Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Sabtu, 26 Maret 2016

Mencari Oleh-oleh Khas Jakarta

Selain di sematkan sebagai ibu kota negara, maupun pusat pemerintahan Jakarta sudah terkenal sebagai kota metropolitan. Segalanya serba ada, namun mungkin masih sebagian orang bingung untuk buah tangan sebagai oleh-oleh setelah berkunjung dari kota urban ini. Jangankan warga pendatang, sebagian warga asli yang dikenal dengan suku betawi pun belum tentu tahu di mana pusat oleh-oleh Jakarta.

Biasanya yang bisa di jadikan oleh-oleh seperti souvenir misalnya adalah icon dari suatu kota. Nah, untuk Jakarta sendiri mengedepankan ondel-ondel dan tugu monas sebagai iconic abadi sehingga sering dijadikan dan di aplikasikan dalam bentuk souvenir seperti gantungan kunci ataupun t-shirt. Tidak terlalu sulit untuk menemukan penjual-penjual ini karena di berbagai lokasi wisata unggulan seperti monas atau Taman Mini Indonesia Indah dan kawasan kota tua banyak penjual yg menjajakan dagangan ini.

Untuk kuliner Jakarta memiliki beraneka macam khas sebut saja kerak telor, Bir Pletok, Gado-gado, Laksa Betawi dan lain sebagainya. Namun beberapa jenis itu sudah barang tentu cukup sulit dijadikan buah tangan dan tidak akan mampu bertahan lama. Namun tidak usah khawatir, Jakarta juga memiliki kudapan jenis makanan kering yang bisa di bawa sebagai oleh-oleh untuk para wisatawan.

Beberapa diantaranya ada akar kelapa, biji ketapang, kembang goyang, dodol betawi, kue bawang, kue geplak dan lain sebagainya. Meskipun kuliner ini kian punah dan sudah cukup sulit ditemui namun di beberapa tempat masih ada yang menyetok. Sebagai informasi, kudapan tersebut cukup mudah ditemui di kala hari raya idul fitri khususnya di kalangan keluarga betawi.

Salah satu pusat oleh-oleh khas jakarta adalah toko yang dinamai Mpo Romlah  sebenarnya merupakan singkatan dari ‘roemah oleh-oleh’. Kebetulan Romlah adalah nama khas untuk wanita Betawi. Dan ‘Mpo’ adalah sebutan yang biasa disematkan kepada wanita Betawi sebagai penghormatan, seperti istilah ‘mbak’. Oleh sebab itu icon ‘Mpo Romlah’ adalah none Jakarta dengan baju khas Betawi. 

Pusat oleh-oleh lainnya bertempat di Jalan Dr. Satrio no.7, Karet Kuningan, Jakarta Selatan atau di pusat perbelanjaan Thamrin City  Lt.1 blok H5 no.5 Jalan KH, Mas Mansyur , Kebon Melati - Tanah Abang.
Sumber gbr : www.KhasJakarta.com
Semoga rekomendasi tersebut dapat membantu bagi yang ingin membawa buah tangan atas kunjungannya dari ibu kota.

13 komentar:

  1. Dari dulu cuma nama kerak telor dan ketoprak tapi ga pernah cicipi langsung. Klo dibuat oleh2 luar provinsi, tahan ga ya? Baju khas betawi boleh juga tuh, klo d tempat saya baju khasnya kaus biru gambar singa xixixi :-)
    @ge1212y

    BalasHapus
  2. biji ketapang kayak gimana ya? kalau kembang goyang udah pernah nyoba

    @gemaulani

    BalasHapus
  3. Mpok Romlahnya dibawa pulang buat oleh-oleh boleh nggak mbak? hahaa

    @Wawa_eN

    BalasHapus
  4. Kalo dari jakarta biasanya aku titip baju dll dg harga grosiran di tanah abang hehe

    BalasHapus
  5. Kapan-kapan kalo ke Jakarta saya kesini ya, Mbak

    @amma_chemist

    BalasHapus
  6. oh mpo Romlah
    @guru5seni8
    http://hatidanpikiranjernih.blogspot.com

    BalasHapus
  7. Kalo saya ke Jakarta lagi entar saya mau mengunjungi disini saja.

    BalasHapus
  8. Kalau ke jakarta saya hanya membeli rotinya saja karena beda rasanya.

    BalasHapus
  9. Di rumah, aku di daerah Cakung. Dulu banyak yang bikin kuliner asli betawi. Tapi skr dah byk yg pindah. Jadi ya beli di toko-toko jg deh

    BalasHapus
  10. wah Jakarta mah ada ya pusat oleh-olehnya ya

    BalasHapus
  11. Laaah O_o baru tau ada tempat ginian...
    ya ampun, bertaun-taun tinggal di sini kaga pernah denger tempat ini..
    yeeeee mari berkunjungg!!

    BalasHapus
  12. belum pernah mampir ke pusat oleh2 jakarta si mba.. nnt kalo main ke jakarta bolehlah mampir...

    oh iya mba, jika berkenan boleh mnta folbacknya. hehe :)

    BalasHapus
  13. biji ketapanag, kue bawang itu kayak gimana ya rasanya? belum pernah nyoba
    jadi penasaran

    BalasHapus