Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Selasa, 10 September 2019

3 Destinasi Seru Untuk Menikmati Keindahan Jogjakarta Dari Ketinggian

Panorama Kebun Buah Mangunan ( Bantul )
Banyak yang mengatakan, jika Jogja terbuat dari rindu yang akan membuatmu candu. Sebagian besar orang Indonesia, pasti lebih dari sekali singgah atau sekedar mengunjungi Kota pelajar ini. Suasananya, kesederhahaan tata kehidupannya, iya tak salah jika menyebut Jogja begitu istimewa. Meskipun kini sudah lebih modern, tapi Jogja masih bertahan dengan ciri khas dan budayanya yang masih kental dan teguh dengan adat budaya jawanya.

Baca Juga : Yogyakarta Kota Keraton

Bepergian ke Jogja bukan hal sulit, karena transportasinya pun terbilang mudah. Saya paling suka untuk perjalanan lintas Jawa menggunakan moda transportasi kereta api. Selain lebih ekonomis, jika terang bisa menikmati pemandangan di sepanjang lintasan. Biasanya Saya paling suka perjalanan di waktu malam lebih membuat nyaman, sehingga lelah berjam-jam di kereta tak terlalu terasa. Berangkat dari Jakarta, memilih kereta Bogowonto yang akan tiba di Lempuyangan ketika pagi menjelang. Pembelian tiket kereta api sekarang juga begitu mudah karena bisa diakses melalui online. Cek disini keberangkatan kereta api bogowonto untuk reservasi tiket tanpa harus mengantri.


Menjamurnya tempat wisata yang berkembang di Jogjakarta membuat wisatawan domestik maupun mancanegara ingin menjelajahi lokasi wisata yang ada. Menyuguhkan beragam keindahan alam, gunung, hutan pinus, perbukitan serta pantai. Selain itu juga didukung beragam spot foto yang instagramable yang kian marak untuk melengkapi koleksi foto di media sosial. Selalu ada tempat wisata baru yang bermunculan dari waktu ke waktu. Pilihan destinasinya pun kian beragam, tak terkecuali pemandangan-pemandangan indah yang bisa dinikmati dari ketinggian. Beberapa diantaranya :

1. Kalibiru

Kalibiru (Kulon Progo)
Merupakan tempat wisata yang berlokasi di Desa Hagrowilis, Kecamatan Kokap, Kulonprogo, Jogjakarta. Objek wisata ini menawarkan pemandangan kawasan perbukitan manoreh dan waduk sermo yang sangat indah dan kesejukan udara perbukitan. Menawarkan panorama alam yang mempesona dari ketinggian 450 Mdpl. Di tempat ini Kita bisa mengabadikan momen dengan berfoto dari atas rumah kayu atau gardu pandang yang dipasang di pepohonan untuk mendapatkan view yang lebih sempurna dari ketinggian.

Dari atas, pemandangan  pepohonan hijau dan waduk sermo menjadi daya tarik tersendiri. Selain berfoto ria, di area ini juga bisa mencoba flying fox, area outbond dan alur tracking. Pada akhir pekan biasanya pengunjung cukup padat dan Kita harus mengantri untuk mendapatkan giliran naik dan berfoto di atas gardu pandang.

Bisa dikatakan area wisata Kalibiru termasuk destinasi yang sudah banyak dikenal sehingga warga yang berkontribusi dalam pengolahannya pun telah menyediakan berbagai  fasilitas yang bisa di gunakan. Tetapi perlu diperhatikan, untuk menuju tempat ini pastikan kendaraan yang digunakan dalam kondisi prima sebab jalannya  berkelok-kelok dan konturnya cukup miring tanjakannya.


