Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Jumat, 21 Februari 2020

Menikmat Liburan Singkat di Bandung Tetap Menyenangkan

Liburan kerap kali menjadi hal yang sangat dinantikan oleh kebanyakan orang. apalagi jika di keseharian sering kali dihadapkan oleh tugas-tugas yang harus diselesaikan. Hasrat ingin liburan begitu menggebu tapi tak bisa dipungkiri pasti ada saja terkendala waktu yang singkat. Meski demikian, ada beragam cara untuk bisa menikmati liburan tetap menyenangkan dengan rentan waktu yang singkat.

Menetap dan tinggal di Jakarta, Aku dan saudaraku merencanakan perjalanan yang sekiranya tak begitu jauh dari Kota Metropolitan ini. Dan Bandung menjadi pilihan Kami, udara dan hawa sejuk khas kota Jawa Barat ini masih begitu menarik untuk sekedar melepas penat disamping itu pilihan tujuan wisatanya juga beragam.

Biasanya Kami jika bepergian jarang menentukan itenirary sebab terlalu mengikat, tapi tetap membuat data list tempat yang akan dikunjungi.


Gedung Sate (Dok.Pribadi)

Gedung sate

Waktu menunjukan masih cukup pagi saat itu, setibanya di Kota Bandung sambil mencari makan dahulu Kami singgah sebentar ke area Gedung Sate yang berada di alamat Jl. Diponegoro No.22, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40115. Beberapa kali ke sini selalu gagal untuk berwisata dan masuk ke dalam areanya. Membaca sejarahnya, gedung ini telah dipergunakan sebagai kantor dan pusat pemerintahan provinsi Jawa Barat sejak tahun 1980 hingga saat ini. 

Gedung iyang dikenal sebagai ikoniknya kota Bandung sekaligus tempat wisata bandung ini dahulunya bernama  Gouvernemens Bedrijven. Ciri khasnya berupa ornamen tusuk sate pada menara sentralnya. hiasan berupa tiang yang dilengkapi bulatan seperti bola kecil berjejer ke atas, menyerupai sate. Designnya yang semi Indo-Eropa, jadi daya tarik tersendiri. Menyatukan beberapa gaya arsitektur sekaligus baik gaya barat atau Eropa dan gaya Timur khususnya Indonesia. 

Curug Cimahi (Dok.Pribadi)
Curug Cimahi

Lokasi yang Kami tuju berikutnya sebenarnya cukup strategis dan tidak begitu sulit ditemukan. Adalah Curug Cimahi atau disebut juga Curug Pelangi. Ini karena adanya sorot lampu warna warni yang di pasang pihak pengelola dan memendarkan cahaya aneka warna pada sore hari. Namun setibanya, cuaca kurang mendukung dan hujan sempat turun. Kendati demikian Curug Cimahi  tetap indah untuk dinikmati panorama nya, dengan udara yang menyejukkan.

Curug Cimahi memiliki tinggi sekitar 87 meter dan bisa dikatakan menjadi salah satu curug tertinggi di wilayah Bandung. Nama curug ini diambil dari Sungai Cimahi yang berhulu di Danau Lembang dan mengaliri kota Cimahi.

Ada beberapa tracking menuju Curug atau air terjun itu memiliki medan yang cukup sulit tapi tidak dengan Curug Cimahi. Namun jika ingin menelusuri keindahan Curug Cimahi tetap harus dalam kondisi yang fit sebab untuk mencapai bagian dasar dari air terjunnya, pengunjung harus menuruni ratusan anak tangga. Tenang saja rasa lelah dan letih nantinya akan terbayar setelah menikmati air terjun Curug Pelangi ini.

Di lokasi ini pun terdapat balkon yang dapat di gunakan untuk memotret keindahan air terjun yang mempesona. selain itu tak sedikit dimanfaatkan juga oleh para pengunjung untuk sekedar bersantai, atau menikmati cemilan. Fasilitas nya pun cukup lengkap. Area parkir, toilet umum, hingga musholla sudah tersedia.

Petik Strawberry Bandung (Dok.Pribadi)
Agrowisata Petik Strawberry

Waktu semakin sore, Kami pun memutuskan untuk singgah sebentar ke kebun strawberry yang sempat di jumpai. Dengan udara yang cukup sejuk, begitu banyak pilihan agrowisata petik strawberry di Bandung ini sebenarnya. Di kebun strawberry yang Kami datangi, pengunjung di berikan keranjang dan gunting sehingga bisa memetik buah strawberry langsung dari kebunnya sekaligus mengonsumsinya.

Sensasi memakan buah dari pohonnya memang sedikit berbeda, karena kesegarannya masih terasa dengan kontur lembut serta rasa manis bercampur asam. Setelahnya pengunjung juga bisa lho membeli hasil perkebunan langsung, dan menyenangkannya usai itu pengunjung diberikan minuman jus strawberry. Benar-benar melegakan dahaga.

