Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Kamis, 06 Maret 2014

Pentingnya Bahasa Inggris di Era Globalisasi

Memasuki perputaran era globalisasi semakin menuntut sumber daya manusia untuk semakin terampil karena sengitnya persaingan dan pasar bebas. Perusahaan-perusahaan asing tengah menjamur dan merajai perekonomian bangsa, untuk itulah sebagai generani harapan negeri sudah sepatutnya kita memiliki kemampuan yang mumpuni untuk menghadapi segala perkembangan dan persaingan.
http://4.bp.blogspot.com/-7IxA9RPqgPQ/UgpJROWu32I/AAAAAAAAAF8/z402sqxjTdg/s1600/global.jpg


Apakah ada hubungannya antara bahasa inggris di zaman era globalisasi ? tentu saja, bahasa inggris adalah bahasa pengantar universal yang digunakan beberapa negara. Bahasa Inggris telah di tetapkan menjadi salah satu bahasa internasional sebagai bahasa verbal untuk berkomunikasi antar pihak lintas negara. Beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan peran dari keterampilan bahasa inggris itu sendiri adalah :
1) Meninggkatkan kemampuan secara global
    Jika pemahaman bahasa inggris sudah cukup baik, maka kita akan
    mampu memahami kondisi global secara benar karena banyaknya
    istlah asing yang telah banyak digunakan.
  
2) Meningkatkan Potensi dan kualitas diri
    Seseorang yang memiliki kemampuan dalam berbahasa asing
    biasanya akan lebih percaya diri di ruang publik, selain itu
    menunjang taraf kehidupan lebih baik karena menunjang
    ke kehidupan karir dengan kualitas serta kemampuannya.
  
3) Memperluas Jaringan Internasional
    Tidak diragukan lagi, seseorang yang memiliki skill bahasa asing
    secara baik, akan mampu bersosialisasi dan berkomunikasi lintas
    negara secara benar.

Sebagai contoh, dimana penulis pun pernah mengalami kesulitan mengenai program bahasa inggris yang kini semakin digalakan hampir di setiap jenjang. Seperti ujian nasional di era saya, bahasa inggri menjadi ujian wajib dan syarat mutlak kelulusan belum lagi saat menghadapi ujian masuk perguruan tinggi. Betapa pentingnya bahasa inggris untuk dipahami dan dijadikan satu keterampilan dalam pemahaman dan penggunaan  di kehidupan sosial yang dijalani jika tak ingin tergerus zaman.

Contoh lain adalah saat melamar pekerjaan, hampir seluruh perusahaan multinasional menuntut karyawannya mahir dalam berbahasa inggris baik lisan maupun tulisan. Seperti ketika menghadapi test wawancara, bahkan tak sedikit telah menerapkan penggunaan bahasa inggris itu mulai dari curiculum vitae yang di luncurkan calon pelamar hingga test tertulisnya. Pun ketika memasuki dunia persaingan kerja, komunikasi dengan pihak lain terutama yang dari luar negara sudah pasti menuntut seseorang untuk berkomunikasi dengan bahasa internasional tersebut.

Belajar Cepat Bahasa Inggris
Seiring perkembangan zaman dan teknologi, sistem belajar atau menguasai bahasa inggris kini bukan lagi hal yang sulit. Selain telah banyaknya tempat-tempat kursus yang menawarkan jasa pengajaran dan pemahaman bahasa inggris dengan cara dan sistem yang berbeda di setiap tempatnya.

kini belajar bahasa inggris bukan lagi hal yang sulit, tidak sedikit pula tempat pembelajaran yang menawarkan sistem online sehingga bisa diakses dimanapun. Lebih efesien tanpa harus bercape-cape mengejar waktu jam belajar. Hanya tinggal membuka laptop / gedget segala informasi pun bisa diserap dengan mudah.

10 komentar:

  1. Yupz, di era kapitalisasi, di tengah hegemoni suatu bangsa yang serakah yang di pelopori oleh negeri adidaya, kita menjadi larut dan merasa bahasa Inggris itu penting... :) padahal...????????

    BalasHapus
    Balasan
    1. yupps..menguasai bahasa inggris bukan berarti melupakan bahasa (ibu), setidaknya menjadi sebuah keterampilang di tengah sengitnya persaingan dunia

      Hapus
  2. bener mba, ia memang sya ini hnyalah seorang plajar yang tdk bgitu paham pda bhs. inggris, namun krn pentingnya bhs inggris d era skrng ini ia sya hrus brusaha agar bsa mnguasai bhs. inggris

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan berhenti untuk belajar,,itu aja kunci utama..semangaat ^_^

      Hapus
  3. bener bos, di jaman sekarang bahasa inggris seperti wajib, tapi sayang saya belum menguasainya, hehehe....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya..seperti bahasa primer kedua setelah bahasa Indonesia, masih bisa untuk terus belajar

      Hapus
  4. penting banget, mbak. apalagi kalo yang pengen dapet beasiswa. TOEFL harus memenuhi syarat. memang tinggi skornya, tapi berguna saat harus berkomunikasi dengan teman2 satu kampus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuppss..benar sekali,,uji kemampuan TOEFL sekarang tuch seakan menjadi dasar utk mendapatkan penghasilan yg lebih baik :)

      Hapus
  5. Aku di kantor ngobrol pakai bahasa inggris :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Widiiihhh..keren mahir banget dong... :)

      Hapus