Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Rabu, 22 Maret 2017

#HALALituharusTOTAL, Menuju Bersih Bersama Almeera

Dalam perdagangan ekonomi global, produk dengan sertifikat halal merupakan hal penting yang mulai diperhitungkan. Karena itu, kesadaran Halal di masyarakat harus di tindak lanjuti. Dan Indonesia memiliki kapasitas serta potensi untuk menjadi pusat halal dunia sebagai negeri dengan mayoritas islam terbesar. Maka sistem sertifikasi halal menjadi sebuah keharusan untuk melindungi aspek kehalalan suatu produk.

Wacana predikat halal sudah mendapat perhatian khusus dari pemerintah. Hal tersebut telah diwujudkan dalam UU No. 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal (JPH) dimana seluruh produk konsumsi berupa makanan, minuman, kosmetik, kimia, produk modifikasi genetik, biologi hingga farmasi yang didistribusikan di Indonesia haruslah memiliki sertifikasi halal. Sebuah produsen yang cukup tanggap dalam memproses sertifikasi halal adalah sebagai bentuk loyalitas untuk melindungi konsumen terhadap produk yang bermutu. Jika selama ini yang sering menjadi perbincangan adalah produk konsumsi mulai dari makanan hingga minuman halal, kosmetik halal, kini semakin merambah dalam linimasa kebutuhan rumah tangga seperti deterjen.


Secara ilmiah, deterjen dibuat dari bahan yang disebut sebagai surfaktan. Bahan kimia ini memiliki sifat pembenci air dan pengikat air, saat bekerja elemen surfaktan akan menghilangkan noda pada pakaian. Selain itu ada pula penggunaan bahan kimia lain yakni natrium silikat yang berfungsi mencegah karat pada mesin cuci, natrium sulfat, dan juga parfum. Dengan berbagai zat kimia yang menjadi bahan dasar sebagai komposisi, menjadikan produk  belum tentu terjamin kehalalannya.

Dalam acara bertajuk Blogger Gathering peluncuran produk terbaru yakni Total Almeera sebagai deterjen halal pertama di Indonesia. Kegiatan yang berlangsung di sebuah resto bilangan Menteng tersebut pada 15 Maret 2017 dihadiri oleh para Direksi PT. Total Chemindo Loka selaku pihak produsen serta segenap blogger yang mayoritas hijabers dan media.

Inovasi produk ini memang mebidik pasar utama adalah Ibu rumah tangga muslim, namun tidak menutup kemungkinan bahwa Total Almeera diperuntukan untuk segala kalangan. Deputy CEO Total Almeera, Bapak F Gunawan menyatakan, bahwa perusahaannya menyadari betul konsumen terbesar produk deterjen adalah kaum muslim Indonesia. Agar mendapatkan sertifikat halal ini telah melalui proses yang sangat panjang. Berbaga riset dan penelitian memakan waktu yang cukup lama. Mulai dari bahan baku hingga proses pembuatannya sampai kemudian menghasilkan deterjen yang halal secara total.

Setelah resmi bersertifikasi halal, pihak produsen tentu berharap segala kebaikan yang akan diterima konsumen ke depannya sehingga keluarga khususnya yang muslim akan lebih nyaman dalam mencuci pakaian serta perlengkapan lainnya terutama untuk beribadah. Adapun pemilihan Almeera diambil dari kosakata falsafah arab yang berarti putri raja atau wanita cantik. Nama Almeera sendiri dipilih untuk mewakili konsumen yang di dominasi wanita berhijab.

Deterjen yang mengusung tagline #Halal Itu Harus Total, hadir dalam bentuk bubuk dan cair dengan berbagai ukuran, mulai dari sachet hingga liquid dengan berat sekitar 50 Gram hingga 1000 ML dengan variatif harga yang masih terbilang cukup ekonomis, yakni dibawah Rp 20.000. Saat ini Total Almeera sudah tersedia di berbagai mini market seperti Indomaret, Carefour, Tip Top hingga warung kelontong di sekitar perumahan.

Keberadaan Total Almeera tidak lantas memberhentikan produk sebelumnya yang telah beredar dipasaran, Bapak F. Gunawan justru menyatakan hal ini menjadi langkah awal untuk melanjuti jejak sertifikasi halal ke berbagai produk lainnya. Dalam langkah proses ini PT Total Chemindo Loka meyakini berbagai bahan, hingga proses produksi menggunakan bahan-bahan bermutu baik dan tidak melanggar syariat islam.

