Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Selasa, 08 November 2022

Jakarta Bird Land, Wisata Edukasi Yang Menyenangkan

Bersyukur banget perlahan kondisi mulai pulih, memasuki era new normal pasca pandemi geliat aktivitas mulai bergerak kembali. Termasuk sektor wisata, rasanya begitu menyenangkan berkesempatan untuk sejenak refreshing apalagi kini di Taman Impian Jaya Ancol sudah dibuka wahana baru bertajuk Jakarta Bird Land.

Lokasi Jakarta Bird Land ini berdekatan dengan SeaWorld dan Ocean World Samudera, menjadi kesatuan edutainment berbasis animal. Pas banget untuk berwisata bersama keluarga atau teman karena bukan hanya sekedar hiburan tapi juga bisa menjadi sarana edukasi seputar kehidupan burung. 

Selain menjadi tempat wisata edukasi, Jakarta Bird Land juga menjadi pusat konservasi berbagai spesies burung yang terancam punah melalui pusat Breeding & Research serta fokus dalam merawat spesies-spesies burung di Indonesia dan Mancanegara.

Keseluruhannya ada ratusan burung dengan total variannya puluhan yang mendiami Jakarta Bird Land dan semuanya itu merupakan campuran, mayoritas burung lokal, tetapi beberapanya juga di datangkan dari luar negeri. Beberapa jenis burung yang bisa di temui di Jakarta Bird Land antara lain kakatua raja, burung macaw, kakatua jambul kuning, kakatua alba, bebek mandarin, rangkong dan merak biru. Salah satu jenis yang paling unik yakni Elang Laut Dada Putih. Burung ini memiliki habitat alami di Pulau Bidadari Kepulauan Seribu dan berkembang biak di sana.

Selain itu ada pula burung yang merupakan hasil program pengembangbiakan dari Tim Konservasi Ancol yakni Jalak Bali. Burung ini merupakan burung endemik Indonesia dan salah satu jenis yang statusnya terancam punah. Burung-burung itu ditempatkan secara tersebar di sejumlah area yang terbagi menjadi enam zona dengan tematik berbeda yang dikelompokan pada jenis burungnya, meliputi : 

1. American Macaw Area dan kakaktua

Area yang dihuni oleh burung-burung yang mempunyai bulu indah dengan paruh yang bengkok, besar, dengan ujung yang runcing. Postur tubuhnya gempal disertai dengan sayap-sayap yang kuat.

Jika America Macaw mempesona dengan bulu berwarna cerah mencolok, lain halnya dengan Kakaktua identik berwarna kalem.

2. Hornbill Family atau Rangkong 

Merupakan salah satu jenis burung yang termasuk dalam golongan burung besar. Memiliki paruh yang besar dan panjang, burung ini juga memiliki jengger dengan warna yang beragam. Keunikan dari rangkong ini adalah suaranya yang berbeda dari burung-burung lain.

3. Aviary Exhibit

Terdapat burung dari berbagai macam spesies. umumnya jinak, dan ditempatkan dalam sangkar atau kandang bahkan sering juga terbang bebas di area Jakarta Bird Land. 

4. Water Bird 

Atau burung perairan, beberapa spesies burung ini berdasarkan ciri biologis dan intensitasnya menggunakan habitat di perairan. Untuk memperkenalkan burung tersebut, Jakarta Bird Land menyediakan area khusus yang berisi burung-burung tersebut, diantaranya Bebek Mandarin, Angsa Hitam, Pelikan dan lainnya.

5. Burung Pemangsa

Umumnya spesies burung bertubuh besar dengan kuku panjang, tajam, dan melengkung. Karena burung-burung spesies ini cukup berbahaya, pengunjung tidak diperkenankan berinteraksi secara langsung. Tapi masih bisa menyaksikan pertunjukan memukau dari burung tersebut.

6. Mini Show 

Venue yang disiapkan untuk menonton pertunjukan dan atraksi burung yang telah terlatih. Jakarta Bird Land menggelar 4 mini show setiap hari di beberapa area. Konsep dari show-nya adalah fun education. Jadi selain bersenang-senang melihat pertunjukan, pengunjung juga akan mendapatkan pengetahuan baru tentang satwa khususnya burung.

Setiap jenis burung diawasi oleh para penjaga. Sehingga pengunjung tidak perlu khawatir jika ingin berinteraksi lebih dekat dengan burung-burung yang ada disana, seperti memberi makan burung ataupun berswafoto. 

Sebagai wisata edukasi pilihan, Jakarta Bird Land juga ada guide yang siap menjelaskan beberapa informasi seperti makanan burung tersebut, darimana asalnya, dan kebiasaan burung-burung tersebut.

Area Jakarta Bird Land di konsep menyerupai taman burung dengan designnya yang dibuat semirip mungkin dengan habitat asli para burung-burung penghuninya. Menjadi wahana wisata menarik untuk dikunjungi. Karena dapat memberikan pengalaman rekreasi menyenangkan dimana pengunjung bisa bersentuhan secara langsung dengan beberapa jenis burung sambil memberi makan bahkan bisa juga berfoto bersama.

