Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Sabtu, 30 Januari 2021

Resolusi 2021 Berharap Segalanya Lebih Baik

Tahun baru ibarat membuka lembaran baru berupa kertas kosong yang akan di tuliskan nanti dengan beragam pengalaman kehidupan yang akan datang dimana segalanya menjadi bermakna. Setelah hampir satu bulan terlalui, rasanya belum terlalu terlambat untuk menyusun resolusi 2021 berharap segalanya menjadi lebih baik dan harus tetap optimis untuk menggapai segala kesempatan.

Tahun Baru seperti membuka lembaran baru

Tetapi mengawali tahun baru kali ini memang terasa  berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya, mengingat tantangan di tahun 2020 lalu mempengaruhi berbagai lini kehidupan secara global. Ya, pandemi akibat wabah yang menginveksi di sebagian besar dunia belum berkesudahan (semoga ini akan lekas berakhir).

Pandemi telah memberi pengalaman bahwa sesuatu yang tidak terduga dapat terjadi tanpa diduga dan diprediksi. Meluluh lantahkan segala rencana yang pernah di susun pada tahun sebelumnya. Habit yang tak lagi sama, dan Kita mesti bisa beradaptasi dengan kebiasaan baru.

Mengingat hal itu memang rasanya agak sulit untuk menetapkan tujuan jangka panjang lantaran Kita tak pernah tahu bagaimana ke depan dengan hambatan yang belum diketahui kapan akan berakhirnya. Tetap optimis dan berpikir positif, dan tidak berputus asa hanya karena segala sesuatu tak berjalan sesuai rencana. 

Lebih ikhlas dan bersabar dengan segala yang terjadi, itu sebab meski banyak kecewa yang terjadi di masa sebelumnya, tidak ada salahnya untuk memyusun kembali perencanaan dan resolusi untuk satu tahun ke depan. Setidaknya ada beberapa manfaat yang bisa di rasakan :

1.    Jadi pengingat diri dan motivasi untuk memperjuangkan target

Sebagai pendorong semangat dalam mencapai target dan tujuan. Meski terkadang terasa lelah dan penat dengan keyakinan yang teguh akan membuat diri untuk tidak mudah menyerah yang akan mendorong diri untuk lebih positif serta produktif.

2.     Mengintrospeksi diri

Resolusi juga menjadi cara untuk lebih introspeksi diri, jika tidak tidak lagi sejalan maka perlu di koreksi dan di evaluasi. Di tahun-tahun sebelumnya pasti ada begitu banyak hal yang dilewati, berbagai macam hal juga dirasakan entah sedih, bahagia, kecewa, terluka itu semua menjadi kesatuan yang kerap membuat diri bisa terasa begitu tertekan. Berdamailah dengan diri sendiri, menerima dan berusaha untuk melakukan hal yang lebih baik lagi.

3.     Menjadikan diri merasa lebih baik

Para pakar dan psikolog mengungkapkan bahwa reaksi emosi manusia yang paling dasar adalah merasa bahagia karena berusaha dan hal itu bisa terbentuk dalam mencapai target maupun tujuan. Dengan ada yang ingin dicapai, jadi memberikan memberikan visi dan arah untuk mencapai tujuan tersebut sehingga tidak akan membuang banyak hal serta kesempatan.

Menyusun resolusi memang tampak mudah dan sederhana tapi untuk merealisasikannya  dibutuhkan konsistensi dan perencanaan yang disusun dengan baik juga efektif. Di tahun yang baru ini tentu sangat berharap adanya perubahan dan kemajuan lebih baik bagi diri dan kehidupan. 

Kendati begitu banyak resolusi tahun sebelumnya yang belum terwujud, harus tetap yakin di tahun mendatang semua akan jauh lebih baik. Mengingat begitu banyak penyesuaian yang terjadi, ini adalah daftar yang menjadi resolusi Aku di tahun ini.

1)     Rajin beribadah

Dalam menjalani kehidupan, tidak lepas dari yang namanya cobaan dan masalah dan Allah adalah sebaik-baik pemberi kekuatan. Yakin akan takdir baik dan buruk, itu sebabnya Kita dipinta untuk tawakal. Aku berharap di tiap waktunya bisa menjadi pribadi yang lebih baik dan istiqomah dalam menjalani segalanya. Lebih rajin beribadah baik itu wajib ataupun yang sunah.

