Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Selasa, 12 Januari 2016

Trend Blogger Indonesia 2016 Semakin Beragam

Perkembangan internet dan teknologi yang semakin pesat berkembang mendorong manusia untuk lebih dinamis dalam melakukan segala aktifitas. Terlebih di dunia internet yang kian cepat mengusung jaringan 4G seperti saat ini yang merupakan generasi ke empat jaringan nirkabel untuk komunikasi berbasis mobile.

Sebagaimana halnya seorang penggiat dan erat kaitannya dengan dunia internet seperti blogger itu akan sangat terbantu dengan keberadaan internet super cepat untuk melakukan segala aktifitas yang biasa dilakukannya. Kini profesi seorang blogger Indonesia sendiri tidak dapat dipandang sebelah mata, karena pada nyatanya sudah banyak yang memiliki penghasilan cukup fantastis dari kegiatan blogger yang di gelutinya.

Seiring semakin banyaknya blogger bermunculan maka tak dapat di hindarkan butuh wadah untuk saling berkomunikasi serta berbagi antara satu dan yang lainnya sehingga menyebabkan komunitas blogger pun kian banyak dengan beragam visi yang di usung. 


Dunia blogging kini pun sudah merambah ke berbagai pelosok daerah bahkan tak heran banyak bakat-bakat hebat justru berasal dari wilayah jauh dari pusat ibu kota. Walaupun pada akhirnya tetap saja di kota-kota besar dengan fasilitas yang lebih memadai akan lebih memberi peluang kesempatan blogger berkembang lebih cepat.

Berhubungan dengan perkembangan teknologi, kini beberapa kota di Indonesia pun mulai menerapkan konsep smart city yakni memberdayakan sebuah tatanan kota yang akan memudahkan masyrakat untuk mendapatkan informasi lebih cepat dan tepat. Hingga saat ini, penerapan tesebut masih di berlakukan oleh kota-kota besar di Indoensia seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta dan kota Malang. Dalam penerapan smart city harus di imbangi dengan cara berfikir secara lebih cerdas, esensinya sebagai manusia kita harus dapat mengendalikan teknologi dan meberdayakannya secara bijak bukan sebaliknya justru di perbudak teknologi dan mengabaikan nilai kehidupan yang lainnya.

Beberapa keuntungan yang telah dirasakan oleh beberapa blogger yang sudah terbilang cukup sukses adalah di undangnya ke suatu acara-acara yang tidak dapat dipandang biasa. Baik dari pihak instasi perusahaan ternama bahkan pemerintah kini tengah menaruh kepercayaan pada blogger sebagai penyampai berita melalui media internet yakni blog, mungkin karena penuturan bahasa yang sederhana dan tidak rumit sehingga masyarakat lebih mudah untuk mencernanya.

Disamping itu, beberapa blogger pun kerap di beri kepercayaan untuk mereview suatu produk dan menjadi buzzer yakni orang-orang yang memegang peran untuk menyampaikan pesan-pesan dalam campaign tertentu kepada khalayak ramai. Ada beberapa ragam yang umumnya di gunakan biasanya secara terang-terangan ataupun tersirat.

Nah, tugas seorang buzzer erat kaitannya dengan penggunaan media sosial yang kini tengah marak beraneka rupa. Umumnya Seorang yang dilirik menjadi buzzer telah memiliki followers yang cukup banyak. Saat ini tidak sedikit blogger yang berpofesi juga dan di minta bantuan menjadi buzzer untuk suatu campaign. Umumnya buzzer lebih sering melalui media sosial twitter dan rate harga yang ditawarkan suatu instansi tergantung kesepakatan kerja sama yang bersangkutan.

