Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Kamis, 09 Maret 2017

Seni Kreasi Quilting Sarung Bantal

Penilaian sebuah kreatifitas tak hanya berpatok pada menggambar atau melukis saja, sifatnya yang universal melingkup segala tata kelola yang menghasilkan karya yang indah untuk dinikmati. Tidak terkecuali dalam jalinan benang atau kerajinan tangan tekstil seperti menjahit, dimana umumnya menghasilkan produk yang sering digunakan dalam keseharian.

Berkaitan dengan jahit menjahit sebenarnya Saya memiliki memoar kenangan dengan almarhumah Mamah, karena Beliau memang cukup mahir menggunakan mesin jahit manual. Namun, keahliannya tak menurun, karena Saya hanya mampu menjahit dengan jarum jahit tangan. Sebenarnya dahulu pun pernah di latih untuk menyulam namun lagi-lagi karena kurang minat menjalani, hasil yang bisa Saya buat tak sebaik Beliau.


Sebenarnya Saya pun memiliki rasa penasaran yang teramat sangat untuk bisa berkreasi dengan mesin jahit. Setelah sekian kali, akhirnya Saya pun mendapat kesempatan untuk mengikuti kegiatan yang diadakan oleh Kriya Indonesia. Seperti beberapa waktu lalu, tepatnya Sabtu 04 Februari 2017 bertempat di Museum Tekstil - Tanah Abang, Jakarta Barat diadakan agenda "Workshop Quilting Sarung Bantal Motif Pinwheel ."

Seni kreasi quilting merupakan teknik menggabungkan potongan-potongan kain untuk kemudian dijahit hingga membentuk sebuah pola yang indah. Teknik semacam ini melatih kreatifitas pembuatnya dilihat dari pemilihan bahan, kombinasi warna hingga menciptakan hasil yang terlihat menarik.

Jika menyoroti sejarahnya, quilting termasuk kreasi seni sambung menyambung kain yang dimulai pada abad ketujuh belas oleh bangsa Eropa yang berimigran ke Amerika. Seiring waktu berjalan, kreasi ini pun semakin mengalami banyak perkembangan mulai dari design, motif dan warna yang kian beragam. Sebenarnya teknik quilting tidak bisa disamakan dengan jahitan kain perca, hal itu lantaran metode yang digunakan sedikit berbeda dimana teknik quiting umumnya menerapkan desain pola dan motif yang lebih tertata.

Sebenarnya saat masa sekolah dahulu ketika ada pelajaran tata busana, Saya sudah pernah membuat Sarung Bantal, mengikuti kegiatan ini membuat Saya serasa kembali bernostalgia. Meski sederhana, ada perasaan puas bisa menciptakan kreasi hasil tangan sendiri.

Sebelum memulai workshop, seluruh peserta mendapat bahan yang akan di jahit. Semula bahan itu disusun kemudian di jahit hingga membentuk segi empat. Kemudian di lapisi dengan puring menggunakan setrika panas hingga menempel sempurna sebagai pelengkap untuk area dalam sarung bantal. Bahan lainnya dikelim dan disatukan dengan yang segi empat. Taraa...sarung bantal pun selesai dibuat. Founder Kriya Indonesia Mba Astri Damayanti dan team lain seperti Mba Waya Komala cukup telaten mengajari dan menanggapi setiap pertanyaan peserta.

Kegiatan workshop ini di dukung dengan mesin jahit jenis portable Brother GS2500 merupakan produksi industri Jepang, memiliki 25 fungsi pilihan pola jahitan yang dapat dipilih langsung, cukup mudah digunakan bahkan bagi pemula sekalipun. Kelebihan mesin jahit ini cukup ringan digunakan dan ada alat bantu yang mempermudah memasukan benang ke dalam jarum, selain itu, mesin jahit ini juga dapat disetting untuk menyulam. Harga pasaran yang ditawarkan berkisar Rp 1.900.000.

sepatu mesin jahit merupakan komponen yang berfungsi untuk menahan dan megatur kain dengan cara menjepitnya ketika proses menjahit. Brother mesin jahit memiliki spesifikasi beberapa jenis sepatu yang tersedia dengan fungsi masing masing yang berbeda. Ada sepatu standar untuk menjahit lurus  dan variasi, ada sepatu untuk memasang resleting juga sepatu untuk membuat lubang kancing. Dengan hanya mengganti sepatu maka sudah bisa membuat lubang kancing yang diinginkan. Ada 4 jenis jahitan lubang kancing yang bisa di pilih sesuai dengan baju yang akan di buat.

Nah untuk menganti ganti sepatu ini sangat mudah, hanya tinggal menekan bagian atas sepatu untuk melepas dan menempelkan sepatu yang akan dipasang tanpa ribet alat bantu obeng. Dilengkapi juga dengan Built in free arm
yang berfungsi ketika menjahit kain yang lebarnya kecil, misalnya ketika membuat tali yang berbentuk silindris, kain bisa berjalan sendiri tetap pada jahitan lurus tanpa dipegang oleh tangan.