2)     Dispilin mengelola Keuangan

Ketidakstabilan finansial yang terjadi di tahun sebelumnya benar-benar memberi pengingat bahwa segala sesuatunya mesti harus memiliki persiapan. Membuat anggaran dan lebih mengendalikan segala pengeluaran berdasarkan kebutuhan bukan keinginan semata.

3)     Mengurangi Stres

Mengurangi stres dengan berpikir positif

Management diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik, tidak mudah emosian atau sering cemas. Pikiran yang sehat akan membentuk imunitas sehat juga bagi tubuh. Selalu berpikir positif, karena itu akan membuat beban pikiran terasa lebih ringan meskipun begitu banyak tantangan.

4)     Gaya hidup sehat

Lebih nemperhatikan pola makan dan istirahat yang cukup, tetap sebisa mungkin menjalani protokol standar kesehatan yang berlaku. Dan lebih rutin melakukan aktifitas fisik seperti olahraga ringan.

5)     Memperbanyak pengalaman dan perjalanan

Aku berharap pandemi ini lekas berakhir dan bisa kembali melakukan aktifitas di outdoor seperti sebelumnya tanpa hambatan berarti. Ingin bisa menelusuri berbagai tempat yang menakjubkan baik dalam dan luar negeri serta belajar segalanya lewat pengalaman yang dirasakan.

Dalam sebuah perjalanan bisa ditemui banyak hal menarik dan beragam. Ada destinasi wisata kuliner, sejarah, budaya, alam bahkan destinasi wisata sehat seperti Malaysia Healthcare Travel Council yang mengajak masyarakat untuk memahami pentingnya kesehatan fisik dan mental. 

Sejumlah keunggulan yang ditawarkan oleh Malaysia Healthcare Travel Council seperti layanan kesehatan dengan biaya terjangkau, kualitas world-class, dan kemudahan akses serta layanan end-to-end sehingga tidak mengherankan jika menjadi salah satu pilihan warga Indonesia bahkan beberapa Asia lain untuk berobat sekaligus menikmati wisata di negeri Jiran ini.

Menyambut tahun baru ini, Malaysia Healthcare Travel Council mengajak pengguna media sosial untuk membuat resolusinya menggunakan filter khusus yang bisa di ambil dari instagram @medtourismmy.id bertema  “New Year, New Me, New Hope”.

Buat sekreatif dan semenarik mungkin jangan lupa di follow akunnya serta mention 3 teman Kamu. Yang terpilih nanti berkesempatan mendapatkan hadiah berupa E-voucher OVO Rp 500.000,- untuk 5 orang pemenang. 

Lomba IG story @mymedtourismmy.id

Yuu, tetap semangat menjalani waktu demi waktunya, jadikan yang telah lalu sebagai pembelajaran dan masa yang akan datang di songsong dengan penuh harapan meskipun tantangan dan ketakutan menghadang, sikapi dengan bijak serta penuh keteladanan

24 komentar:

nurul rahma mengatakan...

Yap!

Yuk kita terus semangaaattt memberikan yg terbaik untuk diri sendiri, keluarga, sahabat, dan komunitas di sekitar

Memang 2021 ini dimulai dgn 'awkward' tapiii Bismillah, selalu positive thinking. InsyaALLAH bakal mendapatkan aneka pengalaman menarik.

Maria G Soemitro mengatakan...

Wah dari Malaysia Healthcare Travel Council?
Asyikkk ikutan ah, kali aja beruntung... Amin 😊😊😊

Mia Yunita mengatakan...

Di tahun 2021 semoga kita tetap semangat menjalani hidup ya. Baidewei, nggak sempet deh ikutan lomba resolusinya. Lumayan loh hadiahnya, mayatus yebu hahaha. Semoga ada rejeki lagi di lain waktu.

Moch. Ferry Dwi Cahyono mengatakan...

Resolusi 2021 Berharap Segalanya Lebih Baik semangat barundan tetap semangat mengiringi aktifitas...mantap

Fenni Bungsu mengatakan...

Tetap SemangatCiee dan positif thinking ya, karena besok juga sudah berganti bulan sehingga harus optimis melangkah ke depan lebih lagi

Nia K. Haryanto mengatakan...

