Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Jumat, 03 Januari 2020

Kontribusi Pelayanan Kesehatan Freeport Indonesia Untuk Papua

Lingkungan Kerja PT Freeport Indonesia (Doc. Twitter IDFreeport)
Menjelang akhir 2018, setelah berbagai kesepakatan, akhirnya Indonesia resmi memiliki 51 persen saham PTFI (PT Freeport Indonesia) atau bisa dikatakatan menjadi pemegang saham mayoritas dan resmi beralih ke PT Inalum, induk holding pertambangan.

Sebagaimana Kita ketahui bersama, PT Freeport Indonesia merupakan perusahaan tambang mineral yang memproses bijih menghasilkan konsentrat mengandung tembaga, emas dan perak. Sejauh ini PTFI menerapkan dua teknik penambangan, yakni open-pit atau tambang terbuka dan tambang bawah tanah.

Dengan kembalinya Freeport Indonesia ke Bumi Pertiwi, manfaat yang bisa di terima negara dan masyarakat Indonesia khususnya Papua adalah pembangunan smelter dengan harapan nantinya pemerintah akan mendapatkan nilai tambah yang lebih dari produk-produk yang dihasilkan. Sebagai contoh, dengan dibangunnya smelter produk yang dihasilkan PT Freeport Indonesia bisa beragam dari mulai emas batangan, perak hingga timah. Secara tidak langsung itu bisa membuka peluang lebih luas membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat khususnya warga Papua.


Disamping itu sebuah perusahaan tentu tidak lepas dari tanggung jawab sosial, tak terkecuali PT Freeport Indonesia dimana juga memiliki program Corporate Sosial Responsbility (CSR) sebagai bentuk suatu tanggung jawab dan kontribusi dari perusahaan yang diperuntukkan untuk lingkungan sekitar atau masyarakat umum.

Sejauh ini, PT Freeport Indonesia menjalankan program CSR di Papua sebagai bentuk kontribusi Freeport untuk masyarakat dengan fokus pada kesehatan, pendidikan, infrastruktur dan pengembangan ekonomi setempat. Dimana program CSR yang dijalani berperan besar dalam pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Pelayanan Kesehatan Program CSR Freeport (Doc ; Twitter IDFreeport)
Diantara keempat program CSR yang dijalani Freeport Indonesia, Saya menyoroti pada satu bidang yakni kesehatan yang juga menjadi perhatian perusahaan-perusahaan besar dunia. Kesehatan adalah kebutuhan paling mendasar umat manusia yang harus dijamin keterjangakauannya. Kendati demikian dengan perkembangan zaman yang cepat, dinamika di bidang kesehatan menjadi semakin kompleks dan memunculkan tantangan-tantangan baru, seperti munculnya penyakit baru, minimnya tenaga kesehatan hingga angka kesakitan yang semakin meningkat.

Dengan topografi wilayahnya, akses terhadap layanan kesehatan di papua masih dikatakan belum maksimal. Dan hal ini menjadi tantangan yang harus di prioritaskan untuk diatasi. Semakin memperluas jangkauan program-program di bidang kesehatan yang sebelumnya telah banyak diimplementasikan. Salah satunya misalnya bersama-sama pemerintah daerah mendorong program kesehatan berbasis masyarakat.

Tindakan yang bisa di aplikasikan yakni bisa secara aktif meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat dengan membantu menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat. Program kesehatan masyarakat ini bisa difokuskan pada masalah kebersihan dan sanitasi, masalah Kesehatan Ibu dan Anak atau pengendalian infeksi dan penyakit menular.

Selain itu, beberapa tahun terakhir ini PT Freeport Indonesia gencar mencanangkan program Posyandu Anak Sekolah (PPAS). Ide untuk mempromosikan posyandu di kalangan siswa ini muncul dari pemikiran bahwa anak-anak justru bisa menjadi pelopor hidup sehat bagi keluarganya.

Tidak hanya itu saja, saat ini PT Freeport Indonesia terbilang cukup aktif dalam forum kemitraan TBC (Tuberculosis) tingkat nasional melalui Forum STOP TB Partnership Indonesia (FSTPI). Adalah forum yang menjadi wadah pemersatu dan koordinasi para pihak, khususnya sektor swasta untuk membantu pemerintah dalam mencapai target capaian TB nasional yang telah ditetapkan dan berdiri sejak tahun 2013.

Pelayanan Kesehatan Tuberculosis (Doc : Twitter IDFreeport)
Dalam menjalankan usaha, PT Freeport Indonesia mengupayakan agar para pekerja tetap produktif dan bebas dari TBC sekaligus mendukung upaya pemerintah dalam program pengendalian TBC di masyarakat. Saat ini Indonesia menghadapi tantangan sebagai negara kedua terbesar dengan penderita TBC di dunia.

