Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Senin, 08 Januari 2018

3 Kampanye Sosial, Womanation Peringati Hari Ibu

Saya pernah menyaksikan sebuah tayangan di channel youtube dari sebuah perusahaan yang melakukan sebuah survei private kepada beberapa karyawannya. Cukup unik, karena questioner yang harus di isi dalam lembaran kertas di depannya bukanlah terkait pekerjaan melainkan hubungan mereka kepada Ibunya.

Dari beberapa pertanyaan yang diajukan, seperti kapan terakhir kali bicara dengan Ibu ? Apakah masih tinggal bersama Ibu ?  Kapan terakhir tertawa bersama Ibu ? dan pertanyaan lainnya, kontan membuat karyawan yang mengikuti survei itu tak mampu membendung air matanya. Tayangan ini seakan memberikan fakta kehidupan modern yang sibuk dengan dunianya sendiri bahkan tak lekang berjarak dengan keluarga khususnya orang tua.

Sesibuk apapun kegiatan, memang sudah tak sepatutnya Kita mengabaikan keberadaan orang tua, khususnya Ibu yang memiliki peranan besar dalam kehidupan. Banyak cara yang bisa dilakukan dalam menunjukan rasa cinta kepada Ibu. Misalnya, ketika peringatan hari Ibu yang jatuh tiap tanggal 22 Desember. Timeline media sosial ramai menguatarakan cintanya kepada sosok seorang Ibu, semoga saja itu bukan sekedar trend semata tapi tulus dari hati.

Gerakan Sosial Womanation di Hari Ibu (Doc.Pixabay)
Dalam peringatan hari Ibu, Womanation yang merupakan sebuah komunitas perempuan beranggotakan 2000 orang yang tersebar di Indonesia menggagas kampanye sosial 'Udah Nelpon Nyokap?' serta "Isi Piringku" yang didukung oleh Danone Indonesia.

Komunikasi itu menjadi suatu poin dalam menjaga dan mempererat suatu hubungan. Sebagai pelopor kampanye 'Udah Nelpon Nyokap?' Harry Setiawan berharap melalui gerakan ini bisa menjadi pengingat untuk mereka,  khususnya yang ada di umur-umur akhir golongan milenial dan awal-awal Gen-X untuk terus menjalin kedekatan dan kehangatan hubungan dengan ibu, sebagai tempat berbagi cerita, dengan terus menjaga komunikasi yang positif dan saling mengisi.

'Udah Nelpon Nyokap?' merupakan sebuah kampanye viral dan offline yang ditujukan untuk mengingat kembali betapa besarnya jasa ibu dalam kehidupan. Melalui gerakan sosial ini,  ingin kembali menempatkan posisi ibu sebagai salah satu prioritas utama dalam keseharian, serta menjadikan menelpon ibu sebagai salah satu kegiatan yang tidak saja bersifat basa-basi, namun menggali sebuah ikatan yang lebih mendalam dan lebih mesra.

Myrna Soeryo selaku Chief Community Officer Womanation, memaparkan “Kegiatan ini diselenggarakan sebagai bentuk apresiasi kepada para ibu yang telah berjasa dalam mendidik dan membesarkan anaknya. Hal ini sejalan dengan visi dan misi dari komunitas Womanation yaitu untuk menghargai dan memberdayakan perempuan sehingga memberikan kontribusi positif untuk bangsa."

Diskusi Mengenai Komunikasi Keluarga
Di era serba digital, saat ini Indonesia membutuhkan para ibu yang me­lek teknologi agar bisa membim­bing anak-anaknya lebih produktif dalam meng­gunakan teknologi, dan tidak ikut-ikutan me­nyebarkan serta menyaring informasi khususnya yang bersifat hoax. Untuk itu para ibu harus siap menjalani aktifitas secara multi-tasking, dengan menunaikan berbagai peran dalam kehidupan sehari-hari karena menjaga dan merawat anak sangat tergantung dibawah pengawasan keluarga inti khususnya Ibu.

Bertempat di Eat and Eat FX Sudirman, dalam acara “Bincang-Bincang Nutrisi Buat Si Kecil”, Womanation turut mengundang dalam acara diskusi pentingnya memahami perilaku dan asupan makanan orang-orang yang kita sayangi, terutama anggota keluarga terdekat.

Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan mengampanyekan slogan "Isi Piringku" sebagai pengganti slogan "4 Sehat 5 Sempurna" untuk pedoman konsumsi sehari-hari dalam memenuhi gizi seimbang, dengan rutin minum air putih yang cukup, aktivitas fisik minimal 30 menit per hari, serta chek up rutin untuk menjaga kesehatan tubuh.

Pada umumnya 'Isi Piringku' menggambarkan porsi makan yang dikonsumsi dalam satu piring yang terdiri dari 50 persen buah dan sayur, dan 50 persen sisanya terdiri dari karbohidrat serta protein. Danone Indonesia turut serta mendukung berlangsungnya program ini karena sejalan dengan gerakan Alimentation Revolution atau Revolusi Pangan Danone. Jadi secara tidak langsung, dalam memperingati hari Ibu, Womanation menjalani 3 sinergi kampanye sosial yang bersifat positif.

Berbuat baik dan mengungkapkan rasa sayang pada Ibu tidak perlu menunggu moment tertentu, lakukanlah setiap hari secara sederhananya menjaga komunikasi yang baik. Sebagaimana yang di gaungkan 'Udah Nelpon Nyokap ?', Wailayati Ningsih  selaku Senior Health and Nutrition Manager Danone Indonesia menuturkan.

Makanan mempunyai fungsi yang sangat penting dalam menyelaraskan pikiran dan emosi. Ajeng Raviando, seorang Psikolog menyampaikan “Kita kerap kali baik disadari maupun tidak, sering menunjukkan rasa kasih sayang melalui makanan. Misalnya dengan cara memberikan makanan kegemaran ibu kita, memasak untuk ibu kita atau hanya sekedar menanyakan keseharian makanannya. Hal-hal ini mungkin tampak sepele namun dapat memberikan dampak psikologi yang positif bagi orang-orang yang yang kita sayangi.”

Anak juga merupakan anggota keluarga terdekat, sudah sepatutnya juga diperhatikan asupan makanannya. “Pengenalan asupan nutrisi seimbang pada anak memang harus dimulai sejak dini. Karena nutrisi adalah sumber daya yang memungkinkan tubuh untuk berfungsi dengan baik dan menjaga tubuh agar tetap sehat. Sudah sepatutnya memperhatikan konsumsi makanan yang mengandung vitamin, lemak. protein, karbohidrat, sehingga semua manfaat baiknya bisa diserap oleh tubuh. Sebab, jika anak tidak bisa mendapatkan kebutuhan nutrisi yang baik, ini akan berpengaruh pada organ dalam tubuhnya. Kesehatan anak pun akan terganggu, mulai dari sistem kekebalan tubuh yang menurun hingga terganggunya perkembangan otak anak.”


Diskusi Tentnag Nutrisi Keluarga
Komunikasi yang erat menjadi salah satu hal penting yang harus terpenuhi dalam suatu hubungan keluarga, disamping kelengkapan kebutuhan asupan nutrisi yang tepat agar kesehatan keluarga terjaga sehingga membentuk karakter pribadi yang lebih hangat dan menjadi manusia lebih produktif.

36 komentar:

  1. Meski merasa sering tlp ortu tetep aja berasa kurang.ide kegiatan ini memang menggugah banget, layak untuk di gaungkan kemana2.. Ngena di hati

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mba kampanye seperti ini seakan mengingatkan utk tdk merupakan ibu

      Hapus
  2. Kegiatan yang bener-bener positif yah ini

    BalasHapus
  3. Berarti aku termasuk beruntung ya... Karena meski berbeda tempat tinggal,lokasi rumah si emak ga terlalu jauh dari rumahku... Jadi kalau aku mah bukan " sudah telpon nyokap hari ini" tapi "sudah nyuci piring dirumah nyokap..." hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih intensif dan banyak waktu bersama nyokap ya mba

      Hapus
  4. Terlupakan di saat sibuk dan ketika dewasa. Telp nyokap bentuk perhatian. Tapi jangan yelp cuma bilang "mak, pinjam duit dong".hehehe ada mau aja

    BalasHapus
  5. 4 sehat 5 sempurna motto dari dulu yang harus kita terapkan di piring makan kita

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaps karena pemenuhan gizi dan nutrisi seimbang itu perlu bgt

      Hapus
  6. tema bagus banget pas sama hari ibu ya mba,, kalau aku sih ga perlu nelpon nyokap hihi wong rumahnya aja dekat kangen tinggal datang deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Quality time bareng nyokap bisa lebih maksimal

      Hapus
  7. Tulisannya mengingatkanku untuk isi piring anak2 dgn makanan bergizi nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga menginspirasi mba
      Utk memberikan yg terbaik bg keluarga

      Hapus
  8. Dek siti, aku jd sedih nih. Aku Harus telpon ibu siapa? Ibuku sudah tiada.

