Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Rabu, 22 Juli 2015

One Day Trip Bandung Barat

Kali ini saya akan menuliskan kembali cerita seputar perjalanan one day trip, cukup telat sebenarnya karena perjalanan ini saya lakukan sekitar satu bulan lalu pada saat tanggal merah libur hari raya nyepi. Bergabung bersama salah satu agent travel, saya pun medapat kenalan baru yang membuat perjalanan menjadi cukup menyenangkan.

Bertandang ke daerah Bandung Barat, pertama menelusuri Gua Pawon. Menurut wikipedia gua ini merupakan situs purbakala dimana pernah di temukannya kerangka manusia purba yang merupakan nenek moyang orang sunda. Terletak di gunung masigit daerah padalarang dimana terdapat banyak bukit dan lembah. 

Mulut gua pawon relatif cukup besar dan tidak terlalu gelap lantaran cahaya matahari dapat masuk melalui celah langit atap goa. Di awal-awal aroma tak sedap cukup menyengat  berasal dari kotoran kelelawar. Menuruni ke bawah sisi goa terdapat situs purbakala dimana ada fosil kerangka manusia purba yang di pagari.
Perjalanan berikutnya adalah menelusuri taman batu yang berada tepat di atas gua pawon, untuk menuju ke sana dapat melewati jalan yang cukup menanjak memakan waktu 15-30 menit tergantung kesanggupan dan stamina namun tak dapat di pungkiri dalam perjalanan hiking sepanjang kurang lebih 1,5 km  akan disajikan pedangang yang indah. Dinamakan stone garden lantaran area tersebut merupakan hamparan tanah luas yang terisi oleh formasi bebatuan tak beraturan dan membentuk taman alam yang cukup indah. Jenis bebatuan yang ada di sana berbeda dari  umumnya, teksturnya seperti koral seperti bebatuan yang berada di laut.

Konon kabarnya Stone garden menjadi saksi bisu dari terbentuknya danau Bandung purba merupakan puing-puing dasar laut zaman prasejarah. Kawasan ini dahulunya adalah lautan dangkal yang terangkat ke atas lantaran gempa besar yang menerpa.
kawasan ini merupakan sebuah lautan dangkal yang terangkat ke atas dikarenakan gempa yang sangat dahsyat.

Copy and WIN : http://ow.ly/KNICZ
kawasan ini merupakan sebuah lautan dangkal yang terangkat ke atas dikarenakan gempa yang sangat dahsyat.

Copy and WIN : http://ow.ly/KNICZ

Puncak bukit stone garden berada di puncak Gunung Pawon, Kampung Girimulya Desa Gunung Masigit Kecamatan Cipatat Kab.Bandung Barat, Jawa Barat. Ketinggiaan puncaknya 908 meter diatas permukaan laut, Luas hamparan geowisata ini sekitar 2 hektar jika beruntung akan menemukan salah satu batu yang merupakan kerang laut. Ini juga pembuktian bahwa batuan dilokasi ini dulunya adalah kerang laut yang kemudian bertransformasi menjadi hamparan bukit karna aktivitas alam.
 
Beralih ke tempat berikutnya, berlokasi sekitar 10 km dari cimahi ke arah lembang sebuah air terjun yang cukup mempesona dikenal dengan air terjun pelangi atau Curug Cimahi. Memiliki ketinggian 87 Meter merupakan salah satu curug tertinggi di kawasan Bandung. Untuk menuju ke lokasi indah ini pengunjung harus menempuh 587 anak tangga (saya sarankan sebaiknya pun memiliki stamina yang mumpuni, karena saat saya ke sana ada pengunjung yang pingsan lantaran kelelahan melalui perjalanan anak tangganya. Tapi tak perlu khawatir di beberapa lokasi ada shalter yang bisa digunakan untuk beristirahat).

Nama Cimahi berasal dari nama sungai yang mengalir di atasnya yaitu sungai cimahi yang berhulu di danau Lembang dan mengalir ke kota Cimahi. Curug ini berada pada ketinggian 1050 mdpl , jika di lihat dari atas curug ini memiliki dua tingkatan dengan air debit yang cukup besar dengan kapasitas yang sama baik musim penghujan ataupun kemarau. 