Seiring bertambah banyaknya orang yang berkecimpung di dunia blogging pun semakin banyak pilihan dalam penggunaan platform. Situs penyedia layanan jasa pembuatan blog ini sangat beragam mulai dari yang gratis seperti blogspot dan wordpress yang masih banyak menjadi minat bagi pengguna internet maupun yang berbayar sebutlah .com atau web.id . Di samping itu platform lokal pun telah memegang peran seperti blogdetik dan telah banyak digunakan juga oleh para blogger. Semakin memberi kemudahan bahkan kini ada facebook note yang memiliki peran seperti blog pada umumnya.

Trend blogger Indonesia 2016 mulai sudah terlihat keragamannya sejak akhir tahun lalu, karena banyaknya kini bahkan beberapa diantaranya konsen dalam satu minat seperti travel blogger, food blogger, fashion blogger, beauty blogger, parenting (mom) blogger dan beberapa lainnya. Di lihat dari perkembangannya saat ini blog tak lagi hanya jadi media tulis tapi bahkan bisa menjadi peluang bisnis.

46 komentar:

  1. Iya mbak skrg makin berkembangnya internet di indonesia anak2 smp sama sd aja udh pada ngeblog, moga2 aja makin berkembangnya internet di indonesia makin berdampak positif

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yupps, benar sekali. Aamiin, semoga dipergunakan hanya utk hal berguna & bermanfaat

      Hapus
  2. Jadi pengin ngerasain yang diundang sbg blogger dr instansi gitu :3 tapi kalo daerah event spt ini masih jarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga saja event tersebut segera ada di kota lain mba, tdk hanya berpusat di kota besar

      Hapus
  3. Wah Kayaknya potensial jadi buzzer nih aku. Beberapa akun instagram yg saya kelola udah ada yg ribuan dan puluhan ribu followers. Hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gmn caranya tuh mas

      @masirwindotcom

      Hapus
    2. salah satu trik saya, saya mengusung akun citybranding mas, memperkenalkan daerah melalui akun media sosial. Kemudian kedua berafiliasi dengan pemilik akun misal twitter yang sudah punya puluhan ribu followers nah kita mengelola selain itu, tentunya dengan izin dan persetujuan di pemilik hak akun tesebut dengan ketentuan yang telah disetujuai kedua belah pihak. tapi akunnya tidak bisa saya publikasi hehe
      untuk citybranding ada di blog saya

      Hapus
    3. Waahh..Mas Adib Riza ini keren sekali, menjaring follower itu kan ga mudah. Jadi kepingin lebih jauh mengenai branding

      Hapus
  4. blogger semakin rame,, semakin keren, dan semakin profesional ,, semoga itu dapat tercapai,, saya juga lagi belajar niih ngembangin blog traveling, :)

    http://www.rudihartoyo.com/gambaran-blogger-indonesia-di-2016/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, semoga blogger bisa lebih kreatif & tidak lagi dipandang sebelah mata oleh beberapa pihak

      Hapus
  5. Blogger sekarang gak main-main lagi. :D Bayaran juga tinggi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba..blogger profesional. huhuhhu jadi pingin mendulurkan jejak seperti itu

      Hapus
  6. Blogger gak bisa dipandang remeh sekarang. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju..tapi ga sedikit beberapa instansi masih memandang sebelah mata

      Hapus
  7. Blogger bersatu takbisa dikalahkan.. #bloggerdemo

    @masirwindotcom

    BalasHapus
    Balasan
    1. MERDEKAAA !!!
      hahaha, yuu..tetap produktif dalam menyebarkan kebaikan melalui blog ^_^

      Hapus
  8. ngeblog ini selain asik, seru, nambah teman, juga bisa jadi sumber penghasilan. jumlah blogger juga udah buanyak, kadang kalau udang ke suatu acara, jimlahnya bisa sama banyaknya ama wartawan.
    semoga taun ini dunia blogger makin cemerlang ya mbak :)

    @QuelleIdee07
    perempuannovember.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaamiin, benar sekali mba dan kadang sudah di setarakan dg para jurnalis

      Hapus
  9. wuaaa..cakep layarnya terang sekarang :) blogger bisa jadi sesuatu yaa mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih mba Nunu ^_^
      kenapa ga bilang mba ?? saya padahal butuh kritikan lho
      Sesuatu yang berpenghasilan (pingiiiin)

      Hapus
  10. peluang bisnis ya dari buzzer....