Kontribusi lain yang bisa dilihat dari program CSR PT Freeport Indonesia dibidang kesehatan adalah bentuk kerja sama dengan 'Timika Malaria Control Center' yakni dengan pelayanan masyarakat untuk menanggulangi penyakit malaria. Seperti indoor residul spraying, pembagian kelambu, deteksi kasus aktif,  serta edukasi bagi masyarakat. Dan program ini cukup memberikan hasil signifikan dengan penurunan kasus malaria yang di derita warga.

Berkaca dari kondisi lapangan di Papua, dimana masih begitu minim dan terbatas fasilitas serta pelayanan kesehatan, mendorong PTFI (PT Freeport Indonesia) dan LPMAK (Lembaga Pengembangan Masyarakat Amungme dan Kamoro) bersama mitra lainnya membangun Rumah Sakit Mitra Masyarakat (RSMM) di dataran rendah dan Rumah Sakit Waa Banti (RSWB) di dataran Tinggi, serta beberapa klinik untuk membantu meningkatkan dan mempermudah akses pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

RSMM (Rumah Sakit Mitra Masyarakat)

Pelayanan Kesehatan Intensif RSMM (Doc: Twitter IDFreeport)
Berdiri sejak tahun 1999, merupakan rumah sakit tipe C yang menyediakan pelayanan empat spesialistik (bedah, penyakit dalam, kebidanan, dan anak) serta kunjungan reguler spesialis mata. Telah dilengkapi dengan peralatan penunjang medis yang canggih untuk mendukung pelayanannya baik itu yang umum ataupun rujukan.

Rumah Sakit Waa Banti (RSWB)

Termasuk dalam rumah sakit tipe D dengan pelayanan fasilitas kesehatan yang cukup lengkap. Rumah sakit yang dibangun sekitar tahun 2002 ini dilengkapi ruang perawatan, ruang isolasi untuk pasien tuberkulosis yang dahaknya masih positif mengandung bakteri, UGD, Laboratorium.

Untuk meningkatkan keterjangkauan masyarakat terhadap fasilitas pelayanan kesehatan, PTFI dan LPMAK mensponsori beberapa klinik yang ada di Mimika. Termasuk dengan adanya Klinik Terapung yang membuka akses kesehatan kepada masyarakat Papua untuk layanan pemeriksaan kesehatan, pengobatan umum dan spesialistik, pelayanan rujukan terbatas, pemeriksaan laboratorium penunjang, pelatihan petugas medik, serta kerap kali membantu pengiriman logistik medis.

Klinik Terapung Freeport (Doc : Twitter IDFreeport)
Secara garis besar PT Freeport Indonesia berperan serta dalam sinergitas sumbangsih bagi negeri dengan program Pemerintah melalui upaya pelayanan kesehatan demi mewujudkan masyarakat Indonesia untuk Hidup lebih sehat.

29 komentar:

Mechta mengatakan...

Semoga dg beragam kontribusi Freeport lewat CSRnya ini benar2 memberi dampak positif bagi kesejahteraan Papua ya.. Aamiin..

Sellicel mengatakan...

semoga apa yang dilakukan oleh Freeport membantu masyarakat papua secara keseluruhan ya ka

Fenni Bungsu mengatakan...

Masalah penyakit TBC ini memang harus diperhatikan, dan syukurlah menjadi concern dari PTFI agar kesehatan masyarakat bisa tetap diperhatikan

lendyagasshi mengatakan...

Semoga sumbangsih Freeport sepadan dengan apa yang dia lakukan untuk negeri ini.
Karena kondisi masyarakat di sana juga masih primitif untuk suku asli Papua.

Larasatinesa mengatakan...

Semoga program CSR Freeport Indonesia ini bener-bener bisa membantu masyarakat khususnya Papua untuk mewujudkan Indonesia sehat, dan programnya merata ke seluruh Papua ya.

Nurul Dwi Larasati mengatakan...

Hebat perusahaan ini bisa mengembangkan beberapa sektor kesehatan dengan baik. Khususnya bagi mereka yang ingin berobat Tuberkolosis. Supaya warga Papua cepet sembuh dari penyakit itu.

Naqiyyah Syam mengatakan...

kalau Posyandu Anak Sekolah (PPAS ) ini berjalan lancar seru juga ya. Apa aja kegiatannya edukasi kesehatan gitu ya? Nah, biar bisa menekan angka kekerasan pada perempuan. Salut deh.

Nyi Penengah Dewanti mengatakan...

