Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Sabtu, 27 Februari 2021

5 Drama Korea Bertema Romansa Perkantoran

Ilustrasi Gambar

Intensitas pertemuan yang begitu sering, tak jarang menumbuhkan rasa saling tertarik antar rekan kerja. Dan hal ini lumrah  terjadi pada kehidupan nyata. Tidak jauh berbeda, cerita sebuah drama pun kerap kali terinspirasi dari keseharian yang banyak di alami.

Konsep cerita drama dari Korea Selatan begitu banyak dan variatif, porsi episode yang pas serta chemistry yang dibangun para pemainnya pun begitu apik. Seperti sebelumnya, Aku mengelompokkan beberapa drama yang pernah disaksikan sesuai tema dan cukup menarik untuk Aku. Jadi jika tidak ada yang di daftar sini, berarti sudah Aku tulis pada tema yang lainnya.

Misalnya seperti yang akan aku bahas berikut ini, drama Korea yang mengangkat kisah cinta serta romansa antar rekan kerja di perkantoran kerap disebut "Office Romance", sebenarnya cukup banyak. Tapi disini, Aku buat 5 list yang menurutku punya cerita yang cukup kuat dan unik :

1) What’s Wrong with Secretary Kim (2018)

Drama yang diadaptasi dari webtoon ini tayang di TvN sepanjang 16 episode. Berkisah tentang Lee Young Joon (Park Seo joon) seorang CEO muda dengan perawakan yang nyaris sempurna. Tampan, kaya raya, berkharisma tapi di sisi lain Ia merupakan tipe bos yang sangat perfeksionis, arogan, dingin dan narsis.

Di tiap agenda kegiatannya di schedule rapi oleh sekretaris andalannya yakni Kim Mi So (Park Min young) seorang pekerja yang ulet dan telaten. Seluruh waktunya selama sembilan tahun didedikasikan penuh untuk pekerjaannya. Mulai dari mengatur jadwal harian, hingga mengurusi kebutuhan pribadi sang atasan.

Suatu hari, Kim Mi So mengutarakan keinginannya untuk resign dengan alasan yang cukup klasik sebenarnya, Ia menginginkan quality time dan lekas menikah. Mendengar hal itu, CEO Lee Young Joon tidak terima kehilangan asisten andalannya itu dan kemudian malah mengajak Sekertatis Kim menikah. 

Perjalanan cinta mereka pun tidak selalu mulus, ada banyak kisah lain juga yang mengiringinya. Disini akan dilihat perjuangan CEO Lee Young Joon yang ternyata bucin banget ke sekretarisnya, dengan berbagai upaya terus mencoba untuk menaklukkan hati Kim Mi So dan meyakini wanita cantik itu untuk menerima kesungguhannya.

Lewat drama ini bisa percaya atau tidak tentang suratan takdir, mereka yang memang dipertemukan untuk bersatu pada akhirnya akan berjumpa setelah adanya perpisahan. Lee Young Joon dan Kim Mi so rupanya memiliki simpul takdir yang sama. Dipertemukan saat masih kecil, sama-sama memiliki trauma akibat penculikan yang dialami.

Drama bergenre romantis komedi ini memiliki konflik yang tidak terlalu berat, dengan setting-nya sebagian besar berada di kantor, serta di sempurnakan oleh para karakter tokoh pendukung lainnya dengan porsi pas dan tingkah yang cukup menghibur.

2) Introvert Bos (2017)

Tayang di saluran TvN  dengan jumlah 16 episode. Sebagaimana judulnya drama ini berkisah tentang seorang bos yang introvert dan memiliki ketakutan berhadapan di tengah publik. Adalah Eun Hwan Ki (Yeon Woo Jin) seorang CEO sebuah perusahaan perusaan Public Relation (PR) yang memiliki karakter dan kepribadian tertutup juga pendiam, hal itu dikarenakan masa lalunya yang kelam.

