Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Rabu, 06 November 2013

Ciri dan Penanggulangan bagi si Lemah Jantung

http://jantunglemah.com/wp-content/uploads/2012/08/jantung-lemah.jpg Lemah jantung adalah suatu kondisi di mana jantung tidak berfungsi secara normal atau kemampuannya menurun. Jantung memiliki otot khusus yang bergantung pada kemampuan tekanan darah dalam tubuh. Berbeda dengan otot tubuh lainnya, semakin besar otot jantung, maka semakin menurun pula kemampuannya untuk memompa darah. Berikut adalah tujuh gejala lemah jantung yang perlu diwaspadai, seperti dilansir Ucsfhealth.org.
1. Sesak napas

Ketika fungsi jantung mulai melemah, darah kembali ke dalam pembuluh darah yang memasok oksigen dari paru-paru ke jantung. Akibatnya, sistem pernapasan menjadi mudah terganggu. Biasanya, gejala tersebut muncul saat sedang berolahraga atau melakukan kegiatan lainnya.

2. Kelelahan

Menurunnya kemampuannya jantung membuat organ penting ini tidak dapat memompa cukup darah untuk memenuhi kebutuhan seluruh tubuh. Dampaknya, darah dialihkan dari bagian yang kurang penting dari tubuh, seperti lengan dan kaki, untuk memasok ke daerah yang lebih penting seperti jantung dan otak. Akibatnya, penderita lemah jantung sering merasa kelelahanterutama di bagian lengan dan kaki, serta memiliki kesulitan melakukan aktivitas normal seperti berjalan, naik tangga atau membawa beban berat.

3. Batuk yang kronis

Penumpukan cairan di paru-paru dapat menyebabkan batuk yang sulit disembuhkan. Terkadang, paru-parumenghasilkan dahak atau lendir yang bercampur dengan darah.

4. Detak jantung yang cepat dan tidak teratur

Jantung dapat mempercepat denyut nadi untuk mengimbangi ketidakmampuannya untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Penderita lemah jantung akan merasakan detak jantung yang terkadang berdebar-debar atau tidak teratur.

5. Nafsu makan menurun

Ketika sistem jantung dan pencernaan telah bekerja keras, tetapi gagal untuk menerima suplai darah yang sehat, akibatnya adalah munculnya rasa mual atau kenyang walau belum makan. Hal ini dapat menyebabkan berat badan berkurang dengan cepat.

6. Gangguan pikiran

Kadar tak terkontrol dari zat tertentu dalam darah, seperti sodium dan berkurangnya aliran darah ke otak dapat mengganggu memori atau menyebabkan disorientasi. Namun, banyak dari mereka yang menderita lemah jantung yang tidak menyadarinya.

7. Akumulasi cairan dan pembengkakan

Karena aliran darah ke ginjal terganggu, ginjal memproduksi hormon berlebihan yang menyebabkan akumulasi garam dan air. Pembengkakan ini paling sering terjadi pada pergelangan tangan dan kaki.
Gejalala lain yang nampak dan mendasar adalah :

- Anda mungkin sering merasa berdebar-debar
- Sering keluar keringat dingin
- Mudah terkejut dan mudah lelah

Bahan-bahan obat alami untuk resep terapi lemah jantung yang disarankan adalah sebagai berikut.
- Kuning telur ayam kampung sebanyak 2 butir (atau 3 butir tergantung daya tahan lambung)
- Kunyit kira-kira sebesar ibu jari
- Madu 2 sdm

obat lemah jantung alami
Cara membuat ramuan obat lemah jantung alami
Parut kunyit, lalu peras dan ambil airnya saja (ampasnya dibuang), masukkan air perasan kunyit ke dalam gelas. Tambahkan dua atau tiga butir kuning telur ayam kampung. Tambahkan juga 2 sendok makan madu. Lalu kocoklah ramuan herbal tersebut.

Minum setiap pagi sebanyak 1 kali.
Terapi berikutnya yaitu, setiap malam sebelum tidur konsumsilah 1 siung bawang putih dengan cara ditelan. Besarnya bawang putih kira-kira sebesar ukuran kapsul.
Selain itu, dalam terapi obat lemah jantung ini saya dianjurkan setiap pagi ketika bangun dari tidur, langsung minum 2 gelas air putih.

