Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Jumat, 19 Juli 2013

Buka Puasa Bersama Menjalin Silaturahim

http://badgesimages.yotomo.com/bukber.pngRamadhan adalah bulan penuh berkah, bulan mulia bagi umat muslim, bulan istimewa diantara sebelas bulan lainnya. Banyak hikmah dan manfaat dengan kedatangan bulan mulia ini, dari segi kesehatan para pakar pun menyatakan bahwa berpuasa dengan berpuasa kita tengah mengistirahatkan organ penceernaan selama setahun bekerja keras. Pun dari segi rohani, kita di latih untuk menahan hawa nafsu dan segala emosi.

Begitu juga, kerap kali Ramadhan dijadikan ajang silaturahim antar sesama keluarga maupun teman-teman. Umumnya di bulan Ramadhan, keluarga yang biasanya jarang sekali berkumpul entah karena kesibukan kerja, kuliah,sekolah dan lain sebagainya. Namun berbeda ketika Ramadhan, menjelang saat berbuka puasa biasanya seluruh keluarga sudah berkumpul menantikan adzan maghrib berkumandang.

Begitupula dengan teman-teman atau rekan kerja, bahkan tidak jarang Ramadhan menjadi ajang reuni dengan acara buka bersama yang dipersiapkan beberapa pihak. Mengadakan buka bersama terkhusus kepada kawan-kawan lama menjadi ajang yang begitu dinanti, selama ini mungkin ada sebagian yang memang jarang sekali bertemu maupun berkomunikasi namun dengan kesepakatan diadakannya buka puasa bersama satu sama lain bisa saling bertemu kembali.

Buka puasa bersama tidak harus mewah, tidak harus mahal yang terpenting dari semua itu adalah jalinan silaturahim tetap terjaga. Saya yakin hampir semua orang pasti pernah mendapat undangan ataupun menghadiri buka puasa bersama, begitu menyenangkan bukan saat berkumpul bersama dan saling berbagi??

Adapula yang mengadakan buka puasa bersama dengan kegiatan sosial, seperti buka bersama anak-anak yatim, panti asuhan maupun panti jompo. Begitu mengharukan dan bahagianya saat dimana kita bisa berbagi. Melihat tawa mereka, senyum mereka, kebahagiaan mereka ada rasa yang tak mampu terungkap karena berbagi itu indah.

Menurut hemat saya manfaat buka puasa bersama adalah menjalin silaturahim, mempererat hubungan baik dengan keluarga maupun sahabat, berkumpul bersama orang-orang terkasih bisa saling berbagi yang terkadang mempertemukan dengan orang-orang yang memang jarang ditemui.

Mari,manfaatkan Ramadhan nan indah ini dengan tetap menjaga silaturahim dengan sesama, begitu pula dengan pemeluk agama lain kita harus memiliki sikap toleransi dan cinta damai serta saling menghormati. Bangsa ini terdiri dari berbagi suku, ras, budaya dan agamanya yang beraneka ragam alangkah indah jika semua bisa saling menghargai satu sama lain. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar