Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Rabu, 12 Desember 2018

3 Keunggulan Portal Berita Indonesia.go.id

Saat ini jaringan dan kebutuhan internet berkembang dengan begitu cepatnya. Segala informasi tersebar bak kilat menyebar di jagat maya. Hingga tidak mengherankan seputar berita terkini begitu mudahnya dijumpai, portal berita dan website menyajikan berbagai update perkembangan berbagai tema.

Website portal berita menjadi bagian yang berjalan beriringan dengan majunya teknologi internet. Selain sebagai portal penyedia informasi yang dibutuhkan masyarakat. Beberapa website portal yang ada saat ini sangat menarik. Selain mudah di operasikan menggunakan smartphone, juga memiliki konten yang sangat variatif. Yang paling diminati para pembaca pasti sebuah website yang mudah dioperasikan di mobile gadget, loading cepat, dan tentu saja tidak banyak konten kontroversialnya.

Portal Berita Indonesia.go.id (Doc : twitter 1indonesigoid)
Sebuah portal berita yang memiliki landasan bertema keindonesiaan di dukurkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Kementerian Sekretariat Negara mengolah sebuah portal berita dan informasi bertajuk Indonesia.go.id ditujukan sebagai 'halaman depan' negara kesatuan Republik Indonesia di jejaring maya.

Portal Indonesia.go.id ini memberikan gambaran secara utuh tentang Indonesia untuk memberi informasi kepada khalayak baik di dalam maupun luar negeri sebagai upaya nation branding. Menjadi media center ataupun rujukan sebuah governmentnews untuk memberikan gambaran yang utuh tentang apa saja yang dilakukan pemerintah, maupun segala perkembangannya di bidang pariwisata, budaya dan tradisi, investasi atau imigrasi, tata pemerintahan maupun perdagangan.

Yang membedakan dengan portal berita pada umumnya, Indonesia.go.id menjadi Jaringan Pemberitaan Pemerintah (JPP) akan memberikan ruang yang lebih banyak terhadap government news. Jaringan Pemberitaan Pemerintah (JPP) dirancang untuk meningkatkan ketersediaan narasi tunggal pemberitaan yang komprehensif. Target audience dari pembaca Indonesia.go.id mencakup jurnalis, publik, kelompok strategis, akademisi dan komunitas ekonomi.

Relaunch Indonesia.go.id
Acara #relaunchIndonesiagoid yang berlangsung pada 10 Desember 2018 dilaksanakan di Ruang Serba Guna Kementerian Komunikasi dan Informatika  - Jakarta. Menghadirkan narasumber Bapak Moeldoko Kepala Staf Kepresidenan , Bapak Rudiantara Menteri Komunikasi dan Informatika RI, dan Bapak Rhenald Kasali seorang founder Rumah Perubahan serta moderator yang memandu jalannya diskusi adalah Bapak Johan Budi Staf Khusus Presiden.


Disampaikan oleh Bapak Johan Budi sebenarnya indonesia.go.id ini disusun sudah cukup lama, sebagaimana harapan Bapak Presiden menginginkan ada sebuah informasi sebagai etalasenya Indonesia untuk nastion branding, dengan segala persiapan dan perencanaan terciptalah portal berita ini.

Diamini oleh Bapak Rudiantara, bahwa 
untuk membangun branding kuat di era media digital dibutuhkan strategi-strategi yang jelas dan juga terukur. Melalui portal berita yang akurat dan terpecaya ini pastinya ada harapan nantinya akan mampu memberikan gambaran secara utuh terutama segala ihwal tentang Indonesia serta bisa memberikan informasi ke masyarakat termasuk mensosialisasikan semua program kebijakan pemerintah.

Bapak Rhenald Kasali mengatakan "Indonesia telah memasuki fase, dimana Dunia sudah berbicara sendiri tentang Indonesia. Dari Asian Games yang memukau, sampai Indonesia menjadi tempat investasi kedua di dunia, tahun 2018 ini, Indonesia memasuki fase baru ketika dunia bercerita mengenai prestasi yang di capai misalnya ketika sukses menggelar pesta olahraga terbesar se Asia."

Bapak Moeldoko menaruh harapan besar dengan adanya portal ini, tidak akan ada lagi kekhawatiran dari dunia internasional untuk datang ke indonesia. Mereka akan mengagumi negeri ini dari ke elokan pariwisatanya, beragam kebudayaannya, keramahtamahan masyarakatnya dan negeri yang menjadi pilihan tepat untuk berinvestasi.


Diskusi media branding 

Semakin berkembangnya teknologi, minat baca masyarakat saat ini lebih banyak beralih ke digital. Oleh karena itu kian banyak portal berita maupun situs web informasi bermunculan. Diantara satu dan yang lainnya tidak selalu sama, ada beberapa perbedaan. Nah, sayangnya dalam menerbitkan sebuah berita masih sering ditemui situs-situs yang menuai kontroversi, click bait ataupun yang sifatnya hoax. Jujur saja sebagai masyarakat umumnya pasti gamang dengan fenomena ini.

