Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Kamis, 19 Agustus 2021

Cara Mencari Lowongan Kerja di Bandung

Indonesia adalah salah satu negara yang mempunyai  sumber daya manusia cukup banyak, bahkan menempati peringkat keempat di dunia. Rata-rata dari populasi masyarakat di Indonesia mempunyai umur yang terbilang produktif, yakni sekitar 20 hingga 40 tahun. Tentu saja, ketika menginjak umur itu, pola pikir masyarakat akan lebih tertuju pada pencapaian karir demi pemenuhan kebutuhan hidup. 

Tidak hanya sumber dayanya saja yang banyak, nyatanya kini industri dan perusahaan di Indonesia juga sudah sangat berkembang. Banyak perusahaan maupun industri yang berdiri dan berusaha untuk menjadi lapangan kerja untuk orang lain. Hal ini dapat dilihat dengan banyaknya kota-kota yang mulai maju dan membuka kesempatan serta peluang merekrut tenaga kerja. 

Mencari lowongan kerja (Sumber gbr : Freepik)

Salah satunya adalah kota Bandung yang berada di Provinsi Jawa Barat (Jabar). Kota yang juga mempunyai sebutan kota kembang ini kerap kali menjadi rujukan untuk para pelamar pekerjaan mengadu nasib. Walaupun persaingan terbilang cukup ketat, nyatanya banyak perantau yang dapat meraih kesuksesan ketika berusaha menyambung hidup di Kota Bandung ini. 

Maka tidak heran, jika kini Kota Bandung mempunyai jumlah penduduk yang cukup padat. Lalu, bagaimana caranya agar mampu bersaing dan mendapatkan pekerjaan pada kondisi seperti ini? Berikut di bawah ini ulasan mengenai cara mencari lowongan kerja Bandung  :

Mencari Tempat Tinggal

Langkah pertama adalah mencari tempat tinggal di Bandung. Karena itu, untuk para fresh graduate yang hendak merantau di Bandung, alangkah mencari tempat tinggal yang sesuai terlebih dahulu. 

Apalagi, mengingat bawah biaya hidup di kota kembang ini terbilang cukup tinggi. Jadi usahakan mempunyai menentukan tempat yang tepat dengan budget yang sesuai. 

Mencari Informasi Loker Secara Online

Setelah mendapatkan tempat tinggal, langkah selanjutnya adalah mencari informasi mengenai lowongan pekerjaan secara online. 

Kini, pada mesin pencarian sudah terdapat banyak website yang menyediakan informasi loker. Selain pada website, informasi juga bisa didapatkan melalui media sosial seperti instagram, facebook, telegram, dan twitter. 

Para pelamar tinggal memilih jenis pekerjaan yang sesuai dan pastikan  bahwa pekerjaan tersebut dekat dengan tempat tinggal. Mengingat para perantau yang baru belum terlalu mengenal wilayah Bandung dan akses transportasinya terbatas. 

Mencari Loker Secara Offline

Selain lewat online, para pelamar pekerjaan juga harus berusaha mencari informasi loker di sekitar tempat tinggal.  Karena bisa saja, informasi tersebut terlewat atau bahkan tidak disebarkan melalui media massa. Dengan mencari informasi secara langsung atau offline inilah, para pelamar juga bisa langsung mendapatkan sesi wawancara. 

Tips dalam mencari loker secara langsung yakni jangan malu untuk bertanya. Baik itu bertanya pada resepsionis atau satpam yang bekerja di depan perusahaan. 

Persiapkan Segala Keperluan

Dalam mencari pekerjaan, tentu ada beberapa hari yang harus dipersiapkan terlebih dahulu. Hal ini untuk mencegah adanya kesalahan atau kecerobohan yang bisa menjadi faktor gagalnya para pelamar kerja mencari perusahaan. 

Keperluan yang harus disiapkan tersebut antara lain kelengkapan dokumen dan kesiapan diri. Kelengkapan dokumen seperti surat lamaran, daftar riwayat hidup, pas foto, SKCK, KTP, dan sertifikat terkait. Sedangkan kesiapan diri seperti pakaian yang rapi, dan mental yang baik. 

Menjaga Perilaku

Ketika hidup di kota orang lain, tentu harus menjaga sikap dalam berperilaku. Terlebih ketika mencari pekerjaan, karena selain pendidikan, biasanya perusahaan juga mencari calon karyawan yang mempunyai good attitude. Sehingga penilaian sikap juga menjadi penentu dalam kesuksesan pelamar mencari pekerjaan. 

Berdoa

Setelah berusaha, langkah terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan berdoa. Supaya bisa dilancarkan dan mendapatkan pekerjaan yang sesuai. 

Memang tidak bisa dipungkiri jika persaingan dalam dunia kerja saat ini sangat tinggi, itu sebabnya akan lebih baik untuk tidak lupa membekali diri juga dengan skill atau keahlian tambahan yang tentunya akan membuka peluang lebih besar untuk bisa mendapatkan sebuah pekerjaan.

23 komentar:

Anisa AE mengatakan...

Ini cara-cara yang tepat untuk mencari lowongan kerja saat pandemi, sempat mempraktikkan dan akhirnya dapat sih. Bisa dicoba nih untuk yang lain dan bisa untuk diterapin di semua daerah sih.

Mugniar mengatakan...

Menjaga perilaku itu penting sekali soalnya jaman sekarang ini, kalau kedapatan sama orang lain mudah sekali viralnya. Gimana bisa melamar di loker mana pun kalau kedapatan jeleknya ya. Di samping itu memang sih ya sebagai makhluk sosial dan beragama, kita memang harus menjaga perilaku.

