Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Minggu, 28 Juni 2020

Beberapa Faktor Penyebab Menurunnya Tekanan Darah

Cek Tekanan Darah (sumber gbr : Pixabay)
Ketika sering merasa pusing dan mata terasas berkunang kunang tanpa alasan yang jelas? Jika iya, Kamu patut mewaspadainya, karena bisa jadi Kamu sudah menderita tekanan darah rendah atau hipotensi. Tekanan darah rendah atau hipotensi merupakan kondisi yang terjadi saat tekanan darah berada dibawah 90/60 mmHg. Tekanan darah normal untuk orang dewasa sekitar 120/80 mmHg, tetapi ada juga orang dewasa dengan tekanan darah 80/60 mmHg namun tidak merasakan apa apa. 

Memang tekanan darah pada setiap orang itu berbeda beda, kebanyakan orang menganggap remeh penyakit tekanan darah rendah ini, padahal jika penyakit ini tidak segera diatasi dapat membahayakan. Pasalnya menurunnya tekanan darah yang terlalu rendah dapat menyebabkan jantung dan otak kekurangan oksigen sehingga menyebabkan penurunan kesadaran bahkan kematian. 

Oleh karena itu sangat penting untuk Kamu mengetahui penyebab tekanan darah rendah supaya tidak mengalami hal hal yang tidak diinginkan. Berikut dibawah ini beberapa faktor penyebab menurunnya tekanan darah diantaranya yaitu : 


1. Kehamilan
Saat tengah hamil, peredaran darah wanita akan berkembang sangat cepat, berbeda dengan normal atau saat tidak hamil. Hal ini terjadi karena adanya perubahan hormonal selama masa kehamilan yang menyebabkan membesarnya pembuluh darah dan menurunnya tekanan darah. Mulai menurunnya tekanan darah ini biasanya akan terjadi diawal masa kehamilan dan umumnya terjadi pada usia kehamilan trimester kedua. 

2. Penyakit Jantung
Memang mereka yang menderita penyakit jantung akan mudah mengalami tekanan darah rendah. Kondisi ini juga kemungkinannya akan ditemukan pada gagal jantung dan serangan jantung. Hal ini terjadi karena jantung yang bermasalah tidak dapat memompa darah dengan baik, sehingga akan menyebabkan menurunnya tekanan darah. 

3. Hormon Yang Berubah
Hormon tubuh juga seringkali mempengaruhi kondisi kesehatan, dan salah satunya adalah tekanan darah rendah yang berhubungan dengan penyakit Addison. Penyakit Addison merupakan penyakit dimana menyerangnya sistem imun tubuh lalu merusak kelenjar kelenjar adrenal. Penyakit Addison ini akan menyerang dua buah kelenjar berukuran kecil yang berada diatas ginjal. 

Kedua kelenjar tersebut merupakan kelenjar yang memproduksi hormon hormon yang mengendalikan tekanan darah dan membantu menjaga keseimbangan garam dan air didalam tubuh. Terjadinya tekanan darah rendah juga saat rusaknya kelenjar kelenjar adrenal, misalnya saja saat kelenjar tersebut mengalami infeksi atau tumor. 

4. Dehidrasi
Terjadinya dehidrasi saat tubuh kekurangan cairan. Selama dehidrasi, darah yang sangat tergantung kepada air tidak mampu memasok peredaran darah ke seluruh tubuh. Sehingga kondisi ini dapat menyebabkan menurunnya volume darah pada arteri dan vena serta menyebabkan terjadinya darah rendah. 

5. Sedang Mengkonsumsi Obat Obatan
Jika saat ini Kamu sedang mengkonsumsi obat obatan tertentu, maka kemungkinannya berisiko tinggi terserang darah rendah. Biasanya orang orang dengan penyakit tertentu, jarang menyadari kondisi ini. Beberapa jenis obat yang dapat mempengaruhi terjadinya tekanan darah seperti alpha blocker (obat darah tinggi), beta blocker, dan obat antidepresan. 

6. Kondisi Neurologis
Kondisi Neurologis ini melibatkan penyakit Parkinson sebagai penyebab terjadinya tekanan darah rendah. Parkinson merupakan jenis penyakit yang menyebabkan kondisi yang mempengaruhi sistem saraf. Sedangkan terjadinya tekanan darah itu sendiri saat sudah terganggunya bagian sistem saraf yang dinamakan dengan sistem saraf otonom. 