Area Pelataran Kebun buah Mangunan (Bantul)
Ketika tiba di kawasan kebun buah mangunan, udara sejuk khas pegunungan rasanya sudah dapat dirasakan. Aroma pepohonan membuat diri berasa rileks dengan nuansanya yang begitu alamiah. Kawasan wisata ini berada di puncak Desa Mangunan, Kecamatan Dlinggo,  dengan ketinggian sekitar 200 meter di atas permukaan laut. Mulanya area ini belum terlalu terkenal dan menjadi sentra dikembangkannya berbagai tanaman berbuah layak konsumsi seperti pohon mangga, jambu air, durian, rambutan, sawo, manggis, kelengkeng dan buah-buah lainnya.

Begitu banyak pepohonan disini yang berbuah dengan subur dan dikembangkan. Akan tetapi buah-buahan yang ada di pepohonan tidak boleh langsung dipetik, pengunjung diharuskan membelinya kepada pengelola. Untuk harga relatif lebih murah dibandingkan buah yang telah di jajakan di pasar.

Puncak Kebun Buah Mangunan ( Bantul )
Untuk berkeliling, sudah terdapat jalan-jalan setapak yang memudahkan pengunjung untuk menjelajahi puncak Taman Buah Mangunan. Selain itu, ada bangku-bangku yang tersebar di banyak sudut serta di kawasan puncaknya  disajikan pendopo-pendopo untuk pengunjung beristirahat. Kebun Buah Mangunan menawarkan pemandangan menawan yang bisa dinikmati dari puncaknya, mulai dari lekukan Sungai Oya hingga pegunungan dan perbukitam di sekitar puncak itu. Area ini tampak lebih mempesona ketika tiba saat matahari terbit ataupun terbenam.

3. Tebing Breksi

Tebing Breksi ( Sleman )
Destinasi wisata ini berlokasi di Dusun Nglengkong, Sambirejo, Sleman, Jogjakarta. Tebing Breksi ini terletak di bukit dengan ketinggian kurang lebih 200 meter di atas permukaan laut sehingga memungkinkan untuk melihat panorama kota Jogjakarta dari puncaknya. Pada awalnya kawasan ini merupakan area pertambangan batu kapur, namun sekitar tahun 2015, aktifitas pertambangan dihentikan sebab setelah dilakukan penelitian, bukit kapur tersebut merupakan endapan abu vulkanik dari gunung api purba Nglanggeran. Sejak saat itulah Tebing Breksi ini ditetapkan menjadi kawasan cagar budaya dan sekaligus Geoheritage.

Tebing dengan tinggi sekitar 30 meter ini menawarkan panorama yang sangat menarik. Tak butuh waktu lama untuk mencapai puncaknya. Di lokasi ini juga terdapat pula Prasati yang disebut Tlatar Seneng yakni sebuah tempat pertunjukan budaya yang berdiri di tanah kosong. Tlatar Seneng mengusung konsep panggung terbuka, sehingga memungkinkan untuk melihat pertunjukan dalam formasi setengah lingkaran. Tebing Breksi ini merupakan kawasan wisata yang cukup diminati wisatawan berkunjung, satu sisi keunikan lainnya adalah dinding perbukitan di ukir indah dengan hewan mitologi seperti naga dan pewayangan.
Tlatar Seneng - Tebing Breksi
Menikmati keindahan alam dari ketinggian itu memang menciptakan sensasi tersendiri. Sebuah keindahaan itu bisa dilihat tak hanya dari satu sisi saja. Beragam cara bisa dilakukan untuk menghayati sudut keindahan dengan seutuh dan seluruhnya. Memaknai bahwa setiap perjalanan bisa menjadi cara untuk bersyukur ketika berada di tengah-tengah hamparan alam semesta dan mengevaluasi diri untuk terus belajar dan memperbaiki menjadi pribadi yang lebih baik.

32 komentar:

Siti Farida mengatakan...

Jogja emang selalu bikin kangen, sekali ke sana pasti pengen balik lagi

Putu Sukartini mengatakan...

Ini nih tiga-tiganya belum pernah aku datangi huhuhu
Bolak balik ke Jogja tapi gak sempat main ke sini. Sepertinya ini pertanda aku harus kembali ke Jogja buat liburan

Sulis mengatakan...

