Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Minggu, 22 November 2020

Berwisata di Masa Pandemi, Ocean Dream Samudra dan Seaworld Ancol Terapkan Protokol Kesehatan

Saat ini sudah memasuki bulan November, itu berarti sebentar lagi tahun yang baru akan berganti. Selama 2020 ini, sungguh menjadi tahun yang sesuatu banget. Dampak dari Pandemi yang tak pernah di duga sebelumnya merubah segala aspek kehidupan.

Wabah ini dari waktu ke waktu menunjukkan kurva kenaikan jumlah pasien. Hingga kemudian pemerintah menghimbau untuk menerapkan social distancing demi meminimalisir penyebaran virus. Dan sudah beberapa bulan terakhir ini aktifitas Kita kian terbatas karena  self-quarantine.

Memasuki new normal saat ini, Kita diharuskan untuk waspada dan selalu menjaga kebersihan serta kesehatan. Jika tidak terlalu penting, usahakan berdiam diri di rumah saja. Selama masa Pandemi ini apa sih yang paling dirindukan ?

Sebagian besar dari Kita mungkin sudah merasa bosan dan jenuh menghabiskan banyak waktu di rumah saja dan tidak bebas bepergian. Memasuki fase transisi adaptasi baru, di Jakarta sederet kegiatan usaha telah mendapatkan izin untuk kembali beroperasi. Salah satunya destinasi wisata, seperti Taman impian jaya Ancol.

Akhirnya, bisa kembali berekreasi lagi ke Ocean Dream Samudra dan Sea World Ancol. Kendati demikian, tentu tidak lepas dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemprov DKI Jakarta. Tidak abai dan selalu menerapan 3M di tiap aktifitas, yakni mencuci tangan, menjaga jarak, memakai masker.

Dalam menerapkan komitmen protokol kesehatan, pihak Taman Impian Jaya Ancol juga menyediakan tempat cuci tangan dan hand sanitizer, alat pengukur suhu sebelum memasuki wahana rekreasi dan tiap Wahana secara berkala disemprot desinfektan untuk tetap menjaga kebersihannya hingga ada juga penyediaan papan informasi kesehatan.

Untuk menyaksikan atraksi lumba-lumba dan hewan lainnya di Ocean Dream Samudra, tribun penonton diberikan signage untuk menandakan jarak. Berekreasi di masa Pandemi ini juga menerapkan pengurangan aktifitas pengunjung berkontak langsung dengan hewan atau biota di Sea World Ancol maupun Ocean Dream Samudra. Hal ini untuk menjaga satu sama lain agar dapat meminimalisir kontak langsung.

Kabar baiknya lagi, untuk usia anak dibawah 9 tahun (dengan pendamping) sudah diperbolehkan berekreasi ke Ocean Dream Samudra dan Sea World Ancol. Sedangkan untuk pengunjung di atas 60 tahun di perbolehkan masuk ke kawasan Ancol hanya untuk di Pantai Ancol saja. selain itu regulasi terbatas KTP wilayah DKI Jakarta pun juga sudah dilonggarkan. 

Penerapan digital dalam pembelian tiket menjadi solusi untuk tetap menjaga protokol kesehatan. Oleh karenanya pembelian tiket kini harus via online, bisa melalui website www.ancol.com . Tujuannya tidak lain untuk meminimalisir kontak serta menjaga kapasitas area sebesar 50% dari kapasitas normal agar tetap dapat menerapkan physical distancing di kawasan rekreasi.

