Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Kamis, 05 September 2013

7 Khas Indonesia Yang di Agungkan Negara Lain

Indonesia, negeri yang kaya akan khasanah budaya yang tak ternilai. Kerap kali menjadi primadona di kancah internasional, bahkan tidak sedikit yang mengclaim akan keasliannya. Berikut adalah khas dari indonesia yang begitu di agungkan negara lain :

1) Museum Batik di Jerman

Batik merupakan sebuah warisan asli Indonesia. Keberadaannya kini tidak hanya untuk orang tua saja, namun para pemuda pun juga menjadi pengagum batik. Ternyata, tak hanya penduduk asli Indonesia saja yang mengagumi karya batik ini. Sebut saja Rudolf G. Smend, pria asal Jerman ini menjadi pengagum batik sampai-sampai membuat museum dan galeri batik di Jerman.

Setelah batik disahkan menjadi warisan budaya asli Indonesia pada (2/10) di Perancis tahun 2009,   nama batik semakin menggaung ke seluruh penjuru dunia. Penikmat dan pengagumnya pun terus bertambah. Tapi, kisah Smend mengenai museum dan galeri batiknya sudah dimulai sejak tahun 1973. Kisah Smend dan batik bermula ketika ia berkunjung ke Indonesia, tepatnya di kota Yogyakarta.

Sudah sekitar 40 tahun museum dan galeri batiknya berdiri. Banyak kisah unik yang mengiringi perjalanan mereka untuk mencintai warisan budaya asal Indonesia ini. Kini, di usianya yang ke 71 galeri miliknya semakin banyak terisi oleh batik-batik tulis Indonesia. Selain batik, Smend juga mengoleksi beberapa peralatan membatik dan pernak-pernik lainnya.

Terletak di kawasan Mainzerstra"e, galeri batik yang merupakan kantor pusat Smend, juga terdapat rak-rak buku semacam perpustakaan yang tentunya berisi buku-buku mengenai batik-batik Indonesia. Di ruangan yang tak begitu besar itu, ada beberapa etalase yang tak lain berisi aneka ragam batik. Ada pojok etalase yang khusus untuk kain batik klasik, pernak-pernik membuat batik seperti canting, wajan, wax pan dan bahan warna. Di dinding galeri pun terpajang dengan apik puluhan koleksi stamp atau alat untuk mencetak pola batik. Eiiits… tidak hanya itu saja, koleksi canting pria berumur (71th) ini berasal dari berbagai penjuru dunia, lho. 
 
Selain berkunjung ke galeri Smend untuk melihat koleksi batik, pengunjung juga bisa belajar membatik. Smend telah menyiapkan peralatan untuk belajar batik di galerinya. Jadi, pengunjung bisa langsung belajar dengan menggunakan peralatan itu. Alat-alat membatik tersebut juga Smend gunakan untuk memberi workshop seputar batik di Jerman.

Tak hanya di Jerman saja, Smend juga rajin memperkenalkan batik koleksinya tersebut ketika ia sedang menghadiri forum internasional, seperti di pameran tekstil Tribal & Textile Arts Show di San Francisco, AS. Kecintaannya terhadap batik ini tak dipungkiri berkat perjumpaannya dengan Gianto di Yogyakarta pada tahun 1972.

2)  Taman Ganesha di Belgia

Seorang warga asli Belgia, Erick Domb memperlihatkan kecintaannya terhadap Indonesia dengan membangun taman dengan nuansa Indonesia yang kental. Taman yang diberi nama The Kingdom of Ganesha tersebut dibangun di Parc Paradisio, Brugelette, Belgia. Domb yang juga CEO Parc Paradisio, menyiapkan lahan seluas 5 hektar khusus untuk membangun taman Indonesia tersebut. Taman ini menjadi langka, unik, serta istimewa bagi warga Belgia. Dan sudah pasti membanggakan bagi warga Indonesia.