Iyes, resolusi tahun ini gak terlalu muluk, hanya ingin segalanya lebih baik. Sehat jiwa dan raga, dan juga sehat finansial. Semoga resolusinya terwujud ya. :)

Nanik Nara mengatakan...

Tetap semangat menjalani 2021 dan terus berharap semoga pandemi ini segera berakhir, biar bisa piknik lagi, bisa berkegiatan normal kembali

Annie Nugraha mengatakan...

Banyak hikmah yang kita dapat dari masa pandemi ini ya. Tapi tetap harus optimis agar kita selalu semangat melaluinya. Semoga 2021 semua membaik bahkan jauh lebih baik lagi

Dwi Ananta mengatakan...

Semoga tahun ini segala resolusi bisa terwujud ya mbak. Aku juga mulai kembali menyusun resolusi, sempat berhenti karena merasa terlalu muluk dan cemas karena tak bisa memenuhinya. Tapi kalau gak bikin malah hidup terasa tak terarah. Jadi ya bikin resolusinya tak banyak tapi semoga terwujud, amin

dhenok hastuti mengatakan...

yaaah mau ikutan udah kelewat 😃

bicara soal evaluasi tahun kemarin, sama juga.. acak adul ambyar segala sesuatunya. plus di penghujung tahun kehilang kerjaan part-time. tapi selalu yakin, akan hal2 baik yg kita akan jelang. semangaaat 🥰

Yanti Alif mengatakan...

Tahun 2020 memang tahun yang berat ya pastinya dirasakan hampir semua orang karena dengan adanya pandemi smua hal harus ditunda smoga keadaan bisa kemabali seperti sedia kala

Nurul Mutiara R.A mengatakan...

Tossss mbak, kita kudu semangat pokoknya merealisasikan resolusi yang kita rangkai. Inshaallah, tahun 2021 bisa menjadi tahun yang baik bagi. Semoga pandemi segera berakhir lah pokoknya biar, apa2 jadi gampang :)

Mechta mengatakan...

Semoga semua resolusi kerennya bisa terwujud di tahun ini ya mba.. Aamiin..

Mega mengatakan...

Disiplin mengelola keuangan... setuju ini Bunda...😍
Apalagi di tengah kondisi pandemi seperti ini, extra hati-hati memilah pengeluaran...

Hanni Handayani mengatakan...

semoga tercapai ya ,, siti. apa yang diinginkan. klo saya sendiri belum menulis harapan di 2021 biasa bikin di dream book

lendyagasshi mengatakan...

Di tahun-tahun sebelumnya, rasanya aku jarang banget memohon sehat. Selalu doa-doa mengenai pencapaian. Tapi sejak pandemi, mashaAllah, baru sadar banget kalau kesehatan ini sangat penting untuk menunjang segala aktivitas.

Sehat-sehat selalu yaa..

Melati Octavia mengatakan...

Iyaa, aku berapa 2021 kita semua tetap sehat ya bunda semua keinginan kita tercapai. Semangat menulis!

Fendi Haris mengatakan...

Paling demen kalau ada resolusi seperti mengurangi stress seperti yang telah kakak jelasin. Asli aku juga memang butuh refreshing nih.. hehe.. sukses ya resolusinya..

Siti Nurjanah mengatakan...

Aaamiin. Jangan patah semangat, selalu ada pelangi seusai hujan. Istilahnya gitu ya mba ^_^

Siti Nurjanah mengatakan...

Yuppss.. membuat resolusi bisa jadi motivasi utk kedepannya Ambu :)

Siti Nurjanah mengatakan...

Aaamiin. Yuu mba, jangan putus harap dan tetap semangat.
Moga next time ada kesempatan lagi ya :)

Siti Nurjanah mengatakan...

Iya, terimakasih. Semoga ke depannya lebih baik

Siti Nurjanah mengatakan...

Siip. Semangat juga untuk kamu..semoga waktu kedepannya berjalan lebih baik ya :)

Siti Nurjanah mengatakan...

Aaamiin. Betul mba, dengan kondisi seperti sekarang rasanya tidak bisa berekspektasi tinggi tapi tetap tak pupus utk berharap dan berikhtiar