Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Kamis, 30 Mei 2024

Kenali Penyebab Rantai Motor Bermasalah

Dalam menunjang aktifitas sehari-hari penggunaan transportasi pribadi seperti sepeda motor masih menjadi andalan sebagian besar masyarakat di Indonesia. Selain untuk mendukung aktifitas secara dinamis juga bertujuan untuk mempercepat jarak tempuh. 

Sebagai bentuk tanggung jawab terhadap kepemilikan kendaraan, sepeda motor yang intesitas penggunaanya sangat tinggi baiknya harus dilakukan servis rutin untuk memastikan kendaraan tetap prima dan nyaman saat digunakan. Perawatan sepeda motor seperti radiator, filter udara, busi, rantai hingga ban serta keseluruhan komponen lainnya wajib di servis secara berkala untuk menjaga performa kendaraan tetap optimal.

Selain ganti oli, komponen sepeda motor yang sering terlupakan adalah rantai kendaraan yang biasanya baru diambil tindakan setelah rusak parah. Padahal idealnya untuk penggantian gir dan rantai motor dilakukan dengan interval 10.000 – 15.000 km. Jika rantai sepeda motor aus atau kendor,  akibatnya efisiensi bahan bakar dan kenyamanan berkendara kian menurun.

Perlu diketahui bahwa rantai motor yang sudah aus dan tidak diganti secara rutin bisa menjadi sumber masalah serius. Jadi teringat tentang rekan kerja dari saudara, yang lupa untuk mengganti rantai motor yang kemudian putus ditengah jalan ketika ia tengah mengendarai kendaraannya dengan kecepatan penuh sehingga terjadilah kecelakaan yang tak terhindarkan (Innalillahi).

Gangguan pada rantai sepeda motor sebenarnya dapat dideteksi lebih dini, setidaknya bisa diketahui dari beberapa gangguan dan indikasinya pada rantai sepeda motor. Biasanya di awali dengan mengeluarkan suara bunyi yang cukup berisik. Jika hal ini terjadi umumnya disebabkan beberapa kendala seperti : 

1.Rantai Motor Kendur

Rantai motor mengalami tingkat kekenduran yang tinggi tentunya akan buruk untuk performa motor yang digunakan. Indikasinya bisa dirasakan ketika berkendara, seperti suara yang berisik, laju yang sulit diatur, serta perpindahan gigi yang kasar. Oleh karenanya harus diperhatikan setidaknya rantai motor memiliki jarak renggang sekitar 10-20 mm, selain itu penyebab lainnya yang sering terjadi lantaran :

  • Kurang pas dalam penyetelan rantai 
  • Kondisi jalan yang tidak stabil
  • Berkendara melebihi muatan atau menjalankan motor dengan kebut-kebutan 

2.Rantai Motor Kering

Sepeda motor yang digunakan setiap saat semakin lama akan membuat pelumas yang terdapat di rantai mengering dan hal ini mengakibatkan bunyi pada motor. Ketika bagian-bagian rantai motor mulai mengering biasanya ditandal dengan timbulnya karat pada mulai permukaan-permukaan besinya.

Solusi dasar yang bisa dilakukan tidak cukup hanya dengan membersihkannya saja, tapi juga diberi pelumas pada Keseluruhan rantai dan juga bagian gear-nya. 

3. Rantai Motor Aus

Setelah beberapa kali perbaikan dasar tidak berhasil dan tarikan motor masih terasa berat dengan tenaga motor sudah tidak lagi maksimal maka sudah dipastikan harus di ganti dengan rantai motor baru karena rantai yang sudah aus tentunya tidak dapat digunakan lagi. 

Umumnya pergantian rantai motor di landaskan pada interval 10.000 – 15.000 km atau bisa lewat perhitungan waktu dimana pergantian sekali setiap tahun. Tetapi hal ini juga tergantung pada pemakaian motor sehingga apabila sering digunakan motor maka ada kemungkinan rantai motor perlu diganti lebih dari sekali setiap tahun.

Jangan menunda jika keluhan diatas sudah terjadi pada kendaraan kesayangan, segera ganti dengan komponen yang baru. Agar motor bisa kembali dikendarai dengan perfoma terbaiknya. Harga Rantai Motor cukup variatif tergantung jenis dan tipenya. Sebenarnya bisa saja mengganti rantai motor sendiri jika memiliki alat-alat yang dibutuhkan seperti kunci pas dan kunci inggris, pemotong rantai, oli motor atau pelumas serta pastikan juga mengetahui cara melakukannya secara tepat dan benar.

Sumber gambar : IG @Planetban

Jika merasa ragu akan lebih baik serahkan kepada ahlinya dalam hal ini bisa di bawa ke tempat servis motor seperti Planet Ban yang bukan sekedar menjual ban saja, karena tiap tahun selalu berinovasi untuk menjadi one to service yang lengkap buat kendaraan roda dua. Saat ini bahkan tersedia pelumas, suku cadang, beberapa spare part hingga servis motor. 