Di dalam taman Indonesia ini, berdiri Puri Agung Shanti Buwana, yang ukurannya persis dengan yang ada di Bali.  Sambil berdiri di atas pesawahan bertingkat ala Ubud. Domb mengatakan dibangunnya The Kingdom of Ganesha merupakan wujud penghargaan dan rasa hormat atas kekagumannya terhadap bangsa Indonesia. Taman ini pertama kali dibuka dan diresmikan pada 20 Mei 2009, oleh menteri kebudayaan dan pariwisata Indonesia saat itu, Jero Wacik.
http://4.bp.blogspot.com/_2pjBh_8luG8/TFZeVK-fXSI/AAAAAAAAAUM/kPHVxH3-A1M/s640/pura-agung.jpg

Guna menjaga keasliannya, material batu yang digunakan, didatangkan langsung dari Gunung Merapi, Jawa Tengah. Taman ini diperkenalkan Domb tidak hanya menjadi pusat rekreasi yang menawarkan keakraban alam, manusia, dan kebudayaan, tapi juga konservasi berkonsep modern untuk mempromosikan pariwisata, ekonomi, dan invenstasi Indonesia di Eropa secara permanen.

Parc Paradisio juga merupakan sebuah taman konservasi flora dan fauna, yang dibangun di tengah sisa bangunan kastil tua, chateau yang mengoleksi sekitar 3500 spesies binatang dan 1500 spesies tanaman dan tumbuhan.

3) Rendang, Nasi Goreng dan Sate Makanan Terlezat di Dunia

Rendang atau biasa disebut Beef Rendang adalah makanan khas tradisional Minangkabau,yang menggunakan daging dan santan kelapa sebahai bahan utama. Dengan kandungan bumbu dan racikan rempah yang menggugah selera ini telah mencuri perhatian dunia dan menempatkannya sebagai makanan terlezat dari 50 makanan lezat lain dari berbagai negara

http://3.bp.blogspot.com/-4W4ax_kgc7s/ULK6vBKrGBI/AAAAAAAAAGI/pkTh9EzAycU/s320/kuliner-indonesia1.jpghttp://namakutree.files.wordpress.com/2011/11/nasi-goreng.jpghttp://2.bp.blogspot.com/_2AXloYUUTes/TPznzUGWhmI/AAAAAAAAAAM/GSQZNxFLwKQ/s320/sate.jpg
Urutan ke-2 masakan terlezat di dunia masih dari Indonesia yang tak lain dan tak bukan adalah nasi goreng. Yang dimaksud Nasi goreng adalah racikan makanan berbahan dasar nasih di goreng bersama bumbu - bumbu dan rempah yang memang tumbuh di trpoisnya Indonesia. Dan sebagai pelengkap kerap kali bisa ditambahkan dengan telur, ayam atau bahkan sosis. Dan nasi goreng ini sangat pas dinikmati kapan saja.

Sate Indonesia termasuk makanan terlezat didunia dengan menduduki urutan ke- 14. Sate adalah makanan yang terbuat dari potongan daging yang di iris kecil-kecil dan kemudian di tusuki pada tusukan sate yang umumnya terbuat dari lidi tulang daun kelapa yang kemudian dibaluri bumbu dan di bakar diatas bara arang.

4) Keris Indonesia Di Rusia

Keris-keris dari berbagai daerah di Indonesia dipajang dalam pameran bertajuk "Senjata Magis dari Surga" di Museum Seni Ketimuran di Moskow, Rusia, Selasa, 19 Februari 2013 malam. Ada sekitar 100 keris dan puluhan senjata tradisional yang dipajang dalam pameran tersebut. Senjata-senjata tradisional dalam pameran tersebut merupakan koleksi Museum Asia Pasifik Warsawa, Polandia yang menggelar pameran di Moskow hingga 12 Maret.
http://kemlu.go.id/moscow/Picture/%5BNews%5D%2020130222/keris/Keris%204.jpg
Duta Besar Indonesia untuk Federasi Rusia dan Republik Belarus, Djauhari Oratmangun, mengatakan bahwa keris adalah representasi budaya Indonesia yang sudah diakui di seluruh dunia. “Seperti halnya Indonesia, Rusia dan Polandia tentu punya senjata atau hasil kebudayaan khas yang merepresentasikan diri mereka. Saya yakin dengan pameran ini, warga Rusia dan juga Polandia bisa semakin mengetahui budaya Indonesia dan dengan demikian mempererat hubungan antarnegara,” kata Djauhari pada acara pembukaan yang dihadiri sekitar 300 pengunjung, mayoritas merupakan warga Rusia.

