Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Minggu, 29 November 2020

5 Drama Korea Bertema Dunia Medis

Cerita dalam Drama Korea itu mengangkat kisah yang seru untuk terus di ikuti. Oleh karenanya, tak heran begitu banyak digemari. Mulai dari kisah percintaan, makna keluarga dan persahabatan, serta cerita seputar kehidupan para dokter di dunia medis.

Nah, Drama bertema medis dari Korea Selatan ini pun begitu banyak diproduksi. Dengan intrik yang beragam menampilkan karakter jenius seorang dokter yang berusaha keras menyelamatkan setiap nyawa pasien.Yang tidak kalah menariknya, meskipun tema besarnya seputar dunia medis yang berkaitan dengan hal cukup kompleks terselip pula kisah cinta romantis para dokter yang dikemas dengan porsi yang cukup lewat alurnya yang apik tapi tetap tidak berlebihan.

Aku memang belum semua menonton drama Korea bertema dunia medis, tapi beberapa diantara berikut yang pernah Aku saksikan dan bisa menjadi rekomendasi ataupun refrensi bagi yang tertarik dengan temanya.

1) Good Doctor (2013)

Good Doctor (Sumber gbr : Youtube)

Drama pertama dengan tema dunia medis ini sangat Aku rekomendasikan karena ceritanya cukup unik dan menarik. Lucunya, Aku malah tahunya dari serial TV Amerika dahulu sebelum mengetahui ide cerita pertama ada pada drama Korea.

Drama Good Doctor ini tayang di KBS dengan jumlah 20 episode. Mengisahkan kehidupan seorang dokter bernama Park Shi On (Joo Won). Sejak kecil Ia berambisi untuk menjadi seorang dokter terlebih setelah melihat kematian kakak dan kelinci kesayangannya didepan matanya.

Karena kejadian itu, Park Shi On mendedikasikan dirinya agar kelak menjadi dokter spesialis anak. Ambisinya tersebut bertujuan supaya anak-anak merasakan kedewasaan dan tidak bernasib sama dengan kakaknya.

Tapi, itu tidak mudah lantaran Park Shi On adalah seorang autisme. Beruntungnya, Ia bertemu dengan Dokter Choi woo yang menyadari bahwa Park Shi-on mengidap Sindrom Savant yang berarti memiliki kekurangan serta juga kelebihan dalam dirinya. Sang dokter kian yakin bahwa anak ini memiliki kejeniusan yang berbeda dari anak seumurnya. Dalam hari-harinya Park Shi-on menghabiskan waktunya bersama sang dokter dengan membaca buku-buku medis. 

Menginjak usia dewasa, Park Shi-On berhasil menamatkan pendidikannya. Tapi kondisinya sebagai orang dengan autisme membuatnya ditolak berbagai rumah sakit ketika akan menjalani masa residensi. Hingga suatu saat, Ia diterima di Rumah Sakit Sungwon University karena videonya viral ketika sedang menyelamatkan seorang anak di stasiun dengan peralatan seadanya.

Tantangan terus berdatangan di rumah sakit itu, apalagi Park Shi-On diceritakan memiliki kesulitan bersosialisasi. Kekurangannya ini menimbulkan masalah tersendiri, tidak hanya dengan rekan dokter, tetapi juga dengan pasien dan orang tua mereka. Selain itu Ia juga masih harus menghadapi tekanan dari para direktur rumah sakit yang meragukan nya. Ia hanya diberikan waktu 6 bulan untuk membuktikan kemampuannya.

Di tengah perjuangan Park Shi-On mewujudkan mimpinya menjadi dokter. Ada seorang Cha Yoon Seo (Moon Chae-won) yang bisa dikatakan seniornya yang kerap mendukungnya dan Ia adalah sosok perempuan yang di cintai Park Shi-On dengan tulus. 

Dengan judul yang sama, drama Good Doctor diadaptasi dalam versi Amerika ( Park Shi-On diperankan oleh Freddie Highmore dengan nama Shaun Murphy ) dan versi Jepang ( Kento Yamazaki dengan nama Minato Shindo ).

2) The Doctors (2016)

The Doctor (Sumber gbr : Youtube)

Tayang di stasiun TV SBS dengan jumlah 20 Episode. Bercerita tentang seorang dokter spesialis bedah saraf bernama Yoo Hye Jung (Park Shin Hye). Sebelum menjadi dokter, Yoo Hye Jung mengalami masa kecil yang sulit akibat ditinggalkan sang ayah yang memilih wanita lain yang baru dinikahinya. Sejak saat itu, ia diasuh neneknya dan tumbuh menjadi gadis yang suka membuat masalah di sekolah.