Servis Motor di Planet Ban memiliki tagline Rasa Mesin Baru yakni berfokus pada pembersihan mesin motor berupa karat dan kerak pada sistem pembakaran, ruang mesin, piston, rantai dan bagian mesin lainnya agar menjadi bersih. Mesin motor yang bersih membuat tarikan motor menjadi lebih ringan sehingga motor kembali nyaman untuk dikendarai, tarikan lebih enteng, dan ramah kantong.

Proses servis rasa mesin baru di Planet Ban dilakukan dengan cara yang sangat efisien karena tanpa bongkar dan menggunakan metode penggunaan bahan cairan chemical yang aman dan dapat membersihkan mesin dengan aman.

Throttle Body

Menggunakan cairan TBIC yang akan merontokan kotoran, debu dan kerak yang menempel pada throttle body motor sehingga mampu mengembalikan tarikan motor kembali responsif.

CVT Rantai

menggunakan cairan yang telah di formulasikan untuk membantu kinerja sepeda motor. Untuk motor matic menggunakan cairan Dust & Grease Cleaner  dan Belt Dressing Conditioner yang digunakan untuk  membersihkan CVT Belt agar kuat, elastis, dan tahan lama. 

Sedangkan untuk motor transmisi manual akan menggunakan cairan Chain Cleaner yang akan membersihkan bagian rantai dan Gear. 

Injektor

Menggunakan cairan Auto Clean Up yang dituang dalam tangki sepeda motor untuk meningkatkan perfoma pembakaran lebih maksimal. Membuat tarikan lebih enteng dan irit bahan bakar.

Ganti Oli

Menggunakan oli X-Ten dengan kandungan Ester Full Synthetic untuk hasil yang lebih baik. Oli X-Ten di klaim mampu melindungi piston dari gesekan yang kasar, membersihkan mesin dan menjaga suhu mesin tetap stabil.

Sebagai pengguna motor jangan pernah abai untuk pemeriksaan dan perawatan kendaraan secara rutin. Selain menjadikan usia motor lebih panjang juga membantu menjaga keamanan dan kenyamanan ketika berkendara. Demikian juga perihal komponen motor seperti rantai sangat perlu memperhatikan kualitasnya agar kondisinya selalu prima. 

31 komentar:

Ambiwwanovita.com mengatakan...

Wajib banget nih, makin tahu tentang rantai motor

Suci mengatakan...

Nunggu2 planet ban invansi ke Medan, nih. Mupeng sama harga murah service, spare part lengkap. Jarang2 loh bengkel one stop solution begini.
Sering banyak sparepart yang kosong, kaya harus bolak balik deh jadinya

Andiyani Achmad mengatakan...

Membersihkan dan melumasi rantai motor secara rutin sangat penting untuk menjaga kinerjanya dan memperpanjang umur pakainya.

Fenni Bungsu mengatakan...

Bener sih kalau udah aus itu rantai motor, takutnya membahayakan semisal dibawa berkendara. Karena kan harus dipikirkan yang mengendarai dan orang² di jalan juga ya

Rella Sha mengatakan...

Aaaa, rantai motor nih kalau nggak dirawat mmg bisa jadi masalah serius yaah, kadang orang nggak perhatian padahal ini vital juga kalau gak bisa muter berabe...

Annie Nugraha mengatakan...

Planet Ban ini jenis layanannya banyak banget ya. Ada satu store mereka yang gak jauh dari rumah. Rame terus tamu-tamunya. Bahkan seringnya harus appoinment dulu supaya tidak harus menunggu lama.

Dian Restu Agustina mengatakan...

Bahaya ya ternyata kalau abai pada rantai motor.
Sebaiknya percayakan pada ahlinya. Ke Planet Ban saja untuk perawatan rantai motor terbaik juga servis kendaraan tepercaya agar performa motor selalu prima

Nanik nara mengatakan...

Saya sering nih mbak, ketemu pengendara sepeda motor yang rantainya kendur. Saya aja yang lihat ngeri, takut kalau jadi celaka gara-gara hal ini.

Emang sih ya, semua komponen sepeda motor itu harus di cek secara berkala. termasuk kondisi rantainya

Diah Alsa mengatakan...

selain ban dan oli, gak kalah pentingnya untuk selalu dirawat kesehatannya yaitu rantai motor ya karena ini juga salah satu bagian yang sangat berpengaruh.
syukurnya sekarang ada Planet Motor ya yang bisa ngasih solusi segala permasalahan motor.
dan ternyata banyak juga ya kendala pada rantai motor itu.

Maria G Soemitro mengatakan...

Planet Ban emang oke ya?

Tahu apa yang dibutuhkan konsumen, karena itu layanannya sangat lengkap

Anak saya sih gak pernah ke lain hati, setiap pulang ke Bandung pasti langsung bawa sepeda motornya ke Planet Ban

gemaulani mengatakan...

Waaaa aku baru tahu kalau rantai motor ternyata bisa kering dan aus juga. Terus biasanya pergantian rantai motor itu berdasarkan jarak tempuh 10.000 – 15.000 km ya kak? ah aku mesti lebih aware nih sama motor di rumah. Perasaan belum pernah ganti rantai soalnya. jadi khawatir. otw ke Planet Ban aja kayaknya saya buat cek

Lia Lathifa mengatakan...

