Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Kamis, 05 Juli 2018

Asian Games 2018 Cerminkan Energy Sportifitas

Atribut Asian Games 2018 di Monas
Semarak Asian Games 2018 (Doc.Pri)
Sejak beberapa bulan lalu, atribut Asian Games sudah menyemarakan di berbagai jalan protokol terutama di area yang akan berlangsungnya event besar ini. Gelaran pesta olahraga ini nantinya melibatkan berbagai negara-negara di kawasan Asia yang akan diikuti oleh sekitar 21 ribu atlet dan official dari 45 negara. Sebagai warga negara Indonesia, Kita patut berbangga dan bersiap dalam menyambut moment istimewa ini, pasalnya untuk pelaksanaan yang ke-18 nya ini, Asian Games 2018, Indonesia akan menjadi tuan rumah yang akan berlangsung pada 18 Agustus hingga 2 September 2018.

Indonesia ditunjuk oleh Asian Games Federation atau  yang saat ini menjadi Olympic Council of Asia. Sebelumnya Indonesia pernah menjadi tuan rumah Asian Games IV yang diselenggarakan di Jakarta pada tahun 1962, dan kali ini dipercaya kembali menjadi penyelenggara perhelatan olahraga tingkat Asia. Ada sedikit perbedaan dengan pelaksanaan Asian Games 2018 ini dengan yang sebelumnya, karena event olahraga tinggkat Asia kali ini akan diselenggarakan di dua kota yang berbeda, yaitu DKI Jakarta dan Palembang, Sumatera Selatan serta beberapa tempat pendukung yang tersebar di provinsi Jawa Barat dan Banten.

Dalam menyambut Asian Games 2018 berbagai persiapan pun sudah dilakukan, mulai dari perbaikan berbagai infrastruktur dan melengkapi berbagai fasilitas penunjang lainnya. Disamping itu, jika perhelatan akbar ini berjalan sukses sudah bisa dipastikan akan membawa dampak positif lainnya termasuk dalam sektor pariwisata. Bisa dibayangkan, ketika ribuan pasang mata tertuju pada Indonesia sebagai tempat pelaksanaan berbagai pertandingan olahraga dari puluhan negara Asia. Belum lagi jika para pendukung atau suporter datang mendukung langsung tentu saja ini akan menjadi peluang untuk memperkenalkan tempat wisata serta budaya negeri khatulistiwa ini.
Maskot Asian Games 2018
Maskot Asian Games 2018 (Doc. Twitter DukungBersama)
Tagline yang diadopsi dalam Asian Games 2018 ini adalah "Energy Of Asia" yang memiliki makna semangat yang menggelora dan memberikan energi positif khususnya bagi para atlit yang bertanding. Untuk maskotnya ada tiga ikon yang menjadi ciri khas satwa di Indonesia dan memiliki filosofinya tersendiri. Mereka adalah :

- Bhin-bhin merupakan maskot burung cendrawasih yang menyimbolkan strategi. Sebagaimana yang Kita ketahui burung khas Pulau Irian dan Pulau Aru ini memiliki bulu yang Indah sehingga sering dijuluki burung dari surga.

- Atung adalah sebutan lain dari maskot rusa bawean dan memiliki simbol kecepatan layaknya rusa bawean. Hewan khas ini tersebar di area Pulau Bawean, Gresik, Jawa Timur, dan merupakan hewan nokturnal (lebih aktif di malam hari). Spesies ini tergolong langka dan diklasifikasikan sebagai satwa terancam punah.

- Kaka menjadi maskot terakhir yang disimbolkan dengan badak bercula satu yang merupakan simbol dari kekuatan. Badak bercula satu merupakan binatang yang hanya bisa ditemui di Ujung Kulon, Indonesia dan merupakan mamalia terlangka di dunia, saat ini jumlahnya semakin berkurang. Melalui langkah ini menjadi pemacu untuk lebih menyadari untuk melestarikan hewan-hewan khas Indonesia ini.

Adapun jumlah cabang olahraga yang akan dipertandingkan dalam perhelatan olahraga tingkat Asia ini adalah sebanyak 40 cabang, terdiri dari 32 cabang olahraga olimpiade dan 8 cabang olahraga non olimpiade. Hal ini menjadikan Asian Games 2018 menjadi penyelenggara dengan cabang olahraga (cabor) terbanyak yang akan di pertandingkan.

Daftar Cabang Olahraga Asian Games 2018
Cabang Olimpiade
1. Akuatik (Loncat Indah, Polo Air, Renang, Renang Indah)
2. Atletik
3. Anggar
4. Angkat Besi
5. Bola Basket (Basket 5X5, Basket 3X3)
6. Bola Tangan
7. Bulutangkis
8. Bisbol/Sofbol
9. Balap Sepeda (BMX, MTB, Road Race, Track)
10. Equestrian
11. Golf
12. Gulat
13. Hoki
14. Judo
15. Karate
16. Kano/Kayak/Traditional Dragon Boat (Sprint, Slalom)
17. Layar
18. Menembak
19. Modern Pentathlon
20. Panahan
21. Panjat Tebing atau Sport Climbing
22. Rowing atau Dayung
23. Rugbi
24. Senam (Artistik, Ritmik, Trampolin)
25. Skateboarding
26. Sepakbola
27. Tenis Meja
28. Taekwondo
29. Tenis
30. Tinju
31. Trilomba atau Triathlon
32. Bola Voli (Bola Voli Indoor, Bola Voli Pantai)

Cabang Non Olimpiade
1. Boling
2. Bridge atau Permainan Kartu
3. Cricket
4. Kabaddi
5.Martial Arts atau Seni Bela Diri Campuran (Jujitsu, Kurash, Pencak Silat, Sambo, Wushu)
6.Mechanical Sports (Paragliding atau Paralayang, Jet Ski)
7. Skuas
8. Sepak Takraw

Dari kesemua cabang olahraga yang akan bertanding, tentu saja sangat menantikan atlit generasi bangsa berlaga dan berharap mampu membawa panji kemenangan di podium tertinggi. Cabang olahraga yang cukup mencuri perhatian adalah Bulu Tangkis. Bisa dikatakan dalam setiap pertandingan ini Indonesia telah banyak mengukir prestasi yang membanggakan.

Ketangkasan atlit dalam menyambut dan menangkis bola yang datang itu cukup menarik, terlebih ketika pihak lawan gagal mengakusisi reaksi dari pemainnya itu cukup unik, terlihat pancaran bahagia dan puas tapi tetap semangat berjuang hingga babak akhir. Indonesia cukup banyak memiliki atlit bulu tangkis berprestasi tapi melihat duet ganda campuran andalan, Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir itu sangat menarik bagi Saya.

Mari Kita menjadi tuan rumah yang baik, dengan menjaga kelancaran berlangsungnya perhelatan Asian Games 2018. Kita #DukungBersama event istimewa ini agar segalanya berjalan baik dan lancar.

19 komentar:

Ria Buchari mengatakan...

Aamin semoga persiapan Asian Games 2018 yang sudah maksimal ini bs berjalan lancar dan sukses ya..yukk dukung bersama 😊

Tri Aryani mengatakan...

Bangga dech Indonesia jadi tuan rumah Sea Games 2018, saat bangkit macan Asia. Go Indonesia...

Vita pusvitasari mengatakan...

Senangnya Indonesia jadi tuan rumah Asian games 2018,jadi pengen ke Palembang dan hadir di pembukaannya di Jakarta ya

Ria Bilqis mengatakan...

Banyak juga ya cabang olahraga yang akan dipertandingkan nanti, pasti seru nih, Jakarta makin rame.

windhu mengatakan...

Semoga Energy of Asia bisa menyemangati para atlet di ajang Asian Games untuk bertanding secara penuh sportivitas. Begitupun dengan pelaksanaan di dua wilayah, Jakarta dan Palembang. Aku juga suka dengan maskot Asian Games tahun 2018 yang Indonesia banget.Ah, pokoknya suka dengan event olahraga.

Mpo Ratne mengatakan...

Tanya Siti, kabbdi apaan? Semoga Indonesia jadi juara umum

Anisa Ae mengatakan...

Wah cabang lombanya banyak banget, ada beberapa yang masih terdengar asing di telinga hehe

Sie-thi Nurjanah mengatakan...

Aaamiiin semoga gelar juara banyak diraih Indonesia. Kita memang kurang akrab dgn cabang olahraga ini karena asalnya dari Asia selatan seperti India atau Bangladesh. Istilahnya sih seperti gulat gitu Mpo

Rina mengatakan...

semoga indonesia dapat juara...

Mildaini mengatakan...

aku mau nonton langsung cabor panahan tapi suami ingin sepakbola kan mainnya di jakabaring, ini semoga bisa mudik pas bulan depan yaaa

Suzannita mengatakan...

Semoga Indonesia bisa sukses tidak hanya sebagai tuan rumah namun juga prestasinya

Novitania Pambhudi mengatakan...

Ngomongin soal asian games, ya alloh aku suka banget sama si bhin bhin. Jadi pengen punya deh.

Zilqiah Angraini mengatakan...

semoga semangatnya makin berkobar ya udah hampis sebulan lagi nunggu openingnya, iklan2 di televisi udah lucu2 euphoria nyambut asian games ini

Puspita Yudaningrum mengatakan...

Semangat. Harus banget nih dukung sukseskan Asian Games..

Dedew mengatakan...

Semoga cabang olahraga bela diri Pencak silat jadi lebih dikenal oleh dunia, aamiin

nursaidr mengatakan...

Bangga jadi tuan rumah. Semangat buat semua atlet2 indonesia. Semoga bisa meraih hasil memuaskan di AG 2018 ini..aami .

Maria Soraya mengatakan...

dari daftar di sini aku baru tau skateboarding masuk kategori olimpiade, kereeen nih, jadi pengin nonton langsung ;) adikku ngincer pengin nonton badminton

semoga tahun ini indonesia panen medali emas di asian games ya mbak

Intan Novriza Kamala Sari mengatakan...

Yayyy! Ayo dukung bersama biar pelaksanaannya berlangsung lancar & meriah 😄

Mirwan Choky mengatakan...

Alhamdulillah banget ya Indonesia bisa jadi tuan rumah untuk Asian Games 2018 ini. Pingin deh nanti ke Palembang, menyaksikan secara langsung kompetisi2nya. Sekalian travelling ke Palembang, mumpung lagi ada event ya kan. Aku belum pernah ke Palembang soalnya. :D