Untuk Pengaturan jahitan ada 6 baris gigi yang bisa diatur sesuai dengan tebal tipisnya bahan yang akan di jahit bahkan bisa mengatur panjang jahitan hingga 4,00 cm. Di dekat area menjahit bisa di temukan sebuah benda yang bentuknya mirip pengait menghadap ke atas. Nah benda ini menempel pada badan mesin dan gunanya untuk memotong benang. Jadi ketika jahitan sudah selesai kita tinggal memasukkan benang ke dalam pemotong tersebut kemudian ditarik, maka benang akan putus. tanpa perlu repot mencari-cari gunting lagi.




Nah, ini paling penting khususnya kaum perempuan karena mesin jahit Brother GS2500 ini hanya memerlukan daya listrik sebesar 51 watt saja. Tidak perlu khawatir bayar listrik mahal lagi di masa segala harga melonjak tinggi. 

Pelengkap dasar kegiatan ini adalah bahan yang digunakan, sudah pasti memiliki kualitas baik dengan corak yang apik dari Textilezy. Semua koleksinya dapat di cek melalui website resmi dengan harga yang cukup terjangkau. Mencari kain bahan tak perlu berlelah menerjang macet karena sudah bisa diakses melalui media online. Sebagai pioner tekstile online pertama dan menyeimbangkan perkembangan teknologi yang berkembang pesat, ZY textile juga berinovasi melalui sistem aplikasi yang bisa di download secara gratis melalui playstore.  

Berbagai jenis kain yang dijual antara lain : Golden rami, Cotton Voal, Balloteli, Bubble Crepe, Titanium Saten, Torismo, Muse Crepe, Linen Crepe, Cotton Japan, Premium Crepe, Ballodior, Wolfish.

Sumber GBR : Official Kriya Indonesia

27 komentar:

Tati Suherman mengatakan...

Asyikkk selain travelling punya juga pengalaman menjahit ya mba

Echi Mustika mengatakan...

Kita sama ya, ibu hobi menjahit tapi tak menurun ke anaknya... Aku juga jadi senang menjahid ke marin karna mesin Brother sangat mudah di gunakan

Wahyu Widyaningrum mengatakan...

YA ampun, keren jadinya ya Mbak. BIsa dijadikan bisnis rumahan

AlaSehat mengatakan...

Keren hasilnya Mbak, bisa dijual juga untuk nambah penghasilan..

Nefertite Fatriyanti mengatakan...

Lumayan grogi juga pake mesin jahit keren begitu, tapi asyik sih

Lina Astuti mengatakan...

Di awal sudah salah baca XD kebacanya quiling.. Penasaran gimana caranya gitu. Hehe.
Oia saya juga sama belum bisa pakai mesin jahit, mungkin harus punya dulu biar bisa XD

Ida Raihan mengatakan...

Cakep ya mesinnya. Nabung dulu buat beli.

khairul Leon mengatakan...

Aku kira Quilling ternyata Quilting.
sampe kaget wqwq

Endah marina mengatakan...

Cara pengunaan meain jahit brother nya mudah pula juga ya mbak , sangat aman untuk pemula kaya aku. Motif bantalnya cantik mbakk...

Masirwin mengatakan...

selaku anak penjahit, hal ini sudah biasa hahahhaha #Sombong

astri damayanti mengatakan...

Habis ini ikutan Lomba jahit ya

TS mengatakan...

Mesin jahitnya unyu unyu.. Minimalis. Jadi inet jaman dulu suka mainan mesin jahit yang diinjek pakai kaki

Amanda Ratih mengatakan...

Coba dibanyakin lagi mba fotonya. Pengen lihat hasil jahitan kain2 ini akan jd semacam apa selain yg mba jabarin diatas

Sie-thi Nurjanah mengatakan...

yoii Mba Tati..semakin banyak yg dipelajari. semakin bnyk tau segala hal

Sie-thi Nurjanah mengatakan...

*salingberpelukan
huhuhu..pingin bgt bisa terampil menjahit padahal

Sie-thi Nurjanah mengatakan...

yupsss..seni quilting ini memang bnyk yg sudah menerapkan menjadi bisnis

Sie-thi Nurjanah mengatakan...

iya..bisa menjadi ladang usaha dari keterampilan

Sie-thi Nurjanah mengatakan...

hahaha..sama Bund
karena prosesnya yg mudah malah sering keterusan blm beradaptasi dg benar

Sie-thi Nurjanah mengatakan...

agak ribet ya Mba kosakatanya :D
kursus dahulu juga ga apa..tp klo punya sendiri mungkin lbh leluasa

Sie-thi Nurjanah mengatakan...

mari kita menabung ^_^

Sie-thi Nurjanah mengatakan...

lha ko kaget ?
hahaha

Sie-thi Nurjanah mengatakan...

heheuuu...mesinnya dipake mudah bgt. enak bgt ga berat, dibanding yg manual

Sie-thi Nurjanah mengatakan...

hahahah...
iya ya..sebagian besar malah keterampilannya ga menurun

Sie-thi Nurjanah mengatakan...

wuahh..Saya mesti banyak belajar nih ^_^

Sie-thi Nurjanah mengatakan...

nah..samaan nih
pernah nyoba pake ribet bgt, jadinya segan digunain

Sie-thi Nurjanah mengatakan...

Saat sesi workshop memang hanya sejenis Mba Manda. Sarung bantal dg motif serupa

Wichan mengatakan...

Aku mah beli jadi ajah. :v