Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Minggu, 17 September 2017

Perpustakaan Nasional Berfasilitas Terlengkap

Perpunas Merdeka Selatan (Doc.Pri)
Minat membaca di Indonesia terbilang cukup rendah di bandingkan beberapa negara Asia lainnya. Hal ini sebenarnya sudah harus menjadi perhatian karena akan berpengaruh pada perkembangan informasi dan pengetahuan yang kian pesat ke depannya. Padahal seseorang yang giat membaca akan menumbuhkan kebijakan dalam diri sebab dari membaca menumbuhkan inspirasi dan belajar berbagai hal dari beragam cara pandang. 

Suatu negara bisa dikatakan maju apabila memiliki perpustakaan yang berinisiatif dan tak berhenti berinovasi membangun minat baca masyarakat secara baik. Di imbangi dengan perkembangan era globalisasi dan teknologi yang kian pesat. Perpustakaan bisa menjadi salah satu pusat informasi untuk dapat menjadi sumber yang cepat dan tepat.




Setidaknya ada beberapa pembenahan yang harus diterapkan baik dari segi pelayanan maupun fasilitas. Perpustakaan harus beradaptasi agar tidak tertinggal dalam memberikan informasi pada masyarakat secara efektif serta efisien.



Kamis, 14 September 2017 gedung tinggi bertingkat itu tampak gagah berlokasi tak jauh dari silang monas, Jakarta Pusat. Halaman depan sudah tampak ramai oleh para tamu undangan dan beberapa pejabat berkepentingan serta para peliput berita. Hari itu menjadi momen istimewa karena bertepatan dengan dibukanya Perpustakaan Nasional Republik Indonesia yang diresmikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Bapak Joko Widodo.
Bpk Joko Widodo (Doc.Perpunas)
Jika sebelumnya, yang Saya ketahui Perpustakaan Nasional berada di area Salemba, saat ini semakin bertambah refrensi dengan dibukanya Perpustakaan Nasional yang beralamat lengkap di Jl. Merdeka Selatan No.11 aksesnya pun lebih strategis karena tepat berada di pusat kota.

Gedung ini berdiri di atas lahan seluas 11.975 meter persegi dengan luas bangunan 50.917 meter persegi bangunan setinggi 126,3 meter dengan 24 lantai dan tiga basement diklaim sebagai gedung perpustakaan tertinggi di dunia. Perancangan bangunan di menangkan oleh Mahasiswa UGM yang memberi sentuhan konsep gedung seperti sebuah jendela. Hal ini mendasari pada filosofi ( The Window For Your World ). Perpustakaan yang menjadi sumber pengetahuan bagi masyarakat Indonesia dan dunia dengan fungsi menjadi sentra aktifitas, edukatif, rekreatif dan kultural.

Fasilitas Mutakhir Perpustakaan Nasional

Fasilitas layanan dirancang dengan konsep green building dengan indeks konsumsi energi (IKE) 150 kwh/mm2 per tahun yang menyetarai dengan Singapura dan Malaysia. Pembangunan gedung fasilitas layanan tersebut menggunakan dana APBN (2014-2016) yang menelan biaya kurang lebih Rp 500 Miliar.
Beberapa koleksi buku (Doc.Pri)
Dilengkapi fasilitas komputer, internet dan wi fi, Perpustakaan menyediakan layanan multimedia, naskah, peta dan buku-buku langka. Disamping itu, pelayanan terbaru adalah ruang pameran (galeri), teater serta aula berkapasitas 1.000 kursi serta ruang diskusi yang bisa digunakan para penggiat dan komunitas literasi.

Tidak berhenti di sana, yang cukup menakjubkan adalah fasilitas layanan inklusif yang di desain untuk melayani penyandang disabilitas dari segi sarana prasarana, koleksi, maupun ruangan khusus bagi disabilitas tuna netra. Perpustakaan Nasional juga menyediakan fasilitas yang ramah terhadap anak dan memiliki ruangan khusus laktasi. Reading area anak-anak didesain secara apik, menarik dan colorful. Lukisan mural yang diambil dari cerita rakyat menghiasi pilar-pilar di ruang bacanya.

Fasilitas baca anak (Doc.Perpunas)
Berminat menjadi anggota Perpustakaan Nasional ? dengan basis Radio Frecuency Identification (RFID) yang tersedia di setiap lantai kian memberi kemudahan untuk membuat kartu anggota . Bahkan untuk pengelolaan lokasi tersedia tele lift sebagai akses transportasi mengantar buku. Dan terobosan lainnya adalah kemudahan untuk meminjam buku dengan limit tertentu (Open Access).


Yang cukup menarik perhatian Saya adalah logo bintang untuk Perpustakaan Nasional ini. Jika di amati secara seksama, bentuk itu merupakan perpaduan buku terbuka dengan kombinasi gradasi warna hijau dan biru. Layaknya bintang, perpustakaan adalah lambang ketinggian ilmu dan kemuliaan yang diharapkan mampu membuka cakrawala berpikir umat manusia.
Logo bintang (Doc.Pri)

Peresmian Perpustakaan Nasional ditandai dengan dibunyikannya sirine oleh Bapak Jokowi serta penandatanganan prasati peresmian gedung baru Perpustakaan Nasional RI. Presiden didampingi Mendikbud Muhadjir Effendy, dan beberapa pejabat lainnya. Setelahnya, Beliau berkeliling melihat bagian dalam perpustakaan. Disamping itu, beberapa relawan literasi pun mendapatkan sebuah mobil untuk perpustakaan keliling.


