Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Jumat, 23 Agustus 2019

Konsultasi Kesehatan Tanpa Rumit di SehatQ

Konsultasi Dokter (gbr : Flicker)
Begitu banyak nikmat sebenarnya yang bisa dirasakan, salah satunya sehat yang sangat berharga tapi kerap terlalaikan. Kesehatan merupakan hal primer yang dibutuhkan oleh tubuh. Tanpa kesehatan, tentu Kita tidak bisa beraktivitas dan bekerja. Ketika sakit melanda, baru  terasa arti penting kesehatan. Bahkan tidak harus terjangkit sakit yang keras, ketika flu saja misalnya yang terbilang sakit ringan  sudah begitu mengganggu.

Pun demikian sakit kepala, rasa sakit ini umum terjadi oleh beberapa orang. Namun jika mengalami secara berulang dan terbilang sering, sungguh hal itupun  sangat mengganggu. Pernah suatu ketika, saat bangun tidur, kepala Saya terasa berat sekali dan di sekeliling terasa berputar. Awalnya mengira itu hanya mengalami sakit kepala sekunder yang biasa terjadi akibat efek dari flu, tetapi sudah minum obat pun tak kunjung mereda juga. Apalagi yang semakin membuat tak nyaman adalah tubuh terasa lemas juga di iringi perut yang terus merasa mual.

Saya tidak tahu persis hal apa yang menyebabkan sakit kepala sering menyerang. Mungkin salah satu faktornya bisa jadi karena waktu tidur yang kurang, bisa dikatakan insomnia. Dalam sebuah riset penelitian dikatakan bahwa sakit kepala akibat kurangnya waktu tidur lantaran pasokan oksigen ke otak mengalami hambatan. Dan rendahnya kadar oksigen ke otak selama tidur dapat menimbulkan sakit kepala.


Pernah bertanya juga ke saudara yang berkecimpung di ranah medis, ternyats jika  keseringan menatap layar laptop maupun ponsel juga bisa menyebabkan sakit kepala dan memiliki masalah penglihatan. Kondisi ini disebabkan oleh fokus dan gerak mata yang hanya tertuju pada satu arah dalam waktu yang lama.

Bisa dibilang, Saya termasuk orang agak paranoid. Mudah panik dan khawatir, ada ketakutan jika rasa sakit kepala yang kadang terasa ternyata tidak sepele. Sebab mengingatkan Saya kepada teman  yang dahulu sering merasakan sakit kepala dengan gejala serupa yang tengah di alami belakangan ini dan hasil diagnosa menyatakan itu adalah vertigo. Bahkan membuatnya harus di opname dan mengkonsumsi obat-obatan secara rutin.

Pernah beberapa kali konsultasi ke puskesmas terdekat, tapi belum apa-apa itu membuat lelah dengan antrinya. Disamping itu pemeriksaannya kerap kali tak maksimal dan selalu dikatakan kurang istirahat. Sesungguhnya tentu Saya menginginkan kepastian mengapa sakit kepala kerap kali berulang, apakah mungkin ada indikasi gejala vertigo ? Karena biasanya Saya selalu mencari informasi lain dari beberapa artikel yang begitu banyak terpublikasi di halaman mesin pencari.

Iya, Saya merasa cukup berayukur akan berkembangnya teknologi kini semakin memberi akses penggunanya untuk melakukan banyak hal secara mobile termasuk mencari informasi kesehatan di internet, akan tetapi memang diakui informasi yang di dapat umumnya serupa dengan penjelasan yang tidak mendetail bahkan kerap kali sumbernya tidak valid.

Inginnya bisa konsultasi dengan pakar yang memang menguasai di bidangnya. Tapi, temu janji dokter itu kan bukan perkara mudah. Misalnya harus ke dokter spesialis itu pun harus melewati beberapa rujukan dulu dan sungguh Saya kurang nyaman. Pernah mau ke dokter spesialis tulang pasca kecelakaan beberapa tahun lalu itu prosesnya agak rumit sebab harus bolak-balik, entahlah serasa dipersulit.

Forum Chatt untuk konsultasi
Sampai kemudian Saya menemukan website SehatQ dimana dalam fiturnya ada live chatt dengan dokter dengan fitur tools kesehatan interaktif yang disebut MySehatQ. Wah bisa konsultasi tanpa rumit pastinya. Seluruh data hasil live chat akan secara otomatis terekam dalam sistem SehatQ dan menjadi catatan medis berbentuk digital. Yang bisa langsung diperiksa oleh user apabilan nantinya dibutuhkan.

Selain itu ada juga forum diskusi dengan komunitas dimana Kita bisa tanya jawab seputar kesehatan kepad tim dokter yang dimodetari oleh tim ahli. Untuk mengajukan pertanyaan atau konsultasu, kita diharuskan login dengan data yang sudah di registrasikan sebelumnya.

Kenalan lebih jauh yuu sama SehatQ.com yang merupakan website atau platform yang  membantu mengelola kesehatan Kita dan keluarga mulai dari pencegahan, pengobatan ketika sakit, dan perawatan setelah sembuh bisa didapatkan melalui website ini. Benar-benar seumpama asisten kesehatan keluarga.

