna. Korean movie My Lovely Angel ini  seakan mengajarkan untuk lebih bersyukur serta tidak mudah putus asa meski sebesar apapun rintangan menghadang.

Film ini juga tampaknya seperti menginatkan bahwa fasilitas untuk penyandang disabilitas khusunya buta-tuli masih terbatas. Pada akhirnya penyandang buta-tuli seperti Eun Hae kebingungan untuk belajar. Ia tidak bisa masuk kelas untuk disabilitas penglihatan atau pendengaran secara terpisah.

Fokus utama dalam film ini tertuju pada penampilan Jung Seo Yeon sebagai Eun Hae. Gadis cilik ini tampil dengan jenius. Tidak ada dialog, hanya berteriak, menangis, meraba, tersenyum, tertawa dan tatapan mata, penonton bisa terbawa masuk ke dunianya. Sebelumnya, di drama Flower of Evil, Jung Seo Yeon ini pun sudah mempesona dan bikin gemas dengan aktingnya.

Sebuah pembelajaran kehidupan baik sedih ataupun bahagia semakin banyak menghiasi layar kaca yang bahkan kini bisa juga di saksikan di platform menonton yang semakin banyak pilihan. Tetapi kisah inspiratif juga bisa di dapatnya lewat media lain seperti novel remaja, buku biografi, maupun bentuk literasi lainnya.


2 komentar:

Farida Pane mengatakan...

Pasti mengandung bawang banget nih filmnya. Jadi pengin nonton, deh

Anisa AE mengatakan...

Film kayak gini pliss bikin nangis, dulu udah pernah nonton kisah ayah dan anak perempuannya yang menderita alzheimer. Ini ada lagi apalagi pemainnya Jin Goo, mengundang air mata banget memang film kayak gini. Terima kasih informasinya!