Bisa dikatakan Eun Hwan Ki tidak memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan Ia pun enggan memperlihatkan wajahnya sehingga banyak orang beranggapan bahwa Ia adalah sosok pimpinan yang menakutkan. Disamping itu ada kejadian sekretarisnya bunuh diri melompat dari ruangannya yang memang berada di lantai paling atas, semakin menambah image negatif pada dirinya.

Sampai akhirnya hadir seorang gadis yang memiliki karakter ceria bernama Chae Ro Woon (Yeon Woo Jin) yang melamar pekerjaan di kantor tersebut sebagai pegawai. Yang kemudian malah di tempatkan sebagai team work bersama Eun Hwan Ki bersama beberapa rekan lainnya. Karena sering bersama semakin lama timbul perasaan saling suka antara Chae Ro Woon dan Eun Hwan Ki.

Dengan dukungan yang positif, Sang bos introvert perlahan menjadi orang yang lebih terbuka dan bisa berinteraksi dengan baik. Dibalik sikapnya itu, sebenarnya Ia adalah seorang yang cerdas, karena beberapa konsep management yang di aturnya selalu terbilang sukses.

Konfliknya cukup ringan, tema corporate yang diangkat bukan sekedar perebutan kekuasan atau saham. Lewat drama ini, disajikan gambaran dunia Public Realtion atau Humas seperti persaingan mendapatkan klien maupun persiapan persentasi.

Baca Juga : Drama Korea Bertema Isu Kesehatan Mental

3) High Society (2015)

Mengudara di saluran SBS sebanyak 16 episode, bercerita tentang  seorang seorang gadis kaya raya bernama Jang Yoon Ha (Uee) yang mencoba menyembunyikan jati dirinya sebagai seorang pewaris kaya raya. Ia menyamar menyembunyikan identitasnya dan sengaja bekerja paruh waktu di Yunmin Supermarket. Disamping itu Ia juga memiliki seorang sahabat bernama Lee Ji Yi (Lim Ji Yeon) seorang gadis sederhana dari keluarga biasa yang memiliki pembawaan ceria.

Kendati anak bungsu dari keluarga kaya, Jang Yoon Ha tidaklah bahagia, Ia ingin membina hubungan atas dasar cinta yang tulus.Oleh karenanya Ia tidak mau di jodohkan dengan keluarga dari kolega keluaganya dan selalu kabur jika ada pertemuan. Salah satu lelaki yang sempat ingin dijodohkan dengannya adalah Yoo Chang Soo (Park Hyung Sik) yang ternyata adalah pemilik Yunmin supermarket. Di sisi lain ada  Choi Joon Gi (Sung Joon) manager yang ditempatkan di kantor pemasaran Yunmin Supermarket sekaligus sahabat karib Yoo Chang Soo.

Melibatkan 4 kisah cinta anak manusia dari strata dan sosial berbeda. Drama ini berusaha menunjukkan sisi kehidupan masyarakat dimana status, uang, bahkan kedudukan kerap memegang peran di beberapa lini kehidupan. Namun disamping itu juga mengingatkan bahwa semua itu tidak menjamin akan hadirnya kebahagian.

Dalam drama ini setting yang diambil cukup beragam, tema dunia kerja bisa terlihat dari para pekerja Yunmin Supermarket dalam melayani pelanggan dan meningkatkan penjualan. Selain itu ada juga scene dimana Taejin Grup (perusahaan keluarga Jang Yoon Ha) berupaya meluaskan pemasaran dan strategi yang dijalankannya.

4) The Secret Life of My Secretary. (2019)

Bergenre romantis komedi dengan dominasi setting dunia kerja perkantoran. Drama yang memiliki judul The Secret Life of My Secretary ini tayang di saluran SBS Korea dengan total episode 32 (per episode berdurasi 35 menit).

Mengangkat tema kehidupan seorang sekretaris yang tangguh menghadapi segala sifat menyebalkan atasanya. Adalah Do Min Yuk (Kim Young Kwang) seorang kepala Tim 1 di T&T Mobile Media. Semula Ia memiliki penglihatan cukup tajam dan tanggap  mengetahui perasaan orang hanya lewat tatapannya. Namun, karena suatu kecelakaan membuatnya kehilangan kemampuan tersebut bahkan sering kali tidak lagi mudah untuk mengenali rupa orang disekitarnya.

