Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Rabu, 18 Januari 2017

GERMAS Mengajak Menerapkan Gaya Hidup Sehat

Bincang Blogger & Kemenkes (Doc. Elisa Koraag)
Biasanya Kita mulai menyadari betapa berharganya nikmat sehat itu di kala tubuh sudah mulai merasa tidak nyaman dalam menjalani segala aktifitas rutin. Gaya hidup modernisasi yang semakin banyak menyita fokus dan perhatian sehingga lengah dari pentingnya nikmat sehat hingga menjadikan diri lalai dalam menjalani pola hidup sehat yang benar.

Menyoroti hal tersebut pemerintah pun mengajak masyarakat untuk perduli pada kesehatan, melalui kegiatan bertajuk Gerakan Masyarakat  Hidup Sehat (GERMAS) yang sudah mulai di galakan di beberapa wilayah di Indonesia.  Program ini sudah di launching secara umum sejak 15 November 2016 di Yogyakarta dan untuk soft launch nya sudah dari April 2016.

Contoh wujud nyata, berjalannya program ini adalah beberapa lembaga kepemerintahan yang mulai mengadakan aktifitas sehat di beberapa hari tertentu sebelum memulai runtinitas pekerjaan.  Seperti  13 Januari 2016 lalu Dinas Kementerian Kesehatan mengajak beberapa Blogger untuk bergabung dalam aktifitas sehat seperti  senam pagi, joging dan bulu tangkis. Di jelaskan bahwa setiap hari jumat pagi dinas Kementrian Kesehatan selalu mengadakan kegiatan serupa secara rutin mulai pukul 06.00 – 09.00 bahkan di buka untuk umum, siapapun boleh bergabung.
Senam Pagi di Kemenkes (Doc.pri)
Di sudut lain usai berolahraga, kita bisa juga cek kesehatan secara gratis mulai dari cek gula darah, tensi hingga kolestrol. Hanya saja untuk hal ini di berlakukan satu bulan sekali. Banyak ragam yang bisa di jumpai pada acara kala itu bahkan bisa di jumpai juga bazar buah hingga sayuran.
Ragam Aktifitas Lainnya (Doc.pri)
Tak hanya itu saja, dalam kegiatan saat itu juga diadakan sesi sharing bersama Ibu Nila Moeloek selaku Menteri Kesehatan Republik Indonesia yang menjelaskan program Germas dan sosialisasinya. Pada dasarnya program Germas bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat, di sisi lain pemerintah juga terus mengupayakan untuk lebih  meningkatkan mutu pelayanan kesehatan hingga jangkauan yang lebih luas. Oleh sebab itu sangat di harapkan partisipasi masyarakat secara langsung dalam mendukung tercapainya tujuan pembangunan kesehatan di Indonesia dengan meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat.

Untuk keberlangsungan program ini memang harus didasarkan pada kesadaran setiap individu agar menerapkan pola hidup sehat dalam keseharian. Setidaknya ada tiga poin utama dalam penerapan  dalam menjalankan program Germas ini :

1)   Aktif bergerak secara teratur atau  olahraga minimal tiga kali dalam satu minggu
2)  Seimbangkan makanan harian pastikan ada asupan serap seperti buah segar dan sayuran.
3)  Periksa kesehatan secara berkala, minimal tiga bulan sekali untuk memantau kondisi  tubuh
Ibu Nila Moeloek -MenKes RI (Doc.pri)
Gerakan Masyarakat Hidup Sehat ini di dukung agen of change dari seluruh lapisan tak terkecuali peran blogger sebagai penyampai informasi ke khalayak secara lebih luas melalui tulisan maupun sharing media sosial. Yang paling inti dan utama adalah penerapan dari diri sendiri dahulu, lalu orang terdekat seperti keluarga misalnya, hingga teman-teman.

Dengan menjalankan pola hidup sehat akan banyak manfaat yang dapat dirasakan, tidak sekedar pada jasmani saja tetapi rohani pun ikut merasakan manfaatnya. Cara menjalankannya  pun sebenarnya tidak terlalu sulit, banyak hal-hal sederhana yang bisa dilakukan untuk menunjang kebutuhan sehari-hari. Seperti mengatur pola makan yang benar, perbanyak minum air putih, kualitas tidur yang baik serta beberapa hal lainnya. Lakukan  perubahan yang lebih baik agar lebih berguna bagi kesehatan tubuh.


Pola hidup sehat merupakan komitmen jangka panjang yang terbentuk dari aktifitas sehari-hari yang berulang-ulang dan seterusnya menjadi sebuah kebiasaan yang positif. Pilihan selanjutnya ada pada diri sendiri, sudahkah menerapkan hidup sehat di keseharian ? mari dukung bersama Gerakan Masyarakat Hidup Sehat.

14 komentar:

  1. ayooo galakan GERMAS, bukan gerakan ala mas-mas yaaa hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaahah..Mba Ophi Bisa aja
      mari kita budayakan gayaa hidup sehat :)

      Hapus
  2. Susahnya olahraga rutin, kalo ngumpul ma temen gini pasti bisa lebih terjadwal olahraganya ya Mbak. Sukses germas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya..ya..makin banyak yg terangkul akan makin banyak yg sadar pentingnya hidup sehat

      Hapus
  3. Sejak pindah dimari kudu sepedaan kalau mau ke kota. Badan pertama-tamanya capek banget, bagian betis terutama...tapi sekarang lumayan terbiasa. Yah hitung-hitung olahraga ya mak..Malu sama oma-oma bule disini yang masih kuat ngengontel :D ha ha

    BalasHapus
    Balasan
    1. waahhh..serunya Mba Dewi. tp negara2 di eropa sana memang suka sekali sepedaan y ^_^

      Hapus
  4. yuk teruskan polah hidup sehat dan olahraga

    BalasHapus
    Balasan
    1. hayoooo...semakin budayakan gerakan hidup sehat

      Hapus
  5. Kombinasi yang pas, rajin olah raga dan makan buah dan sayur , ayo hidup sehat

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuppss..tepat sekali. itulah kenapa hal itu sangat ditekankan dlm menjalankan Germas

      Hapus
  6. Yuuk, disosialisasikan terus, gerakan hidup sehat

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayooo..semangat hidup sehat utk indonesia lbh baik

      Hapus
  7. Mba, saya baru tahu singkatan Germas nih.
    Keren, blogger diundang acara sama menteri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga artikelnya memmbantu :)
      karna kemenkes yg menerapkan pola tsb

      Hapus