Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Rabu, 25 Maret 2020

SPOTS, Perangkat Pos System Andalan Bagi Pelaku Usaha

Saat itu, Aku dan adik sehabis pulang dari pasar tradisional untuk membeli keperluan di rumah. Memang sudah saatnya jam makan siang, Kami pun memutuskan mampir ke sebuah warung Nasi bebek Cendrawasih. Setelah pesanan di buatkan, Aku baru menyadari bahwa uang cash yang tersisa ternyata kurang. Sempat khawatir karena rasanya pasti sungkan dengan penjualnya, ketika lihat mesin seperti EDC aku pun coba bertanya.

SPOTS Pos System Praktis
"Ini bayarnya bisa non tunai ?"
"Bisa debit atau Gopay"
"Syukurlah."
"Ini mesin EDC baru ya mbak ?" Aku penasaran
"Oh, ini mesin kasir SPOTS keluaran Gojek"

Mesin Kasir ? Aku sempat di buat penasaran, dengan bentuknya yang praktis ini. Mba penjual sempat memberi tahu cukup terbantu dengan adanya sistem pembayaran Point Of Sale ini dari segi transaksi maupun laporannya. Prosesnya terlihat begitu mudah tanpa memakan waktu yang lama.


Mengetahui SPOTS lebih Jauh

Point Of Sale berbasis system
Dilihat dari praktis dan efisiennya Point Of Sale atau Pos System ini, juga mudah digunakan oleh siapa saja sebagai pelaku UMKM baik itu pedagang kaki lima, gerobak keliling, pemilik franchise,  Point of Sale Cafe, Pos System Restoran, Pos System Coffee Shop atau bahkan restoran yang sudah besar sekalipun.

SPOTS adalah perangkat multifungsi dari GOJEK berbasis Cloud based pos system yakni  sistem yang sudah terintegrasi ke dalam sistem yang sudah dibuat dengan berbagai keuntungan. Menawarkan kemudahan dengan menerima payment atau pembayaran sistem Point Of Sale ini juga telah dilengkapi beragam fitur untuk membantu pelaku usaha dalam mengelola operasional dagangannya.

Sebagai bentuk Point Of Sale, SPOTS memiliki beragam fitur diantaranya :

* Mengatur Menu.

Para pelaku usaha bisa mengatur menu dengan mengisi secara manual atau impor menu dari Go-Food, mengatur harga,  jumlah, foto, serta kategori menu sesuai kebutuhan.  Bagi pengguna yang sudah terdaftar sebagai partner Go-Food, maka akan mendapatkan notifikasi real time setiap ada pesanan yang  masuk.


* Sistem pembayaran Praktis

Customer dimudahkan dengan adanya Pos System berbasis digital ini. Bisa memilih cara pembayaran dengan hanya memindai kode QR dan uang akan langsung masuk melalui Go Pay atau bisa dengan debit maupun kredit

* Cetak Resi di Satu Device

Perangkat SPOTS sudah dilengkapi dengan printer, sehingga tidak perlu mesin tambahan lagi untuk mencetak resi transaksi. Bisa dioperasikan tanpa kabel dan dimana saja, serta pembukuan otomatis.

* Laporan Harian

Tidak hanya pembayaran  yang prosesnya cepat.Dengan SPOTS, rekap transaksi harian juga bisa dilakukan secara mudah. Nantinya akan dikirim via email sehingga lebih mudah terpantau.

Fitur-fitur ini tentu sangat membantu memperlancar operasional usaha hanya dalam satu perangkat, pelaku usaha bisa memonitor usaha dengan mudah. Adapun keunggulan dari Pos System SPOTS ini :
  • Transaksi Pembayaran Mudah dan Aman
Melakukan proses transaksi lebih mudah karena menggunakan internet untuk mengakses datanya. Selain itu juga Mendukung semua pembayaran non tunai dengan kode QR berbasis QRIS, kartu debit, dan sebentar lagi bisa menggunakan kartu kredit ini akan menjadikan Pos System SPOTS sebagai mesin EDC pertama yang memiliki opsi melakukan pembayaran 3 macam. Lebih aman dan simpel tanpa harus mencari kembalian atau bahkan terhindar dari kemungkinan uang palsu.