Keterangan yang dipasang di sisi keris-keris dan senjata tradisional yang dipamerkan menerangkan usia mereka sebagian besar sudah lebih dari 50 tahun. Meski demikian, penampilan benda-benda seni itu terlihat sangat baik dan terawat. Sarung keris berukir yang terbuat dari campuran kayu dan metal terlihat berkilap. Bilah-bilah keris dari besi dengan lekukannya yang khas itu terlihat berkilau dan karat pun nyaris tak terlihat. 

Wakil Direktur Museum Asia Pasifik Warsawa Joanna Wasilewska kagum dengan banyaknya pengunjung yang datang. Wasilewska mengatakan sebagian besar koleksi keris yang dipajang adalah milik Direktur Museum Asia Pasifik Andrzej Wawrzyniak yang tidak bisa hadir karena sakit. “Dia menyampaikan salam hangat untuk Anda semua di sini. Dia mencintai benda seni Indonesia, terutama keris, dan sekitar 90 persen keris yang ada di sini adalah koleksinya yang sudah dia kumpulkan selama bertahun-tahun,” kata Wasilewska.
 
Menurut Wasilewska, benda seni yang dibawa ke Moskow hanya sebagian kecil dari koleksi yang mereka miliki di Warsawa. "Kami adalah satu-satunya museum di Polandia yang fokus pada benda-benda seni dari Asia Tenggara, dan koleksi dari Indonesia sangat banyak. Kami belum memiliki tempat permanen yang cukup besar untuk memajang seluruh koleksi yang kami miliki. Meski demikian, kami aktif membuat pameran berkala bekerja sama dengan museum-museum lain."

5) Kain tenun Indonesia Yang digunakan Fashion Internasional

Gairah tenun Indonesia ternyata telah dilirik dunia Internasional sebagai trend fashion masa kini. Terbukti perlahan kepopuleran kain tenun khas Indonesia terus menerus mengalami kepopuleritasannya.Tingkat kepopularitasan kain tenuh khas Indonesia ini tidak lain diprakarsai oleh sosok perempuan Indonesia yang berjuang menjadikan kain tenun Indonesia diakui dunia. Beliau adalah Okke Rajasa istri dari Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa, yang telah membuktikan bahwa kain tenun Indonesia diakui dunia Internasional.
http://www.ultimoparadiso.com/wp-content/uploads/2013/04/tenun.jpg
Terpilihnya kain tenun Indonesia sebagai salah satu trend fashion dunia menjadi sebuah langkah yang baik, dan saya kira seharusnya memang kita mengakui bahwa budaya Indonesia yang beragam ini perlu diapresiasikan bersama. Dengan penghargaan dunia terhadap kain tenun, saya berharap banyak bahwa selayaknya memang Indonesia perlu memberikan sebuah penghargaan atas itu semua.

Bahkan Brand Internasional sekelas Gucci & Christian Dior menganggap tenun Indonesia sangat berharga karna handmade (buatan tangan). Itulah yang membuat brand internasional seperti mereka mau bekerja sama dengan pengerajin Indonesia dan menjadi kebanggaan melihat kain asli Indonesia tampil di runway designer internationalmulai dari Milan, Paris dan London

6) Sekolah Gamelan Internasional

Kesenian musik gamelan terus berkembang dengan pesat. Hingga pada perkembangan selanjutnya kesenian musik ini dipakai untuk mengiringi pagelaran wayang, dan tarian. Barulah pada beberapa waktu sesudahnya berdiri sebagai musik sendiri dan dilengkapi dengan suara para sinden.
 
