Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Sabtu, 09 November 2019

Kompasiana, Wadah Berbagi dan Berkreativitas

Sekitar beberapa bulan lalu, teman lama semasa sekolah tiba-tiba menyapa lewat sebuah facebook massager aplikasi facebook. Ia bertanya dan memastikan apa benar tulisan yang dibacanya di situs yang mengarah ke kompasiana mengenai bioskop di Mall Grand Cakung adalah tulisan Saya. Sempat terkejut, karena bisa di katakan itu tulisan sekitar dua tahun lalu.
Halaman profil Kompasiana
Bahagianya menulis dan berbagi informasi itu adalah ketika apa yang disampaikan membawa manfaat bagi pembacanya. Dengan menulis secara tak langsung membuka jendela komunikasi dengan banyak orang dan banyak pihak. Ketika tulisan itu dibaca orang lain, sesungguhnya Kita sedang menjalin komunikasi dengan berbagai pihak . Ketika tuisan kita menarik, akan mengundang komentar dan tanggapan dari orang lain.

Di era digital seperti sekarang banyak sebenarnya platform yang bisa mewadahi untuk menuangkan ide dan aspirasi. Selain lewat blog pribadi ini, Saya juga menulis dan memiliki akun di Komapasiana. Sebuah wadah citizen Journalisme, untuk mengungkap gagasan dan pendapat melalui tulisan. Sebenarnya Saya sering mendengar cerita beberapa orang yang bilang Kompasiana itu wadah tulisan yang dominasi politik. Padahal ga juga, justru ada wadah fiksiana (untuk kreatifitas dan literasi) temanya pun banyak seperti gaya hidup, film, olahraga, wisata dan banyak lainnya.


Awal mengenal Kompasiana itu sekitar tahun 2013. Semula Saya menelusuri berbagai informasi lowongan kerja di Kompas.com, setelah tak lama lepas masa kerja di sebuah perusahaan otomotif di bilangan Jakarta Utara. Tapi, kemudian ada banner dan informasi mengenai kompasiana. Setelah di klik dan menuju website nya, justru yang membuat tertarik itu sub tema fiksiana. Saya yang saat itu masih gemar menulis cerpen akhirnya mendaftar, walau awal-awalnya hanya membaca saja dan belum berkontribusi.

Dan tulisan perdana Saya adalah kekecewaan tentang seorang penulis yang karyanya begitu di kagumi. Ga terpikirkan juga akan ada yang memperhatikan karena Saya sekedar mengungkapkan rasa tak menyenangkan yang saya terima kala itu, tapi tak berselang lama sudah dapat tanggapan. (Disini Saya mulai merasa tulisan di platform Kompasiana cepat juga ternyata).

Kini setelah sekian tahun berlalu, Kompasiana kian melakukan banyak pembaharuan selaras dengan kubu kru di dalamnya. Sebelumnya Kompasiana akrab dengan moto "Sharing and Connecting"dan kini mengubahnya dengan yang lebih simpel #BeyondBlogging yang bisa jadi disimpulkan sebagai wadah mempererat semangat lebih dari sekadar nge-blog, karena menulis untuk ranah publik pada dasarnya adalah berbagi dan terhubung.

Bergabung dengan kompasiana dan berbagai kegiatan offline dan onlinenya itu sangat menyenangkan. Bertemu dengan orang-orang yang friendly dimana disebutnya para kompasianer. Jika sudah bertemu setelah aktifitasnya masing-masing ada saja hal yang dibahas untuk saling berkomunikasi.

Nobar Baremg Komik
Banyak hal juga yang dilakukan bersama Kompasiana, tak melulu soal hal yang serius. Berbagai hal menyenangkan seperti kuliner bareng KPK (Kompasianer Pengiila Kuliner) atau nonton bareng Komik (Kompasianers Only Movie enthusiast Klub) maupun jalan-jalan santai bareng Click (Commuterline Community Of Kompasianer) dan masih banyak yang lainnya komunitas dibawah payung Kompasiana pun banyak yang bisa di ikuti.

Hal yang mengesankan ke beberapa tempat bareng Kompasiana juga terbilang sangat menyenangkan (ini sih berharap bisa diajak menjelajah lagi ) ^_^ Ke Cirebon saat ramadhan menelusuri berbagai tempat ikonik di sana, Ke penangkaran Owa Jawa sekalian rafting, Kopdar dengan Komapasianer Jawa Timur di Malang bisa dikatakan setiap jejak perjalanannya begitu mengesankan.

Kompasianer Bersiap Rafting
Kini memasuki #11TahunKompasiana semoga semakin berjaya di udara, terus menjadi yang terbaik dan kebanggaan bagi para Kompasianer. Disetiap detik akan ada pertumbuhan, disetiap jam akan ada perubahan, disetiap hari akan ada tingkatan, disetiap pekan akan ada pembaharuan. Teruslah berinovasi dengan segenap visi dan misi kebaikan. 

10 komentar:

kataresi mengatakan...

Kerja di media kompas dahulu kala inceran anak2 jurnalistik. Tapinskrg smua bisa menulis bebas di kompasiana ya

RasulyOctav mengatakan...

Thank you for sharing kk say,bermanfaat bangt dan penting bngt ini

Nurul bukanbocahbiasa mengatakan...

Kompasiana emang top markotop!!!
Aku pingin ikutan Kompasianival, sayangnyaaaa kudu bayar tiket pswt/KA k Jkt. Hahahaha

Tika Samosir mengatakan...

Banyak memang kenangan menjadi kompasianer. Dulu aku pernah mengikuti acara kompasianival di jogja. Seru banget deh.

diane mengatakan...

wahh selamat ulang tahun nih buat Kompasiana.. Udah lama gak aktif disana euy.. padahal seru juga ya di Kompasiana

Aprillia Ekasari mengatakan...

Wah kompasianer sejati nih. Aku pernah bikin akun dulu banget tapi cuma jd pembaca doank. Trus baru aku isi pas jd bagian dr danone academy hehe. Seru nih abis ini ada kumpul2 kompasianer yaaa, sukses ya mbak

Gita mengatakan...

Wah aku termasuk yang jarang nulis di Kompasiana nih kak. Kadang kesal susah login hahahaha..nice info kak makasih

Nyi Penengah Dewanti mengatakan...

Siti emang ya produktip banget dimana mana aktip di Kompasiana juga sering kopdar keren..

Mutia Nurul Rahmah mengatakan...

kompasiana skrg interfacenya lebih menari kdan enak untuk dibaca ya. artikelnya juga beragam

Mugniar mengatakan...

Tulisan ini mengingatkan kalo saya punya akun di Kompasiana sejak 2011 dan sekarang terbengkalai karena kewalahan dengan blog pribadi :(