Ada yang menarik dari iklan Total Almeera, dalam TVC yang di publikasikan. Jika biasanya sebuah produk rumah tangga maka yang menjadi central cerita adalah sosok Ibu. Namun untuk Total Almeera memberikan sentuhan yang berbeda dari yang umum yakni mengambil figur Ayah. Hal ini menyiratkan pesan bahwa sosok laki-laki dalam keluarga terutama Ayah juga memiliki peran yang tak kalah penting. Mengambil konsep hijrah, awal melihat tayangannya Saya pun sempat berpikir itu adalah iklan bertema Ramadhan dengan tutur bercerita visual yang menyentuh.

Pihak Communication Planner Total Almeera merasa tertantang ketika mendapat tawaran untuk membuat TVC deterjen yang tidak biasa dan berbeda dari yang lainnya. Salah seorang kreatornya adalah Bapak Jefri yang juga seoarang muallaf. Disampaikan melalui TVC itu selain memperkenalkan produk dan nengedukasi, namun tersirat makna dari pesan-pesan yang disampaikan agar seseorang dapat melihat hidup secara positif dengan landas keagamaan.
Sumber Gbr : Official Total Chemindo Loka

Siang hari itu hadir juga Aktris Chece Kirani mendampingi Sang Suami yang biasa di sapa AA Hadi akan mengisi tausiyah pada gathering kala itu, Cheche Kirani mengakui gembira dengan kehadiran produk deterjen yang mendapat sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Hal ini membuatnya menjadi yakin dan percaya bahwa bahan-bahan yang terkandung adalah baik bagi keluarga terutama Sang Anak yang memang memiliki sensitifitas kulit.

Baginya anak adalah investasi masa depan. Dan untuk menjaganya salah satu yang menjadi perhatian adalah soal kesehatan. Yang tidak hanya bertolak dari pola makan saja, tetapi juga yang berhubungan langsung dengan anak seperti pakaian. Untuk itu Chece Kirani cukup pemilah dalam menentukan deterjen pencuci pakaian, sebisa mungkin menghindari produk yang sekiranya mengandung bahan berbahaya.

Kehadiran produk deterjen yang mendapat sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) seakan menjadi titik terang karena  bahan hingga proses sudah terjamin mutu kehalalannya. Sependapat dengan Sang istri, Aa Hadi menjelaskan pentingnya predikat halal karena akan terkait pada ibadah yang khusyuk, untuk itu yang harus diperhatikan dalam beribadah tidak saja harus bersih batinnya, tapi juga fisik harus suci. Seperti pakaian yang dikenakan saat beribadah sebab jika nampak kotor atau tidak halal maka ibadah tidak akan sempurna.
Sumber gbr : Official Total Chemindo Loka
Tentu Kita Sangat menyadari produk halal yang Kita konsumsi akan menjadi suatu nilai keberkahan. Namun tidak berhenti sampai di situ, untuk mewujudkan berkah dan sukses dalam menjalani hidup ada beberapa hal yang harus diterapkan :

1) hubungan Habluminallah, kekuatan untuk terus sabar dan istiqomah dalam menjalani kehidupan dengan ketakwaan.

2) Tingkatkan ibadah, karena shalat adalah nilai paling dasar yang akan membuat ketakwaan seorang Mukmin terpelihara.

3) Perbanyak sedekah (memberi itu hakikatnya menerima). Karena Allah telah menjamin rejeki seorang hamba terutama bagi mereka yg rajin bersedekah,tentunya dengan landas keikhlasan.

4) Habluminanas, menjaga hubungan dengan sesama. Sikap saling memaafkan, toleransi harus tertanam dalam diri agar tidak bersarang penyakit hati.

Sungguh kegiatan yang berlangsung memberi sentuhan berbeda dari acara umumnya, dalam launch sebuah produk menghadirkan tausiyah tokoh agama. Penyampaian yang komunikatif dari AA Hadi dengan tutur lembutnya, mencairkan suasana dengan falsafah dan nasihat tentang kebaikan.

