Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Rabu, 06 April 2016

Penerapan Kegiatan Sosial Bersama Tim Nusantara Sehat

Indonesia terkenal sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, dahulunya negeri yang kaya akan akan sumber daya alam kini kian terpuruk terutama bagi daerah-daerah terpencil dan terpelosok di beberapa wilayah di Indonesia. Daerah terpencil jauh dari jangkauan perkotaan jangankan jaringan telepon seluler untuk akses jalan masuk saja banyak yang masih rusak parah. Terlebih  di musim penghujan, jalan yang biasa dilewati untuk akstifitas masyarakat setempat menjadi sangat becek dan berlumpur.

Pemerataan kualitas pendidikan di Indonesia menjadi masalah yang belum terselesaikan hingga saat ini. Cukup ironis memang, begitu banyak nasib penerus bangsa yang harus berjuang luar biasa hanya untuk mencapai gedung sekolah demi bisa menimba ilmu dan pengetahuan. Bangunan sekolah yang lebih mirip gudang, tanpa alat bantu mengajar serta buku-buku yang lusuh adalah hal yang lumrah di temui terlebih kurangnya tenaga pengajar pun menjadi kendala dalam sektor pendidikan di beberapa daerah terpencil di Indonesia. Dengan usaha dan kontrol yang maksimal diharapkan mimpi besar bangsa ini untuk mencerdaskan semua anak bangsa akan terwujud .

Sebuah kenyataan yang tak dapat di pungkiri, di daerah-daerah terpencil memang kekurangan fasilitas memadai termasuk pula dalam pelayanan kesehatan. Masih banyak penduduk setempat yang kurang memahami pengetahuan seputar kesehatan, bahkan beberapa data menyatakan tingginya angka kematian ibu dan bayi, kekurangan gizi serta keterlambatan penanganan penyakit telah menjadi perhatian khusus yang seharusnya dapat di minimalisir. 
Tim Nusantara Sehat (Mediakom)

Dalam perkembangannya Kementrian Kesehatan RI (Kemenkes) fokus terhadap kebijakan permasalahan kesehatan masyarakat khususnya di daerah terpencil. Program yang di canangkan bertajuk Nusantara Sehat merupakan salah satu bentuk kegiatan yang dirancang untuk mendukung pelaksanaan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan Kartu Indonesia Sehat (KIS) yang diutamakan oleh pemerintah guna menciptakan masyarakat sehat yang mandiri serta berkeadilan. 

Lebih Jauh Mengenal Nusantara Sehat
Desa Ndao (NTT) TIM NS membantu persalinan di perahu (twitter)

Seperti yang di jabarkan sebelumnya program dari Kementria Kesehatan RI ini berfokus pada kualitas pelayanan primer yang mencakup tiga hal yakni : Fisik (pembenahan infrastruktur), Sarana (pembenahan fasilitas), dan Sumber Daya Manusia (penguatan tenaga kesehatan).  

Tujuan program ini adalah menjaga keberlangsungan pelayanan kesehatan, menggerakan pemberdayaan masyarakat dan dapat memberikan pelayanan kesehatan yang terintegrasi serta meningkatkan retensi tenaga kesehatan. Program ini tidak hanya pada kegiatan kuratif tetapi juga promotif dan preventif untuk mengamankan kesehatan masyarakat (public health) dari daerah yang paling membutuhkan sesuai dengan Nawa Cita.

Dalam pelaksanaannya program Nusantara Sehat menempatkan tenaga bantuan pelayanan kesehatan berbasis tim bersifat komprehensif dengan melibatkan anggota tim dari berbagai jenis tenaga kesehatan yang terdiri dari dokter umum, dokter gigi, perawat, bidan, tenaga kesehatan masyarakat, tenaga kesehatan lingkungan, tenaga ahli teknologi laboratorium medik, tenaga gizi, dan tenaga kefarmasian. 

Peserta tim Nusantara Sehat harus melalui proses seleksi administrasi dan psikologi (test psikologi, FGD, dan wawancara). Peserta yang lolos seleksi adalah peserta yang memperlihatkan kemampuan sosialisasi dan berkomunikasi dengan baik, memperlihatkan inisiatif dan pengambilan keputusan yang tepat, serta berkomitmen terhadap tanggung jawab dalam melaksanakan tugas. Bahkan sebelumnya bagi peserta yang lolos adalah adanya pelatihan fisik seperti yang dilakukan Wanandri dengan menggunakan media alam bebas sebagai sarana pendidikan.
Nantinya, seluruh peserta diberikan pembekalan materi bela negara, keahlian medis dan non-medis serta pengetahuan tentang program – program kesehatan yang dilaksanakan oleh Kementerian Kesehatan . Mereka juga diberikan pemahaman terhadap budaya-budaya lokal sehingga diharapkan mereka dapat berinteraksi dengan petugas kesehatan setempat dan masyarakat sekitar di daerah penempatan. 