Novri Yanti mengatakan...

mendengar kata Bandung yang kebayang udara sejuk,masyarakat yg ramah.. cowo-cewe nu kasep n geulis.. iya ngga sih.. hehe.. saya baru 1x berkunjung ke Bandung, itupun perjalanan dinas dulu ketika masih punya kantor.

semangat untuk semua pejuang job seeker, saya yakin dimana saja pasti akan bagus selama kita sebagai pendatang bisa menjaga perilaku sopan santun. dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung..

Bunda Erysha (yenisovia.com) mengatakan...

Jadi kangen bandung. Bandung slalu ngangenin. Iya sekarang di Bandung udah padet ya mba penduduknya. Memang Bandung favorit ya. Cuma lagi pandemi gini memang banyak orang yang kesulitan mencari kerja. Kasian aku. Semoga pandemi segera berlalu biar bebas lagi dan orang orang bisa mendapatkan pekerjaannya kembali akibat phk di masa pandemi hiks

nurul rahma mengatakan...

Aku ada ponakan yg semester akhir kuliah di Bandung
Bentar lagi fresh graduate, kayaknya dia butuh baca artikel ini.
Supaya bisa mendapatkan pekerjaan terbaik.
Makasiii Mbaaaa

Dian Restu Agustina mengatakan...

Setujuuu...menjaga perilaku, good attitude itu sangat perlu apalagi saat cari pekerjaan. Senangnya kini loker online ada sangat membantu pencari kerja. Jamanku dulu masih harus lihat loker di koran atau nanya dari pintu ke pintu

Fionaz mengatakan...

Jadi ingat pas jaman dulu nyari kerjaan kak, mesti riwa-riwi trus setelah keterima kerja baru nyari kontrakan yang lebih deket dengan tempat kerja

Keke Naima mengatakan...

Ada 2 orang sepupu saya yang baru lulus kuliah. Kayaknya boleh juga infonya. Siapa tau mereka juga bisa segera mendapatkan kerjaan

Hidayah Sulistyowati mengatakan...

WAh tips nya aku kasih ke anak-anakku aja yang rencana ingin kerja di luar kota. Yang kecil nih pengen ke Bandung nanti setelah lulus kuliah.

Setuju sih kalo di tempat orang, atau di mana pun ya sebenarnya, menjaga perilaku itu penting banget. Untuk menghormati adat setempat juga kan.

Irawati Hamid mengatakan...

di mana pun kita berada, menjaga attitude itu wajib banget yaa hukumnya

Maria G Soemitro mengatakan...

wah lengkappp...

sebaagai orang Bandung saya malah enggak tau

ntar kalo ada yang tanya saya beri tulisan ini aja deh untuk referensi ^^

Handiko Rahman Pebrianto mengatakan...

Terimakasih! tips-tipsnya berguna banget ini, dan jangan lupa yang terpenting minta restu kepada orangtua untuk sebelum daftar kerja. Restu dan doa orangtua bener-bener manjurr

Lita Chan Lai mengatakan...

wah, cocok nih buat anak muda yg fresh graduate. tips2nya sangat bermanfaat sekali. pandemi ini, membuat kita semakin extra giat utk mencari kerja.

Wahid Priyono mengatakan...

Di zaman sekarang mencari kerja emang gak mudah. Jadi inget dulu habis kuliah cari loker di media online macam website gitu tapi kurang maksimal karena kadang gak sesuai, misalnya jarak yang terlalu jauh dengan orang tua.

Cuma harus tetap semangat berkerja apapun itu yang penting halal dan mencegah omongan tetangga kalo kita itu pengangguran hehe.

Fenni Bungsu mengatakan...

Kalau ingin merantau ke Bandung untuk bekerja di sana perlu disimak nih artikelnya. Apalagi urusan tempat tinggalnya yang dipikirkan juga

Dee_Arif mengatakan...

wah menarik ini
bisa jadi referensi buat yang cari lowongan kerja di Bandung
bandung emang asik buat tinggal ya

diane mengatakan...

Melamar untuk bekerja di sebuah instansi atau perusahaan memang butuh persiapan.. bukan hanya persiapan fisik ya tapi juga mental, skill, dll. Apalagi di kota besar yang persaingannya cukup ketat.

Intan Daswan mengatakan...

Cocok banget nih dikasih tahu buat teman-teman yang lagi nyari kerja. Ngomong-ngomong Bandung, jadi kangen nih pengen pulang kampung ke kota kembang.

Lia Lathifa mengatakan...

Terimakasih tips dan sarannya, bisa jadi bekal keponakan dan anakku nanti kalau mau cari lowongan, yang penting siapkan mental fisik nih supaya mudah diterima perusahaan idaman

Aisyah Dian mengatakan...

Setuju sekali kak, dibalik segala Usaha Kita memang berdoa Menjadi titik balik bagi segalanya. Supaya bisa dilancarkan dan mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan passion kita

Lasmicika mengatakan...

Semua yang disebutkan di atas itu saya alamin semua, kecuali mencari loker online, karena pas itu belum semudah sekarang mengakses internet. Yang penting jangan patah semangat ya, meski nggak langsung diterima kerja, tetap ada hasilnya kok. Saya jadi tahu jalan-jalan di Bandung, trayek angkutan, kantor-kantor penting, bahkan ketemu jodoh ya di Bandung. Hehe...

Hermansyah mengatakan...

Poin dari dua sampai enam sepertinya bisa juga di terapkan bukan cuma buat mencari lowongan pekerjaan di Bandung saja tapi juga buat di tempat lain

Priyani Kurniasari mengatakan...

Waktu mau lulus kuliah dulu, dosen pembimbingku juga menyarankan hal yang sama mbak, misal ingin mendapatkan pekerjaan di kota impian maka langkah pertamanya kudu cari tempat tinggal di kota tersebut. Logikanya biar kalau ada wawancara atau tes jadi gampang..