Sifat Yoo Hye Jung perlahan berubah setelah dirinya bertemu Hong Ji Hong (Kim Rae Won), guru biologi di SMA-nya. Sang guru melihat potensi besar di balik penampilan luar Yoo Hye Jung yang terkesan liar. Perlahan Ia membantu Yoo Hye Jung menata hidup dan melewati masa-masa sulit.

Sebelumnya Yoo Hye Jung hanya bercita-cita ingin meneruskan usaha restoran milik neneknya, tapi keadaan berubah selepas kepergian neneknya untuk selamanya. Ia bertekad untuk mencari tuntas perihal yang mengganjal di hatinya, dan bertekad kuat untuk menjadi seorang dokter. Alasan itu terus dia bawa hingga dewasa, bahkan sampai sudah menjadi dokter yang sukses.

Dalam perjalanan waktunya, Yoo Hye Jung telah berusaha melupakan cinta pertama nya yang tidak lain adalah gurunya, Hong Ji Hong. Selepas 13 tahun kemudian mereka justru dipertemukan kembali dalam satu profesi di sebuah Rumah Sakit. Itu artinya mereka akan terlibat dan sering bersama-sama meski untuk urusan pekerjaan.

Drama The Doctors ini sempat mencuri perhatian para penonton, itu bisa terlihat dari rating yang cukup tinggi di saat penayangan nya. Cerita nya cukup kompleks mengenai kehidupan para dokter dan hiruk pikuk di rumah sakit yang sangat kental, bahkan tiap episode menampilkan kasus baru seorang pasien yang akan di operasi. 

Baca Juga : 5 Drama Korea Bertema Romantis Komedi

3) Hospital Playlist (2020)

Hospital Playlist (Sumber gbr : Culture Magazine)

Drama yang tayang di TvN ini mempunya 12 episode. Berfokus pada kisah persahabatan lima orang yang terjalin sejak mereka masuk sekolah kedokteran. Keseharian kelima dokter ini diisi berbagai kehidupan dan kematian yang terjadi di rumah sakit tempat mereka bekerja.

Tak ubahnya jalinan persahabatan umumnya, setiap tokoh personal nya memiliki karakter yang berbeda. Ada Ik-jun (Jo Jung-suk), seorang dokter spesialis penyakit saluran pencernaan, yang selalu unggul, baik secara akademis maupun sosial.

Kemudian ada Jeong-won (Yoo Yeon-seok), seorang dokter spesialis anak yang sopan dan penuh perhatian, tapi juga memiliki karakter berani untuk menentang. Di sisi lain ada Song-hwa (Jeon Mi-do) merupakan dokter spesialis bedah saraf yang memiliki karakter tenang, tapi kuat. Dia juga pemimpin dari pertemanan ini.

Berikutnya Jun-wan (Jung Kyung-ho) merupakan seorang dokter bedah unggulan, tapi selalu sengsara. Dan terakhir adalah Seok-hyeong (Kim Dae-myung), dokter spesialis ginekologi yang juga seorang laki-laki penyendiri.

Di rumah sakit tempat mereka dipertemukan kembali, mereka harus menjalankan pekerjaan dengan bidang nya masing-masing. Tapi di sisi lain  juga menjadi tempat di mana kelima sahabat tersebut bertemu dengan kisah-kisah cinta yang tak terduga.

Ada pelajaran yang bisa di dapat dari menonton drama ini. Sebagian besarnya dari kisah para pasien dan perjuangan mereka. Juga tentang bagaimana para dokter dan perawat yang bersusah payah menyelematkan pasien di meja operasi.

Hospital Playlist adalah drama yang cukup digemari masyarakat karena bisa diterima oleh semua kalangan. Jalan cerita yang dibangun juga sangat menarik, berbeda, unik, namun tetap asyik untuk ditonton. Kabar terbarunya, tahun 2021 nanti Hospital Playlist season 2 akan kembali menyapa para penggemar Drama Korea.