Kecantikannya Curug Cimahi menjadi tidak hanya bisa dilihat ketika siang hari saja, saat malam hari Curug Cimahi menjadi lebih mempesona dibandingkan saat siang hari. Hal itu terjadi berkat lampu instalasi yang secara khusus dipasang di dinding bagian belakang air terjun. Lampu-lampu yang sudah terpasang tersebut didesain sedemikian rupa sehingga bisa menghasilkan warna-warna pelangi. Lampu-lampu berwarna itulah yang menyebabkan air terjun menjadi ikut berwarna. Ketika tertimpa cahaya, sontak air terjun tersebut menjadi lebih eksotik. Namun tidak di pungkiri, berdasarkan informasi dari warga setempat pengunjung pun dapat menikmati indahnya biasan pelangi secara alami saat pagi hari menjelang.

Menikmati keindahan alam memberikan semangat baru dan inspirasi sebagaimana quote berikut :



Travelling untuk memperoleh inspirasi.
Mengunjungi tempat-tempat baru akan membuka
Mata anda terhadap “luasnya” dunia, terlebih
Jika tempat yang dikunjungi punya keunikan
Ataupun keindahan alam tersendiri.

18 komentar:

  1. mba siti suka travelling yaa ? gimana tuh rasanya udah mengelilingi wisata yang ada di indonesia :) tapi seneng yaa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya,,suka sekali travelling. Wahh..saya masih berada di sekitaran pulau jawa belum keliling Indonesia (Hope bisa menjelajahi nusantara ) satu hal yg pasti semakin jauh melangkah mengenal Indonesia. maka akan semakin jatuh cinta pada ciptaan Allah pada negeri ini ^_^

      Hapus
  2. wahh mba siti keren banget jalan-jalannya udah nyampe pawon aja.. saya yang lahir dan gede di bandung malah belum pernah ke sana.. curug cimahi pun cuman lewat doang, keburu keder ama anak tangganya yang nyampe 500an itu :P

    salam kenal ya, mampir mbak ke pipitta.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal mba Pipitta ^_^
      lokasi2 ini memang sedang booming terkhir belakangan jadi buat penasaran untuk dikunjungi

      Hapus
  3. Berkat Instagram, khususnya hashtag #explorebandung, tempat-tempat kayak gini jadi ngehits.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenernya bagus untuk memajukan sektor wisata,,tapi sedihnya kerap ga di imbangi sama rasa tanggung jawab untuk menjaga dari beberapa wisatawan

      Hapus
  4. Waduh..
    Aku yang tinggal di Bandung malahan belum pernah mengunjungi tempat2 diatas lho hehe...

    Tapi Bandung emang banyak banget tempat wisata asyik buat dikunjungi deh :))

    Sepertinya nanti harus ngajakin anak main ke Pawon & Curug Cimahi deh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayoo mba Dikunjungi, Bandung kini semakin lengkap dan selain wisata kota..wisata alam juga sangat menarik

      Hapus
  5. Mau infonya dong pake Jasa traveling mana ,,
    Butuh Budget berapaan mba ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemaren sih budgetnya ga sampe 200k search di mbah google banyak info Trip Organizer yg nawarin

      Hapus
  6. aku baca beberapa postnya jalan-jalan teruuus hihi jadi iri euy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahha..hanya menjalani kegemaran aja mba. Menikmati keindahan alam di negeri sendiri ;)

      Hapus
  7. boleh kali ajak ajak kalo travelling lagi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh,,banget,, yuu marilah kalo suka ngebolang kebetulan udah lama ga ayo..
      heheheh

      Hapus
  8. wah kalo rejeki januari sampe situ mbak.... hehe mantap dah....

    BalasHapus
    Balasan
    1. widddiiihh..asyeek, jngn berhenti melangkah untuk mensyukuri nikmat-NYA dg keindahan alam nan mempesona

      Hapus
  9. Stone garden kaya tebing keraton gak sit?

    BalasHapus