Perpustakaan bukan hanya tentang pencarian, namun penemuan: bukan tentang akses, tapi berbagi. (Goodreads)

29 komentar:

Laily Desy mengatakan...

Harus ajak anak-anak datang ke Perpusnas nih mba, keren banget fasilitasnya.

Anisa AE mengatakan...

Mupeeeng lihat buku sebanyak itu. :D

Esti Sulistyawan mengatakan...

Keren banget tempatnya. :D

Angela Vembri mengatakan...

Jadi pengen ke sana. :D

Ibu Dila mengatakan...

Kemarin kulihat liputannya di TV nasional, mb. Keren banget ternyata perpustakaannya.

Si kecil lihat juga, kata dia " Ma, di lantai 7 ada apa? " abis lihat liputan itu. Lantai 7 kan ada tempat khusus anak-anak, makanya dia pengen banget 😂😂😂

sari widiarti mengatakan...

wuidiiiiih makin lengkap dan bikin betah kalau gini sih. Semoga pengunjungnya banyak ya, sehingga minat baca semakin besar :)

elva mengatakan...

Waaah makin lengkap ya mbak, semoga minat baca seluruh anak Indonesia semakin besar

PutriKPM mengatakan...

Lokasinya di sebelah mana ya? Soalnya kantorku deket Merdeka Selatan ini tapi entah kenapa gak pernah nemu perpusnas hahahaha

Puspa mengatakan...

Kalau pinjam buku maksimal berapa banyak dan berapa hari nih?

Ulihape mengatakan...

lengkap ya dan ramah anak sepertinya, semoga minat baca juga meningkat ya

ANDRI mengatakan...

Fasilitasnya bikin mupeng kesana. Hadeuh keren eeuuuyyyy

Kania Safitri mengatakan...

Keren banget fasilitasnya jd pengen bawa anak2 ke perpus nasional.

purapuranulis.blogspot.com mengatakan...

Perlu banget nih, mampir ke tempat ini, untuk mendapatkan berbagai informasi yang berkaitan dalam penyelesaian skripsi, hehehe, makasih infonya mbak nya

Gita Siwi mengatakan...

Buku adalah jendela dunia. Bangga banget punya perpusnas dengan fasilitas lengkap

Atisatya Arifin mengatakan...

Waaaah, terakhir aku ke perpustakaan nasional kayanya pas dulu kuliah deh. Berarti lebih dari 10 tahun yang lalu. Dari dulu suka banget ke perpus karena atmosfernya enak untuk belajar dan baca buku. Apalagi sekarang dengan fasilitas yang lebih wah dan nyaman pastinya bikin makin betah deh berlama-lama di sana..

Reh Atemalem mengatakan...

Aku penasaran banget sama perpusnya, pingin ajak anak main ke children sectionnya deh.

Anonim mengatakan...

btw, aku dulu resepsi pernikahannya di Perpustakaan Nasional lho. eh ini yang di salemba bukan sih? hehheh

makin pewe dan nyaman deh baca2 buku di Perpustakaan Nasional

Desy Yusnita mengatakan...

Woow...Keren banget, jadi pernas ada 2 gitu ya Mba sekarang?

Anesa Nisa mengatakan...

waaww.. perpusnas pun sekarang ikut berbenah biar nggak ketinggalan jaman. Aku suka yang arena kids. Bikin anak-anak betah membaca, apalagi didekor warna warni gitu.

Liswanti Pertiwi (PenaLiswanti) mengatakan...

Keren ya perpus yg baru, coba kesana ah

Novitania mengatakan...

Nggak nyangka indonesia punya perpusnas sekeren ini 😍😍😍 BANGGA!!!

idfipancani mengatakan...

waaaa Jakarta punya perpustakaan tertinggi di dunia ya? hebaaat. Wajib jadi anggota nih. Makasih buat artikelnya ya. Bermanfaat sekali.

Siti mudrikah mengatakan...

Wah tinggi banget rak bukunya, ada fasilitas baca anaknya juga biar anak2 gk bosem ya suasananya ceria gitu

Ahmad Kumaedi mengatakan...

sayangnya perpustakaan kekgini cuma ada di jakarta, coba ada dikota-kota lainnya.

Yayat mengatakan...

kalo numpang kerja doang boleh kan ya... kayak perpustakaan daerah yang di kuningan...

unggulcenter mengatakan...

Quoetnya asek banget tuh di penutup ^^

Learn Digital Marketing mengatakan...

Hi, Really great effort. Everyone must read this article. Thanks for sharing.

Catcilku mengatakan...

Penasaran mau ke perpusnas, tapi belum kesampaian mau ke sana

Ivonie mengatakan...

Mantan bos suami sampai pernah ditarik guna ditugaskan ke perpusnas. Dengan adanya gedung baru, semoga makin lengkap dan minat baca masyarakat Indonesia meningkat ya