Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Kamis, 08 Agustus 2019

7 Cara Jual Rumah Online Agar Cepat Laku dan Ampuh Mendatangkan Pembeli

(Photo : Pexeles)
Cara jual rumah online tentu berbeda dengan cara menjual rumah secara konvensional. Secara garis besar, menjual rumah lewat internet dianggap lebih simple dan mudah dilakukan. Selain itu menjual rumah secara online juga memakan biaya lebih sedikit dibandingkan menjual rumah lewat media cetak, seperti koran, spanduk, baliho, dan sebagainya.

Terlebih dengan banyaknya situs jual beli online yang bermunculan saat ini. kehidiran situs-situs tersebut dinilai sangat memudahkan aktivitas jual beli properti, baik untuk menjual ataupun pembeli rumah. Tak ayal, banyak orang kemudian memilih cara jual rumah online untuk memasarkan huniannya. Meski lebih murah dan gampang, namun melakukan jual beli rumah lewat internet tidak bisa dilakukan secara sembarangan, lho.

Ada beberapa cara ampuh yang bisa kamu ikuti saat menjual rumahmu lewat internet. Apa sajakah itu? Berikut penjabaran lengkapnya.


1. Manfaatkan Situs Properti sebagai Cara Jual Rumah Online

Seperti yang telah saya sebutkan sebelumnya, banyaknya situs properti yang bermunculan saat ini telah membawa kita ke era baru dalam melalukan jual beli rumah. Momentum ini tentu harus kamu manfaatkan sebagai cara jual rumah online. Pilihlah situs jual beli rumah yang kredibel dan terbukti dapat membantu menjual rumahmu secara cepat.

Kamu bisa menggunakan situs jual beli rumah seperti 99.co/id, atau biasa dikenal sebagai 99.co Indonesia. Sebagai situs properti terbesar dan terpercaya di tanah air, 99.co Indonesia menawarkan banyak sekali fitur menarik yang akan memudahkanmu dalam melakukan bisnis jual beli rumah.

Salah satu fitur yang sangat berguna sebagai cara jual rumah online adalah layanan premium listing, yang akan saya jelaskan selengkapnya nanti. Oleh sebab itu, baca terus artikel ini sampai selesai ya.

2. Posting Iklan Rumah di Laman Media Sosial

(Photo : Pexels))
Zaman sekarang ini, siapa sih yang tidak mempunyai akun media sosial? Setidaknya, setiap orang memiliki satu akun pada sebuah laman media sosial, baik itu Facebook, Twitter, Instagram, dan lain-lain. Akun-akun media sosial ini ternyata juga bisa dimanfaatkan sebagai cara jual rumah online yang cukup efektif, apalagi jika kamu memiliki banyak kenalan di akun media sosialmu tersebut.

Kamu bisa meminta teman-temanmu di media sosial tersebut untuk ikut menyebarkan postingan rumah yang kamu buat. Dengan begitu, pangsa pasar rumahmu menjadi lebih luas. Selain itu, agar cara jual rumah online dengan media sosial ini semakin efektif, jangan lupa untuk mengoptimalkan fungsi pencariannya menggunakan hashtag (#) pada kolom caption postingan tersebut. Misalnya, jika kamu hendak jual rumah di Bandung, cobalah untuk menggunakan tagar, seperti #rumahdijualdimedan #rumahdijualmedan #jualrumahmedan dan sebagainya.

3. Menuliskan Informasi secara Lengkap dan Padat

Baik melalui situs properti atau akun media sosial, sebuah iklan harus mengandung informasi yang lengkap dan padat, sehingga membuat para pembacanya mengerti tentang barang yang sedang dipasarkan. Cara jual rumah online dengan iklan adalah dengan memasukkan informasi yang sekira penting untuk diketahui oleh calon pembeli rumah tersebut.

Misalnya, seperti spesifikasi rumah, kondisi bangunan, luas tanah dan bangunan, jumlah kamar tidur dan kamar mandi, fasilitas, sarana-prasarana, sampai dengan lingkungan sekitar rumah. Selain itu, agar tidak membosankan saat dibaca, ada baiknya kamu membuat tulisan tersebut dalam bentuk daftar atau listicle. Gunakan bahasa sederhana, tidak berbelit-belit, dan mudah dimengerti.

