Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Sabtu, 07 Desember 2019

5 Inspirasi Hadiah Akhir Tahun untuk Karyawan

Inspirasi Hadiah untuk Karyawan (Doc. Pixabay)
Mendekati penghujung tahun, biasanya bertepatan dengan libur panjang pasti banyak sudah rancangan rencana. Apalagi di bulan Desember cukup banyak momen seperti hari ibu pada 22 Desember dan Hari Natal yang jatuh pada tanggal 25 Desember. Biasanya masa-masa untuk merayakannya dengan berbagi kebahagiaan yang bisa diwujudkan dengan memberi hadiah.

Pun demikian tak ada salahnya bila perusahaan ingin memberikan hadiah untuk karyawannya, terutama ketika menjelang akhir tahun. Hadiah akhir tahun terbaik yang diberikan kepada karyawan ini tak hanya sebagai ungkapan  selamat menikmati libur panjang akhir tahun, namun juga untuk menunjukkan rasa terima kasih perusahaan atas kerja keras, serta loyalitas para karyawan di tahun tersebut.


Pemberian hadiah atau reward merupakan tanda perusahaan menghargai kinerja karyawan. Setidaknya dengan bonus ini dapat mendorong karyawan agar bekerja lebih giat, memotivasi mereka, dan memberikan kontribusi yang lebih besar bagi perusahaan.

Kendati demikian reward tidak melulu harus berupa uang. Banyak yang bisa diberikan untuk menunjukkan apresiasi lewat berbagai cara. Inspirasi hadiah berikut ini bisa diberikan dari perusahaan untuk karyawan di akhir tahun :

1. Tambahan Cuti


Setumpuk pekerjaan bahkan harus lembur di waktu-waktu tertentu bisa menyebabkan rasa jenuh pada karyawan. Untuk menyegarkan kembali semangat dan dedikasinya, tak ada salahnya untuk memberi tambahan cuti sebagai apresiasi atas dedikasi karyawan selama setahun itu.

Beri tambahan sekitar 2 atau 3 hari dimana nantinya bisa dimanfaatkan oleh karyawan untuk berkumpul dengan keluarganya. Cuti ini bisa ditambahkan dengan cuti utama atau digunakan secara terpisah. Sebisa mungkin diatur  mekanismenya secara tepat sehingga pekerjaan di kantor tetap berjalan dengan lancar.

2. Merchandise atau souvenir kantor


Hal-hal kecil yang bisa di lakukan perusahaan misalnya dengan memberikan souvenir atau merchandise kantor sebagai hadiah karyawan di akhir tahun. Dengan pola ini setidaknya dapat menumbuhkan rasa dihargai dan diakui pada diri karyawan itu. 

Souvenir atau merchandise yang diberikan perusahaan sebaiknya dipilih yang tepat guna dan memiliki nilai fungsional dan bermanfaat dalam jangka lama. Dengan demikian, karyawan akan lebih berterima kasih dan bisa memanfaatkan suvenir tersebut. Misalnya seperti flashdisk, powerbank, tumbler, buku catatan, tshirt dan lain sebagainya.

3. Parcel

Bingkisan Parsel
Tidak ada salahnya mengirimkan parcel yang berisi beraneka ragam jenis makanan ringan atau barang unik lainnya. Sebagai ucapan terima kasih dan juga kenang-kenangan untuk karyawan. Apalagi pasti memiliki makna tersendiri bagi karyawan yang memang bertepatan dengan hari perayaan hari besarnya bisa menjadi hadiah terindah.

Hal terpenting saat perusahaan memberikan parcel sebagai hadiah akhir tahun adalah ketulusan. Setidaknya pilihlah yang berdaya guna dan fungsional sifatnya. Dengan tradisi memberikan reward ini sudah barang tentu bisa memperkuat tanggung jawab sosial dan komunikasi yang kuat antara staf dan manajemen untuk jangka panjang.

4. Tiket Liburan bagi Karyawan Loyalitas


Karyawan yang sehari-hari telah menghabiskan waktu dan tenaga demi kemajuan perusahaan, patutlah diapresiasi dengan hadiah yang tak biasa dan bisa menyegarkan kembali semangat dan kian giat untuk kembali bekerja nantinya. Sebagai bentuk rewards atas kerja keras dan loyalitas karyawan terhadap perusahaan, bisa juga memberikan bonus akhir tahun berupa tiket liburan atau paket perjalanan. Tentu saja menjadi momen yang tepat mengingat akhir tahun umumnya menjadi waktu berkualitas untuk liburan bersama keluarga.

