Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Sabtu, 21 Januari 2017

Jakarta Aquarium, Wisata Edukasi Yang Memperkenalkan Keragaman Hayati

Sumber Gbr : Official Jakarta Aquarium
Telah hadir sarana edukasi menarik sekaligus rekreasi bagi keluarga di bilangan Jakarta Barat. Bertempat di Mall Neo Soho, kawasan superblok Podomoro City. Bernama Jakarta Aquarium dirancang sebagai salah satu destinasi mendidik mengusung konsep "Urban Escapism" menampilkan keaneka ragaman hayati dari air hingga darat meliputi Boutique, Education,  Entertainment,  Digital Learning, Cinservation serta Family Destination dengan tujuan utama memperkenalkan kekayaan alam serta budaya yang dipadu padankan dengan teknologi.

Jakarta aquarium merupakan karya taman safari Indonesia yang berkerja sama dengan Aquaria KLCC6 diperuntukan sebagai lembaga konservasi di luar habitat lamanya dengan beberapa fungsi diantaranya :

- Tempat pendidikan
- Peragaan
- Penitipan satwa sementara
- Sumber indukan
- Cadangan genetik  untuk mendukng populasi in-situ
- Sarana rekreasi yang sehat
- Sarana penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan

Ketika acara kunjungan mengenal Jakarta Aquarium beberapa hari lalu, bertempat di Pingoo Restaurant salah satu bagian fasilitas dari Jakarta Aquarium. mengusung konsep indoor pengunjung bisa menikmati makanan dengan nuansa pantai, dimana menu yang disajikan sebagian besar adalah seafood. Ditempat tersebut Kita juga melihat aktifitas penguin dalam kesehariannya. Hadir sebagai pembicara Ibu Elvie Handiny (Director of Sales & Marketing), Bapak Leo Loemanto (Public Relation Jakarta Aquarium) dan Bapak Biswajit Guha (Kurator Taman Safari Indonesia).
Pengenalan Jakarta Aquarium (Doc.Pri)
Sidaknya ada enam penguin di pingoo restaurant,  aquarium di Pingoo  sudah di desain dengan system pendukung yang telah di rancang untuk memenuhi kebutuhan prilaku, kesehatan, dan mental penguin sehingga :

1. Penguin bebas menunjukkan prilaku alaminya  seperti Berenang, mengeringkan diri dan beristirahat. Tersedia juga area bebatuan dan kerikil untuk stimulasi penguin, ada kolam arus juga.

2. Kebutuhan kesehatan penguin di sini sangat diperhatikan karena Dokter hewan selalu siap 24 jam  untuk mengatasi  dan mencegah bakteri & kuman.

3. Penguin dapat bersosialisasi karena hidup berkelompok.

Saya pun sempat keliru, mengira habitat penguin hanya yang bersalju. Dijelaskan bahwa  penguin yang ada di Pingoo Resto tersebut bukan dari Alaska tetapi penguin humboldt yakni jenis unggas sub tropis yang penyebarannya berada di Chile hingga Peru. Rata-rata memiliki ukuran 56-70 cm dengan berat antara 3.6hingga 5.9 KG.  Merupakan generasi ke tiga yg diambil dari Taman Safari Indonesia sebagai pusat edukasi di Jakarta Aquarium. Masa inkubasi telur 40-42 hari dan biasanya mulai berkembang biak pada bulan Maret hingga Desember. Biasanya mengkonsumsi sejenis ikan selar, ikan layang, dan anchovies  sebanyak 0,6 kg per hari.
Penguin Jakarta Aquarium (Doc.Pri)
Di lokasi ini kehidupan penguin sangat diperhatikan mulai dari suhu yang dipasang sekitar 18 derajat hingga 25 derajat celcius. Bahkan menyediakan fasilitas pendukung kehidupan (LSS - Life Support System) yang terdiri atas filterasi air, ozon dan protein skimmer. Sebuah pengalaman mengesankan di kala kami diberi kesempatan untuk masuk dan memberi makan aquarium di dalam aquarium. Tetapi tidak sembarangan lho untuk masuk ke dalam karena kita harus steril dari virus atau kuman itu sebabnya sebelum masuk kami di perkenankan membersihkan alas kaki dan tangan dengan antiseptik disanfektan.
Memberi Makan Penguin (Doc.Pri)
Pengunjung berkesempatan utk memberi makan sekitar jam 11-12.30 dan 5-6 sore, terdapat sebuah gelang di pinguin yang ternyata tujuan sebagai ID data-data penguin untuk memantau perkembangan serta kesehatan penguin itu sendiri. Jadi para penyayang hewan tak perlu khawatir sebab Jakarta Aqaurium  telah memenuhi standar Internasional Association of Zoos and Aquariums (USA) dan telah mendapat pesertujuan dari beberapa lembaga serta pemerintahan.
Telah diatur Keabsahan Lokasi
Jakarta Aquarium baru di buka pada 28 desember 2016 dan diresmikan secara keseluruhan pada februari mendatang. untuk pengenaan jasa tiket bergantung dari hari dan kelas fasiltas kunjungan yang di pilih, mulai dari Rp 220.000 hingga Rp 600.000.  Untuk informasi lebih lengkap bisa browsing di website www.jakarta-aquarium.com . Selain sebagai sarana edukasi wisata bersama keluarga, tempat ini juga sangat tepat untuk kunjungan kelompok semacam study tour.



Jakarta Aquarium
Neo Soho Lantai LG 101-LGM 101
Jl. Letjen S. Parman Kav.28
Tanjung Duren, Jakarta Barat 11470

10 komentar:

  1. Bagus banget kalau bisa ajak anak2 ke sana. :D Tapi belum bisa dalam waktu dekat ini. Apalagi Jakarta jauh. :)

    BalasHapus
  2. Keren nih. ^_^ Pengen ke sini juga. Anak2 pasti suka.

    BalasHapus
  3. Lucuuu ada pinguin juga. Jadi penasaran. :D

    BalasHapus
  4. aih tempat rekreasi baru yg harus dikunjungin nih. kebetulan lokasinya deket dengan tempat tinggal suami :D

    BalasHapus
  5. Lumayan mahal juga yo mak tiket masuknya menarik banget isinya

    BalasHapus
  6. Eh kemarin ad restO yg di demo karena ad pinguinnya..bukan ini ya...

    BalasHapus
  7. Anak2 pasti seang kalau diajak ke tempat kayak gini. Sayangnya jauhhh :)

    BalasHapus
  8. Tiket masuknya lumayan mahal ya mbak ...220 - 600 ribu...

    BalasHapus
  9. Woow, baru tahu saya ada penguin di tengah kota :) jadi gak perlu jauh2 ke safari ni. Terima kadih untuk infonya, Mbak

    BalasHapus
  10. cocok neh bawa anak2 berkunjungi kesini.. biar dapat pembelajaran yang bermanfaat.

    BalasHapus