Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Kamis, 03 Mei 2018

Variasi Olahan Agar-Agar Lapis Skippy

Teman-teman pasti sependapat dengan Saya, jika terakhir belakangan ini cuaca begitu tak menentu jika suasana tengah panasnya rasa gerah sangat membuat tidak nyaman. Yang terbesit saat itu pastilah suatu panganan yang segar untuk dinikmati.

Saya jadi berinisiatif untuk membuat agar-agar, selain prosesnya mudah pun sangat digemari oleh seluruh anggota keluarga. Kebetulan, di rumah tersedia selai kacang skippy, munculah ide untuk membuat agar-agar lapis skippy ini.


Bicara soal agar-agar, Kita pasti akan terpikirkan tentang makanan penutup (dessert) yang dingin dan manis. Agar-agar atau puding sebenarnya cocok untuk dinikmati setiap saat, tapi tentu saja paling enak dinikmati pada kondisi dingin saat siang hari ketika terik-teriknya

Agar-agar merupakan salah satu jenis makanan ringan yang diproses dari bahan rumput laut yang dikeringkan. Konon agar-agar pertama kali diperkenalkan oleh bangsa China kepada masyarakat Eropa dan Amerika Serikat sekitar abad ke-19. Saat ini Kita bisa dengan mudah untuk menjumpai makanan ini dipasaran. Jenis kudapan ini biasa digunakan oleh sebagian masyarakat Asia Timur sebagai bahan pembuat kue karena dengan mengkonsumsi makanan ini dapat memberi efek kenyang dan dapat menekan serta mengontrol nafsu makan.

Khasiat lain dari agar-agar ada kebaikan dari kandungannya seperti mineral, kalsium, zat besi, kalium serta natrium yang memiliki nilai manfaat bagi tubuh. Selain itu, makanan ini juga bermanfaat untuk menghilangkan kelebihan lemak di dalam tubuh. Agar-agar memiliki kandungan Antioksidan yang berasal dari bahan dasarnya yaitu klorofil rumput laut. Antioksidan akan sangat bermanfaat untuk menangkal dan melawan radikal bebas.

Disamping itu agar-agar juga diyakini bisa membantu melancarkan pencernaan. Hal ini dikarenakan makanan ini mampu menyerap air sehingga dapat membantu mempercepat pembuangan zat metaboslisme atau sampah dalam tubuh.

Saya memang cukup suka membuat agar-agar yang dipadu padankan dengan rasa atau garnies lain. Alasannya, supaya tidak monoton dan tidak bosan dengan sajian kegemaran keluarga ini. Membuatnya dengan campuran buah itu sudah terlalu umum, dengan kopi pun pernah juga saya aplikasikan. Dan kali ini ingin mencoba dengan bahan lain yang agak berbeda.

Untuk kali ini, Saya membuat Agar-agar Lapis Skippy. Adapun bahan dan proses pembuatannya, sebagai berikut :


Bahan :
- 2 powder agar berbeda warna (misalnya putih dan merah)
- Gula Pasir 250 gram atau sesuai selera (dibagi 2)
- 900cc air putih
- Selai kacang Skippy

Proses membuat :
* Lapis 1
- buka serbuk untuk lapis awal, Saya menggunakan warna putih lalu masukan sekitar 125 gram gula pasir
- Tuangkan air putih
- Masak sambil diaduk rata hingga mendidih
- tuang ke dalam cetakan
- ketika lapis 1 sudah mengeras, olesi selai kacang skippy diatasnya ke seluruh permukaan

*Lapis 2
- buka serbuk untuk lapis berikutnya, Saya menggunakan warna merah lalu masukan sekitar 125 gram gula pasir
- Tuangkan air putih
- Masak sambil diaduk rata hingga mendidih
- tuang ke dalam cetakan
- tunggu hingga mengeras
- Masukan ke dalam lemari ES untuk menghasilkan agar-agar padat sempurna.