4) Doctor Stranger (2014)

Doctor Stranger (Sumber gbr : Pinterst)

Drama ini tayang di SBS dengan jumlah 20 episode. Mengisahkan tentang Park Hoon yang sejak kecil harus mengikuti ayah nya Park Chul ke Korea Utara untuk misi menyelamatkan Presiden Korut yang sakit jantung (penyempitan Arteri Koroner) dan berhasil. Namun ketika hendak ingin kembali ke negara asalnya, Park Chul terhalang dan hendak di bunuh.

Tetapi pihak Korea Utara justru tidak menembaknya, melihat kemampuan dokter tersebut Park Chul justru dijadikan dokter ahli bedah jantung disana. Sang anak yakni Park Hoon (Lee Jong-Suk) tumbuh dewasa dan mengikuti jejak sang ayah menjadi dokter bedah jantung yang handal.

Dalam masa pendidikan nya, Park Hoon bertemu dengan Song Jae Hee (Jin Se-Yeon) di sekolah di Kedokterannya dan saling jatuh cinta. Mereka sempat meminta suaka untuk kembali ke Korea Selatan, tapi di tolak dan sebuah kejadian malah menjadikan Park Hoon dan Song Jae Hee terpisah.

Seiring waktu, Park Hoon berhasil untuk kembali ke Korea Selatan dan menjadi seorang dokter ahli bedah jenius di sebuah Rumah Sakit. Ia berharap bisa berjumpa kembali dengan Song Jae Hee. Tetapi alih-alih bertemu, Jae-hee justru hilang tanpa kabar dan sama sekali tidak dapat dihubungi. Suatu hari, Park Hoon bertemu dengan seorang gadis yang sangat mirip dengan Jae-hee. Hanya saja, gadis itu mengaku tidak mengenal Park Hoon.

Dalam drama ini setiap karakter mempunyai kepentingan berbeda-beda sehingga menampilkan suasana yang rumit namun tetap bisa dinikmati. Menyajikan intrik dendam, politik, perjuangan, persahabatan, kekeluargaan, dan sedikit romansa.

5) Doctor John (2019)

Doctor John (sumber gbr : Soompi)

Tayang di SBS  dengan jumlah 32 episode. Drama ini merupakan adaptasi dari novel Jepang berjudul 'On Hand of God' karya Yo Kusakabe. Berkisah tentang seorang dokter ahli anestesi bernama Cha Yo-han atau John Cha (Ji-sung) yang jenius, Ia mampu menganalisa penyakit suatu pasien hanya dengan jangka waktu sepuluh detik. Hanya saja sikapnya begitu angkuh dan  arogan. Cha Yo-han sempat dijebloskan ke penjara atas tuduhan malpraktek. 

Tapi di dalam tahanan Cha Yo-han justru sering kali menyelamatkan nyawa para narapidana lainnya. Hal itu malah menjadikan para dokter yang bertugas di sana rata-rata langsung mengundurkan diri alias mendadak minder karena keahliannya tak tertandingi. 

Di lain sisi ada seorang dokter anestesi muda residen kedua Kang Si-Young (Lee Se-young) yang cerdas dan hangat. Ia juga merupakan murid yang paling teladan di sekolah dokter. Tidak hanya seorang dirinya saja yang dokter, namun ibunya pun memiliki profesi yang sama.

Awalnya, Cha Yo-han dan Kang Si-Young sering berselisih paham karena berbeda karakter. Namun, suatu ketika mereka dihadapkan dalam kasus medis misterius. Mereka diharuskan bisa menyembuhkan segala macam gejala penyakit yang diderita oleh pasien, baik yang umum maupun yang tidak umum.

Drama ini menceritakan tentang seorang dokter yang berani membantah kode etik yang semestinya agar pasien dapat bebas menentukan apakah ia dapat bertahan hidup atau sebaliknya. Dimana ketika para ahli anestesi dihadapkan dengan berbagai penyakit-penyakit langka.

Lewat drama ini juga menyampaikan akan sebuah sisi humanis profesi seorang dokter. Ia bisa sakit bisa juga salah, tak jauh berbeda dengan yang lain bisa juga sedih, kecewa juga menghadapi beragam masalah. kurang lebih seperti itulah tema yang diangkat bahwa dokter punya dua sisi dalam kehidupannya. Sebagai dokter untuk profesi dan sebagai manusia biasa.

Drama bertema dunia medis umumnya tidak hanya memiliki jalan cerita yang menarik, tapi juga sering berisi informasi dan istilah kesehatan yang bisa menjadi wawasan yang baru bagi penontonnya. Jadi, Kamu tertarik menonton yang mana ?