Dengan memberikan tiket liburan terlebih sampai satu paket akomodasi, bisa dipastikan karyawan akan lebih menghargainya dan tentu akan menerimanya dengan baik. Untuk rewards jenis ini mungkin akan lebih bermakna jika bisa diberikan ke semua karyawan, akan tetapi jika budget terbatas bisa di prioritaskan bagi karyawan berprestasi. Dan tentunya bisa menjadi motivasi bagi tiap karyawan untuk mempersembahkan kinerja terbaiknya.

5. Voucher Belanja


Pemberian hadiah berupa voucher belanja bisa menjadi pilihan yang tepat bagi perusahaan kepada karyawan. Ibaratnya memberikan keleluasaan bagi penerima untuk memilih hadiah mereka sendiri. Sehingga karyawan yang menerima bisa membelanjakannya sesuai dengan keinginan dan kebutuhannya secara tak langsung cukup terasa kebermanfaatannya. Pemberian voucher juga merupakan salah satu Motivasi Karyawan agar mereka makin giat bekerja.

Voucher Sodexo (Website Sodexo)
Salah satunya dengan Voucher dari Sodexo. Ada beberapa pilihan voucher dari Sodexo, yaitu: Sodexo Gift Pass dan Sodexo E-pass. Untuk keuntungan yang bisa didapatkan bagi pengguna adalah:

  1. Sodexo Gift Pass: Voucher hadiah no. 1 di Indonesia yang memberikan kebebasan memilih hadiah, proses penggunaan yang mudah, dan juga pilihan kategori yang luas. Merchant Sodexo gift pass  memiliki 10 pilihan kategori mulai dari makanan, supermarket, fesyen hingga tour & travel.
  2. Sodexo E-Pass: Voucher hadiah dalam bentuk e-voucher atau kode elektronik. Proses penggunaan yang mudah di toko offline dan toko Online, pilihan kategori yang luas. Merchant Sodexo e-pass memiliki 8 pilihan kategori mulai dari makanan, supermarket, fesyen hingga tour & travel.

Setiap karyawan bekerja pastinya memiliki tujuan untuk memperoleh penghasilan agar kebutuhan dan keinginannya dapat terpenuhi. Pemberian hadiah bisa menjadi satu bentuk upaya perusahaan dalam memberikan balas jasa sehingga dapat mendorong kinerja dan potensi yang lebih lagi. Poin yang harus diperhatikan dan paling baik adalah dengan membuat karyawan mengetahui bahwa dirinya dihargai oleh perusahaan.

12 komentar:

Tira Soekardi mengatakan...

makasih tipsnya

Dayu Anggoro mengatakan...

Hadiah voucher belanja apalagi dari sodexo emang mantap si, apalagi di momen akhir tahun gini banyak banget diskon gila-gilaan di berbagai pusat belanja.

Irena Faisal mengatakan...

Aku baru tau tentang Sodexo gift pass ini, lumayan nih buat rekomendasi give away hehehe

Samleinad mengatakan...

Saya pernah dapat vocer Sodexo dan waktu itu agak bingung memakainya. Ternyata bisa dipakai belanja di minimarket terdekat ya

Gita mengatakan...

Akh kalau sodexo saya mah buat belanja urusan dapur atau makanan deh hahaha

Keke Naima mengatakan...

Tambahan cuti atau voucher belanja kayaknya gak hanya bikin karyawan senang. Keluarga karyawan juga bisa ikut senang. Waktu masih kerja, saya suka banyak dapat parcel dari supplier. Lumayan banget deh isinya

Sapa Dunia mengatakan...

Kalau diminta milih, sodexo sama voucher sejenis. Saya pilih sodexo, merchantnya cocok utk kalangan midle dan harga bersahabat. Selembar voucher sodexo 100rb, bisa buat belanja sembako lumayan banyak :)

Uchy Sudhanto mengatakan...

Waahh bisa jadi ide kalau nanti usahaku udah punya karyawan nih.. lumayan ya voucher sodexo buat jadi hadiah

Langkah Dody mengatakan...

Kalau liat refrensi ini jadi pengen jadi karyawan kantoran lagi dah. Tahun lalu masih dapat hadiah akhir tahun tapi tahun ini lagi enggak dapat gara2 sudah resign dari kerjaan

Grandys mengatakan...

Waiyaaa bener banget mba voucher Sodexo ini udah aku praktekan kemarin waktu ulang tahun seseorang dan dia hepi

Unknown mengatakan...

Tambahan cuti dan tiket liburan. Syurga banget yoloh. Wkwkwkkw
Kalo ditambahin voucher sodexo ya boleh banget.

(DENY OEY)

Nurul Dwi Larasati mengatakan...

Wah, emak-emak juga doyan dikasih voucer kayak Sodexo gini. Bisa langsung habis belanja di mini market.