Penggunaan selai kacang dari inovasi kreasi makanan yang Saya buat ini tentu tak terlepas karena memiliki nilai manfaat. Selama ini selai lebih sering digunakan sebagai toping, yang tidak sekedar penambah cita rasa namun dibalik itu ada khasiat lainnya. Tentu Kita sangat mengetahui bahwa kacang-kacangan adalah bahan alami yang mengandung lemak baik dan justru bermanfaat bagi kesehatan jantung, protein, vitamin, dan mineral juga menjadi pelengkap nilai gunanya.

Variasi selai kacang saat ini kian beragam, salah satunya dipadu padankan denga coklat. Untuk jenisnya kacang yang digiling halus disebut creamy atau smooth, sedangkan selai kacang yang ditambah kacang tanah yang digiling kasar disebut crunchy. Seperti yang berada pada produk Skippy adalah bagian produk dari PT.Sukanda Djaya. Perusahaan yang telah berdiri sejak tahun 1974 ini berpusat di Bekasi merupakan anak perusahaan Diamond Cold.

Berinovasi membuat agar-agar ini semakin menambah list varian bagi Saya membuat agar-agar yang berbeda. Uji coba kali ini memberikan sensasi rasa yang tidak biasa ketika menyicipi agar-agar dengan rasa selai kacang yang rasanya tetap dominan dengan berbagai kreasi masakan.


-  Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan dan Praxis sebagai perwakilan SKIPPY® Peanut Butter Indonesia.-

26 komentar:

  1. Hmm, dapat resep baru nih. Biasanya kalau masak agar-agar gak paai apa-apa, original gitu. Kalau ditambah skippy pasti unik ntar rasanya. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Orang-orang rumah pada suka banget agar-agar Mba. Makanya saya seneng deh bikin variasinya

      Hapus
  2. enak banget ini, ternyata selai skippy bisa dibuat ager-ager ya.. kapan-kapan bikin juga ah, makasii resepnya mba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba-coba awalnya mba. Ternyata rasanya cukup yummy

      Hapus
  3. unik nih agar2 pakai skippy. pasti enakk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya..enaknya skippy ini rasa kacang tetep dominan meski dibikin variasi masakan apapun

      Hapus
  4. Oh jadi selai kacangnya ada di tengah-tengah ya. Boleh nih dicoba mumpung ada Skippy di rumah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba. Kaya bolu kukus tp itu kan udah umum :D

      Hapus
  5. Wah kreatif sekali mba, lapisan agar2nya pake selai skippy. Gurih dan segar rasanya pasti.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Agar-agarnya jadi punya variasi rasa

      Hapus
  6. agar2nya seger bener..Emang sekarang cuaca panas bgt jadi enak makan yg dingin2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya..karena cuaca juga jd pingin bikin yg seger2

      Hapus
  7. Wah baru kepikiran kreasi skippy pakai agar. Mudah dan menarik ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena prosesnya mudah dan rasanya juga enak jd tertarik utk bikinnya

      Hapus
  8. Ngeliat agar-agarnya ko jadi ngiler ya, jadi pengen buat deh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh banget mba. Gampang banget proses buatnya

      Hapus
  9. Enak banget agar-agarnya. Bisa ya dicampur dengan skippy buat bikin agarnya? Kacang memang bagus lemak baiknya, biar sehat terus, apalagi termasuk protein nabati.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Uji cobanya cukup berhasil mba. Kebetulan juga memang pada suka selai kacang

      Hapus
  10. Keren-keren ya kreasi skippynya jadi ngiler banget. Mau dong mba...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sayang ga ada pintu doraemon jd bisa langsung dikirim ya
      Hahahahah

      Hapus
  11. Senengnya lihat anak gadis yg kreatif.. gimana ntar kalau jd mama muda ya.. pasti anak anak nya happy dibikinin Makanan enak.. apalagi kalau pakai skippy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya..Allah aaamiiin
      Harus lebih kreatif lagi :)

      Hapus
  12. wah belom kepikirn tuh aku, selai skippy jadi bahan tambahan agar agar, okedeh nanti mau coba, TFS kaka

    BalasHapus
  13. Gampang bgt yak buatnya. Sptnya bisa ini resepnya dipraktekan oleh anak pertama Mak. Ditambah skippy pasti jd istimewa

    BalasHapus