Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Rabu, 18 Januari 2023

Perlengkapan dan Peralatan Kantor yang Bikin Makin Produktif

Produktivitas kerja sangat dipengaruhi oleh lingkungan dan fasilitas yang tersedia. Oleh karena itu, penting adanya fasilitas yang lengkap di kantor atau working space. Tetapi seringnya keinginan melengkapi fasilitas kerja harus tertunda karena harga barangnya yang mahal. Namun kendala tersebut dapat diatasi dengan cara apply kartu kredit untuk meringankan pengeluaran.

Sumber Gambar : https://www.freepik.com/free-photo/empty-workplace-office_6802091.htm

Kamu bisa memanfaatkan kartu kredit untuk belanja berbagai kebutuhan, salah satunya seperti membeli perlengkapan dan peralatan kantor. Dengan kartu kredit, Kamu bisa berbelanja tanpa harus mengganggu kondisi keuangan. Sistem kartu kredit memungkinkan untuk membeli barang dengan pengeluaran yang ringan karena pembayarannya bisa dicicil.

Kini apply kartu kredit bisa dilakukan secara digital atau online. Ketika sudah memiliki kartu kredit dan ingin belanja perlengkapan kantor, Kamu harus mengetahui barang-barang yang wajib ada dan cara mengatur working space.

Perbedaan Peralatan dan Perlengkapan Kantor

Jika berbicara tentang ruang kantor, istilah peralatan kantor dan perlengkapan kantor ternyata memiliki definisi yang berbeda. Meski keduanya sering dianggap sama, sebenarnya ada perbedaannya.

Jadi, peralatan kantor adalah kebutuhan berupa benda-benda yang berukuran relatif besar sekaligus membutuhkan perawatan jangka panjang. Barang-barang yang masuk kategori peralatan kantor, di antaranya meja, kursi,  lemari, komputer, rak buku, laptop, mesin fotokopi, dan sebagainya.

Sedangkan perlengkapan kantor adalah kebutuhan kantor berupa barang kecil yang digunakan sehari-hari. Barang-barang yang termasuk perlengkapan kantor, misalnya alat tulis kantor (ATK). Peralatan ini biasanya akan distok ulang setiap 1-2 bulan sekali, tergantung persediaan. 

Perlengkapan kantor yang lengkap dan sesuai kebutuhan akan mempengaruhi kinerja Kamu sehingga target pekerjaan bisa lebih mudah tercapai. Perlengkapan dan peralatan kantor memiliki berbagai kegunaan, di antaranya mendukung kegiatan kantor, mempercepat pekerjaan, memperoleh hasil kerja yang maksimal, dan sebagai aset kantor.

Peralatan Kantor yang Wajib Dibeli

Sumber Gambar : https://www.freepik.com/free-photo/young-adult-organizing-documents_26298125.htm

Peralatan kantor dibutuhkan untuk melancarkan berbagai aktivitas, mulai dari kegiatan administrasi hingga menyelesaikan pekerjaan. Ada berbagai macam peralatan yang perlu disediakan di kantor. Berikut daftar peralatan yang wajib ada di working space.

Meja dan Kursi

Meja dan kursi adalah peralatan kantor yang paling utama. Tanpa adanya kedua barang ini, pastinya tidak dapat bekerja dengan maksimal. Usahakan memilih barang yang kualitasnya baik agar lebih awet dan membuatmu lebih nyaman.

Lemari Arsip

Peralatan lainnya yang harus ada di kantor adalah lemari arsip. Lemari ini digunakan untuk menyimpan dokumen pekerjaan, baik yang akan dikerjakan, masih proses pengerjaan, hingga yang sudah selesai. 

Apabila memungkinkan setidaknya Kamu memiliki 2 lemari, yaitu lemari rak dan lemari brankas. Lemari rak berfungsi untuk menyimpan dokumen yang masih dalam proses pekerjaan, sehingga akan memudahkanmu dalam mencari dan menyimpan dokumen.

Sementara itu lemari brankas digunakan untuk menyimpan aset berharga, seperti dokumen-dokumen yang sifatnya rahasia. Brankas juga bisa menjadi tempat penyimpanan barang sementara.

Komputer atau Laptop

Komputer atau laptop adalah alat elektronik yang wajib ada di kantor. Komputer digunakan untuk mengolah dan melakukan pekerjaan. Untuk mendukung produktivitas, Kamu dapat menyediakan komputer atau laptop yang memiliki spesifikasi bagus sesuai kebutuhan.

Printer dan Scanner

Meski banyak dokumen yang sudah terdigitalisasi, terkadang perusahaan juga masih perlu menggunakan printer dan scanner untuk mencetak dokumen fisik serta backup data. Memiliki kedua alat ini di working space juga membantu menghemat keuangan, dibandingkan ketika harus mencetaknya di percetakan.

Cara Menata Ruang Kantor agar Nyaman

Ada beberapa cara kreatif yang bisa Kamu lakukan dalam menata ruang kantor atau working space agar terasa nyaman dan enak dipandang. Working space yang rapi dan desainnya menarik akan membuatmu betah bekerja, sehingga produktivitas pun turut meningkat.

Berikut sejumlah tips menata working space supaya menarik dan nyaman:

1. Perhatikan Posisi serta Letak Meja Kerja

Posisi meja kerja penting Kamu perhatikan untuk menciptakan working space yang nyaman. Sebaiknya letakkan meja kerja di tempat yang mendapat sinar atau cahaya yang cukup. Posisi ini akan membuat meja kerjamu terlihat lebih terang. 

