Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Jumat, 10 Desember 2021

5 Fakta Menarik Gunung Semeru

Kejadian pada hari sabtu, 04 Desember 2021 itu sekitar pukul 15.00 WIB terjadi secara tiba-tiba. Erupsi panas Gunung Semeru membuat panik warga setempat. Kepulan asap menyembur begitu tebalnya.

Gunung Semeru (Dok.Pribadi)

Gunung Semeru berada di lokasi Kabupaten Lumajang dan Malang, Jawa Timur serta masuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Gunung yang tampak gagah ini merupakan gunung berapi aktif dan memiliki panorama alam di sekitarnya yang sangat menakjubkan.

Sampai saat ini para relawan masih silih berganti menangani bencana erupsi Semeru (kita doakan bersama semoga kondisi akan lekas pulih dan kembali membaik). Begitu banyak cerita pilu, hingga post ini ditulis kabarnya masih begitu banyak korban hilang dan masih dalam pencarian serta puluhan lainnya meninggal dunia.

Yang cukup menyayat dari kisah korban meninggal salah satunya adalah Rumini, wanita 28 tahun yang ditemukan meninggal dunia tertutup abu erupsi dan tengah memeluk jasad ibundanya (Innalillahi wa inailahi roji'un). Selain itu banyak rumah warga yang hampir tertimbun oleh debu vulkanik. Sehingga seluruh warga harus dievakuasi ketempat yang lebih aman.

Baca Juga : Eksplore Gunung Semeru (Part.1)

Dibalik mencekamnya Erupsi Gunung Semeru beberapa hari lalu, terdapat Fakta-fakta Unik dan menarik dari gunung yang menjadi favorit banyak pendaki ini.

1) Semeru Adalah Gunung Tertinggi di Pulau Jawa

Kerap disebut sebagai atapnya Pulau Jawa dan memiliki ketinggian mencapai 3.676 meter dari permukaan laut (mdpl), dimana  puncaknya dikenal dengan Mahameru. Bahkan masuk dalam salah satu seven summit Indonesia.

Bahkan Gunung Semeru menempati peringkat sebagai gunung berapi tertinggi ketiga di Tanah Air, setelah Gunung Kerinci yang terletak di Sumatra dan Gunung Rinjani di Nusa Tenggara Barat. 

Daya tarik utama Gunung Semeru adalah karakteristik medannya yang begitu bervariasi. Di setiap perjalanannya maka akan menemukan lanskap padang sabana, hutan cemara, danau gunung, hingga hutan montana dalam perjalanan menuju puncak Gunung Semeru.

2) Terdapat Kawah Yang Semburkan Asap Setiap 30 Menit Sekali

Puncak Gunung Semeru 

Aktivitas vulkanik Gunung Semeru saat ini ditandai dengan adanya kawah bernama Jonggring Saloka tepatnya di sekitar tenggara puncak Mahameru dan telah terbentuk sejak tahun 1913.

Melansir dari situs ESDM, letusan Gunung Semeru umumnya bertipe vulkanian dan strombolian, berupa penghancuran kubah/lidah lava, serta pembentukan kubah lava/lidah lava baru. Penghancuran kubah/lidah lava mengakibatkan pembentukan awan panas guguran yang merupakan karakteristik dari Gunung Semeru ini.

Untuk para pendaki sebenarnya ada peraturan bahwa tidak diperkenankan untuk menuju Puncak Mahameru apalagi dengan vulkanik aktif. Dan jika tetap nekat di haruskan untuk turun sebelum jam 11.00 siang.

3) Memiliki Danau Cantik di Ketinggian 

Ranu Kumbolo (Dok.Pribadi)

Salah satu spot yang paling populer di Gunung Semeru adalah Ranu Kumbolo, danau yang terletak di ketinggian 2.389 meter dari permukaan laut (mdpl) ini berada di jalur pendakian menuju puncak Mahameru, tepatnya setelah pos keempat. Luas ikon Gunung Semeru ini mencapai 15 hektare. Area ini pun tak begitu jauh dari spot ikonik lainnya dari semeru yakni tanjakan cinta.

Danau ini dikelilingi oleh perbukitan yang sangat indah, bahkan biasanya sebelum melanjutkan perjalanan, para pendaki akan singgah dan bermalam di sekitar area danau yang sangat menawan ini. Dan bersiaplah dibuat takjub kala dapat menyaksikan pemandangan matahari terbit di antara dua bukit.

Baca Juga : Eksplore Gunung Semeru (Part.2)

4) Keberadaan Desa Setinggi 2.100 mdpl

Desa Ranu Pane (Dok. Adventuretravel)

Adalah Desa Ranu Pani merupakan titik awal pendakian ke Gunung Semeru dan desa ini merupakan desa terakhir sebelum mencapai Semeru. Alam sekitar yang begitu indah dan masyarakat Suku Tengger yang cukup ramah.

Menghimpun situs Okezone, Suku yang mendiami Desa Ranu Pani mmerupakan keturunan asli masyarakat Jawa yang hidup di era Kerajaan Majapahit. Setiap tahunnya, masyarakat asli suku ini selalu menggelar kegiatan bersih desa dan ritual unan-unan yang dipimpin oleh dukun adat.

5) Rumah Tertinggi Bagi Sepasang Arca Kuno

Di Gunung Semeru terdapat sebuah situs arkeologi yang menyimpan sepasang arca kuno bernama Arcapada. Berdiri berdampingan di ketinggian 3.002 meter di atas permukaan laut. Arca kembar ini terletak di sebuah jalur lama yang medannya cukup sulit dan terkesan tersembunyi sehingga sulit untuk ditempuh, bahkan dapat menyesatkan para pendaki. 

Salah satu dari sepasang arca ini merupakan perwujudan dari Dewa Siwa dan kabarnya sebagai simbol penolak bala. Keduanya menghadap ke utara sehingga pandangan mata setiap orang yang menatapnya akan mengarah ke Mahameru.

Gunung Semeru memang menyimpan keindahan alam tak terbantahkan tapi juga beragam misteri yang mengiringi. Gunung ini pun terentuk akibat subduksi Lempeng Indo-Australia kebawah Lempeng Eurasia.

15 komentar:

Anisa AE mengatakan...

Erupsi gunung semeru ini masih membawa duka di daerah sekitarnya yang terdampak.

Ranny mengatakan...

Semeru jadi ingat novel 5cm yang mengambil setting di gunung tertinggi ini. Penggambarannya benar-benar detil jadi bisa membayangkan. Erupsi yang terjadi baru-baru ini sungguh bikin sedih. Semoga keadaan sekarang bisa membaik dan korban-korban bisa tertangani dengan baik oleh pihak berwenang.

Nining mengatakan...

Desa Ranu Pani, danau Ranu Kumbolo.. wishlist dari jaman SMA belum keturutan sampai sekarang haha.
Keindahan alam sekitar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) memang nggak diragukan

Milda Ini mengatakan...

Fakta no 2 ini, jadi sebenarnya masyarakat di sekitar semeru pun sudah dsangat akrab ya dengan debu dan semburan, jadi kita yang panik mereka ya santai. Tapi ku yakin meski seolah tetap terbiasa, kalo udah semburan gede, pasti cepas juga yah

Utie Adnu mengatakan...

Aku pernah k semeru emang beneran indah bnget ya mba.. cuma Aku gàk kr Ranu Kumbolo,,Karena Ada bbrp tempat lain yg hrs dikunjungi,nyaksiin sunrise Aja... gk nyangka kemarin bakalan muntahin lahar.. semoga Aja nih yg terkenal bencana bisa diatasi ya...

April Hamsa | Parenting Blogger keluargahamsa.com mengatakan...

Semeru ternyata masih sangat aktif ya mbak? Pantes daerah sekitar sana masih sangat subur gtu.
Iya ya Ranu Kumbolo sangat terkenal tempat teman2 bisa kemping gtu.
Semoga penanganannya bagus di sana dan masyarakat bisa hidup seperti sedia kala dengan lbh baik.

@mirasahid mengatakan...

Innalillahi wainnailaihi rojiuun. Membaca kisah Rumini di media sosial membuat hati terisir, dan pilu. Semoga almarhumah dan ibunya husnul khatimah. Belum pernah ke Semeru aku. Semoga Semeru atau lainnya akan kembali baik-baik. Dan semoga para korban bisa kembali bangkit dan mendapatkan perhatian khusus ya Mak. Aamiin

Eri Udiyawati mengatakan...

Semoga mereka yang tertimpa musibah Semeru bisa segera pulih dan kuat lagi :((

Semeru memang gunung yang aktif, dan siapa yg tak mengenal danau indahnya, Ranu Kumbolo.

lendyagassi mengatakan...

Keindahan alami dari Gunung Semeru ini mashaAllah yaa..
Dan memang jajaran gunung di sepanjang Kepulauan Jawa hingga Sumatera banyak yang masih aktif sehingga yang tinggal di lereng gunung dan sekitarnya harus selalu waspada.

Doa yang terbaik untuk saudara-saudara kita yang sedang menghadapi musibah.
Semoga dimudahkan dan selamat.

Susi Susindra mengatakan...

Saya baru tahu tentang arcapada ini. Dan beberapa fakta di atas sangat menarik. Terima kasih. Dulu saya tahunya Ranupane adalah desa terakhir, ga nyangka aja kalau 2100 dpl. Wuih terbayang bagaimana dinginnya dan saya auto bergidik karena alergi dingin.

Rina s mengatakan...

Semoga gunung Semeru tenang kembali ya tertidur agar masyarakat d sana bisa kembali beraktivitas normal

Liswanti Pertiwi (PenaLiswanti) mengatakan...

Saat semeru meletus langsung ingat teman-teman yang deket kesitu. Alhamdulillah semua selamat.

Aku belum pernah ke Semeru, tapi suka dengar cerita teman dan melihat foto-fotonya indah juga ya.

Dee_Arif mengatakan...

ah iya, sedih ya
musibah erupsi gunung semeru menyebabkan banyak korban
semoga semeru membaik, dan masyarakat bisa kembali berkativitas secara normal

fanny_dcatqueen mengatakan...

Menarik baca2 faktanya. Trutama aku penasaran yg ttg arca kuno itu. Tadi sempet buka2 google, pengen tahu seperti apa wujud arcanya, dan ceritanya juga beraneka ragam ya mba. Tapi kalo Semeru meletus gini, arca2 itu ga rusak Yaa?

Walopun gunung api itu seram saat dia memuntahkan apinya, tapi aku selalu Amazed baca apapun ttg ini. Pernah nonton proses suatu gunung api saat meletus dari discovery channel, duuh ga kebayang kalo melihat itu dari dekat. Apalagi kalo yg meletus gunung2 api purba yg zaman dulu, sampe bisa membuat danau besar.

rella mengatakan...

Ranu Kumbolo indah banget memaanggg, huhu feels like heaven.
Gunung api ini seram tapi sejujurnya memang menyimpan sejuta keindahan karena alamnya seimbang.