Selain itu masih ada faktor lain yang menjadi penyebab menurunnya tekanan darah yaitu anemia. Sebenarnya untuk mencegah menurunnya tekanan darah ini ada banyak cara yang bisa dilakukan, dan salah satunya yang termudah adalah terpenuhinya kebutuhan mineral yang cukup adapun caranya dengan minum air putih sebagaimana standar kesehatan.  

14 komentar:

Ade UFi mengatakan...

iya, saya sering rendah tekanan darahnya setiap hamil. Saya pikir itu tidak normal. Ternyata wajar ya. Semua karena hormon

Dee_Arif mengatakan...

Wah , aku selalu menderita tekanan darah rendah, kayaknya karena dehidrasi deh

Maria G Soemitro mengatakan...

kebetulan banget tekanan darah saya sedang naik

Penyebabnya kurang tidur, maklum sedang asyik ngoprek blog

Untung dokter bilang gapapa, masih tahap wajar

Asalkan kembali istirahat yang cukup

YSalma mengatakan...

Dulu saya termasuk yang tekanan darah rendah dan sempat drop krn kurang istirahat dan harus diinfus. Sekarang dengan pertambahan usia, tekanan darah malah ikutan naik. Tapi masih dalam batas normal.
Ternyata banyak penyebab tekanan darah rendah ini ya. Resikonya jg sama dengan penderita darah tinggi, yg dikejar jantung. Semoga kita sehat2 ya, mba.

indahjuli mengatakan...

Aku sampai sekarang masih suka mengalami darah rendah, makanya nggak pernah bisa donor darah.
Sekarang ku rajin minum vitamin dan multivitamin biar nggak gampang drop tekanan darahnya.

Nurhilmiyah - author of www.fadlimia.com mengatakan...

Saya juga sering terkena menurunnya darah ini Mbak, darah rendah ya hipotensi. Tp obatnya enak2 kok, makan sate atau sup kambing hmm...insyaallah langsung berasaa lbh seger

SHOVYA mengatakan...

Saya sering nih tekanan 80/60. Kadang keliyengan, kadang ga ngerasain apa.. Bahkan dulu sempet drop dan harus transfusi 3 kantong darah.

Ternyata tekanan darah rendah berpotensi mengalami penyakit jantung ya mbak, saya kira selama ini tekanan darah tinggi saja yang berpotensi mengalami sakit jantung. Duh, harus lebih waspada nih dan menjaga asupan makanan. Terima kasih infonya mbak

Ratna Kirana mengatakan...

Ternyata dehidrasi bisa menyebabkan menurunnya tekanan darah yaa, baru ngeh aku hehe

Tira Soekardi mengatakan...

aku termasuk ayng tekanan darahnay rendah , maksimal 110/70 gak pernah lebih dan kalau lagi down bisa sampai 90/60

Tika Samosir mengatakan...

Kalau aku terasa turun tekanan darah kalau begadang langsung deh drop dan lemes bawaannya.
Biasanya aku tekanan darahnya 90/70

Sapti nurul hidayati mengatakan...

Wah, ternyata darah rendah bisa mengindikasikan aneka penyakit berbahaya ya. Saya juga ada bakat darah rendah ini. Apakah faktor keturunan juga ya, soalnya ibu saya juga darah rendah.

Anis Khoir mengatakan...

Memang ya kalau ibu hamil itu rawan turun tekanan darahnya, aku juga pernah mengalaminya. Terus sama bu bidan diberikan vitamin gitu

elva s mengatakan...

Sebenarnya baik memiliki riwayat tekanan darah tinggi atau rendah,sama sama memiliki resiko juga.

Apalagi aku tergolong memiliki tekanan darah rendah, kadang saat terlalu lama duduk tetiba berdiri rasanya berkunang kunang.
Bisanya aku menghindari makanan yang menyebabkan tekanan darahku semakin menurun

Ajenghimme mengatakan...

Waahh, aku lumayan sering dibilang darah rendah tiap kali cek darah. Tapi aku kepikirannya karena belum makan sih, sama kurang minum. Huhuhu