Do Min Ik karakter seorang bos yang agak menjengkelkan dan sering kali memberikan perintah aneh terhadap sekretarisnya bernama Jung Gal hee (Jin Ki joo). Gadis lembut tapi pemarah ini kerap kali harus menahan kesabaran menghadapi atasannya tersebut. Uniknya ketika Do Min Ik kehilangan kemampuan mengenali orang, sang sekretaris jadi sering menggunakan sweater merah untuk lebih terlihat jadi lebih memudahakan bagi sang atasan. Lambat laun karena Do Min Ik begitu bergantung pada Jung Gal Hee mereka pun saling jatuh cinta.

Di awal-awal episode memang agak terasa menjenuhkan tapi semakin berlanjut episode berikutnya malah semakin menarik. Chemistry yang dibangun antar dua tokoh utama begitu kuat dalam memerankan karakter mereka masing-masing.

Kendati lebih mengangkat kehidupan sekretaris dengan atasannya. Di mana ia harus menjadi tangguh karena segala sifat dan hati dingin sang atasan namun lewat drama ini juga  memperlihatkan bagaimana dalam menyikapi dan menyelesaikan setiap permasalahan dalam dunia kerja. 

5) Protect the Boss (2011)

Sebuah drama yang sudah cukup lama berjumlah 18 episode dan tayang di saluran SBS. Menceritakan tentang Cha Ji Heon (Ji Sung) seorang anak tunggal dari kalangan keluarga kaya raya tapi memiliki watak yang urakan dan pembangkang. Sebagai seorang Direktur di perusahaan terbesar DN Group yang bergerak di bidang telekomunikasi sifatnya bisa dikatakan belum dewasa sangat berbeda dengan Cha Moo Won (Kim Jaejoong) yang tak lain adalah sepupunya.

Cha Moo Won cenderung lebih memiliki sikap dewasa, matang, pekerja keras, tenang dan bisa diandalkan terlihat begitu sempurna. Tapi kedua sepupu ini tidak akur. Sampai suatu kejadian melibatkan mereka berdua dengan No Eun Seol (Choi Kang Hee) seorang wanita yang tangguh dan berani, tapi pernah menjadi gadis yang bermasalah di sekolah dan memiliki latar belakang akademis yang buruk. 

Pertemuan tanpa sengaja di sebuah insiden di klub malam yang menyebabkan Cha Ji Heon babak belur dihajar para mafia mata keranjang yang ingin menangkap No Eun Seol. Semakin menggiring nasib wanita itu masuk dalam babak kehidupan dua pria kaya itu setelah diterima bekerja sebagai sekretaris Cha Ji Heon.

No Eun Seol begitu bahagia mendapatkan pekerjaan tetap yang diidamkannya, Ia berusaha keras untuk membuat Cha Ji Heon menerimanya meskipun awalnya sering diperlakukan semena-mena. No Eun Seol berusaha keras untuk membuat Cha Ji Heon berubah, sampai kemudian mengetahui gangguan serangan panik sang atasan ketika berhadapan dengan banyak orang, secara perlahan Ia pun membantu untuk mengatasi gangguan yang dialami Cha Ji Heon.

Drama ini cukup ringan untuk disaksikan, tidak melulu menggambarkan urusan perusahaan semata ada beberapa konflik lain juga yang menyertai. Lewat drama ini memperlihatkan kegigihan seseorang untuk bisa mandiri secara finansial. Hingga beragam pekerjaan paruh waktu pernah ditekuni. Dengan kerja keras dan semangat yang tinggi akhirnya kesempatan bekerja di perusahaan besar didapatkannya.

18 komentar:

ginanelwan mengatakan...

no 2-5 blm ku tonton, tapi no 1 menjadi salah satu film series korea favorite aku. Dimana ada binta favoriteku yaitu PSJ (oppa opppa unchhh...) haha gemes

nurul rahma mengatakan...

Seruuu ya office rom com gini.
aku kadang juga suka yg tema2 ringan seperti drakor genre gini
entertaining banget!

