Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Jumat, 10 Juni 2016

Talkshow Blogger Bersama Aidijuma Dalam Ajang MuFFEST 2016

Billboad MuFFEST
MuFFEST 2016 merupakan ajang fashion bertaraf International yang digelar untuk pertama kalinya sejak tanggal 25 Mei - 29 Mei 2016 bertempat di Plaza Selatan Senayan - Jakarta di meriahkan oleh 400 label busana muslim, talkshow, 30 peragaan busana dari 200 desainer fashion seperti Malaysia, India, Jepang, Singapura, Brunei Darussalam hingga Turki.

Mengusung tema #ScreenshootTheLook di adakannya event ini sebagai bentuk upaya dalam mewujudkan harapan Indonesia sebagai pusat fashion muslim dunia pada tahun 2020 mendatang. Hal lain yang di lakukan adalah dengan dibentuknya Indonesia Fashion Chamber ( IFC ) sebagai wadah untuk memperkuat pondasi Industri mode di tanah air yang di ikuti oleh beberapa perancang busana dan lebih di fokuskan pada penerapan konsep Ready To Wear Craft Fashion yakni dengan mengembangkan mode busana siap pakai dengan eksplorasi kekayaan budaya lokal.

Event besar ini didukung penuh oleh pemerintah Indonesia melalui beberapa kementerian, diantaranya Kementerian Koordinator Bidang Perkeonomian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Pariwisata, Kementerian Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah, dan Badan Ekonomi Kreatif, serta beberapa perwakilan instansi swasta. 
Beberapa stand MuFFEST
Banyaknya stand beragam dari lokal hingga mancanegara menjual produk busana muslim serta aneka acessories yang variatif mulai dari yang casual hingga kontemporer dengan tema tradisional, etnik dan mengedepankan budaya lokal.

Meet The Bloggers AidijumaxMuffest

Talkshow Aidijuma
Pada tanggal 28 Mei 2016, saya berkesempatan hadir dalam event MuFFest bersama bloggercrony yang menghadirkan Franka Soeria seorang ahli modest fashion berdarah Indonesia yang telah sukses membuat acara Istanbul Modest fashion week dan tergabung dalam Islamic Fashion and Design Council (IFDC) sebagai salah satu pembicara dalam talkshow bersama blogger yang saat itu bertempat di area mini stage MuFFEST. Franka Soeria mengatakan "mode fashion Indonesia dalam konsep busana muslimah sudah cukup berkembang, namun promosi masih berkutat lebih banyak di lokal. Kreatifitas harus lebih dikembangkan dalam taraf global dan lebih luas untuk itulah ajang di Turki lalu telah membuka kesempatan untuk memperkenalkan rancangan Indonesia."

Disamping itu hadir juga tiga dara cantik, instragammer fashion muslim mereka adalah Hamida Rahmiyanti, Balqis Maurin, dan Agistya Hanji turut serta berbicara mengenai mode fashion. Dalam pembahasannya peran penting media sosial sebagai langkah promosi untuk memperkenalkan mode fashion Indonesia secara lebih luas.

Dalam talkhow ringan kala itu desainer muslim fashion asal Malaysia Datin Norjuma Binti Habib Mohamed yang juga merupakan Founder CEO BawalAidijuma berbagi sharing mengenai bisnis kerudung scraft yang digelutinya. Mulai berkiprah menjual scraft sejak tahun 2012 tentu bukan perkara mudah untuk memulai bisnis, banyak pula rintangan yang dihadapi seperti kerguan orang-orang sekitar yang sempat membuatnya pesimis.

Untuk berbisnis diperlukan kreatifitas, dan Datin Norjuma membuktikan lewat brand karyanya dengan membuat scraft berdesain unik mengusung konsep tema berbeda-beda pastinya. Lebih jauh Ia mengakui dalam membuat scarf harus sesuai dengan mood dan suasana hati seseorang dengan aneka motifnya yang variatif, jadi meskipun simpel nan sederhana tetap terlihat menarik.  Dalam menjalankan suatu usaha tidak hanya berjualan tetapi juga harus memperhatikan business plan disamping juga public relation yang tepat agar produk yang kita jual lebih di kenal, salah satunya melalui media sosial.

Bawal Aidijuma mengawali pengenalan produk melalui mobile lalu store di mall dan kemudian merambah online. Bisnis usaha yang di kelola Datin memfokuskan pada kualitas bahan yang cukup keras dan tidak lepek saat di kenakan sehingga memberikan kanyamanan namun tetap mudah di bentuk. Lebih berkokus pada motif print yang telah menjadi ciri khas, Datin pun rela berburu mesin print yang bagus sampai ke negara Turki demi kualitas print yang bagus pada scarfnya. Saat ini Datin Norjuma telah memiliki 20 toko di Malaysia, 1 di Brunei dan rencananya akan membuka juga di Indonesia.