Sistem pembayaran yang mudah
  • Tanpa perlu melakukan perhitungan manual
Dengan menggunakan sistem Point of Sale SPOTS pengguna bisa memantau omset dengan sangat mudah, bisa melalui dashboard-nya langsung atau melalui rekap transaksi yang akan dikirim setiap hari ke email pelaku usaha yang menggunakan SPOTS.
  • Memonitor usaha lebih nyaman
SPOTS memungkinkan pelaku usaha memonitor bisnisnya melalui 1 perangkat. Baik pemesanan melalui Go-Food maupun makan di tempat.

Dengan menggunakan Cloud based pos system maka pelaku usaha tidak perlu repot lagi untuk memantau, karena dapat dilakukan dari jarak jauh secara real time dan selalu terupdate semua transaksinya. Misalnya ketika ada pemesanan  Go-Food,  secara otomatis mendapatkan notifikasi sehingga memungkinkan pengguna untuk mempersiapkan pesanan sebelum driver sampai.

Mesin kasir ( Pos System ) mini yang satu ini bisa dibilang merupakan inovasi baru dengan jenis yang praktis  digunakan di berbagai tempat. Setidaknya sudah ada 50.000 outlet yang menggunakan SPOTS di 50 kota di Indonesia seiring waktupun terus bertambah. Untuk para pelaku usaha, Point of Sale Cafe, Pos System Restoran, Pos System Coffee Shop  yang ingin mendaftar dan menggunakan SPOTS harganya relatif terjangkau. Dalam satu Device hanya perlu investasi sebesar Rp 490.000 ditambah biaya pemeliharaan sebesar Rp 4.900 per hari. Pengguna akan langsung mendapatkan perangkat yang dilengkapi dengan printer resi tanpa harus sewa mesin tambahan.

Untuk informasi lebih jauh mengenai SPOTS, dan berbagai testimoni para pelaku usaha yang sudah menggunakannya, bisa di klik melalui media sosial resminya https://www.instagram.com/spots.id/ atau bisa juga lewat website spots.co.id .

Perangkat SPOTS memudahkan Pelaku Usaha

52 komentar:

Ulihape mengatakan...

Spots bikin jajan di kaki lima.makin asyik ya ga repot bawa cash deh

Mutia Ramadhani mengatakan...

Senang yaaa makin banyak alternatif platform yang menggunakan sistem point of sale. Dulu saya tahunya cuma 1 platform saja yang kerja sama dengan Telkomsel, kalo gak salah namanya Moka Pos. Sekarang ada pula EDC SPOTS. Pastinya ini sangat membantu UKM kita.

Maria G Soemitro mengatakan...

Terobosan yang solutif ya?
Sebelumnya kan umkm ngga pernah ada pembukuan, dengan spots semua penerimaan terekap komplit

http://kakilasak.com/ mengatakan...

Makin canggih aja ya cashless
UMKM makin terbantu untuk urusan transaksi keuangan

Yulia Rahmawati mengatakan...

Iya, saya waktu beli bakso aci, pedagangnya sdh pake Spot, dia mah tinggal Klik, keluar struk deh :)

Dian Restu Agustina mengatakan...

Dengan SPOTS transaksi pembayaran jadi lebih aman dan mudah ya. Senang jika penjual memakai aplikasi kasir ini. Apalagi buat penjual, mudah untuk operasional usahanya

innaistantina mengatakan...

Ih suka sayaaa kalo gak harus bawa uang cash. Apalagi musim virus seperti sekarang, bayar secara cashless ini lebih jadi pilihan dan lebih amannn

nurul rahma mengatakan...

Aku bersyukuuurrr banget, sekarang tenant SPOTS tuh buanyaak di Surabaya.
Bahkan, pedagang PKL dan warung2 kecil juga udah mulai pakai SPOTS lho.
Soale, makin ke sini kita males bayar2 pakai duit kertas yhaa. Banyak kumannya, euy.
Kalo cashless kan enak bin enjoy!

Ida mengatakan...

SPOT memang membantu banget ya.. seneng banget ada aplikasi ini sangat membantu para UKM

Okti Li mengatakan...

Di Cianjur juga sudah banyak pedagang yg pakai spots. Senang melihatnya jadi mereka kerja tampak lebih profesional gitu. Transaksi nya transparan ya

Emma Malika mengatakan...

Spots bikin gak perlu bawa dompet jadi lebih praktis mau Jalan jajan jadi nyaman😊

jendelamamak mengatakan...