Sebagai saran tambahan, ada beberapa tambahan yang perlu diperhatikan oleh penderita jantung lemah.
1. Jangan bekerja terlalu berat
2. Banyak makan makanan yang mengandung vit B1 seperti : kuning telur, wortel.
3. Banyak makan makanan yang mengandung vit E seperti : susu, daging, tauge, hati dan mentega

Kondisi jantung yang lemah ini harus segera ditanggulangi agar tidak semakin memburuk dan yang jelas akan semakin membahayakan kondisi penderitanya.
Bagaimana caranya? Itu pasti pertanyaan yang muncul di benak Anda. Tidak ada cara lain kecuali menerapkan pola hidup sehat. Beberapa cara dan tips memperkuat jantung lemah ini bisa dijadikan panduan untuk membantu memulihkan kondisi jantung yang tidak normal.
Berolahraga Ringan 30 Menit

Rajin berolahraga adalah cara tepat memulihkan lemah jantung. Seperti melakukan senam aerobik yang akan meningkatkan detak jantung dan menurunkan tekanan darah atau melakukan olahraga mudah lainnya seperti jalan kaki, berkebun, naik sepeda, dan berenang.
Rutin melakukannya minimal 30 menit sebanyak lima kali dalam seminggu akan menguatkan jantung lemah Anda. Berolahraga juga sangat baik untuk memperkuat kondisi psikis Anda.
Olahraga aerobik bermanfaat memperkuat lemah jantung. Hal ini dibuktikan lewat penelitian yang dilakukan oleh Pusat Kesehatan Universitas Columbia pada tahun 2007. Aerobik terbukti mengurangi respon berlebihan dalam tubuh dan mengurangi kemungkinan terjadinya aterosklerosis.
Dari 46 sampel darah orang dewasa yang diteliti sebelum dan setelah melakukan aerobik, ditemukan bahwa respon berlebihan dalam tubuh cenderung lebih dapat dikendalikan pada orang yang teratur melakukan aerobik. Hal ini sangat baik bagi kesehatan jantung karena respon yang berlebihan dalam tubuh dapat menjadi pangkal terjadinya serangan jantung.
Berhenti Merokok

Rokok adalah musuh terbesar jantung. Menghisap rokok secara terus-menerus sama seperti dengan memasukkan racun ke dalam tubuh sendiri. Perlambatan atau pelemahan kerja jantung termasuk salah satu akibat dari asap rokok yang terus-menerus masuk ke dalam tubuh.
Zat karbonmonoksida pada rokok dapat memicu terjadinya aterosklerosis, yaitu pengerasan pada pembuluh koroner. Zat CO2 dan nikotin pada rokok juga akan membuat lemah jantung sebab pembuluh darah menjadi menyempit dan mengurangi kemampuan sel darah merah dalam memasok oksigen.
Keburukan lain dari rokok adalah meningkatkan tekanan darah. Untuk memperkuat lemah jantung, Anda wajib menghindari rokok selama-lamanya.
Menurunkan Berat Badan

Memiliki berat badan normal juga membantu memperkuat lemah jantung. Berat badan berlebih membuat organ-organ tubuh akan bekerja ekstra keras. Selain potensial mengakibatkan terjadinya serangan jantung, kelebihan berat badan juga akan memicu stroke, diabetes, dan tekanan darah tinggi.
Mengurangi berat badan ke kondisi normal bukan saja akan membantu menguatkan jantung yang lemah, namun juga memperlancar peredaran darah dan menurunkan tekanan darah.
Mengurangi Lemak

Berhati-hatilah saat mengonsumsi daging yang mengandung lemak tinggi. Hal itu akan meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh dan menyebabkan terjadinya penimbunan lemak. Akibatnya, aliran darah menjadi tidak lancar dan membahayakan kesehatan jantung.
Untuk mengatasi lemah jantung, mengurangi konsumsi daging sudah seharusnya dilakukan. Batasi konsumsi daging berlemak tinggi tidak lebih dari 10 persen konsumsi kalori sehari-hari Anda. Supaya lemah jantung yang Anda derita tidak bertambah buruk.
Waspadai Penyakit yang Berhubungan dengan Jantung

Diabetes dan kelebihan kolesterol tinggi adalah faktor resiko terjadinya serangan jantung. Untuk itu, Anda wajib mewaspadai terjadinya kondisi buruk tersebut. Selalu menjaga kesehatan tubuh dan berkonsultasi dengan dokter merupakan cara untuk mengantisipasi kondisi yang tidak diinginkan tersebut.
Batasi Konsumsi Makanan Pabrik dan Konsumsi Suplemen Herbal
Makanan dari pabrik seperti makanan kaleng biasanya mengandung lemak yang dapat mempengaruhi kesehatan prima jantung. Menghindari makanan buatan pabrik itu sangat dianjurkan untuk membuat jantung lemah Anda tidak bertambah parah.

Cara lain, Anda dapat mengonsumsi herbal seperti Noni Juice atau Sarang Semut. Neil Solomon, MD.PhD, peneliti masalah kesehatan dari Amerika melaporkan bahwa buah Noni mengandung sejenis fitonutrien, yaitu scopoletin yang berfungsi untuk memperlebar saluran pembuluh darah yang mengalami penyempitan serta membersihkan endapan penyebab aterosklerosis dalam pembuluh darah.