Shyntako mengatakan...

Waaaaaaaaaaaaah, asik nih ada list drakor yang bisa kutonton kalo pas mager dan mau rebahan, lima-limanya belum aku tonton nih

Windi astuti mengatakan...

Memang kok ya, drama Korea punya filosofi yg menggugah untuk ditonton sekaligus dipelajari hikmah dr film yg ditayangkan. Kelima Drakor yg blm prnh ku tonton nih mbak, hhe

Rafahlevi mengatakan...

Salah satu chemistry paling membius menurutku. Alurnya ringan romantis abis hahaha... park min yong emang bseksi dan cantik bgt disini... katanya ada season2 nya.. ga sabar akutuh😍

Triani Retno A mengatakan...

Tema romansa di perkantoran emang seru. Aku sendiri pernah mengalaminya duluuuu...ketika masih usia 20an dan masih kerja kantoran :D

Maria G Soemitro mengatakan...

Dari 5 drama cuma nonton high society dan The Secret Life of My Secretary, yang saya tonton
Romansa di kantor emang sesuatu ya?

Dian Restu Agustina mengatakan...

Wah, office Romance..alias cinlok ya, tapi dikemas dengan sedemikian menarik di Drama Korea..jadi enggak membosankan. Memang keren list ini. ada yang belum kutonton bisa nih jadi referensi

Annie Nugraha mengatakan...

Woaahh makasih infonya Mbak. Saya baru nonton yang no. 1 What's Wrong With Secretary Kim. Yang lain belum pernah dan kalo baca ringkasannya sih keliatannya semua menarik. Kebetulan lagi nyari-nyari drakor yang pengen ditonton selain yang sedang on-going di VIU.

Mia Yunita mengatakan...

Rooftop prince juga ada setting kantorannya, meskipun gak dari awal episode ya. Jadi pengen nonton drakor yang versi kantoran deh. Terakhir nonton 18 again sih, dan itu mix ya antara kantoran (stasiun tv) & sekolahan.

sumiyati sapriasih mengatakan...

ternyata Rooftop ada settingan untuk kantoran ya ..., sudah lama juga nih ... aku ga nonton drakor versi kantoran. nanti ah kalau ada waktu senggang pengen nonton bersama keluarga dirumah aja

fanny_dcatqueen mengatakan...

Baru nomor 1 doang yg aku selesai nonton. Yang lainnya baru tahu skr. Paling menarik kayaknya yg no 3 nih mba :D. Penasaran jadinya setelah baca review :D.

Aku jrg memang pilih yg tema perkantoran. LBH suka thriller kalo drakor. Tapi kalo memang menarik, ya pasti aku tonton juga. Biasanya setelah baca banyak review ttg itu :)

Dee_Arif mengatakan...

drama perkantoran juga menarik untuk diikuti ya mbak
klo sekarang drama perkantoran yg lagi aku ikuti ya yg She would never know
ada Roowon

Diary Harumpuspita mengatakan...

Wuah kalau udah liat Park Seo Joon apalagi Park Min Yong. Dudu aktor dan aktris papan atas mah ini. Saya suka juga nih di dramanya Park Soe Joon juga yang di she was pretty. Nuansanya juga kantor. Kalau yang di sini yang udah saya lihat tuh Introvert Bos.

Syamsiah mengatakan...

film nomer 1 mirip kishku dengan suami.
suami adalah teman di SMP. Setelah ga ketemu 15 tahun, kita dipertemukan kembali, dan akhirnya kami menikah.
meski dengan berat hati. hahaha...

Nyi Penengah Dewanti mengatakan...

Belum sempat tak tonton semua ini Ti, kapan-kapan ah aku lagi ngejar yang pada ongoing ahahah. Ngerampungin tontotnnan baru mau ini ah

Riza Firli mengatakan...

Nonton secretary kim.. Sampe abis seruu 😃😊

Rahman Kamal mengatakan...

Dari list di atas pernah nonton yang pertama doang. Kirain start up bakal masuk di list ini hehehe