Untuk pembelian tiket kawasan Ancol via online ini tidak sulit, berikut Aku lampirkan tiap tahapannya :

  1. Buka situs www.ancol.com. Lalu pilih jenis rekreasi yang ingin di kunjungi, seperti Ancol, Sea World, atau Dufan.
  2. Keterangan untuk mematuhi peraturan protokol kesehatan selama berada di kawasan rekreasi. Pengunjung diminta untuk membaca dan menyetujui pernyataan kesehatan Taman Impian Jaya Ancol.
  3. Jika sudah, klik kembali tombol Beli Tiket. Kemudian pengunjung wajib memilih tanggal kedatangan.
  4. Lalu pilih jumlah tiket yang diinginkan. Selanjutnya, tekan kembali tombol beli tiket.
  5. Proses kemudian berlanjut ke pengisian data diri. Di sini pengunjung diminta mengisi email, nomor ponsel, nama lengkap, jenis kelamin, dan pernyataan persetujuan.
  6. Setelah itu, klik Lanjutkan. Kemudian pengunjung akan diminta mengisi NIK yang tercantum pada KTP. Lalu klik Lanjutkan.
  7. Sebelum berlanjut ke step berikutnya, pengunjung bisa melihat  ringkasan pemesanan yang tadi sudah dilakukan. Bila semua data sudah benar, tinggal pilih metode pembayaran, antara lain kartu kredit, transfer bank virtual account BCA, Mandiri, BNI, GoPay, OVO, LinkAja, atau membayar di Alfamart atau Indomaret.
  8. Pastikan segera membayar tagihan tiket Ancol sesuai waktu yang sudah ditentukan. Ketika semua proses pembelian tiket via online berhasil. Nantinya akan  dikirimkan e-ticket ke email dan e-ticket inilah yang akan ditunjukkan di gerbang Ancol.

Kita memang tidak bisa mengabaikan wabah yang belum tuntas ini, tapi tidak ada salahnya untuk menjaga kesehatan jiwa dan pikiran dengan sedikit melakukan hal seru seperti berwisata. Asalkan tetap tidak mengabaikan kesehatan, pastikan tempat yang akan di kunjungi menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran. Dengan begitu Kita bisa berwisata dengan aman dan selamat, pikiran pun kembali lebih segar.

9 komentar:

Selvijua31 mengatakan...

Berarti kita ga langsung pergi ke ancol gitu aja, harus reservasi dulu untuk mengecek kuota pengunjung. Bagus juga sih jadi ga akan terjadi kepadatan pengunjung. Aman dah kalau gitu.

Mechta mengatakan...

Aah...Sea World..kangen banget aku. Sudah lama sekali terakhir ke sana, Hadi pengen ajak krucil ke sana lagi. Thanks infonya ya..

lendyagasshi mengatakan...

Kabar gembira banget...
Ancol uda bisa untuk anak-anak usia dibawah 9 tahun.

Karena kemarin kami sempat ke Ancol dan gak boleh masuk karena anakku yang kedua baru 7 tahun.
Heuheuu~

Kayanya pas niih...kasih kode ke suami buat halan-halan ke Jekarda.
Semoga kita semua sehat dan bahagia selalu yaa..

Gita Siwi mengatakan...

Sepakat kak semua tempat hiburan harus ektra ketat malah lho ya karena hampir semua orang mau jalan jalan kan? Duh lupa kapan terakhir ke sini

Zefy Arlinda mengatakan...

Untung anak di bawah 9 tahun dah boleh masuk, soalnya anakku masih 2.5 tahun ini. Kan ga seru kalau ga ajakin dia ke sana

kataresi mengatakan...

Sik asik ni kapan kita liburan ke ancol bareng yuk dek rencanakan

Nurul Mutiara R.A mengatakan...

Wow, SEA World Ancol udah mulai rame lagi. Seneng sih kalau ngelihat tempat-tempat wisata udah mulai menggeliat kembali, apalagi SEA World tuh udah terkenal sejak jaman aku kecil :)

Peri Hardiansyah mengatakan...

Jadi sebetulnya untuk berwisata kesana sudah aman ya mbak, memang dengan mematuhi protokol kesehatan membuat suasana sedikit berbeda, tetapi it's ok sih, hiburan masih tetap bisa jalan.

Fenni Bungsu mengatakan...

Yang penting kitanya pastikan dulu ya keadaan diri dalam kondisi sehat dan jangan kendor buat menerapkan protokol kesehatan di tempat wisata