Gak pernah punya motor pakai rantai begini, biasanya matic, ternyata rantai tuh juga ada batas pemakaian per km ya. Tapi memang rantai motor tuh penting juga diperhatikan karena cukup vital dan bahaya jika putus tiba-tiba di jalan

Helloinez.com mengatakan...

Kalo motorku sih matic ya udah ga pake rantai lagi kayanya. Jadi inget motor jadul yang masi pakai rantai.

Ilma Purnomo (Mama Razin) mengatakan...

Wah baru sadar kalau setiap komponen di dalam motor bisa aus kalau pemakaiannya sering dan dalam jangka waktu panjang. Betul sekali, harus dicermati nih. Syukurlah ada Planet Ban yang menyediakan servis dengan harga terjangkau

tantiamelia.com mengatakan...

Di Planet Ban memang pelayanan dan ketersediaan barang itu selalu dijaga kali yah, dekat rumah juga ada Planet Ban dan pengunjungnya full terus

Suciarti Wahyuningtyas (Chichie) mengatakan...

Penting banget ini untuk emak-emak yang sering menggunakan motor untuk aktivitas hariannya. Kapan rantai harus diganti dan memang harus service rutin juga ya mak.

lendyagassi mengatakan...

Gawat banget kalau sampai rantai motor kendor atau aus.
Bisa membahayakan ketika digunakan dan kudu banget servis rutin setiap 10rb-15rb km demi keamanan.

Gieska mengatakan...

Ganti rantai memang sering luput dari perhatian pengendara, termasuk saya. Padahal penting sekali untuk dilakukan demi keselamatan.

Ida Raihan mengatakan...

Rantai motor bermasalah memang sangat mengkhawatirkan. Dah beberapa kali ngalamin, dibonceng suami, tetiba motor berenti di tengah jalan, gegara rantai bermasalah.

Ida Raihan mengatakan...

Rantai motor emang kudu diperhatikan bener ya. Jangan sampai ngalamin kayak kami, beberapa kali berenti mendadak di tengah jalan gegara rantai bermasalah. Untungnya pas kendaraan di belakang kami jaraknya jauh. Jadi masih Allah selamatkan.

Niken Nawang Sari mengatakan...

Planet ban ada di deket tempat tinggalku mbak, udah jadi langganan sejak lama karena nggak cuma buat ganti ban doang tapi servis berkala motor juga bisa.

lendyagassi mengatakan...

Dengan cabang bengkel Planet Ban yang tersebar di seluruh kota besar di Indonesia, servis motor kini bukan masalah ya.. Dan pastinya sama orang bengkelnya juga dikasih tau problem rantai motornya kendur atau aus agar segera ditangani dengan tepat.

Atisatya Arifin mengatakan...

Masalah rantai motor ini memang mesti diperhatikan soalnya bahaya kalau tiba-tiba rantai putus di tengah perjalanan. Alhamdulillah Planet Ban bisa bantu service rantai motor ya. Udah gitu cabangnya banyak jadi nggak panik lagi deh kalau ada kendala dengan motor di jalan.

Yayat mengatakan...

Rantai bermasalah bahaya banget buat motor, sering sering lah service.. planet ban udh terpercaya buat service motor karena teknisinya juga orang orang yang mahir di bidangnya

Armita mengatakan...

motor saya biasanya diurusin sama suami, hehe, termasuk isi bensin sampai ganti oli. Begitupun urusan rantai, semua jgua suami yang urus. Tapi kalau ganti ban biasanya memang di Planet ban

Dewi Rieka mengatakan...

Punya kendaraan bermotor harus telaten merawatnya ya minimal ingat jadwal perawatan motor berikutnya sisanya serahkan pada Planet Ban ya untuk mengurusnya

Khoirur Rohmah mengatakan...

Aku pernah ngalamin rantai motor yang kendur atau kering ya, lupa deh
Pas lagi naik motor, di lampu merah, dia mogok motornya, tiba-tiba mati. Auto melipir donk
Untung ada Planet Ban sih
Solusi buat servis motorku

khairiah mengatakan...

kalau rantai tiba-tiba putus itu penyebabnya apa? 2 kali rantai motor suamiku lepas gitu, apa servisnya nggak bagus yaa, maunya dia servis di planet ban aja dah jaminan bagusnya

Dennise Sihombing mengatakan...

Sebagai pengguna motor,Planet Ban sudah menjadi bestie di keluargaku.Karena lengkap sekali produk yang dijual dan servicenya memuaskan

Karunia Sylviany Sambas mengatakan...

beruntung Planet Ban sudah memberikan pelayanan terbaik, ya, Kak. Soal rantai yang kendur ini juga pernah kejadian di becak bermotor yang saya tumpangi. Syukurlah kecelakaan dapat terelakkan.

alia fathiyah mengatakan...

Planet ban ada gak ya di BSD, nanti aku rekomendasikan ke anakku kalau ada masalah sama motornya. kayaknya bakal banyak promo dan diskon ya, pengerjaanya juga gercep lagi