Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Rabu, 02 November 2022

3 Soto Nusantara Terfavorit

Indonesia itu negeri yang unik, begitu banyak keragaman di dalamnya salah satunya perihal kuliner. Salah satunya adalah soto, yups makanan yang begitu khas dengan kuah dan identik rasa gurih ini begitu banyak variannya di penjuru nusantara. Nyaris setiap daerah memiliki menu soto bahkan dalam sebuah informasi kalau soto nusantara mempunyai lebih dari 100 varian berdasar pada keterangan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) pada tahun 2014.

Jika menelisik sejarahnya, dari buku berjudul "Nusa Jawa: Silang Budaya oleh Denys Lombard" disebutkan bahwa soto berasal dari China yang dikenal dengan sebutan caudo atau jau to. Dimana arti dari cau do sendiri adalah rerumputan jeroan atau jeroan berempah.

Banyak yang mengklaim Soto Betawi adalah salah satu yang terenak,  meskipun bisa mengkonsumsinya entah kenapa Aku malah kurang suka dengan salah satu kuliner khas daerah sendiri ini. Mungkin karena kuahnya cukup dominan dengan santan. Namun terakhir belakangan ada juga yang memakai susu sebagai bahan dasarnya.

Ke khasan dari Soto Betawi adalah isiannya yang berupa jeroan sapi seperti babat, usus, dan lain-lain jadi agak sedikit berbeda dengan soto nusantara lainnya. Untuk memperkuat rasa biasanya menggunakan ragam rempah seperti pala dan cengkeh agar semajin kaya rasa. Ditaburi bawang gorwng serta sedikit perasan jeruk limo untuk menambah aroma lezat dan kesegarannya.

Dari sekian banyaknya varian soto nusantara, ada beberapa yang menjadi favorit Aku. Diantaranya :

1. Soto Mie Bogor


Soto Mie Bogor adalah salah satu soto yang sangat unik. Didalamnya terdapat mie atau bihun, tauge, dan juga risoles  yang dipotong-potong. Pelengkap lainnya adalah potongan daging, daun bawang, dan tomat yang melengkapi kesegaran dan gurihnya soto.

Yang cukup unik lainnya, biasanya dalam semangkuk Soto Mie Bogor karena ada tambahan daging kikil didalamnya. Daging kikil menciptakan rasa soto agak berbeda beda karena tekstur dagingnya yang kenyal. Dan terkadang ada tambahan lain baik itu suwiran ayam ataupun potongan daging sapi.

Melengkapi porsi Soto Mie Bogor sering juga dilengkapi dengan aneka sayuran seperti daun bawang,tomat, dan kentang. Bisa dibilang seporsi Soto Mie Bogor cukup menyeimbangkan kolesterol. Karena isiannya tak sekedar protein hewani dan lemak tapi juga ada protein nabati yang baik untuk tubuh.

2. Soto Lamongan


Melihat sajiannya, begitu mirip dengan kebanyakan soto ayam yang umum di jumpai. Tapi yang membedakan adalah kuahnya yang cenderung lebih kuning karena rempah serta koya.
Bubuk koya itu terbuat dari kerupuk udang goreng dan bawang putih goreng yang dihaluskan. Umumnya fungsi bubuk koya sebagai penyedap dan pengental kuah.

Sementara itu untuk kuahnya berwarna kuning berkat penggunaan kunyit. Bumbu pelengkap lainnya adalah bawang, lada, kemiri, ketumbar, dan jahe. Untuk pelengkapnya, Soto Lamongan umumnya berisi potongan kol, tauge, suwiran ayam kampung serta telur rebus.

Dalam beberapa kesempatan misalnya di festival kuliner yang Aku datangi,  sering kali menyambangi stand Soto. Suka aja dengan makanan berkuah dan segar. Untuk Soto Lamongan ini sering banget jadi pilihan. Meskipun belum berkesempatan bertandang langsung ke daerah asalnya meskipun sudah beberapa kali ke area Jawa Timur. Kalau baca tulisan Blogger Lamongan banyak beragam pilihan destinasinya bahkan ada beberapa  wisata gratis di Lamongan yang bisa dikunjungi.

3. Soto Pekalongan (Tauto)


Pertama kali mencicipi Tauto yang merupakan singkatan dari T
auco Soto ini saat berkesempatan bertandang ke Pekalongan. Hidangan khas ini menggunakan bumbu tauco yang merupakan sebuah bumbu yang terbuat dari fermentasi kedelai.

Setelah dicampurkan di bumbu soto, maka akan berwarna kemerahan dan agak kental. Tauto ini memiliki perpaduan cita rasa asam, pedas dan sedikit manis dengan aroma yang khas. Biasanya, soto khas Pekalongan ini disajikan dengan suwiran daging, tauge rebus, dan bihun.

Karena saking banyak dan beragamnya, soto sebenarnya memiliki banyak istilah seperti coto, sauto, dan lainnya. Penyebutan soto tergantung pada masing-masing daerah. Sebenarnya masih banyak banget cita rasa soto nusantara yang tak kalah enaknya sebut saja Soto Padang, Soto Banjar, Soto Madura, Soto Kudus dan lain sebagainya. Setiap daerah umumnya punya ciri khas tersendiri dari bumbu maupun bahan-bahan dan cara penyajiannya.

1 komentar:

Anisa AE mengatakan...

Soto mie bogor menarik isi dan tampilannya, pasti enak nih rasanya. Perpaduan mi sama goreng, ada tahu, dan kuah hangat soto. Belum pernah coba, jadi penasaran pengin cobain. Haruskah ke Bogor? Kayak belum pernah ketemu di Malang :) buat sendiri solusinya. Terima kasih sharingnya!