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, saya sempat dengar jadi seorang buzzer bisa dibayar tinggi hanya dengan beberapa karakter kata saja (luar biasa)

      Hapus
  11. Yah, benar sekali Mba. Blog sekarang bisa menjadi salah satu sumber penghasilan, cuma hanya beberapa orang atau blogger saja yang mau menjadikan blogger sebagai profesi.
    @rin_mizsipoel

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada beberapa juga meskipun bukan menjadi profesi utama tapi berkah dari blog pun kerap dirasakan kepada yang masih berstatus pekerja

      Hapus
  12. mau jadi buzzer follower dikit binit, mau eksis hadir ke acara blogger susah ninggalin anak kecil-kecil.

    heeyy... kapan majunya yah kalau aku ngeluh terus. hayuk ah nulis aja. semangat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huhuhu, kita sama mba, masih sedikit sekali followernya
      Semangaat mba utk menyebarkan kebaikan. Tetap menulis apa yg kita sukai, suatu saat akan datang berkah kaya blogger lain :D

      Hapus
  13. blog tak lagi hanya jadi media tulis tapi bahkan bisa menjadi peluang bisnis. Peluang bisnis untuk menghasilkan uang dan lain sebagainya gitu ya? hihihi. Hidup blogger!

    @gemaulani

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yupps..benar sekali. dan tidak main-main jika sudah dalam tingkat profesional benefit yang di dapat pun cukup fantastis

      Hapus
  14. Nanti bisa jadi blogger business? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tepatnya mungkin blog beralih ke toko online kali ya mba :D

      Hapus
  15. nah, ternyata tugas blogger itu banyaaak ya. multitasking pula.

    @diahdwiarti

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar Mba, semakin beragam dan banyak pilihan tentukan saja passion yg di inginkan

      Hapus
  16. blog dan bisnis,, semoga keduanya bisa berjalan seiring sejalan senada seirama seiya sekata :D
    @aleksdejavu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaamiiin. Semoga blogger makin punya peluang utk berpenghasilan secara layak :)

      Hapus
  17. Wah, perlu belajar banyak ternyata untuk bisa menjadi Buzzer. Saya masih gado-gado aja blognya. Hehe.

    Salam kenal @KMubarokah Grup B LBI
    BW balik : http://kaylamubara.blogspot.co.id/2016/01/penulis-melek-blog-ramalan-trend.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selama rapi, terarah dan sesuai passion saya rasa ga ada masalah mba
      Sudaahhh berkunjung & meninggalkan jejak ^_^

      Hapus
  18. memang harus belajar banyak ya untuk jadi yang lebih baik, sehingga bisa menjadi blogger pro. salam kenal

    @Leon-Sps

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal Mas Liu Purnomo
      Yapps..benar sekali karena yg namanya informasi & teknologi perkembangannya dinamis serta cepat jadi harus banyak mempelajarinya supaya ga ketinggalan

      Hapus
  19. sebenarnya sampai sekarang saya masih belum paham benar mengenai smart city. hehe

    @f_nugroho

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo kesimpulan saya sih lebih menekankan ke pemerintah daerah utk lbh membedayakan teknologi berbasis internet

      Hapus
  20. Sekarang berkarir menjadi blogger juga ngga bisa dipandang sebelah mata ya, mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, sudah bnyk blogger yg menghasilkan pundi2 uang dari kesusesannya ngeblog

      Hapus
  21. Kalo ada waktu mampir gan ke blog ane http://entong13.blogspot.ae/

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah meluncur dan meniggalkan jejak ya..

      Hapus
    2. Sering sering berkunjung gini jadi seru ya :D banyak yang bisa dibaca

      Hapus