Seperti dalam lirik lagu KLA Project, Jogjakarta selalu menyisakan kerinduan bagi setiap orang untuk berkunjung kembali

Indah Pratiwi mengatakan...

Tak ada alasan bosan mengunjungi tempat wisata di Jogjakarta, sebab ada begitu banyak sekali tempat wisata alam yang perlu dieksplor lebih jauh

Tira Soekardi mengatakan...

semakin banayk wisata baru di jogja ya

Siti Faridah mengatakan...

Banyak juga tempat wisata di Jogja yang menarik dan indah. Kalau aku lebih suka ke pantainya sih kalau liburan ke Jogja. Duh, jadi kangen pengen liburan ke Jogja lagi.

Charis Fuadi mengatakan...

yah..kangen tempat-tempat ini, jadi pingin ke Jogja lagi menulusi air terjun di kulon progo sama main lagi ke kalibiru

Ibadah Mimpi mengatakan...

wahhh emang bener banget kalau Jogja itu istimewa mbak. Pemandangan dari tempat-tempat wisatanya sejuk

Turis Cantik mengatakan...

kayaknya aku prnh ke tebing breksi jaman masih kuliah deh mbak. Hawanya keliatanya dingin ya. Ternyata yogya banyak juga ya wisata alam dr ketinggian.

Matius Teguh Nugroho mengatakan...

Dari ketiga tempat di atas, aku belum pernah ke Tebing Breksi. Habis kelihatannya panas banget cyiinn! Jadi inget, dulu dari Kalibiru balik ke kota, sepeda motor gue kehabisan bensin di tengah jalan haha. Mana lagi boncengin temen dari luar kota. Puji Tuhan saat insting berkata untuk mencari pertolongan ke jalan kampung terdekat, ternyata ada yang jual bensin eceran. Puji Tuhan juga temen gue itu nggak ngeluhan.

Jadi beneran ada kebun buah di Mangunan ya. Pas aku ke sana cuma foto-foto di spot pinggir tebingnya itu. Next time, coba ke Gunung Purba Nglanggeran sama ke Bukit Pengilon :)

hani mengatakan...

Duh...aku sampai lupa, kapan terakhir ke Jogja, saking lamanya. Kayaknya 10 tahun yl deh. Udah tambah banyak aja nih obyek wisatanya. Catat ah, coba bikin itinerary, siapa tahu bakalan ke Jogja...

Siti Nurjanah mengatakan...

Pengalaman yg berkesan, memang agak bikin BT sih tetiba bensin habis ditengah jalan tapi susah menemui pom bensin. Ini kayanya aku sempet alami waktu di Bali

Aku udah pernah ke gunung purba nglanggeran, cuma ketika itu datang di musim penghujan dan sedang tidak diperkenankan untuk naik
Nah klo bukit pengilon belum nih. Boleh deh di note dulu, siapa tau bisa untuk perjalanan berikutnya

Siti Nurjanah mengatakan...

Ketika saya sampai lokasi itu habis hujan besar disertai geledek mba. Lumayan agak sejuk setelahnya,tapi untuk naik ke atasnya jadi harus ekstra hati2

Shintaries mengatakan...

Wah makasih rekomendasinya siti, satupun aku belum pernah ke situ qiqiqi. Moga moga pas ke Jogja bisa kesampaian

Ariefpokto mengatakan...

Jogja emang ga ada matinya. Selalu Ada tempat wisata baru yg menarik. Btw dari Tebing Breksi Naik dikit lagi ada Candi Ijo lhoo. Cantik bgt sunset disana

Siti Nurjanah mengatakan...

