Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Rabu, 14 Juni 2017

Puasa Sehat, Imbangi Kebutuhan Nutrisi dan Hidrasi

Puasa Sehat (source : pinterest)
Bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah bagi kaum muslim. Diwajibkan atasnya berpuasa karena selain mendapat pahala, manfaat lain yang bisa dirasakan yakni menurunkan kadar gula darah, asam lemak, mencegah terjadinya penyakit berbahaya seperti diabetes, jantung, gagal ginjal, kanker, gagal hati juga sangat berguna sekali untuk perbaikan profil lemak, serta menjaga kestabilan berat badan.

Nah dengan berpuasa pastinya tidak menjadi halangan untuk menjalani pola hidup sehat. Ketika berpuasa, waktu istirahat dan makan yang berubah kerap memerlukan penyesuaian melalui sebuah kebiasaan. Oleh sebab itu, perlu diperhatikan asupan nutrisinya agar tetap seimbang. Secara tepat pemenuhan itu bisa di dapat dari total kalori harian meliputi asupan protein 15-20%, asupan lemak 25-30%, dan asupan karbohidrat 50-65%. Pilihlah makanan yang mengandung serat tinggi karena dapat membantu memberi rasa kenyang lebih lama, disamping itu sistem pencernaan pun bekerja dengan baik.


Disamping nutrisi yang seimbang, menstabilkan kebutuhan cairan juga harus perlu di perhatikan, sebagaimana yang disampaikan Dokter spesialis gizi klinik, Ibu dr Dian Permatasari, SpGK "bahwasanya masyarakat harus mengetahui pola asupan air putih selama bulan puasa. Untuk menjaga asupan air putih, minimal dianjurkan minum delapan gelas per hari. Selama periode bulan puasa ini delapan gelas per hari bisa diterapkan dengan pola 2-4-2."

Adapun polanya, bisa dimulai dengan dua gelas saat sahur, dengan rincian satu gelas diminum saat makan sahur, kemudian satu gelas lagi menjelang imsak. Kemudian minumlah air empat gelas saat buka puasa, yakni dua gelas saat berbuka dan dua gelas setelah shalat tarawih. Terakhir, sebelum tidur bisa minum air putih sebanyak dua gelas. Perlu di perhatikan delapan gelas itu haruslah hanya air putih.

Dalam air putih mengandung mineral yang dibutuhkan tubuh,seperti calcium, magnesium, Iran, MA Ganesa, Chopper, potasium, Chloridolum, fluorida, zink, sodium, alumunium, Selenium. Masing-masing mineral, memiliki manfaat bagi tubuh mulai dari membantu perkokoh jaringan, sisi tes saraf dan otot, membantu pembentukan sel dan enzim, serta membantu metabolisme.

Diantara kita pasti juga sangat gemar mengkonsumsi minuman manis seperti es buah atau teh manis misalnya. Ditambahkan oleh Ibu dr Dian bahwa kebiasaan itu haruslah dibatasi. Jika tak ingin berat badan bertambah banyak setelah ramadhan berlalu. Untuk asupan gula pasir batas maksimal adalah delapan sendok teh per hari atau setara dengan 40 gram.
dr Dian & Bpk Karyanto (source : Indah)
Pada kegiatan bertema “Nutrisi dan Hidrasi pada Bulan Puasa” yang berlangsung di Hotel All Season, Jakarta pada 06 Juni 2017, hadir juga Direktur Pembangunan Berkelanjutan Grup Danone Indonesia, Bapak Karyanto Wibowo yang memaparkan peluncuran program Danone Manifesto yakni sebuah kegiatan untuk mendukung masyarakat agar dapat mengubah pola makan serta minum dengan konsumsi yang lebih sehat dan  biasanya bersumber dari alam. Untuk itu Pihak Danone mengajak segenap masyarakat agar turut berperan serta menjaga kelestariannya.

Kontribusi lain yang ada dalam program perusahaan Danone adalah memberikan perhatian khusus pada kesehatan lingkungan  dengan pelestarian sumber daya air, peningkatan akses air bersih, penanaman dan perawatan pohon, serta pengelolaan sampah kemasan. Bentuk kerja sama ini juga menyertakan berbagai pihak seperti pemerintah dan segenap Lembaga Sosial Masyarakat (LSM). Sebagaimana yang telah diterapkan Aqua Danone pada program CSR disekitar pabrik industrinya dan terletak di beberapa titik kota di Indonesia.
Foto dg Bantal Daur Ulang ( source : Feriyana )
Komitmen Aqua Danone dalam program daur ulang merupakan proses circular economy dengan terus berupaya mengurangi polusi plastik sisa sampah industri yang akan berakhir di TPA. Nantinya akan ditarik kembali botol-botol kemasan bekas pakai untuk dijadikan kaos, bantal, tas belanja.

Bapak Arif Mujahidin selaku Direktur Komunikasi Grup Danone menambahkan "Danone tak hanya memberikan kontribusi pada kesehatan lingkungan semata, tapi juga mengajak aktif dalam bidang olahraga. Hal itu dibuktikan dengan menggelar turnamen sepak bola usia dini untuk ambil bagian pada Danone Nation Cup. Kegiatan itu dilakukan secara rutin setiap tahun." Untuk juara nasional tahun ini akan dikirim ke Amerika Serikat dan berkesempatan mewakili Indonesia.
dr Dian & Bpk Arif (source : Indah)
Mari manfaatkan bulan puasa ini dengan sebaik-baiknya, jadikan sebagai langkah awal untuk menerapkan kebiasaan hidup sehat saat ini dan seterusnya. Penuhi asupan nutrisi dan hidrasi secara tepat dan imbangi dengan istirahat cukup serta olahraga secara teratur.

7 komentar:

  1. Betul sekali. Sayang, kebanyakan masyarakat masih belum sadar manfaat air putih. Kalau khilaf, kadang aku kelupaan minum air putih juga. :'D

    BalasHapus
  2. Sebaik2nya air ya air putih. Nggak mengandung gula. Hehehehe. Apalagi kalau kita rentan punya penyakit gula. :(

    BalasHapus
  3. Yup.. dengan melakukan pola 242 semoga dehidrasi dapat dihindari dan juga acara diatas sekaligus mengedukasi masyarakat bahwa ada produk yang dihasilkan dari plastik bekas aqua

    BalasHapus
  4. Asik banget tu teh, bisa buka puasa bareng gitu. Selain itu juga, memang perlu Imbangi kebutuhan nutrisi dan didrasi, karena selama puasa tak selamanya pekerjaan rutin kita libur, justru malah nambah bagi seorang ibu.

    Makannya itu perlu jaga kesehatan ya, Teh :)
    Dengan apa yang di paparka diatas, semoga kita semua bisa puasa sampai full dalam keadaan sehat :)

    BalasHapus
  5. Alhamdulillah, saya juga lagi menggiatkan untuk kembali lebih sering meminum air putih daripada minuman berwarna dan berasa lainnya.

    BalasHapus
  6. bener banget tuh, jangan sampai kita kekurangan air minum di tubuh kita. Kemarin saya sempat mengalami sakit gara-gara gak minum seharian pas buka puasa, malamnya badan berasakering banget sampai-sampai badan pegel gak tahu karena apa. Kalau kata dokter minum air putih di bulan puasa bisa nyoba pola 2-4-2 dalam sehari.

    BalasHapus
  7. aku biasa minum air putih, mba. Kurang suka sama minuman yg lain, baik soda atau sirup. Kemarin sih sering ngopi. Tapi sekarang dah lepas juga, air putih ajalah. Lebih menyehatkan

    BalasHapus