Tidak sekedar itu saja, di berbagai sudut dan area Jakarta Bird Land punya banyak spot menarik yang bisa digunakan untuk mengambil foto maupun video untuk kemudian di bagikan di media sosial. Salah satu yang cukup menarik adalah air terjun mini yang berdekatan dengan panggung atraksi serta ada juga Sky Bridge, dimana pengunjung bisa melihat lebih dekat serta berinteraksi langsung dengan burung - burung yang sedang terbang bebas dan hinggap di dalam area aviary.

Berkunjung ke Jakarta Bird Land, Taman Impian Jaya Ancol menjadi opsi wisata menarik sekaligus menyenangkan apalagi untuk usia anak. Karena jadi lebih teredukasi sejak dini akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan juga mengenalkan kehidupan alam kepada mereka. Serta mengajarkan sikap peduli dan empati untuk lebih menjaga alam sekitar.

Lokasinya ada di Jakarta utara tepatnya Wahana di Taman Rekreasi Ancol. Cukup strategis karena bisa diakses dengan kendaraan publik maupun pribadi. Untuk pembelian tiketnya bisa melalui website www.ancol.com Kemudian klik pada menu Tiket & Promo dan pilih tiket Jakarta Bird Land.

Harga tiket masuk untuk wahana Jakarta Bird Land dibandrol kurang dari Rp 100 ribu. Untuk tiket masuk di weekday Rp 75 ribu sudah termasuk tiket masuk ancol, untuk weekend Rp 95 ribu sudah termasuk tiket masuk Ancol. Jam operasionalnya buka dari pukul 9.30 WIB hingga pukul 16.00 WIB. Jangan lupa untuk pantengin media sosialnya Jakarta Bird Land karena banyak informasi dan promo menarik yang di sharing.

13 komentar:

Anisa AE mengatakan...

Burung kakaktua, burung rangkong pengin banget ketemu dua burung langka ini. Apalagi untuk bisa bicara sama burung kakaktua langsung. Pasti seru nih ke sana, terima kasih informasinya!

Tanti Amelia mengatakan...

Senangnya yang bisa ke Jakarta Bird Land

Spot spot menarik pasti buanyaaaak dan ada air terjun mini pula yang berdekatan dengan panggung atraksi plus Sky Bridge .. ah kapan kapan ke sana!

Jalan-Jalan KeNai mengatakan...

Sebentar lagi udah mau masuk liburan sekolah. Bisa jadi pilihan wisata untuk ajak keluarga jalan-jalan. Asik juga lihat aneka burung kayak gini

Istiana Sutanti mengatakan...

Waah ternyata ada spot baru gini yaa di Ancol, selain Fauna Land, sekarang ada Bird Land, tambah lengkap! Boleh nih kapan2 ke sini 😍

Herva Yulyanti mengatakan...

Senangnya ada Jakarta Bird Land jadi bisa tahu ya mba seputar burung deket jg dengan area Seawworld dll makin happy ajak keluarga

April Hamsa | Mom Blogger mengatakan...

Waahh seru bangte nih kyknya ya main2 ma burung :D Anak2 pasti happy jua kalau diajak ke sana, gak sekadar ok buat rekreasi tapi juga oke buat nambah2 pengetahuan anak tentang perbuungan #hallah.
Sementara emak2nya bisa ngincer spot2 foto kecenya buat update di sosmed #uhuks :D

Antung apriana mengatakan...

wah jadi ini tempat wisata baru gitu ya, mbak di Jakarta? pengen banget eh ngajak anak-anak jalan-jalan ke tempat kayak gini biar mereka bisa mengenal banyak binatang

Mega Rachma mengatakan...

Wah ada tempat wisata baru di ancol selain dufan dan seaworld. Hmm bisa jadi option buat wisata edukasi nih ke jakarta bird land. Masukin wishlist ah

Atisatya Arifin mengatakan...

Wah seru nih tempatnya! Bisa untuk rekreasi keluarga sekaligus mengedukasi anak-anak tentang burung. Empat tahun lalu pernah ngajak anak pertama dan kedua ke taman burung yang ada di TMII. Sekarang bisa jadi kesempatan baik untuk ajak anak-anak ke Jakarta Bird Land (soalnya udah nambah jadi 3 anak). Apalagi lokasinya di dalam Ancol ya, bisa sekalian main di pantai juga.

Naqiyyah Syam mengatakan...

Masya Allah Ancol keren ya, aku udah lama enggak ke sana dan dulu ke tempat kupu-kupu aja, belum ke burung ini, jadi kepo pengen lagi ke Ancol

Ida Raihan mengatakan...

Alhamdulillah ya sudah memiliki bird Land sendiri. Sekain seru sambil velajar nama dan jenia burungh

lendyagassi mengatakan...

Jakarta Bird Land ini wahana baru ya..
Aku bersyukur banget kalau kini pandemi telah berakhir dan geliat masyarakat untuk kembali beraktivitas dengan bahagia bersama. Termasuk main di Jakarta Bird Land Ancol.

Ainhy Edelweiss mengatakan...

Spot nya keren banget nih, apalagi tidak hanya sekedar memanjakan mata tp juga bisa edukasi