Iya mas, nanggung kalau ga sekalian candi ijo udh sampai tebing breksi. Kemungkinan akan ada dituliskan berikutnya. Sayangnya Saya ga dapet sunsetnya

Monda Siregar mengatakan...

yang udah pernah cuma Tebing Breksi aja,
digeber sekaligus dengan ke Candi Ijo dan Keraton Ratu Boko.. he.. he..

ntar kalau ke Jogja pengen ngerencanain ke Mangunan deh, dan Klibiru juga

Jalan-Jalan KeNai mengatakan...

Sepupu saya nih pada ngajakin ke Mangunan. Lagi ramai juga wisata ke arah sana ya

Atisatya Arifin mengatakan...

Aku belum pernah menikmati Jogja dari ketinggian lho. Ternyata indah banget ya! Selama ini kalau ke Jogja ya paling mentoknya ke Malioboro. Berarti harus dijadwalkan lagi nih untuk mengunjungi Jogjakarta.

Nurul Sufitri mengatakan...

Aku sering ke Jogja mbak. Tapi ketiga tempat yang mbak ceritain di sini aku kok belom mampir yak hahaha :) Emang deh Kalibiru dll bagus sekali pemandangannya apalagi foto2an kenyang deh. Aku pernah 2x ke Gua Pindul dll seruuuu. Seringnya belanja di Hamzah Batik di ujung Jalan Malioboro :)

Samleinad mengatakan...

Selalu ada yg menarik di Jogja ya. Dan Jogja memang membuat semua orang rindu berkunjung kemnbali

Dita Indrihapsari mengatakan...

Tooss mba, aku pun kalo lintas Jawa sukanya naik kereta.. :D Penasaran aku sama Tebing Breksi, belum pernah ke sana.. Tempat tinggi di Jogja baru pernahnya ke hutan pinus Mangunan..

Sapa Dunia mengatakan...

Btw layanan traveloka makin banyak, tak hanya hotel dan tiket kereta ya kak. Bisa buat bayar listrik, bpjs, nonton bioskop dsb

Lia Yuliani mengatakan...

Pengen benget ke Kali Biru. Udah berkali-kali ke Yogyakarta tapi enggak jadi aja. Memang Kota yang penuh kenangan dan bikin pengen ngunjungin lagi.

Vicky Laurentina mengatakan...

Kalau dari turis baru turun dari kereta Bogowonto, mau pergi ke Kebun Buah Mangunan itu baiknya naik apa, Mbak?

Jalan-Jalan KeNai mengatakan...

Kalibiru masih ramai gak, ya? Dulu 'kan katanya antrennya memang panjang banget, tuh

Siti Nurjanah mengatakan...

kerera bogowonto itu berhenti di Lempuyangan, aku kurang tau pasti ya mba kalau angkutan umum atau trans Jogja. Soalnya waktu itu kami motoran dan itu arahnya menuju Bantul

diane mengatakan...

Duh Jogja tuh ya...emang gak ada habisnya...MEskipun sering ke Jogja tapi aku belum ke 3 lokasi ini nih...Wajib deh kesini kalo ke Jogja lagi..

Soviana Maulida mengatakan...

Selalu ada rindu untuk Yogya. Walaupun sekarang jadi agak lebih sumpek ya :(
Tapi walau sudah berkali-kali ke Jogja, belum pernah ke 3 tempat itu haha. Kalibiru yang paling sering nongol di IG karena dulu sempat viral banget

Chaycya O Simanjuntak mengatakan...

Apa cuma gua yang belum pernah ke Jogja sama sekali? Ah sedih. Jadi pengen ke Jogja, menikmati suasana Malioboro kala malam, makan nasi kucing sampai puas, dan berinteraksi dengan warganya. Pengen jalan juga ke Kalibiru dan Tebing Breksi di Sleman.

Adi Pradana mengatakan...

Jogja, penuh dengan wisata yang memanjakan para pengunjungnya. kemana aja ada ya....

Siti Nurjanah mengatakan...

Jogjakarta itu kota yg selalu membangkitkan rindu. Ahh akupun rasanya ingin balik terus ke kota gudeg ini.masih banyak destinasi yg belum terjamahi