Pernah liat mesin ini waktu saya beli telur grosiran. Penasaran dengan mesinnya tapi nggak sempat bertanya. Akhirnya terjawab sudah penasaran saya dengan tulisan ini, hehe. Makasi infonya mbak.

Nyi Penengah Dewanti mengatakan...

SOPT ini bikin transaksi nggak memakan waktu lama ya Ti, enak dan cepet
memudahkan pembeli dan pelaku usaha. Keren!

kartika mengatakan...

Aku juga lebih suka pedagang2 yang udah apke spots. Krna gak mikir kembalian dan praktis serta cepat transaksinya

SiKlimis mengatakan...

Wah inovasi baru nih buat para pelaku UMKM, jadi semakin mudah dalam mengelola UMKM biar tambah maju

Dyah (Author roemahaura.com) mengatakan...

Di sini warung-warung tepi jalan juga sudah yang banyak pake SPOT loh mbak, membantu UMKM buat maju plus mempermudah konsumen juga

Mechta mengatakan...

Makin asyik bila tempat jajan sudah menyediakan SPOTS ini ya..pembeli gak akan kesulitan bertransaksi lagi..

ResiCute mengatakan...

Transaksi jadi mudah ya dan cashless .seneng kaka tu kalau jajan bisa cashles gini

Intan Novriza Kamala Sari mengatakan...

SPOTS memang memudahkan banget ya kak. Ga usah bawa uang cash, bisa tetap jajan jajan dengan mudah & cepat. Ada struknya pula. Ga takut salah2 deh. Yayyy

Indrifairy mengatakan...

Gak ribet lagi yah klo mau jajan di warung favorit karena ada SPOTS, yang pasti ga usah repot bawa uang cash lagi , tapi belum pernah cobain nih aku

Larasatinesa mengatakan...

Sebagai generasi cashless aku sih seneng banget jajan di warung atau cafe yang punya mesin SPOTS. Praktis, nggak ngantri terus nggak repot sama uang kembalian.

Suzannita mengatakan...

Aku juga seneng banget ya sekarang serba cashless apalagi pake spots juga menguntungkan bagi pemilik UKM juga

Fenni Bungsu mengatakan...

Cetak resi pun bisa satu perangkat aja ya, nggak perlu ada tambahan lain, jadinya bisa lebih praktis kalau pakai SPOTS

Tira Soekardi mengatakan...

wah keren ini pastinay sanagt membantu ya

Gita Siwi mengatakan...

Nah sudah seharusnya memang ya era sekarang ini semua memudahkan dan praktis kayak hadirnya SPOTS ini

Nanik nara mengatakan...

Kecil tapi banyak fungsinya ya, bukan cuma mempermudah pembayaran bagi pembeli, tapi juga memudahkan penjual dalam manajemen toko/warungnya.

Mirza Pradita mengatakan...

Ini memudahkan usaha kecil ya, praktis dan banyak kegunaan, semoga segera menyebar dimana mana

Silviana mengatakan...

Wow SPOTS mendukung UKM ya. Keren banget sih emang mesin kasir ini. Sebagai customer senang sekali karena cepat dan praktis.

catatanemak mengatakan...

Seneng bgt sekarang klo kmana mana ga hrs deg deg an klo uang cash di dompet minus. Yg pntg e-wallet penuh isinya hahahaha

Soraya mengatakan...

Wah aku baru tahu tentang SPOTS. Keren banget yaa jadi UKM ga kalah fitur dengan toko yang lebih besar.

Sam Leinad mengatakan...

Sekarang banyak merchant yg bisa menerima pembayaran non tunai ya. Jadi bikin praktis, ngga perlu bawa uang banyak-banyak.

Gita Siwi mengatakan...

Terima kasih infonya ya kak, jadi tahu juga kalau teknologi makin merambah ke pelaku bisnis yang dekat dengan kita yaitu UKM. Mantap SPOTS

Rita Gusmelia mengatakan...

Kirain inovasi baru dari PT. POS Indonesia, hehehe

Sandra Hamidah mengatakan...

Kedai langganan juga udah pakai SPOTS mba, emang praktis banget ya. Btw salam kenal mba

Arenga Indonesia Palm Sugar mengatakan...