Meski jarak Jakarta-Bandung (atau sebaliknya) tak begitu memakan durasi terlalu lama namun akan begitu melelahkan jika harus memaksakan pulang di hari itu juga. Untuk itulah Kami memutuskan bermalam di kota Kembang.  Dengan berbagai pertimbangan, Aku dan saudaraku akhirnya putuskan untuk mencari penginapan apartemen di Bandung. Jika diperhatikan, ternyata harga sewa apartemen lebih murah dibandingkan sewa kamar hotel. Selain itu biasanya  pihak hotel pun membatasi jumlah tamu yang menginap. Jika lebih dari dua orang maka akan dikenakan biaya tambahan berupa extra bed, yang biayanya cukup lumayan.
Logo Traveloka (Dok. Web Traveloka)
Alasan lain memilih apartemen untuk pilihan menginap ketika berlibur ini sebab biasanya memiliki ruangan yang cukup luas, yang mampu menampung banyak orang dan pasti lebih nyaman saat bersama keluarga. Tentunya yang tak kalah penting, apartemen umumnya berada di lokasi yang strategis. Akses yang mudah dan dekat ke mana-mana. Tidak lagi bingung ntuk urusan liburan serta akomodasinya, Traveloka bisa di andalkan. Layanan produknya juga banyak, pun ketika yang sedang dibutuhkan saat itu. Tidak sulit menemukan sewa harian apartemen di aplikasinya.

Bisa dikatakan Traveloka menjawab kemudahan saat liburan bagi penggunanya ketika melakukan pemesanan dengan menawarkan solusi mulai dari fitur pay@hotel, easy reschedule, last minute hotel, Sampai hotel near me. Memilih penginapan yang nyaman tentu menjadi pertimbangan awal selain harga yang bersaing . Ada kadalanya melakukan pencarian hotel atau penginapan itu cukup memakan waktu, dengan fitur ‘Hotel Near Me’ di Traveloka tentunya sangat bermanfaat bagi yang sering kebingungan mencari hotel atau penginapan terdekat dengan tempat wisata. pilihan dan rekomendasi yang tersedia memberikan beragam pilihan dengan lokasi yang lebih strategis. 

Untuk sistem pembayaran di Traveloka pun begitu mudahnya. Telah bekerja sama dengan banyak perbankan di Indonesia. Yang terbaru seiring dengan perkembangan teknologi, kini dikenal dengan istilah cashless society menawarkan sistem transaksi lebih efektif dan efisien dengan proses pembayaran sehingga bertransaksi lebih cepat. Disamping itu traveloka pun menawarkan layanan kredit online atau PayLater yang dapat mewujudkan mimpi para traveler untuk bepergian ke tempat yang diidamkan. Liiburan bisa kapan saja dan kemanapun dengan biaya cicilan online tanpa kartu kredit. Metode pembayaran Traveloka Paylater berlaku untuk semua transaksi produk yang tersedia, kecuali pembayaran tagiihan dan top-up pulsa.

Ilustrasi Traveloka Paylater (Dok.Web Traveloka)
Pelunasan Traveloka PayLater pun sangat fleksibel, tersedia pilihan pelunasan mulai dari satu bulan (30 hari) sampai 12 bulan. Bunga per bulan PayLater pun cukup ringan dengan limit kredit hingga Rp.50.000.000. Untuk sistem Traveloka Paylater ini telah didukung fintech terpercaya Danamas (PT Pasar Dana Pinjaman) sebagai mitra resmi penyalur pinjaman online dan sudah mendapatkan izin dari OJK. 

Kenyaman pelanggan tentu menjadi prioritas dari suatu perusahaan jasa, meski mengadopsi sistem pembayarana cicilan online, Traveloka menggunakan tata cara penagihan yang beretika dan manusiawi sesuai ketentuan OJK. Salah satunya, dengan sistem notifikasi di aplikasi Traveloka yang berguna sebagai pengingat agar pengguna menyelesaikan kewajibannya.

28 komentar:

Sarah Jalan mengatakan...

Aku baru tau kalo di Bandung ada air terjun...kirain cuma kebun strawberry aja. Tq ceritanya kak, bertambah pengetahuan ku tentang wisata di Bandung dan juga penginapan nya

Dyah (Author roemahaura.com) mengatakan...

Bandung>> THE PARIS OF JAVA. Duh, ini salah satu kota idaman yang ingin sekali ku kunjungi. LIat artikel mbak jadi tambah mupeng.

Rhoshandhayani ๐Ÿ’• mengatakan...

wuah berarti kalau ke Bandung kudu mampir ke agroforestri strawberry ya
metik straberry langsung
rugi eh kalau ke bandung gak ke agroforestrinya yang terkenal2 itu

Triani Retno mengatakan...

Deket sama Gedung Sate ada Museum Geologi, Nur. Dan dekettt banget dengan Gedung Sate, ada Museum Pos. Tinggal jalan kaki menyusuri halaman dari Gedung Sate, ntar nembus ke halaman Museum Pos.

Lasmicika mengatakan...

Kangen Bandung jadinya. Saya pernah ngekos di Cimahi tiga bulan, tapi baru tahu ada curug cantiknya. Makasih infonya mbak.

Mugniar mengatakan...