4. Berikan Lokasi Sejelas-jelasnya
 
(Photo : Pexels)
Lokasi menjadi faktor penting ketika seseorang mencari sebuah rumah. Ketika calon pembeli tidak dapat mengetahui lokasi rumah secara pasti, biasanya ia akan langsung pergi meninggalkan iklan tersebut. Maka dari itu, mencantumkan alamat rumah secara jelas merupakan cara jual rumah online yang benar.

Biasanya, baik situs jual beli rumah atau media sosial menyediakan fitur Peta, Maps, atau Location sebagai keterangan tempat pada iklan/postingan. Manfaatkan fitur tersebut, agar calon pembeli tahu di mana lokasi rumah tersebut berada. Selain itu, ia juga bisa mengetahui apa saja fasilitas umum yang tersedia di sekitar daerah tersebut.

Terlebih jika kamu menggunakan situs jual beli rumah sebagai cara jual rumah online. Fitur peta yang terdapat pada website properti biasanya sudah terintegrasi dengan aplikasi seperti Google Maps.

5. Masukkan Foto yang Menarik dan Berkualitas

Cara jual rumah online yang satu ini juga dapat kamu gunakan agar iklan rumah yang di buat tampak menarik di mata para pencari rumah. Ketika kamu bisa memvisualkan kebutuhan informasi para pencari rumah hanya dengan lewat gambar, maka besar kemungkinan calon pembeli tersebut akan segera mengontakmu.

Perhatikan sudut pengambilan gambar, serta gunakan kamera yang mempuni dalam sesi pengambilan gambar, seperti perangkat kamera professional atau HP yang dibekali kamera minimal 5 megapixel. Hal ini dimaksudkan, agar foto yang dihasilkan tidak terlihat buram dan pecah, sehingga detail yang terdapat pada foto menjadi tidak terlihat jelas.
Secara psikologis manusia cenderung lebih senang melihat sesuatu secara visual daripada tulisan. Itu sebabnya, memasukkan foto yang menarik dan berkualitas adalah cara jual rumah online yang tepat.

6. Mendaftar Sebagai Premium Listing
 
(Photo : Freepik)
Pada umumnya, situs jual beli rumah yang beradar saat ini memang memberikan fitur dan layanan secara cuma-cuma atau gratis bagi para pengguna website-nya. Namun, pelayanan dan fitur yang didapatkan oleh para pengguna gratis ini biasanya hanya berupa fitur dan pelayanan yang biasa.

Melanjutkan apa yang telah saya sebutkan sebelumnya, premium listing merupakan sebuah fitur yang memungkinkan para pengguna situs untuk menampilkan listing rumahnya pada halaman depan website. Selain itu, dengan status premium tersebut, listing rumahmu biasanya akan diletakkan pada posisi teratas dari hasil pencarian pengguna lainnya.

Misalnya, iklan rumahmu tersebut berlokasi di Kota Bandung, kemudian ada seseorang yang mencari rumah di Bandung, maka listing rumahmu lah yang akan pertama kali dilihat orang orang tersebut. Tak heran, jika langkah yang satu ini dinilai tepat sebagai cara jual rumah online agar cepat laku. Namun, untuk menikmati fitur tersebut biasa pengguna akan dikenakan biaya alias berbayar.

7. Cepat dalam merespon calon pembeli

Nah, cara jual rumah online yang terakhir ini terdengar agak sepele, maka dari itu sering sekali diabaikan oleh para penjual rumah. Padahal, caramu dalam merespon setiap pertanyaan dan permintaan calon pembeli menjadi penilaian tersendiri bagi orang yang akan membeli rumah tersebut.

Penjual yang baik akan dengan sabar menjawab setiap pertanyaan dari calon pembelinya. Sebab, wajar saja bagi pembeli rumah ketika ia ingin mengetahui seluk-beluk terkait rumah yang akan ia beli. Tugasmu lah sebagai penjual rumah untuk memenuhi setiap pertanyaan tersebut. Selain itu, luangkan waktu untuk menemani calon pembeli ketika melakukan survei.