Dengan demikian, pembuluh darah menjadi lentur sehingga kerja jantung memompa darah tidak begitu berat dan tekanan darah menjadi normal. Sama seperti Noni Juice, Sarang Semut juga bekerja dengan menyehatkan sistem pembuluh darah yang bersumbangsih pada terjadinya lemah jantung.

Kombinasi berbagai senyawa aktif yang dimilikinya juga mampu menstabilkan ritme jantung sehingga herbal ini juga layak dipertimbangkan untuk mengatasi gangguan lemah jantung yang Anda miliki.

Sebenarnya, masih ada beberapa tanaman obat lain yang berpotensi digunakan dalam mencegah dan mengatasi berbagai gangguan penyakit jantung termasuk lemah jantung. 
Namun, kedua herbal ini adalah yang paling direkomendasikan karena memang sudah terbukti secara empiris efektif dalam pengobatan penyakit jantung. Sudah banyak juga referensi-referensi yang tersedia sehubungan dengan bagaimana kedua herbal ini ampuh dalam memperbaiki kinerja jantung.

Sumber : Berbagai Sumber

6 komentar:

  1. Semoga dengan adanya artikel ini akan dapat membantu proses penyembuhan untuk penderita jantung lemah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya..mba semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi yang membutuhkan. Terima kasih sudah berkunjung ^_^

      Hapus
  2. Obat Stroke Iskemik Herbal Alami adalah sebuah solusi untuk anda yang bingung mencari obat untuk mengatasi penyakit stroke, selain itu ada juga Obat Untuk Mengobati Stroke Ringan Herbal yang memang banyak dicari karena sekarang ini banyak sekali penderita penyakit stroke ringan. Obat Stroke Tradisional Alami Ampuh, memang sangat ampuh karena terbuat dari bahan-bahan tradisional. Obat Untuk Stroke Ringan Yang Manjur juga sangat ampuh untuk mengatasi stroke ringan. Untuk itu Obat Penyakit Stroke Alami dan Tradisional sangat membantu sekali untuk pengobatan penyakit stroke. Obat Mujarab Untuk mengobati Penyakit Stroke merupakan sebuah obat mujarab yang banyak dijadikan alternatif oleh banyak orang, Obat Penyakit Stroke Alami dan Tradisional dan Obat Alami Untuk Mengobati Penyakit Stroke ini sudah banyak membantu orang-orang yang mengidap penyakit stroke dengan menggunakan Obat Untuk Penyakit Stroke Paling Ampuh. Obat Herbal Untuk Penderita Penyakit Stroke ini sangat aman, karena terbuat dari bahan alami yang 100% herbal. Obat Tradisional Untuk Penyakit Stroke Berat pun tersedia untuk anda yang memang mengalmai stroke berat. Untuk itu baik Obat Tradisional Untuk Menyembuhkan Penyakit Stroke, Obat Untuk Mengobati Stroke Ringan Maupun Berat, ataupun Obat Herbal Yang Mampu Untuk Mengobati Penyakit Stroke sangat baik dan berkhasiat sangat tinggi untuk mengobati penyakit stroke hingga tuntas.

    BalasHapus
  3. Ramuan tradisional untuk obat asam urat adalah obat yang banyak dicari oleh wanita, dan pria yang berumur di atas 30 tahun, karena banyak yang terkena penyakit asam urat. bahkan sekarang di bawah umur 30 tahun sudah terkena asam urat akut. jika penyakit sudah parah akan mengakibatkan persendian tidak bisa bergerak. tetapi anda tidak usah khawatir, karena sekarang sudah muncul obat untuk asam urat herbal tradisional berkhasiat tinggi. obat asam urat yang alami ampuh dari dulu tradisional ini adalah salah satu obat herbal asam urat dan kolesterol menahun tradisional berkhasiat tinggi, dan obat asam urat herbal tradisional terbaik alami ampuh dari dulu. tidak hanya bisa dijadikan untuk obat asam urat dan testimoni penderita asam urat, tetapi bisa juga mengobati kolesterol tinggi.
    jika anda mencari obat untuk mengobati asam urat dan kolesterol tinggi, disini tempatnya menjual cari obat untuk mengobati asam urat paling ampuh. sedikit bahasan tentang jual herbal obat untuk penyakit asam urat, obat untuk mengobati asam urat tanpa zat kimia ini adalah obat untuk penyakit asam urat terbaik tanpa zat kimia. jika anda sudah bosan dengan obat kimia, jangan khawatir karena ini adalah obat tradisional untuk penyakit asam urat akut tanpa zat kimia. produk kami menjual obat asam urat kualitas terjamin terbaik. banyak yang sudah menggunakan info tentang obat untuk penyakit asam urat dan memberikan testimoni yang positif.obat penyakit asam urat ampuh

    BalasHapus
  4. artikelnya cukup menarik, saya sudah membacanya :)

    BalasHapus