Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Rabu, 16 Maret 2016

Undangan Blogger Menjadi Ajang Kopi Darat

Profesi blogger kini tak bisa lagi di pandang sebelah mata, pasalnya sudah banyak brand-brand ternama mempercayakan promosi produk nya lewat undangan kepada blogger bahkan di beberapa event sudah di setarakan dengan peliput media. Ya, meskipun tidak menutup kemungkinan, masih ada saja agent atau penyelenggara yang masih memandang remeh aktifitas seorang blogger.

Mengenai beberapa acara yang pernah saya hadiri lebih banyak melalui pendaftaran di beberapa komunitas blog di media sosial walalupun memang sempat ada beberapa yang mendapat undangan lewat email. seperti salah satu undangan yang saya hadiri berikut. Artikel berlangsungnya acara lihat disini.

Pengalaman saya menghadiri acara blogger ialah bisa bertemu langsung dengan 'seleb blog' yang sudah malang melintang di dunia per bloggingan. Yang sudah mahir dan berprestasi melalui tulisan-tulisan di blolg, menjadi inspirasi tidak hanya dari pihak narasumber tapi juga blogger lain yang di temui. Menyenangkannya itu ketika semua bisa saling membaur dan berbagi antara satu dengan yang lainnya.

Kegiatan dan aktifitas blogger dari agency melalui undangan kerap kali dijadikan ajang kopi darat di mana dalam satu komunitas blog tertentu pada akhirnya bisa saling bertatap muka dari yang sebelumnya hanya berkomunikasi melalui dunia maya. Perluasan networking dengan berkenalan dengan teman yang baru di temui menjadi sisi keunikan tersendiri.

Kekurangan yang sering kali saya rasakan acara yang selalu bentrok dengan waktu dan kewajiban lain yang mesti saya tunaikan. Di samping itu saya tidak bisa menutup kemungkinan masih ada beberapa orang yang pilih kasih menyebar informasi undangan sponsor. Bisik-bisik tersebut sudah umum di kalangan blogger.

Gaya penulisan blogger yang lebih santai dan jujur tanpa nampak beriklan menjadi bidikan para agency pemilik suatu produk sebagai terobosan cara berpromosi. Sepengetahuan saya, para pemiliki produk tersebut akan mengirimkan produknya atau mengundang blogger untuk mereview dan membuat liputan nantinya secara tersirat dan tidak langsung menjadi media publisher untuk menyebarkan informasi mengenai produk atau tempat yang di review.

15 komentar:

Tyaseta Sardjono mengatakan...

hmm pilih kasih ya? saya jadi ingat sesuatu pernah diperlakukan begitu juga di suatu tempat yakni pilih kasih, sedih deh, saya tidak diundang tapi karena ada di grup maka ya datang saja kan terbuak dong seharusnya walaupun di acaranya saya didiskriminasi hiks sedihnya
ternyata undangan berlaku juga ya untuk blogger penjilat, ada juga penjilat ternyata di dunia perbloggeran dan harus bisa pdkt sama adminnya,
aduh buat pdkt saya susah hahaha

@guru5seni8
http://hatidanpikiranjernih.blogspot.com

ririe khayan mengatakan...

Undangan blogger dan keseruannya silaturahim secara langsung dgn paara tokoh bLogger secara face to face.

adib riza mengatakan...

Mungkin tambahan dari saya, gaya penulisan yang "berkarakter" sesuai dengan pribadi masing-masing blongger juga akan memberikan identitas tersendiri dari tulisan seorang blogger sehingga menjadi faktor ketertarikan pembaca ke blog tersebut.
Seperti halnya penyanyi yg punya suara berkarakter, hanya dg mendengar saja sudah bisa menebak siapa yg nyanyi.
@adibriza

witri prasetyo mengatakan...

Harus punya jam terbang tinggi nih biar selalu jadi lirikan agency... hehehe

@witri_nduz

ria mustika mengatakan...

menghadiri undangan blogger memang banyak manfaatnya mbak
aku kepengen banget malah bisa ketemu blogger2 kece
bisa curi2 ilmunya juga

Kharisma Rosalina mengatakan...

kalo udah bersinggungan dengan pilih kasih, kok suka agak nyelekit-nyelekit gimanaa gitu ya?
tapi yaaa itu mah sudah hukum alam manusia kali, kalau enggak ada 'main orang dalem' atau 'pilih kasih' dalam apapun (bahkan dalam bagi-bagi undangan dari sponsor) kayaknya kurang afdol..

@onlykharisma

Yudi Darmawan mengatakan...

iya, malah dulu sulit banget nyari teman yang suka blogger, eh sekarang anak2 alay udah pada buat blog mampangin foto2 alay, #ganyambung

Rahmah Chemist mengatakan...

Wah pilih kasih ya? Hmmm...
Semoga kedepannya blog Mbak selalu dilirik agensi untuk event2 yang memang membutuhkan karakter konten dari si blogger itu sendiri

@amma_chemist

Tika Yunita mengatakan...

tapi sejujurnya saya suka banget kopdar walau tak begitu serius kesannya..

Jerry Han mengatakan...

Bentrok dengan jadwal pribadi, setuju. Kadang saya merasakan seperti itu meski belum pernah diundang brand xixi.. Pernah ada kopdar komunitas, tapi ya itu tadi..bentrok. Tapi yang pasti tetap semangat menulis dengan atau tanpa undangan acara, karena blog kita adalah acara kita yang mungkin sudah ditunggu oleh banyak orang.....
Semangat
@ge1212y

Inggit Erlianto mengatakan...

Saya jadi makin termotivasi, Walaupun belum pernah sekalipun dapat job review sih #hiks. Harus lebih semangat ngeblog nih.
Soal kopdar memang dari dulu suka, bisa berbagi cerita dan tips ya mbak.

Gilang Maulani mengatakan...

Mba Siti keren :) Seneng pasti ketemu seleb blog :)

@gemaulani

Mutia Nurul Rahmah mengatakan...

aku pernah sekali ketemu mereka2 yang keren.. wuhh habis itu aku tanya ampe berbusa-busa sampe mereka mau pulang.. haahaha

Dini Febia mengatakan...

Wah begitu ya.. :D
Yuk, sama-sama belajar manajemen waktu. :)

@epatyci16

Ririe Khayan mengatakan...

Iya ya mbak, ciri khas blogger saat membuat ulasan menjadi daya tarik brand utk mengundang blogger saat ada acara yg sifatnya launching atau semacam promosi.

@ririekayan