Kehadiran Indonesia.go.id ditengah masyarakat bisa menjadi media center ataupun rujukan untuk mencari informasi seputar segala halnya tentang Indonesia. Ada tiga keunggulan dasar portal berita Indonesia ini :

1. Objektif

Salah satu manfaat yang diperoleh dari portal Indonesia.go.id , masyarakat dapat memperoleh berita dengan sebenar-benarnya, akurat dan terprcaya, sebab berita yang di sajikan merupakan berita yg objektif dan sesuai fakta di lapangan. Juga bisa membangun reputasi yang baik mengenai Indonesia ke dunia internasional.

2. User friendly

Portal disajikan secara mudah namun tetap informatif yang disampaikan cukup bisa memenuhi harapan masyarakat terhadap kebutuhan informasi. Tampilan web cukup sederhana dengan dominan warna merah dan putih (simbolisasi bendera bangsa) bisa diakses dengan mudah baik versi desktop dan cukup mobile friendly. Waktu loadingnya pun terbilang cepat.

3. Sumber informasi terlengkap

Selain terdiri teks, foto dan video portal berita Indonesia.go.id juga menampilkan dalam bentuk infografis. Pembaca nantinya bisa mendapatakan informasi dari Sabang hingga Merauke 
mulai dari informasi peta Indonesia, hingga suku dan bangsa bisa di akses mudah di portal ini. Sektor pariwisata, pelayanan publik, capaian program pemerintah, pendidikan juga ekonomi hingga teknologi pun juga di muat dalam setiap rubriknya.

Selain #RelaunchIndonesiaGOID  pada hari itu juga diperkenalkan GPR TV yang bisa di tonton melalui live streaming ataupun di website melalui layanan parabola. Programnya terdiri dari beberapa konsep mulai dari Hard News, Feature Documenter, Talkshow, Tutorial, Greetings, Calander even, dan Variety Show. Sangat beragam, tak sekedar menarik tapi juga sangat informatif.

Program GPR TV (Doc. Kominfo)

15 komentar:

ainun mengatakan...

portal baru lagi nih,makin inovatif saja, masyarakat sekarang mempunyai beragam sarana untuk akses berita. penasaran

Vita Pusvitasari mengatakan...

Baru tahu portal baru yang punya 3 keunggulan ini :)

Nurul Rahmawati mengatakan...

Portal yang luar biasa dan bermanfaat untuk publik ya Mba.
Sip markosip banget
Kindly visit my blog: bukanbocahbiasa(dot)com

Nefertite Fatriyanti mengatakan...

Bagus ini, buat mengedukasi masyarakat dan menjadi alternatif media informasi yang sehat

Diah Woro Susanti mengatakan...

Kita perlu rujukan portal yg terpercaya seperti portal indonesia.go.id. selamat ya atas tampilan wajah barunya 😄

Gita siwi mengatakan...

Bangga juga sebagai orang Indonesia. Kalau kita atau orang lain terutama luar mau tahu Indonesia secara dalam ada portal khususnya langsung. Great!

Nyi Penengah Dewanti mengatakan...

Kalau udah userfriendly ini aku suka mba, jadi penasaran ih kepo ke indonesia go.id
Banyak berita serunya ya?

Milda Ini mengatakan...

wuih, boleh nih dicobain, aku belum tahu banyak sih, jadi pengen tahu dan pengen banyak informasi yang positif

Suzannita mengatakan...

Benar sekali sekarang banyak yang menyebar informasi palsu sehingga kita harus bisa menyaring informasi Dan mendapatkan informasi dari sumber terpercaya

Sara Neyrhiza mengatakan...

semoga portal ini update ya..soalnya beberapa portal dari kementrian sebelah suka gak update informasi dan artikelnya..kan sayang tuh..

Ovianty _ mengatakan...

Bagus nih, tahu Indonesia dengan membuka portal, biar dapat berita terpercaya dan akurat. Apalagi banyak kekayaan Indonesia yang belum diketahui dunia ya, biar semakin banyak kenal Indonesia

Zefy Arlinda mengatakan...

Semoga membawa kebaikan untuk Indonesia, aamiin
Semakin banyak tulisan baik semakin baik

April Hamsa mengatakan...

Bagus ada portal berita resmi dr pemerintah kyk gini, jd kalau mau menemukan berita ttg kinerja pemerintah terbaru bisa di sini ya?

Intan Novriza Kamala Sari mengatakan...

Wah senangnya ada portal berita yang terpercaya sekarang ini. Soalnya gemes kalo lihat portal berita abal-abal ato sekedar judulnya aja yang sensasional hmmm

Nurul Dwi Larasati mengatakan...

Ada rujukan portal berita terpercaya dari Indonesia buat mancanegara. Jadi nggak perlu khawatir mau explore negeri ini ya.