    Nah tp ini jd pelajaran buat org lain supaya selalu mengakrabkan diri dgn ortunya.. ya nelpon juga boleh kok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hikssss kita senasib mba
      *berpelukan

      Tepat. Agar mereka yg msh dinero kesempatan lbh memanfaatkannya dgn baik

      Hapus
  9. Seperti menamparku tulisan ini ... dulu sering banget berkilah sok sibuk sampai lupa untuk menelp Ibu setiap hari nya, hiksss

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga saat ini sudah lebih baik ya mba, kualitas hubungan terrapin harmonis

      Hapus
  10. jadi kangen ibukuuu huhu jauh nih jadi sedih.
    btw, aku jadi ibu yang semangat nyiapin bekal sekolah anak juga karena pengaruh ibuku dulu yang rajin banget nyiapin bekelku. simple act yang berarti banget rasanya. sekedar ngasih bekel, nyiapin makanan pake cinta itu berasa banget emang ke anaknyaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saat ini Saat nya berbati dgn kesempatan waktu yg lebih luas

      Hapus
  11. Berkat ibu kita jadi sehat ya... Karena beliau asupan nutrisi kita jd terpenuhi. Yuk nelpon nyokap...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena ibu selalu mempersembahkan yg terbaik

      Hapus
  12. Keren juga perusahaan itu, sampai peduli ttg kedekatan karyawan dg ibu mereka. Yesss, walau anaknya udah nggak serumah atau sibuk dg aktifitasnya, seorang ibu tetap akan banyak mengingatkan anak2nya ini itu, termasuk makan yang bergizi. Harapannya memang dilakukan sebaliknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena saling mengingatkan bisa menjadi suatu wujud perhatian

      Hapus
  13. Kampanyenya menohok banget "udah nelpon nyokap? Langsung nyentil akooooh. Hahaha. Aku emang jarang nelp nyokap, kadang bingung mau ngomong apa. Enakan langsung dateng aja :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg begini lbh baik, karena pertemuan langsung tanpa sekat terasa lbh bermakna

      Hapus
  14. Isi piringku berantakan huahaha. Ngga karu2an deh. Asal makan yg enak enak dimulut saja padahal belum tentu sehat. Smoga lebih bisa menjaga.pola makan dan komposisi makanannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuu mulai saat ini lbh aware soal memilih nutrisi dan asupan makanan

      Hapus
  15. Jadi teringat waktu kecil aku susah makan dan tidak suka juga mengemil.
    Tapi karena mamaku sangat telaten akan tumbuh kembang aku suka dikasih minum berbagai juice.
    Alhasil sekarang sehat dan suka makan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aihhh...seorang ibu selalu punya inovasi terbaik demi tumbuh kembang anknya

      Hapus
  16. lagi lagi ya mbak , seorang ibu itu memiliki peran penting untuk kehidupan anaknya dari kecil hingga besar ya mbak . biar gizi si anak seimbang tanpa kurang satupun. tapi kadang saat kita dewa jd lupa dengan peran ibu , apalagi kalo alasannya selalu pakai kata sibuk. jd tersindir banget aku , langsung tlpon ibu juga nihh aku ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya dong selama puluhan tahun ibu telaten merawat
      Setelah sukses hrs tetap ingat dgn kasih sayang yg dicurahkannya

      Hapus
  17. Hikss Mama ku sdh tidak ada ... baca ini ketohok bgt kalo dulu aku suka sok sibuk sampai sering melupakan ritual nelp nyokap setiap hari nya ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kita sama Mba
      Sudah tiada mamah lg di dunia, yg bisa kita lakukan selalu mendoakannya tanpa putus

      Hapus
  18. alhamdulillah masih serumah sama mama, walau kadang suka cekcok soal hal yang remeh temeh, tapi itulah bumbunya hehehe... semoga kita salah satu anak yang berbakti sama ibu ya mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiiin...
      Manfaatkan waktu sebaik2nya selama masih ada orang tua di dekat kita :)

      Hapus