Ada beberapa fitur unggulan di SehatQ.com untuk membuat Kita tahu lebih jauh seputar kesehatan. Selain live chatt dan forum diskusi di website ini juga tercantum daftar dokter yang terdiri dari dokter umum dan spesialis yang terdata lengkap dengan jadwal prakteknya. Pun juga bisa lho membuat waktu janji dengan dokternya. Kabar baiknya, lewat SehatQ juga memberikan akses kemudahan bagi user yang menggunakan asuransi, untuk lebih mudah menjangkau kartu virtual, klaim, dan kontak asuransi.

Mencari informasi seputar kesehatan secara mendalam, di SehatQ tersedia direktori penyakit dengan penjelasannya yang selalu di update. Kategorinya pun tersusun rapih, sehingga memudahkan pencarian sesuai dengan yang di butuhkan. Sehingga kian mempermudah jika ingin tahu informasi mengenai suatu penyakit, juga beberapa tips yang mengulas seputar kesehatan. Tentu saja ini akan  menambah wawasan Kita.

Direktori Artikel Informasi
Layanan konsultasi kesehatan dan beragam direktori informasi yang ditawarkan SehatQ tentu sangat membantu masyarakat umumnya dengan basis digitalisasi dan cukup efisien.

18 komentar:

Sellicel mengatakan...

Enak banget mba bisa live chat. Bener banget tu kalo ke rs kan biasanya antre yak... membantu banget ini SehatQ

Tian lustiana mengatakan...

Berasa punya asisten kesehatan pribadi ya donlod sehatq ini.

ophi ziadah mengatakan...

aku juga baru kenal sehatQ nih mba...lumayan ngebantu banget yaa buat urusan kesehatan yg butuh info cepat dan valid

Turis Cantik mengatakan...

Tos dulu ah mbak, aku pun sekrang lebih memilih bikin janji dulu sama dokter dari pada kena antrean panjang

Ipeh Alena mengatakan...

Nah ini, kemudahannya totalitas banget. Sampai buat daftar antrian di rumah sakit aja disediain fasilitasnya.

Irena Faisal mengatakan...

Banyak sekali yang merekomendasikan SehatQ ini yaa, jadi kepo aku tuh

Dian Restu Agustina mengatakan...

SehatQ ini mudah dan membantu sekali..Ada live chatt, forum diskusi , daftar dokter umum dan spesialis yang terdata lengkap dengan jadwal prakteknya, bikin janji dengan dokternya. Juga memberikan akses kemudahan bagi user yang menggunakan asuransi, untuk lebih mudah menjangkau kartu virtual, klaim, dan kontak asuransi mereka.
Wah inovatif SehatQ ya..cuss kepoin sosmed dan webnya ajaa dah

Damar Aisyah mengatakan...

SehatQ gak tanggung2 ya. Nggak cuma daftar nama dokter, jadwal praktik dan antrian pun bisa diatur. Beneran praktis cocok untuk keluarga milenial

April Hamsa mengatakan...

Mbak yang live chatnya itu sama dokter atau sesama pengguna forum SehatQ?
Hehe kalau nemu website kesehatan terpercaya kayak SehatQ ini gk usah parno lagi ya. Sbg nitijen kita jg hrs cerdas cari info apakah sebuah web kesehatan itu kredibel apa gak :D

Keke Naima mengatakan...

Fitur di SehatQ memang komplit banget, deh. Udah berasa kayak punya asisten kesehatan pribadi

ariefpokto mengatakan...

Wah perlu dicoba nih. Lumayan kalau Ada keluhan Ada tempat bertanya yg kredibel

Lina W. Sasmita mengatakan...

Alhamdulillah kemaein-kemarin saya juga baca banyak artikel tentang obat dan penyakit di sehatQ dan sangat terbantu dalam mengambil keputusan. Karena selama ini saya selalu waswas apakah ada sakit atau tidak.

Nia K. Haryanto mengatakan...

Bener banget, konsultasi ke dokter praktis banget deh di SehatQ. Bisa via Chat dan Tanya Dokter. Kalo kurang puas, bisa janjian pula

Visya Al Biruni mengatakan...

Tak hanya live chat, namun ada juga forum diskusinya ya. Memudahkan banget buat Kita yang butuh info kesehatan akurat dan no hoax. Bonusnya bisa konsultasi dengann dokter pula.

Lily Kanaya - www.Glowlicious.Me mengatakan...

Di jaman serba digital saat sekarang ini serba praktis ya mba, keren si kalo bisa konsultasi sehat hanya via online dan juga bisa booking online sekaligus

Helena mengatakan...

aku udah coba konsultasi kesehatan lewat Forum di SehatQ. Gampang banget ya, mau nanya apaaa aja soal kesehatan cepet lho dijawabnya.

Putu Sukartini mengatakan...

Enak banget ini konsultasinya bisa live chat gitu
Jadi gak perlu antri lama-lama di RS kalau untuk diagnosa awal keluhan kita ya

Efa Butar butar mengatakan...

SehatQ bikin semua serba efisian dan mudah ya Mba. Selain fiturnya yang lengkap, kita juga bisa mencari tau berbagai informasi kesehatan lewat artikel yang tersedia di app