Dalam kesempatan kala itu Datin Norjuma memperkenalkan 2 produk scraft terbarunya yang cantik berkonsep twist and wear  dengan dua motif berbeda dalam satu scraft sehingga lebih praktis digunakan dalam suatu kegiatan terntentu seperti travelling misalnya sehingga bisa meringkas bawaan. Datin pun berbagi tips dalam penggunaan jilbab sehari-hari bagi yang memiliki wajah bulat "gunakan jilbab segi 4 dengan gunakan peniti di bawah dagu" tuturnya. 
Demo Tutorial
Bersama Instragrammer, Datin Norjuma melakukan demo  tutorial mengenanakan kerudung dari produk scraftnya yang unik dan cantik. Freedoom Of Style, mengenakan jilbab Simpel dan sederhana tetapi menarik. Terbukti scraft brand dari Aidijuma bisa dibentuk berbagai macam gaya, sehingga pengguna bisa mengaplikasikan berbagai macam model sebagaimana keinginannya.

Menjelang akhir acara dipilih 3 Outfit Of The Day (OOTD) terbaik langsung oleh Datin dan Franka serta 3 pemenang lainnya dari live tweet contest. Acara talkwhow temu blogger bersama Aidijuma telah memberikan informasi dalam penerapan suatu usaha bisnis dan perkembangan fashion muslim Indonesia di mata dunia.
Pemenang OOTD
Perhelatan MuFFEST di tahun ini diharapkan menjadi titik awal berkembangnya dan semakin majunya perkembangan fashion muslim Indonesia sehingga cita-cita untuk menjadi pusat fashion muslim dunia bisa terwujudkan.

20 komentar:

khairul Leon mengatakan...

aaa keren bat.
cewe emang lebih cakep kalo berhijab ..

Farichatul Jannah mengatakan...

Kenapa jd gak sabar muffest 2016 semoga berlanjut teroossss....

Sie-thi Nurjanah mengatakan...

Ditambah dengan niat tulus dan pancaran takwa. :)

Sie-thi Nurjanah mengatakan...

Iya mba, semoga terus ada sebagai bukti betapa berkembangnya kreatifitas fashion tanah air

Obat Tradisional TBC mengatakan...

saya suka perempuan yang berhijab

Siti Mudrikah mengatakan...

Semoga fashion muslim dr indonesia bisa mendunia juga ya mba

Sie-thi Nurjanah mengatakan...

Amiin..Semoga dapat melebarkan sayap hingga ke kancah international

Sie-thi Nurjanah mengatakan...

Jilbab sebuah kewajiban dalam islam

Riska Ngian Haryono mengatakan...

Setiap ada perhelatan fashion muslimah gini aku selalu mupeng untuk bisa datang mbak, tapi apadaya Jakarta jauh banget. :( semoga fashion muslimah Indonesia semakin berjaya di dunia Internasional.

evrinasp mengatakan...

aku kalau datang ke sana apa gak' kalap ya jadinya, banyak pilihan soalnya, tahun berikutnya harus ada lagi nih

Eksapedia mengatakan...

Klepek-klepek kalau lihat wanita berhijab, apalagi yg syar'i bisa mati gaya ane :D Hehehe

Citra Pandiangan mengatakan...

wah sepertinya seru ya mbak

Inggit Erlianto mengatakan...

Salut sama datin norjuma..karya desainya keren ya mbak. Cocok kalau buat dipake mbak she buat traveling :D

Indah Primadona mengatakan...

perkembangan busana muslim di Indonesia memang lebih pesat ya daripada negara islam lainnya, beruntung deh tinggal di Indonesia, bisa tetap gaya walau pakai hijab ^^

Sie-thi Nurjanah mengatakan...

Ammiinn..semoga dikota lain pun ada acara serupa ya mba

Sie-thi Nurjanah mengatakan...

Semoga akan terus berjalan mba Ev, ga jauh berbeda sih. hanya coba menahan diri untuk tdk terlalu 'kalap'

Sie-thi Nurjanah mengatakan...

hahaha...udah kaya ikan kekurangan air ya Gan

Sie-thi Nurjanah mengatakan...

seru, karena acara informatif

Sie-thi Nurjanah mengatakan...

cantik memang desainnya, iyaappss bisa dipake travelling dgn lebih ringkas

Sie-thi Nurjanah mengatakan...

Alhamdulillah, semoga perkembangan mode pun tidak samapai menggerus eksistensi makna berjilbab sebenarnya