Jika Menjadi Tim Nusantara Sehat

Dalam pelaksanaan program ini sudah barang tentu mengendapkan jiwa sosial, tidak perlu banyak berharap akan imbalan upah yang besar dengan fasilitas memadai. Sebagaimana beberapa tim Nusantara Sehat lakukan di periode sebelumnya. Menyebrangi lautan, berjalan puluhan kilometer hingga menghadapi jalan berlumpur sudah menjadi tantangan tersendiri.Saya sadar betul di butuhkan ketahanan fisik yang mumpuni untuk dapat mencapai lokasi karena kondisi geografis yang biasanya sulit di tempuh. 
Untuk periode kali ini, tim Nusantara Sehat menunjuk sebuah daerah terpencil pulau belakang padang namanya sebuah kecamatan di Kota Batam, Kepulauan Riau yang berbatasan langsung dengan Singapura. Luas Daerah ini cukup terbatas yang dikeliling lautan menjadikan masyarakat setempat hampir semuanya menjadikan nelayan ataupun pembudidaya hasil laut sebagai mata pencaharian. Pada prinsipnya berbagai program dan pelayanan kesehatan yang dilaksanakan sama dengan daerah lain. Perbedaan umumnya terletak  pada pengembangan inovasi sesuai keadaan serta masalah yang berhubungan dengan kondisi geografis, lingkungan, masyarakat setempat.

Dahulu saya sempat berkeinginan untuk bisa merasakan pengabdian dengan kegiatan sosial yang di lakukan. Melalui program tim Nusantara Sehat, siapa tahu bisa menjadi kesempatan untuk dapat terjun langsung melihat suatu kondisi bahkan jika mampu ingin turut serta membantu kegiatan yang di lakukan. Karena keterbatasan saya mengenai pelayanan medis, paling tidak saya turut andil membantu penyiaran informasi melalui tulisan maupun foto dalam kegiatan yang nantinya di lakukan.

55 komentar:

Okti Li mengatakan...

Dengan menulis dan foto apa yang dilihat bisa disampaikan lagi kepada khalayak ya Mbak
semoga terpilih :)

Kornelius Ginting mengatakan...

Semoga Indonesia bisa menjadi lebih baik lagi kedepannya...

Catatan Langkah Pemenang mengatakan...

Semoga sukses mbak siti..

Anita Makarame mengatakan...

Keren ya programnya...
Jadi ingat dl KKN di Karimunjawa, Mbak.
Beberapa pulau harus naik kapal dulu kalo mau ke puskesmas. Sampai Dramaga dah pada tepar duluan. Hehe

Ririe Khayan mengatakan...

SEmoga dengan program tim Nusantara Sehat, mencerahkan peta kesehatan Indonesaia secara lebih merata hingga semua pelosok daerah:)

Hanif Fikri mengatakan...

Semoga sukses mbak, mari kita sebarkan kebaikan :)

mia fajarani mengatakan...

Ini sebenernya acara keren, jujur saya tertarik, tapi apa daya, kesehatan saya kurang memadai.hiks. sukses yaa sitiiiiii

Lea' Life Journal mengatakan...

sukses mbaaaak :D semoga daerah2 indonesia yang tidak terjamah indonesia semakin baik dengan adanya program Tim Nusantara Sehat

Tukang Jalan Jajan mengatakan...

with kern, tim nusantara sehat. pasti memberikan pelayanan kesehatan yang paripurna karena terdiri dari berbagai disiplin ilmu kesehatan. maju terus kak

Renja Nakana mengatakan...

Liat foto jadi inget pas KKN perjuangan sampai ke tempat tujuan yang luar biasa.

Tempat terpencil memang butuh perhatian khusus dari pemerintah :))

Florensi Mellia mengatakan...

Wah.. Hebat nih pengabdian di wilayah terpencil. Semangat terus ya mbak, semoga sukses! :))

Unknown mengatakan...

Keren acaranya, semoga bisa menginspirasi buat anak muda lainnya mba

Elisa mengatakan...

Semoga lolos dan bisa mewujudkan keinginannya, ya, Mbak.. Ikutvterjun dan mengabadikan kegiatan sosial melalui gambar dan tulisan.

andhikamppp mengatakan...

Sebentar , mbak siti sedang mengikuti proses seleksi?? Atau (ad kalimat yg tidak terbaca) sudah jd bagian dr nusa ntara sehat??

Keren asli sih.
Memberikan manfaat untuk sesama

MahadewiShaleh mengatakan...

Sudah saatnya memang pemerataan layanan kesehatan untuk semua penduduk Indonesia di daerah manapun :)

Susindra mengatakan...

Pengen ikut tapi tidak bisa ya. Harus tenaga medis.

Jiah mengatakan...

Maju terus tim nusantara sehat. Semoga kita smua bs jaga kesehatan

Indra3H mengatakan...

Semoga banyak relawannya. Aamiin

Ryan R mengatakan...

Memang mba pendidikan dan kesehatan di beberapa wilayah indonesia masih belum merata, kebiasaan nonton Lentera Indonesia kalau gak salah ada komunitas juga yang terdiri dari dokter dan perawat, tugasnya hampir sama seperti Nusantara Sehat. Sukses ya mba

Fakhruddin mengatakan...