Membaca ini bahwa pelanggan dimudahkan dengan Pos System dengan bisa memilih cara pembayaran hanya memindai kode QR. Sudah gitu uang langsung masuk melalui Go Pay atau debit kredit. Kayaknya praktis banget deh Mbak. Akan banyak memotong waktu kerja UMKM ini

Elly Nurul mengatakan...

Oh namanya spots ya.. ini aku sering liat dibanyak merchant makanan dan minuman, emang sangat memudahkan banget ya.. cash less dan ternyata juga sangat membantu para pelaku usaha ya dalam urusan pencatatan keuangan khusunya uang masuk

Ani Berta mengatakan...

Zaman sekarang makin mudah ya buat transaksi cashless salut pelaku industri teknologi selalu mengeluarkan inovasi yang praktis seperti ini

Puspa mengatakan...

Hehehe sekarang memang malas bawa duit tunai banyak-banyak. Tapi entah kenapa aku malah lebih hemat dengan membawa uang tunai daripada uang digital. Hanya untungnya uang digital tidak perlu pusing nyari ATM, lebih praktis. Salam hangat Siti:)

ariefpokto mengatakan...

Praktis banget pakai SPOTS ini. Cashless ga ribet cari kembalian. Bisa membuat pedagang lebih rapi pencatatan keuangannya

Ety Budiharjo mengatakan...

Seneng dengernya pas tau ada inovasi dalam soal pbayaran buat UMKM atau pedagang kecil. Dengan begitu makin banyak aja orang yg beli krn ga bingung klu pas ga bawa uang cash

Visya Al Biruni mengatakan...

Kukira SPOTS itu cuma buat usaha besar macam pasar swalayan dan department store. Ternyata kios-kios pinggir jalan juga pakai SPOTS. Soalnha asli memudahkan terutama soal manajemen keuangan ya.

Tim ivegotago.com mengatakan...

Sering abnget euy liat SPOTS ini dipake di kios-kios. Ngebantu banget buat pedagang kecil. Jadi nggak perlu ribet-ribet punya mesin aksir yang gede.

Awan mengatakan...

Waaah keren juga ya kak sekarang sudah ada SPOTS ini, sehingga pelaku usaha bisa lebih praktis dan memudahkan ya. Kita pun tidak perlu takut jika tidak bawa uang cash lagi.

Okti Li mengatakan...

Inovasi dari Gojek ini patut kita apresiasi benar. Mengangkat kredibilitas para pelaku usaha kecil hingga lebih profesional dan dapat bersaing di era industri 4.0 ini

Rina mengatakan...

Praktis banget pake spots, bentuk kecil tp multifungsi . Asiknya lg klo kita bisnis kuliner pake spots otomatis terhubung ke gofood

Nurul Sufitri mengatakan...

Wow....mantap amat nih pakai SPOTS sangat praktis ya ga pusing bawa2 uang tunai ketika jajan hehehe. Bagus banget buat pengusaha kecil rumahan dll UKM untuk menjual produknya jadi makin dipermudah. Biaya administrasinya juga terjangkau 😘

Reni mengatakan...

Era digital semakin dipermudah aja ya, Spots ini bisa jadi pilihan nih buat yang tidak suka bawa uang Cash.

Damar Aisyah mengatakan...

Sekarang sudah sering pakai SPOTS, hampir semua warung makan di sekitarku pakai SPOTS. Enak sih, jadi lebih praktis dan gak perlu bawa-bawa duit. Jadi beneran terasa udah jadi masyarakat digital, hehe.

www.grandysofia.com mengatakan...

layanan spots ini makin efektif bagi para pelaku umkm ya, karena semakin dimudahkan dengan simple dan mudah ya diaplikasikannya

adhealbian mengatakan...

Makin canggih aja yah, terlebih SPOTS ini membantu pedagang2 dna juga pembeli nya semakin praktis karena gak perlu repot2 baw uang cash lagi. Bener banget juga tuh kalo dengan adanya Spots ini, bisa menghindari kita dari uang palsu. Nice info mba ;)

Syaiful BS mengatakan...

Wah sekarang semkain canggih dan semakin mudah yaah kak dalam transaksi. Makin nggak usah bawa banyak-banyak uang cash nih hehe

Jalan-Jalan KeNai mengatakan...

Enak kalau bayarnya cashless begini. Gak perlu nunggu kembalian