Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Selasa, 25 April 2017

Pentingnya Menciptakan Momen Berkualitas Bersama Keluarga

Waktu bersama kaluarga merupakan hal yang berharga, terlebih bagi seorang Ibu bekerja yang cukup sulit menciptakan moment berkualitas bagi si buah hati. Padahal masa-masa emas perkembangan mereka adalah hal yang luar biasa tak tergantikan dan tak akan terulang. Meskipun belum berkeluarga, Saya sering kali mendapat informasi tentang parenting yang membahas kehidupan dan momentum berharga yang harusnya di lakukan para orang tua.
Happy Lactogrow Workshop (Doc.Pri)
Dalam sebuah kesempatan, di sebuah resto Pacific Place, Nestle LACTOGROW memperkenalkan Happy Wonderland, sebuah arena kegiatan edukatif dan interaktif dengan suasana ceria dan penuh imajinasi. Adapun tujuannya untuk mendorong kebahagiaan keluarga dengan memfasilitasi ayah, ibu serta anak untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama.

Maka dari itu, Nestle LACTOGROW mengundang keluarga Indonesia untuk datang ke Happy Wonderland dan menikmati beragam permainan edukatif dan interaktif, seperti :


1. Happy Tummy Journey (pemainan halang-rintang yang mengajak anak untuk mengenal saluran cerna yang sehat).
2. Happy Steps (permainan papan yang dilengkapi dengan pesan edukatif).
3. Magical Art (layar interaktif berukuran besar yang akan mengajak
4. Fantasy Box (area photo booth bertemakan wonderland).
5. Carousel Craft (aktivitas kerajinan tangan yang mengajak orang tua dan anak untuk saling membantu dan bekerja sama).

LACTOGROW ingin terus menyediakan wadah untuk memperkuat ikatan orang tua dan anak guna mencapai tumbuh kembang optimal anak. Ibu Gusti Kattani Maulani selaku Brand Manager Nestle LACTOGROW, menyatakan tebentuknya kebahagian keluarga menjadi faktor penting dalam pembentukan karakter dan tumbuh kembang anak. Dengan menciptakan waktu berkualitas bersama menjadi salah satu bagian dari pola pengasuhan yang telah terbukti memiliki efek yang signifikan terhadap perilaku sosial dan emosional serta perkembangan kognitif anak.

Dalam merancang Happy Wonderland, juga melibatkan psikolog dan ahli gizi medik sehingga seluruh kegiatan yang terdapat di dalamnya tidak hanya bersifat edukatif namun juga membantu membangun ikatan yang kuat antara orang tua dan anak.

Setelah sukses menggelar di Kota Kasablanka Mall , Jakarta pada 1-2 April 2017, Happy Wonderland juga digelar di tujuh kota lainnya, yakni :
1. Solo: 25-26 Maret 2017 di Solo Square
2. Banjarmasin: 22-23 April 2017 di Duta Mall
3. Lampung: 6-7 Mei 2017 di Boemi Kedaton Mall
4. Pekanbaru: 6-7 Mei 2017 di SKA Mall
5. Bekasi: 13-14 Mei 2017 di Summarecon Mall
6. Manado: 13-14 Mei 2017 di Manado Town Square
7. Malang: 20-21 Mei 2017 di Malang Town Square
Happy Wonderland (Doc : Official @awalsehatnestle)
Tahukah, bahwa pertumbuhan otak dan penunjang tumbuh kembang anak juga di pengaruhi oleh saluran cerna yang sehat ? hal ini menjadi salah satu kunci penting penentu kualitas pertumbuhan seorang anak karena saluran cerna sehat mengirimkan sinyal positif sehingga bisa memengaruhi perkembangan otak.

DR. Dr. Saptawati Bardosono, MSc. selaku ahli gizi medik dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia menjelaskan, “Salah satu ciri pencernaan sehat adalah adanya keseimbangan komunitas mikrobiota baik pada usus. Bila komposisi mikrobiota saluran cerna anak dalam keadaan seimbang, maka akan terjadi komunikasi timbal-balik antara saluran cerna dengan otak yang mengatur fungsi kognisi, perilaku dan karakter anak.”
Fungsi saluran cerna
1) penyerapan zat gizi dan makanan
2) penggerakan usus utk membawa makanan dan nengeluarkan sisa makanan
3) Fungsi kekebalan tubuh oleh selaput lendir di sepanjang saluran cerna
4) keseimbangan mikrobiota atau bakteri usus yang dapat mempengaruhi kemampuan. Dalam menjalankan aktifitas, anak perlu diberi nutrisi berupa bakteri baik, seperti Lactobacillus reuteri, serta zat gizi mikro seperti vitamin dan mineral.

Ibu Elizabeth Santosa, Mpsi, Psi, ACC berbagi informasi seputar menciptakan kebahagiaan anak dengan mewujudkan komunikasi dua arah yang kemudian berpengaruh terhadap saluran cerna dan perkembangan otak. Itulah sebabnya, sebagai orang tua harus paham akan bahasa kasih yang digunakan karena setiap anak memiliki karakter berbeda. Terbagi dalam 5 tipe bahasa kasih yang umum dikenal, diantaranya :
1. afirmasi ( ketika orang tua memberi pujian).
2. waktu berkualitas ( ditemani membuat anak merasa dirinya penting seperti kebersamaan tanpa gadget).
3. sentuhan fisik (pelukan,mengusap pundak, bermanja, hormon oksitosin
 meningkat yang kemudian membentuk anak memiliki rasa belas asih).
4. Hadiah atau rewards (surprise sebagai simbol kasih sayang
5. melayani dan membantu ( perilaku menolong saat anak meminta bantuan)

Sebagaimana pasangan selebriti Fahri Albar dan Renata sangat memperhatikan tumbuh kembang sang anak. Dimana mereka memiliki cara tersendiri yang sebagiannya diungkapkan narasumber dalam menciptakan harmonisasi keluarga dalam wujud bentuk keperdulian dan rasa sayang kepada buah hatinya.

6 komentar:

  1. cara ikut bikin liputan gimana mba,, ajarin donk:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. duuhh..MasIrwin lebih senior. pasti lebih paham :)

      Hapus
  2. wiii seru banget aktivitasnya yaa.. wah di Manado juga adaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seru banget Mba, sebagai sarana edukasi terhadap anak juga. tersebar di kota2 besar Indoensia lainnya

      Hapus
  3. Kelihatannya seru banget tuh

    BalasHapus