Kemasan Total Almeera di design dengan warna hijau tosca yang cerah, dominan warna menyejukan pandangan, memiliki karakter tekstur deterjen yang lebih lembut serta wangi dan adem seperti aroma theraphy.Jadi produk Total Almeera ini tak hanya mengedepankan busa yang melimpah saja, tapi mutu yang baik bagi konsumen Indonesia umumnya. Yang pasti produk dengan jaminan halal, secara langsung memberikan ketenangan batin bagi konsumennya, karena sudah tidak ada lagi keraguan apakah bahan baku dan proses produksi barang tersebut telah dilakukan dengan benar.

36 komentar:

  1. Wah aku baru liat nih ada produk almeera.
    tapi yang aku suka produk ini ada unsur islamicnya,
    cakep !

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener bgt. tampilan yg berbeda dg sertifikasi halal pertama utk detergen

      Hapus
  2. Wih ada ya produk halal 😅😅
    Kok jd keinget cucunya SBY klo baca Almeera ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Namanya unik y..Saya malah baru tau cucu SBY bernama Almeera :D

      Hapus
  3. Aamiin.. mudah-mudahan makin banyak produk yg bersertifikasi halal ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aaamiiiin. semoga yg lain segera menyusul

      Hapus
  4. Aku juga pakai... Yg Halal itu baik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget.
      karena ibadah lbh sempurna

      Hapus
  5. Alhamdulillah ya bund..sudah ada deterjen halal pertama di indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya..Alhamdulillah
      semoga yg lain memyusul

      Hapus
  6. Baru tahu detergen ada halalnya juga. MAkasih infonya Mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. dilihat dari zat2 kandungannya, memang blm menjamin jika detergen yg sering digunakan bersifat halal

      Hapus
  7. Iya Alhamdulillah ya ada deterjen halal di Indonesia, sampo baru sariayu hijab, deterjen total ini ya ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga akan semakin banyak yg menyusul utk predikat halal

      Hapus
  8. Alhamdulillah makin banyak aja nih produk yang halal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah..semakin membuat tenang masyarakat. khususnya kaum muslim

      Hapus
  9. Waaah aku blm liat nih produknya di supermarket yg aku srg belanja.. Kalo memang lebih murah plus halal pula, psti pgn cobain :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin beberapa waktu ke depan Bun.. tunggu saja. ^_^

      Hapus
  10. Saya kemarin cari di superindo belum ada, semoga segera meluas pemasarannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Blm merata Bun, utk ketersediaannya. Menurut informasi akan tersedia merata sekitar awal april

      Hapus
  11. weeeleehh yang pertama deterjen pakai brand halal, sesuatu alhamdulillah yahhh,

    iklannya agak menarik ya, saya tonton anak ke ayah, terakhir tobat anaknya pakai hijab gegara total, haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyoo..konsep yg tak biasa. unik dan ngena bgt ke masyarakat

      Hapus
  12. Aku suka banget pake total almeera bun, bener lho wanginya tuh adem hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sayapun demikian. tekaturnya juga ga bikin tangan mengkerut :D

      Hapus
  13. Kemarin belanja di Carrefour belum ada nih. Padahal mau buat stok

    BalasHapus
    Balasan
    1. April mendatang baru merata Mba. Utk saat ini baru beberapa saja yg ada

      Hapus
  14. Aku belum pakai. Wah penasaran jadi pengen menggunakan juga :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kuy..segera cari di Minimarket terdekat

      Hapus
  15. wahh baru tahu ada detergen halal ini, jadi penasaran pengen coba deh :)

    total ini detergen favorit waktu jadi anak kost dulu, hihihi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. terobosan baru dari pihak produsen utk konsumen

      Hapus
  16. Aku dah pake mbak, wanginya itu aku suka dan ga ragu lagi pake total ALMEERA karena sudah ada label halal dr MUI

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pun demikian. adem banget gitu wanginya

      Hapus
  17. Yang begini nih bikin adem. Semoga diikuti oleh produk² lain, biar makin aman.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaminn. Semoga semakin banyak produk yg terjamin kehalalannya

      Hapus
  18. Walah mantap bener mbak.. Baru tau saya ada detergen halal ya.. Insyaalh bermanfaat ni infonya.. Terimakasih mbak

    BalasHapus
  19. Baru tahu ternyata bahan-bahannya aman ya buat mesin cuci.

    BalasHapus