14 komentar:

Ainun mengatakan...

dari sekian banyak list tema dokter, aku belum nontonin mbak, padahal udah tayanng beberapa tahun lalu
pernah nih orang rumah nonton yang tema beginian, lupa judulnya yang mana, karena aku nontonnya sambil lalu, jadi nggak ngeh sama ceritanya

fanny_dcatqueen mengatakan...

Mbaaa, ini bikin waiting list drakor ku makin banyaaaak nih hahahahha. Kok menarik semua. Aku jrg nonton kalo berbau kedokteran. Kirain ga menarik. Tp sepertinya setelah baca ini jd berubah pikiran.

Aku penasaran Ama yg docter stranger. Krn ada terkait Ama Korut :D. Bagus nih kayaknya.. aku masukin dulu ah ke list drakor ku. Udh makiiiiin panjang iniii hahahahah

Katerina mengatakan...

Semua drama yang disebutkan sudah aku masukkan list tonton, tapi belum kutonton juga karena tiap tamat suatu drama, sudah ada drama baru yang kemudian hits, akhirnya tertunda terus. Rekomendasinya bagus-bagus nih mbak, tfs ya, jadi mengingatkanku untuk nonton kalau nanti sudah senggang.

hujan di jendela mengatakan...

Terus terang aku belum nonton semua kelima list itu mba ahahhahah aduh parah yaa, soalnya takutnya serius banget kekekekek

Maria G Soemitro mengatakan...

Kirain yang ke-5 hospital ship
Saya udah nonton semua nih, kecuali hospital play list
Saya lupa apa sebab ngga sempat nonton karena saya suka banget drama bertema medis

Rhoshandhayani K. T. mengatakan...

aku pengen nonton yang hopsital playlist
katanya recommended tuh

dulu ada drama perdokteran yang bagus
tahun 2010 kira-kira
booming banget
eh itu drama jepang apa korea ya, haha

YSalma mengatakan...

Baru nonton yang tahun-tahun lama, yang produksi dua tahun terbaru belum nonton, padahal membaca reviewnya sangat menarik utk diikuti, tapi lupa.
Membaca ini jadi ingat utk nonton, masukin list tontonan dulu.

Mutia Ramadhani mengatakan...

Good Doctor (2013) itu waduuuuuuh berkesan banget. Bagusssssssss dramanya. So far menurutku itu drama kedokteran paling bagus. Di dunia nyata nih di Jakarta juga ada pengalaman sama nih. Anak dokternya anakku juga autis, tapi sudah menjadi dokter sekarang. Pastinya perjalanannya juga sekompleks di drama ini.

Annie Nugraha mengatakan...

Drakor atau film yang bertemakan kedokteran atau kesehatan itu, kalau menurut saya, bikin kita semakin aware akan kerja para dokter yang sangat berat. Orang-orang yang kerja di bidang ini butuh pengabdian total, kecepatan berpikir dan bijak dalam memutuskan sesuatu, bahkan dalam hitungan detik. Luar biasa pokoknya.

Dian Restu Agustina mengatakan...

Aku senang kalau latarnya tertentu seperti bertema medis atau dokter begini..nambah ilmu jadinya. Karena drama bertema dunia medis umumnya tidak hanya memiliki jalan cerita yang menarik, tapi juga sering berisi informasi dan istilah kesehatan yang bisa menjadi wawasan yang baru bagi penontonnya. ..Ada yang belum kutonton, bisa jadi referensi nih

Alfa Kurnia - pojokmungil.com mengatakan...

Dari semua ini baru nonton beberapa episode The Doctors. Baru sampai Yoo Hye Jung dapat nilai bagus di pelajaran tapi kek difitnah pacaran sama gurunya gitu.

Siti Nurjanah mengatakan...

Aku hospital ship belum tuntas nontonnya..temanya juga menarik
Jadi aku ambil di review ini yang menurutku cukup menarik dan udah selesai nontonnya :D

Siti Nurjanah mengatakan...

Iya..sampai diadaptasi ke serial Amerika dan drama Jepang
Aku juga paling favorite utk Drakor bertema medis ya Good Doctors

Siti Nurjanah mengatakan...

Betul sekali mba, ketegangan, permasalahan yang dihadapi berasa real aja.