Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Kamis, 08 Juni 2017

Mudik Sehat, Ciptakan Perjalanan Aman dan Nyaman

Hari jum'at, 02 Juni 2017 hesteg #MudikSehat meramaikan jagad trending topic twitter. Ternyata tengah ada penyuluhan seputar mudik, adat masyarakat Indonesia menjelang hari raya Idul Fitri. Begitu banyak terjadinya kecelakaan dalam perjalanan arus mudik atau arus balik. Melihat hal ini Departement Kesehatan mengangkat tema seputar pentingnya menjaga kesehatan ketika mudik.

Bertempat di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kalijodo, berada di dua kota administrasi yakni Jakarta Utara dan Jakarta Barat. Dengan luas area sekitar 1,4 hektar ini hadir dengan wajah baru yang sebelumnya sarat akan stigma negatif, saat ini makin bersahabat dengan masyarakat karena dilengkapi berbagai fasilitas, seperti taman, mushala, kios, outdoor fitness, toilet, lintasan jogging, lintasan sepeda, skate park, dan sound system.
Segenap team dari Departement Kesehatan mengajak masyarakat untuk mengetahui lebih luas perihal pentingnya menerapkan hidup sehat, mengaplikasikan GERMAS dalam keseharian. Melakukan tindakan sistematis dan terencana dengan kesadaran, kemauan, serta kemampuan untuk berperilaku sehat agar kualitas hidup lebih meningkat.

Fokus utama dalam penerapan GERMAS adalah dengan melakukan aktivitas fsik, konsumsi sayur dan buah serta memeriksa kesehatan secara rutin. Kegiatan ini sebenarnya sangat mudah dilakukan, dimulai dari diri sendiri dan keluarga yang nantinya pun akan membawa dampak positif ke lingkungan sekitar.

Di bulan ramadhan ini, berpuasa bukanlah halangan menerapi hidup sehat, beberapa hal sederhana berikut bisa dilakukan selama menunaikan ibadah puasa :
 1. Minum yang cukup untuk cegah dehidrasi dan perbanyak konsumsi air putih.
2. Konsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang.
3. Jangan langsung berbuka dalam porsi besar, makanlah secukupnya.
4. Ketika sahur, usahakan konsumsi buah-buahan bervitamin.
5. Tidur di awal waktu dengan porsi cukup agar energi dapat berproduksi baik dalam tubuh.
6. Minimalkan aktivitas fisik, setidaknya olah raga ringan sebelum berbuka.
7. Orang yang lemah fisik seperti ibu hamil, menyusui, lansia, pasien hipertensi, penyakit jantung atau asma, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter jika mengalami gangguan kesehatan.
8. Jangan menghentikan pengobatan tanpa nasehat medis.
9.Monitor gula darah untuk penderita diabetes.
10. Segera batalkan puasa jika terjadi masalah kesehatan

Mudik Sehat, Perjalanan Aman dan Nyaman

Bagi perantau, moment mudik adalah suatu hal yang dinanti ketika hendak bertemu sanak keluarga yang lama tak dijumpai. Tentu saja, demi keluarga yang menanti, persiapkan mudik dengan tepat yang paling penting adalah kondisi keadaan diri mesti sehat dan prima.
Source : FebriantiRachma
Dr. H.R. Deddy Kuswenda. M.Kes direktur promosi kesehatan  dan pemberdayaan masyarakat mengatakan "Masalah kesehatan timbul saat mudik biasanya karena kelelahan ketika berkendara, untuk itu para pemudik harus memperhatikan kondisi juga segala resiko yang timbul nantinya."

Untuk pengendara atau pengemudi sebaiknya istirahat setelah melakukan perjalanan kurang lebih 4 jam, karena biasanya diwaktu tersebut pengemudi atau pengendara mulai muncul rasa penat yang akhirnya akan mengurangi konsentrasi ketika mengendara. Departement Kesehatan memberikan pelayanan di masa mudik lebaran tahun 2017 ini akan disediakan banyak posko kesehatan yang di tempatkan di titik keramaian, seperti pom bensin, rest area, stasiun, terminal, pelabuhan dan bandara. Pun demikian dalam waktu dekat juga akan launching aplikasi android info posko kesehatan terdekat.

Drg. Kartini Rustandi selaku Direktur Kesehatan Kerja dan Olahraga, menambahkan  “Ada sekitar lima belas provinsi yang menjadi prioritas dalam skala nasional.  Daerah yang paling dipantau yakni Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur karena daerah tersebut  memiliki kepadatan yang lebih di jalur mudik."
source : Febriantyrachma
Jumlah Pos Layanan Kesehatan yang tersebar di 15 propinsi terdiri dari (913) Pos Kesehatan, (2228) Puskesmas, (374) Rumah Sakit, dan (207) Kantor  Kesehatan Pelabuhan.

Dukungan lain Dinas Kesehatan yang dilakukan menjelang mudik lebaran :

- Emergency 119 untuk pelayanan kesehatan darurat
- Pemeriksaan kesehatan pengemudi (tes narkoba)
- Promosi kesehatan berupa flyer, banner, spanduk, poster, leaflet
- Koordinasi pos pelayanan kesehatan (Puskesmas dan Rumah Sakit)
- Penilaian status kesehatan dan kelayakan pengemudi
- Kerjasama dengan Departemen Perhubungan untuk mengantisipasi masalah arus mudik

Menghindari arus puncak mudik yang padat, berikut beberapa tips yang bisa diterapkan :
1. Mudik lebih awal, terlebih ketika membawa anak-anak.
2. Jika membawa bayi atau anak kecil siapkan makanan matang, snack dan air hangat
3. Siapkan konsumsi terutama air putih.

Selamat mudik dan berhati-hatilah selama perjalanan. Utamakan Keselamatan sebagai kebutuhan. Ingat keluarga yang menanti kehadiran.

9 komentar:

  1. Setujuuuu tp taon ini aku tak mudik hiks

    BalasHapus
  2. Jadi pengen mudik ke kampung ��

    BalasHapus
  3. Bener banget, moment mudik emang selalu ditunggu2 macam diriku ini hahaha karena ga pulkam kalo g lebaran hikshiks jadi mesti ngebela2in meskipun macetnya kayak apa wkwkkw. Btw bawa air putih itu wajib emang di setiap perjalanan apalagi mudik yg jaraknya jauh begini

    BalasHapus
  4. Terimakasih untuk infonya mba Nur, dqngat bermanfaat sekali terutama untuk yang akan mudik ya

    BalasHapus
  5. Gede juga yak, 1,4 hektar itu kalijodo. Wah mudik juga harus prepare kesehatan pula

    BalasHapus
  6. Mudik adalah rutinitas lebaran, jd demi keselamatan yuk perhatikan mudik sehat ini

    BalasHapus
  7. Thanks Mbak Nur buat infonya. Bermanfaat banget ini buat teman-teman yang mau mudik :)

    BalasHapus
  8. Makasih mbak infonya, kebetulan saya sangat suka mudik. Ini bisa jadi referensi buat saya nih

    BalasHapus
  9. Mudik harus tetap sehat,keren lah sekarang Dina Kesehatan banyak memberikan dukungan. Semiga dengan pemudik yang sehat bisa mengurangi angka lakalantas.

    BalasHapus