Dengan meja kerja yang terang, maka Kamu akan selalu merasa segar dan bersemangat. Sebaliknya, jika ruangan kerja  redup maka akan membuatmu jadi ngantuk dan cepat lelah.

2. Hindari Menghadap Ke Dinding

Supaya aktivitas pekerjaan menjadi lebih terasa nyaman, hindari penataan meja dan tempat duduk yang menghadap ke dinding. Selain itu, jangan letakkan meja kerja membelakangi jendela atau sinar matahari.

Meja kerja yang menghadap dinding akan membuat pandangan menjadi terbatas. Kondisi ini bisa menghambat kreativitas hingga membuat Kamu mudah bosan. Kalau bisa letakkan meja kerja menghadap luar ruangan atau jendela.

3. Perhatikan Peletakan Komputer

Selain posisi meja kerja, peletakan komputer juga harus di perhatikan. Komputer berpengaruh besar terhadap kinerja. Jadi posisikan komputer se-ideal mungkin untuk meningkatkan kenyamanan dalam bekerja. 

Usahakan untuk meletakkan komputer tidak terlalu dekat dan tidak terlalu jauh dari pandangan. Atur juga posisi layar selaras dengan pandangan, jangan terlalu tinggi maupun terlalu rendah. Kamu bisa menambahkan berbagai perangkat pendukung atau aksesoris komputer. Namun hindari pemakaian aksesoris komputer yang berlebihan di atas meja kerja.

4. Manfaatkan Setiap Space

Dalam menata working space jangan lupa untuk memperhatikan setiap bagian di meja kerja. Jika ada space yang masih kosong di meja kerja, Kamu dapat meletakkan alat tulis dalam wadah, vas bunga, hingga pigura foto. Menaruh barang-barang yang berkesan juga dapat membuatmu lebih bersemangat.

5. Letakkan Hiasan 

Di sudut yang masih kosong, Kamu bisa menaruh tanaman indoor seperti sirih gading, anggrek, pakis, pohon palem, dan lainnya. Selain itu, Kamu juga bisa menaruh benda-benda yang berhubungan dengan hobi, seperti bola, skateboard, buku, dan lainnya. 

Setelah mengetahui peralatan yang wajib ada di kantor serta cara menata working space, selanjutnya Kamu bisa apply kartu kredit. Oleh karenanya, kamu perlu memilih produk kartu kredit yang tepat sesuai kebutuhan.

Belanja Peralatan Kantor dengan PermataShoppingCard

Salah satu kartu kredit yang bisa di manfaatkan untuk belanja online adalah PermataShoppingCard. Kamu bisa belanja online tanpa harus mengganggu kondisi keuangan. Kartu kredit dari PermataBank ini bisa Kamu ajukan melalui aplikasi PermataMobile X. Aplikasi keuangan digital ini bisa diunduh di Google Play Store dan juga App store. 

PermataShoppingCard menyediakan berbagai tawaran yang menunjang kebutuhan belanja, yaitu adanya program cashback 5% hingga Rp200 ribu dan diskon di berbagai merchant. Selain itu, ada kelebihan lain yang bisa di nikmati, mulai dari cicilan 0% hingga 12 bulan, bebas iuran tahun pertama, bisa diakses lewat smartphone, memiliki fitur contactless card, dan lainnya. Informasi persyaratan dan cara apply kartu kredit ini bisa Kamu baca di laman berikut https://www.permatabank.com/id/kartu-kredit-retail/permatashopping-card.  

9 komentar:

Demia Kamil mengatakan...

setuju banget nih kalo ruang kerja nyaman jadi kitanya juga nyaman dan betah kerjanyaa, biar makin produktif juga ya hihihi, asik nih bisa belanja online jadi lebih praktis

Bayu Fitri mengatakan...

Bener nih kalau desain interior dan lay out menarik pastinya produktifitas juga semakin tinggi ya jadi ga bikin bete ngerjain kerjaan kantor hehehe

Sabrina mengatakan...

saya termasuk orang yang kalau bekerja fasilitasnya harus bikin nyaman, termasuk meja atau kursi itu kalau nyaman pasti pekerjaannya lebih produktif, entah kenapa

Boghaisan mengatakan...

Ruang kerja yang nyaman , akan bikin kerja kita semangat dan produktif, akhirnya aku tahu cara bedain peralatan kantor dan perlengkapan kantor soalnya selama ini masih bingung bedainnya

Yanti Alif mengatakan...

Penataan meja kantor dengan rapi dan nyaman pastinya menumbuhkan semangat kerja supaya lebih produktif lagi

Fenni Bungsu mengatakan...

Tambahan buat peralatan kantor yang harus dimiliki itu seperti ordner atau binder, biar menyusun dokumen dan menyimpannya dalam lemari lebih rapi dan bisa dikasih judul juga hehe

Yuniari Nukti mengatakan...

Impian yang belum terwujud punya tempat kerja nyaman. Pingin gitu ruangan yang multifungsi, bisa dipake ngetik sekaligus video mini. Tapi budgetnya lumayan, huhu

catatanemak mengatakan...

Kayaknya banyak deh yang sebenernya belum mudeng apa sih peralatan dan perlengkapan kantor itu,mikirnya nih peralatan dan perlengkapan kantor itu ya sama aja padahal mah beds ya hahaha

Siti mengatakan...

Kerja di ruang yang nyaman dan peralatan yang mendukung emang terbukti bikin kerja lebih produktif