Kamulah orang yang ingin menjual rumah tersebut. Menyesuaikan jadwalmu dengan calon pembeli adalah cara jual rumah online yang baik, serta memperlihatkan sisi profesionalitasmu sebagai penjual.

Itu tadi beberapa cara jual rumah online agar cepat laku dan mendatangkan banyak pelanggan. Setelah membaca ulasan di atas, apakah kamu siap untuk menjual rumahmu lewat internet?

14 komentar:

Okti Li mengatakan...

Beriklan di media sosial memang ampuh juga. Kami punya tetangga menawarkan rumah lewat akun Facebook pribadi saja, beneran itu rumah banyak peminat. Tetangga saya emang sudah memenuhi beberapa tips seperti yg Mbak sebut itu, kasih foto jelas dan detail, kasih info selengkapnya sampai kekurangan dari rumah itu sendiri juga dia sebutkan. Terus kasih map lokasi juga. Hahaha...
Sekarang meski tinggal di kampung ini, jual beli lewat medsos emang terbilang mantul

Dapur Ngebut mengatakan...

dengan bantuan internet, jual rumah jadi lebih mudah ya. kalau dulu cuma bisa pasrah pasang plang dan ada jg yg bayar jasa makelar.

Diah Woro Susanti mengatakan...

Nice info thie. Aku mau jual rumah tp blm nemu yg pas selama ini. Mungkin jual online bs cepat laku ya.

Barracuda Essence mengatakan...

Thanks for sharing, sukses terus,.

windhu mengatakan...

Sekarang menjual apapun sudah menggunakan online. Cara tradisional dan konvensional agak ditinggalkan karena lebih banyak pengeluaran sebelum bisa terjual. Tentu saja, tetap harus bisa pilih situs online penjualan properti yang tepat.

Visya Al Biruni mengatakan...

Jual rumah emahe Susah Susah gampang. Untung sekarang makin banyak situs Jual Beli online rumah Yang memudahkan ya mba

Ririn Wandes Melalak Cantik mengatakan...

Jual rumah nih memang salah satu menjual yang sulit tapi saat ini dengan adanya online tentu memudahkan dalam penjualan rumahnya. Temanku juga banyak yang menjual rumah dari sosial media karena lebih flexible dalam hal promosi juga.

fenni bungsu mengatakan...

Daftar premium listing boleh dikatakan cara cepat juga tuh mbak. Kalau masih terjangkau sih nggak masalah pastinya

sae mengatakan...

Memang sistem ads pda medsos jadi lebih byk cepat mereguk hasilnya ya.. Ditambah edisi konten nya jg hasus menarik ya..

Bambang Irwanto mengatakan...

Zaman now, memang serba dimudahkan ya, Mbak. termasuk jual rumah ini.
Dulu kebayang pas rumah orang tua saya akan dijual. Itu susah banget. sampai 5 tahun baru terjual. Padahal sudah iklan di koran. Yang datang juga kebanyakan nanya doang hahaha.

Sekarang juga memudahkan orang membeli rumah. Tidak perlu capek ke sana kemari dulu mencari rumah yang akan dijual. Bisa lihat dari foto dulu dan harganya juga. termasuk alamat lokasinya. Kalau sudah sreg, baru survai tempat.

Keke Naima mengatakan...

Lagi pengen jual rumah yang di Bandung. Sampai sekarang belum terjual juga. Kalau dijual online mungkin bisa kayaknya

alia fathiyah mengatakan...

Jd gampang ya jual rumah

Maria Soraya mengatakan...

Suka sebel klo liat orang jual rumah dia pasang foto cuma 2 bijik. Foto depan rumah sama (misalnya) foto kamar mandi. Idealnya pasang 10 sampai 20 foto.

Putu Sukartini mengatakan...

Beriklan di media sosial memang paling cocok dengan kondisi saat ini yang apa-apa serba digital
Pastinya kalau fotonya menarik, lokasinya mudah dijangkau, rumah mudah laku ya