Perusahaan yang diidolakan untuk masuk ke sana ini, meski di papua jauh tapi peminatnya banyak ya
kontribusi dia juga aduhai jangan ditanya lagi.

bunsal mengatakan...

Kontribusi PT Freeport Indonesia banyak juga ya. Semoga dua rumah sakit ini, beroperasi sampai lama. Utamanya melayani kebutuhan para masyarakat Papua sendiri. Aamiin.

Indri mengatakan...

Luar biasa program CSR Freeport ini apalagi masih sedikit yang memperhatikan masalah TBC. Sukses selalu untuk Freeport Indonesia

Perawatan Kolam Renang Yogyakarta mengatakan...

Salut untuk pihak-pihak yang sudah mengabdi, tetap semangat!

adhealbian mengatakan...

patut dicontoh nih bentuk - bentuk CSR yang dilakukan oleh Freeport. Inget banget waktu kuliah, betapa CSR itu memang kegiatan yang harus terus menerus dilakukan untuk menjembatani antara pemaku kepentingan / perusahaan dengan masyarakat nya.

Sandra Hamidah mengatakan...

Menarik sekali ya, semoga CSR nya selamanya dan terus menerus memajukan rakyat Papua agar lebih sehat, sejahtera dan bahagia 💕

Hanan M mengatakan...

Isu kesehatan di Papua memang perlu banget diperhatikan. Untung program2 CSR dari Freeport ini beragam ya dari mulai kesehatan, pendidikan dll. Semoga dengan adanya program-program CSR PT Freeport bisa membantu mensejahterakan masyarakat Papua..

Oh iya Salam kenal mba, Saya Hanan.. sekalian mau bagi info, saya sedang adain give away kecil2an yang hadiahnya 6 buah buku di blog saya. Gratis ongkir. Siapa tau ingin nambah koleksi buku baru, boleh banget ikutan give awaynya. hehe Makasih banyak mba

Syaiful BS mengatakan...

Semoga dari beragamnya program CSR dari PT Freeport membuat semakin baik hubungan kerjasamanya yaa kak dan semakin menguntungkan tentunya :)

www.grandysofia.com mengatakan...

Bentuk pelayanan dalam bidang kesehatan dari PT. Freeport Indonesia untuk masyarakat Papua memang jadi concern tersendiri ya mba Siti

Putu Sukartini mengatakan...

Semoga dengan adanya CSR dari Freeport ini membuat kesehatan masayarakat Papua membaik dan memudahkan mendapat layanan kesehatan yang layak

Ariefpokto mengatakan...

Penting banget lho RS khusus Tuberculosis itu. Soalnya penularannya cepat. Pasien mesti diisolasi. Untung sudah ada ya, jadi bisa proses sembuh maksimal tanpa khawatir menular ke pasien umum lain

Jalan-Jalan KeNai mengatakan...

Senang kalau ada perusahaan yang CSRnya peduli dengan kesehatan masyarakat. Semoga masyarakat pun mendapatkan pelayanan yang sebaik-baiknya

Akarui Cha mengatakan...

Wah, sampai di support dengan pengadaan klinik terapung untuk pemeriksaan dan pelayanan masyarakat. Semoga Papua makin berkembang, pun masyarakatnya sejahtera.

Liswanti mengatakan...

Program CSRnya keren sekali ya, adanya kepedulian untuk kesehatan masyarakat. Semoga makin banyak program CSR buat masyarakat di Papua ya.

Siti Nurjanah mengatakan...

Aaamiin. Semoga program yg berorientasi untuk sosial khususnya lingkungan setempat membawa segala kebaikan

Siti Nurjanah mengatakan...

Iya amiin. Semoga membawa manfaat untuk sekitar

Siti Nurjanah mengatakan...

Betul sekali ka'
Sejalan dgn program pemerintah untuk lebih aware cegah TBC

Siti Nurjanah mengatakan...

Iya dengan kontribusi untuk lingkungan sekitar semoga membawa kebermanfaatan bagi masyarakat disana

bundasugi.com mengatakan...

Untuk program pelayanan kesehatannya sudah bagus ya, ada rumah sakit besar dan beberapa klinik yang tersebar di berbagai kecamatan

Siti Nurjanah mengatakan...

Aaamiin kita tentu berharap kebermanfaatan nya bisa dirasakan merata masyarakat Papua

lendyagasshi mengatakan...

Program yang baik untuk warga sekitar.
Semoga semakin banyak lagi program Freeport yang membantu masyarakat setempat untuk mendapatkan pelayanan terbaik.

Ika Puspita mengatakan...

Semoga masyarakat Papua makin sejahtera, dan program CSR nya PT Freeport mampu memberdayakan mereka secara merata