http://4.bp.blogspot.com/-Z8O8Dgs9jzY/UJU0VKXUnOI/AAAAAAAAAT0/8sDEdvUYppA/s320/2c8a2a448b74a2bba15872569aaf8d4c.jpg
Bahkan, Gamelan Menjadi Kurikulum Sekolah Di New Zealand, Singapura, Jepang dan Amerika Serikat. Di New Zeland, gamelan menjadi kurikulum tetap New Zealand School of Music (NZSM) special Indonesian Gamelan. Di Singapura Gamelan dijadikan sebagai mata pelajaran wajib di sekolah dasar. Sementara di Amerika Gamelan Jawa sudah terkenal di berbagai Universitas unggulan, seperti di Berkley, San Jose University, Lewis and Clark College, Michigan dll. Di jepang gamelan juga sudah menjadi media ajar di berbagai universitas.

Gamelan sungguh telah menularkan keelokan irama yang mendalam bagi masyarakat dunia. Tak ayal jika gamelan kini dapat dijumpai dimana-mana. Bahkan konon katanya, di Amerika Serikat (AS) ada 500 perangkat gamelan lebih, di Ingris, Jepang ada sekitar 100 perangkat gamelan dan ada di Australia, Jerman, perancis dan bahkan di Singapura hampir tiap Sekolah Dasar memiliki gamelan.  

7) Bali dan Lombok di Mata Dunia

Pulau Bali sangat terkenal di mancanegara sebagai destinasi wisata selain Hawaii. Di bali kita bisa menikmati wisata apa saja, mulai dari wisata budaya, pura, pantai, danau, gunung dan sebagainya. Bahkan orang Korea Selatan menyebut pulau mereka yaitu Pulau Jeju dengan sebutan “Bali in Korea” karena keindahan alamnya. Selain menawarkan keindahan alam terutama pantai – pantai yang memukau, Bali juga menjunjung tinggi budayanya dan hal tersebut menjadi ciri khas dari Pulau Bali itu sendiri. Banyak artis – artis Hollywood yang selalu menjadikan Bali sebagai tempat tujuan wisata. Dan karena terkenalnya Bali di mancanegara, salah satu film yang dibintangi artis Hollywood Julia Robert bersetting di Bali yaitu “Eat, Pray, Love”.
http://1.bp.blogspot.com/-cPIZ4PM37AY/UVUv6u7mTqI/AAAAAAAAAus/YraGrSv9Cgg/s400/danau-Bedugul-Bali-Indonesia2.jpghttp://4.bp.blogspot.com/-XMmRtcFqsiY/TzZ3gFffPnI/AAAAAAAAAKE/6QDOtTAobvk/s400/gili-trawangan+2.jpg
Pulau Lombok adalah sebuah pulau di kepulauan Sunda Kecil atau Nusa Tenggara yang terpisahkan oleh Selat Lombok dari Bali di sebelah barat dan Selat Alas di sebelah timur dari Sumbawa. Pulau ini kurang lebih berbentuk bulat dengan semacam “ekor” di sisi barat daya yang panjangnya kurang lebih 70 km. Luas pulau ini mencapai 5.435 km², menempatkannya pada peringkat 108 dari daftar pulau berdasarkan luasnya di dunia. Kota utama di pulau ini adalah Kota Mataram.

Sama halnya dengan pulau Bali, pulau Lombok juga terkenal di mancanegara. Di lombok banyak sekali objek wisata yang menarik, di antaranya Pantai Senggigi yang indah sekali. Lombok sering disebut sebagai Bali Small oleh banyak wisatawan asing.


Sumber : Berbagai Sumber

1 komentar:

  1. Wohooo ini dia liputan spesial mimin buat penggemar daging sejati. check this out » https://www.youtube.com/watch?v=EXIONB3zUDQ #Kuliner

    BalasHapus