Agrowisata petik stroberi itu pasti menarik buat anak - anak ya. Unik.

Ida Raihan mengatakan...

Traveloka makin menjulang ya, dengan terus berinovasi, menawarkan banyak kemudahan bagi pelanggannya. Kereen.

HELEN FETRIANI mengatakan...

Love Bandung. Kota penuh lokasi wisata yang keren-keren. Selalu suka dengan pilihan wisatanya. Seru ya mbak

Kesih Latief mengatakan...

Masuk daftar list aq nih, kl k Bandung mo ahh mampir k agroforestri strawberry nya. Btw itu sm ky k ciwidey gak sih ya, yg kebun strawberry ..?

Dian Restu Agustina mengatakan...

Aku tuh nggak pernah puas kalau ke Bandung..banyak banegt yang masih pengin dijelajahi. noted deh ini Ada yang belum aku kunjungi. Memang Bandung selalu ngani.

Ibadah Mimpi mengatakan...

Curug Cimahi biasanya menjadi tujuan kami kalau pergi ke Bandung nih mbak. Apalagi pas sepi, puas banget buat foto-foto.


Salam hangat dari kami Ibadah Mimpi

Alfa Kurnia mengatakan...

Sekarang bisa sewa apartemen lewat Traveloka ya... Makin keren aja Traveloka. Memang kalau bawa anggota keluarga yang banyak lebih enak sewa apartemen sih, lebih irit daripada hotel. Apalagi biasanya ada dapur dan mesin cuci juga jadi bisa masak-masak dan cuci baju kalau perlu.

Ristin mengatakan...

Bandung memang destinasi yang ga membosankan, walaupun dekat, aku juga belum semua jelajahi Bandung, padahal suasana Bandung juga selalu ngangenin ya hehe..

Novriyanti mengatakan...

Makin mantab aja nih, fitur traveloka.. Bisa mengagendakan liburan bareng keluarga tanpa bingung-bingung.. Cumaaa masih ngeri2 sedap pengen cobain fitur paylater nih, mbak. InsyaAllah aman yaa

Siti Nurjanah mengatakan...

Iya Mba, sudah pernah dikunjungi juga pada kesempatan lainnya saat bertandang ke Bandung :)

Ainun mengatakan...

Pengen wisata petik strawberrynya, kalau ke Curug biasanya dari awal aku emang niat banget, jadi sebelumnya sudah persiapan fisik biar ga capek treking

ariefpokto mengatakan...

Belum pernah coba booking apartment di traveloka. Menarik Juga tampaknya. Kan lebih luas dari kamar hotel biasanya

Tira Soekardi mengatakan...

curug cimahi belum eprnah ke sana, kalau ke bandung maals yang jauh2 macet

Unknown mengatakan...

Bandung selalu ngangenin. Sempet kuliah di sana tp blm ke tempat wisatanya, baru ke gedung sate, gasibu sama pasar baru ๐Ÿ˜„

Syaiful BS mengatakan...

Yuhuu, salah satu kota yang sering abnget aku kunjungi kalo lagi suntuk, Bandung. Entah cuma mau nyobain kulinernya, suasananya, atau destinasinnyaa hihi

Wilhelmina Maria mengatakan...

Referensi liburan aku dari Traveloka juga salah satunya. Biasanya banyak potongan harga. Kebetulan juga aku mau main ke Bandung, mau petik strawberry sama anak-anak. Thanks for sharing ❤️

Akarui Cha mengatakan...

Gedung Sate aja belum pernah sekalipun aku kunjungi padahal udah lumayan beberapa kali bolak balik Bandung. Duh.

Kalau sewa apartemen di Traveloka, pengen banget aku cobain. Asik kali ya. Biar nggak sewa hotel melulu.

Jalan-Jalan KeNai mengatakan...

Saya juga lagi mikir-mikir. Kayaknya kalau jalan-jalan lagi pengen cobain menginap di apartemen. Fasilitas di dalam kamarnya kan juga lebih komplit

Nonanomad mengatakan...

Biasa saya juga kemana-mana pakai traveloka. Lebih gampang dan banyak pilihan hehe.

Dian Restu Agustina mengatakan...

Ya ampun ngiler bacanya..petik strawberru snediri terus minum jusnya di lokasi kebunnya. Seger bener pasti!
Kalau ke Bandung aku juga nginep di apartemen, pas buat sekeluarga, lebih hemat dan praktis

Liswanti Pertiwi (PenaLiswanti) mengatakan...

Biarpun liburan singkat, tetap bikin happy ya mba main ke Bandung.

Visya Al Biruni mengatakan...

Waaah Bandung. Semasa kuliah cukup sering kesini๐Ÿ™ˆ ada aja agendanya. Trus baru ingat Belum pernah ke Gedung Sate, haha. Next time laah

Inka Paramita mengatakan...

Bandung emang tempat liburan favorit warga Jakarta ya, ga perlu kejauhan tapi banyak pilihan tempat wisata. Oh ya aku baru ngeh klo Traveloka bisa juga buat sewa apartement yaa.. pasti lebih hemat deh..