Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Rabu, 06 September 2017

Factory Visit AQUA : Pemberdayaan Lingkungan Melalui Program CSR (Part I)

Kita tentu sangat familiar dengan iklan orang-orang yang kurang daya konsentrasi, lalu kata yang terdengar adalah #AdaAQUA. Yups, tagline itu begitu melekat di AQUA sebagai salah satu produsen terbesar di Indonesia. Dan Saya menjadi satu yang beruntung mendapat kesempatan untuk mengunjungi pabrik AQUA di Pasuruan - Jawa Timur sekitar awal Mei 2017 lalu,  melihat secara langsung produksi hingga beragam kegiatan CSR yang berbasis terhadap sosial dan lingkungan.


Visit Aqua 2017 (Doc. Aqua lestari)
AQUA FACTORY - Kebon Candi, Pasuruan

Hari pertama setelah mendarat di Sidoarjo, Kami segera menuju ke Pabrik AQUA Kebon Candi. Beberapa staff dan Management menyambut hangat kedatangan Kami. Bapak Hari Wicaksono, Staff CSR Koordinator Danone AQUA Kebon Candi memberi kata sambutan dan mengenalkan beberapa peraturan selama visit pabrik. Dalam beberapa waktu ke depan, bersama team, beliau akan menemani untuk melihat pabrik dan CSR yang diberdayakan bagi masyarakat setempat juga lingkungan sekitar.

Bapak Mohammad Sunarno selaku Kepala Pabrik AQUA Keboncandi Plant Pasuruan. menjelaskan mengenai seluk beluk kondisis secara umum yang ada di Pabrik Kebon Candi. PT Tirta Investama sebagai produsen air mineral AQUA, menjamin kemurnian air karena tetap menjaga kontrol mutu maupun keamanan produk di pasaran karena proses produksi yang digunakan berprinsip pada hydro pro system.
Bpk Moh.Sunarno (Doc.Pri)
"Setiap tetes air yang diproduksi senantiasa dijaga bebas dari kontaminasi benda asing. Pengawasan ketat dilakukan secara berkala setiap hari, sehingga kualitas air tetap terlindungi." Bapak Sunarno menjelaskan

Pabrik Keboncandi, Pasuruan yang didirikan pada tahun 1984 merupakan bangunan terbesar kedua milik perusahaan ini yang memproduksi galon air AQUA. Mengutamakan proses dari mata air pegunungan yang bersih dan layak di konsumsi, dengan memenuhi syarat fisik air minum dan kandungan hidrologinya. Melewati tahap uji kontrol  untuk kandungan pH balance, kebersihan, kejernihan dan   keseimbangan sebelum di pasarkan. 

Taman Kolbu (Doc.Pri)
Dalam lingkungan pabrik, juga ada sebuah area hijau di namakan Kali Moyo Garden Taman Kolbu yang kerap dijadikan sebagai sarana edukasi untuk masyarakat sekitar. Di tanami berbagai macam tanaman dengan wadah kemasan AQUA yang didaur ulang menjadi wadah dan berbagai kreatifitas.

Kampung Batik Mendalan

Di area kunjungan lainnya, Kami mendatangi Desa Mendalan, Kecamatan Winongan, Kabupaten Pasuruan. Sebagai salah satu program CSR AQUA dalam pengembangan industri rumah yang bekerja sama dengan lembaga swadaya masyarakat. Adapun beberapa bantuan yang diberikan berupa bimbingan, penyediaan alat, dan distribusi kepada pihak pembeli. Produksinya berupa batik Mendalan dengan corak motif daun sirih dan daun sukun. Warnanya pun berwarna-warni dan dominan cerah.

Batik Mendalan (Doc.Pri)
Dibawah naungan yang menamakan Kelompok Batik Bina Lestari, dengan pemberdayaan masyarakat setempat. Telah berdiri sejak tahun 2010, saat ini sudah bergabung sekitar 10 perempuan berusia produktif. Di tempat ini, Saya dan beberapa teman lainnya melihat produksi batik mulai dari mencanting hingga pencelupan.

Konservasi Lingkungan CSR AQUA 

Tidak terhenti disitu, AQUA Keboncandi juga melakukan kerja sama dengan Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Perhutani, dan masyarakat desa sekitarnya untuk menanam ribuan bibit tanaman endemik lokal. Saya dan beberapa teman blogger pun berkesempatan untuk menanam pohon di lereng pegunungan. Penanaman pohon ini merupakan komitmen AQUA dalam hal sosial dan lingkungan dengan berbasis daerah aliran sungai (DAS) dari hulu hingga hilir sebagai upaya konservasi lingkungan. Ada empat pilar dalam program ini, yakni perlindungan sumber daya air, pengurangan CO2, optimalisasi kemasan, dan pengumpulan sampah kemasan distribusi produk secara berkelanjutan.


Penanaman Pohon (Doc.Pri)

To Be Continue. . . . .

17 komentar:

  1. aku pernah ke kampung batik itu
    bagus2 batiknya
    acaranya seru mbak
    ditunggu kelanjutannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya..warna2nya memikat dg motif yg khas

      Hapus
  2. aqua memang sehat dimana mana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena produksinya juga detail bgt utk kehigeinisannya

      Hapus
  3. Wah CSR Aqua ternyata bagus juga ya programnya. asik banget mbak bisa melihat langsung pabrik Aqua

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah. Bersyukur mendapat kesempatan tsb mba ^_^

      Hapus
  4. Asyik baca tiba-tiba to be continued, hihi. Seru baca program.CSR Aqua, ternyata Aqua peduli untuk menanam ribuan tanaman endemik. Salut buat Aqua.
    Kira-kira lanjutan artikelnya kapan ya? Lagi seru baca CSR, pengen tahu lanjutannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Segera rilis. Terima kasih banyak mba utk respon positifnya
      Senang bisa berbagi informasi :)

      Hapus
  5. artikel yang di berikan sangat bagus dan bermanfaat untuk kita semua...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih banyak. Semoga menginspirasi

      Hapus
  6. Wah asiknya jalan2 terus nih mba Siti. Seger euy ke pabrik air mineral.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah mba. Jadi tau berbagai hal . Jd pengalaman berharga yg berkesan bgt

      Hapus
  7. semoga dana CSR-nya ngalir terus dan bermanfaat buat masyarakat ya. secara perusahaan sebesar Aqua

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Semoga kegiatan semacam ini juga bisa menginspirasi usaha2 lain yg perduli terhadap lingkungan & masy. Sekitar

      Hapus
  8. Beruntung banget bisa diundang untuk menikmati tempat ini. Seru banget nih liat program CSR yang bisa diberdayakan dan dijaga oleh masyarakatnya

    BalasHapus
  9. Aku pernah visit yang di Sukabumi, program2 pemberdayaan masyarakatnya bagus, apalagi pengelolaan lingkungannya

    BalasHapus