Utk kesehatan jauh lebih sulit sebenarnya menjangkau daerah terpencil itu,karena banyak yg masih tidak percaya dg ilmu kedokteran, mereka lebih percaya ilmu pengobatan lokal. Memang nggak salah pengobatan tradisional itu, tapi penyakit kan berkembangnya lebih cepat dibandingkan dg perkembangan pengobatan tradisional itu sendiri.

Tetap semangat :-)

Natalia Bulan Retno Palupi mengatakan...

Sukses kaaakk! Semoga terpilih. :))

Rosalina Susanti mengatakan...

Semoga program ini sukses, yaa
Aamiin

Ajen Angelina mengatakan...

Wahh semoga sukses dan bisa kepilih yahh 👏🏻👏🏻

Muhammad Zaini mengatakan...

Bravo! Keren banget! Mengabdi untuk kemajuan masyarakat

Just Write! mengatakan...

Kerennn.... semoga terpilih Sithie. Programnya bagus dan banyak manfaatnya :)

Erina Julia mengatakan...

Cooooll!!
Semoga kepilih ya kak :*

Perempuan November mengatakan...

Banyak daerah di negeri ini yang belum mendapat pelayanan kesehatan yang layak. semoga semakin banyak program-program seperti ini untuk kemajuan negeri dan generasi yang sehat.
semoga terpilih ya mbak Siti, menjadi salah satu bagian dari tim dengan tujuan mulia ini :)

Siti Nurjanah mengatakan...

Yupps..salah satu cara yg bisa dilakukan sebagaimana peran yg disandang. AAmiin terima kasih banyak mba

Siti Nurjanah mengatakan...

Aammiin..harapan seluruh masyrakat Indonesia pastinya

Siti Nurjanah mengatakan...

Aamiin. begitupun untkumu mba Windhu ^_^

Siti Nurjanah mengatakan...

Sungguh perjuangan yg teramat sangat ya mba

Siti Nurjanah mengatakan...

Aamiin, terlaksananya program tsb tentu ingin lebih memaksimalkan pelayanan kesehatan yg merata di berbagai wilayah Indonesia

Siti Nurjanah mengatakan...

Amiin. terima kasih mas

Siti Nurjanah mengatakan...

program yg mengedukasi dan mengedepankan jiwa sosial

Siti Nurjanah mengatakan...

Terima kasih, semoga visi & mis dari tim NS ini bisa terlaksana dg baik

Siti Nurjanah mengatakan...

Yuppss..benar sekali. Terima kasih Mas Dodon

Siti Nurjanah mengatakan...

saya sependapat mba

Siti Nurjanah mengatakan...

Aamiin. terima kasih mba Florensi

Siti Nurjanah mengatakan...

dan untuk semua kalangan :)

Siti Nurjanah mengatakan...

Amiin. Terima kasih banyak mba Elisa ^_^

Siti Nurjanah mengatakan...

ohh..artikel ini saya ikutkan dalam tantangan menulis utk bisa ikut bergabung dalam kegiatan Nusantara Sehat Mas. Karena itu saya pun tergoda siapa tahu bisa ikut berperan dlm tim NS

Siti Nurjanah mengatakan...

Setuju mba. karena pelayanan kesehatan berhak utk di dapatkan oleh masyrakat Indonesia termasuk di daerah terpencil

Siti Nurjanah mengatakan...

Oh..engga juga mba. dalam artikel ini tim NS mengajak blogger/media utk ikut serta dlm tim NS tentu bagi yg terpilih

Siti Nurjanah mengatakan...

Amiin..semoga semakin merata pelayanan kesehatannya juga

Siti Nurjanah mengatakan...

amiin iya mba, tim medis yg mendaftar cukup terbatas

Siti Nurjanah mengatakan...

saya pun sering mendengar hal itu, kalau beberapa daerah masih blm mempercayai sepenuhnya ilmu kedokteran

Siti Nurjanah mengatakan...

Aamiin..terima kasih Mba Bulan ^_^

Siti Nurjanah mengatakan...

Aamiin. semoga relevan & sukses dari setiap programnya

Siti Nurjanah mengatakan...

Ammin..terima kasih banyak mba Ajen :)

Siti Nurjanah mengatakan...

yupss..super keren menurut saya. dan orang2 yg bersedia mengabdi pun luar biasa jiwa sosialnya

Siti Nurjanah mengatakan...

Amiin. terima kasih banyak mba Bela :)

Siti Nurjanah mengatakan...

Amiiin, terima kasih mba Erina :)

Siti Nurjanah mengatakan...

Saya pun sependapat demikian, semoga ada program serupa yg akan lebih mengembangkan pelayanan kesehatan dan merata

rini mengatakan...

Semangat semoga terpilih kak :))
Ini pasti butuh perjuangan banget!

GE MAULANI mengatakan...

good luck mba siti :)