Laman

Sabtu, 13 Mei 2023

4 Ciri Khas Rumah Modern Minimalis

Memiliki rumah impian saat ini seakan menjadi suatu pencapaian barometer kesuksesan, apalagi bagi kaum millenial. Seiring berkembangnya zaman, perangkat dan design rumah pun turut berubah. Kini banyak orang lebih tertarik mengadopsi design rumah modern minimalis.

Sumber Gambar : freepik

Mengingat luas lahan yang kian menyempit kepemilikan rumah berdesign modern minimalis dari sebuah rumah tidak membutuhkan lahan luas. Sehingga nilai harga properti lebih ekonomis.

Rumah modern minimalis memiliki design yang simple tetapi tetap memperlihatkan sisi elegan. Tak heran jika begitu banyak digemari lantaran juga memberikan kesan menarik yang sederhana tetapi tidak ketinggalan zaman. Berikut adalah 4 ciri khas yang umum dijumpai pada rumah dengan adopsi modern minimalis.

1. Design fungsional

Rumah modern minimalis sangat mengutamakan efisiensi dan kesederhanaan. Ini artinya Kamu harus mengurangi pemakaian dekorasi yang berlebihan. Rumah modern minimalis biasanya tidak memiliki banyak hiasan pada bagian-bagiannya.

Dengan meminimalisir pemasangan dekorasi, ruang-ruang rumah menjadi lebih bersih, rapi, dan memberikan kesan ruangan lebih lega. Dekorasi rumah minimalis yang sedikit, menciptakan ruangan yang memiliki kesan tenang dan santai, sehingga menciptakan suasanan lebih tenang dan sekiranya cukup pas untuk beristirahat ataupun bekerja.

2.Furniture Efisien

Tak hanya desainnya yang menggunakan konsep minimalis, penggunaan furniture yang sederhana seperti sofa, meja, rak dan lemari pun tidak terlalu banyak dekorasi dan tidak terlalu besar sehingga furniture ini dapat memaksimalkan tampilan konsep modern minimalis di rumah.

Design modern minimalisnya akan menciptakan kesan yang sederhana, ketenangan dan kemewahan dalam konsepnya yang terbatas.

3. Pencahayaan alami

Ciri khas berikutnya adalah pencahayaan alami dari design rumah modern minimalis. Bisa dibilang konsep design rumah seperti ini lebih ramah lingkungan karena pemilihan jendela atau pintu yang berguna sebagai sirkulasi udara untuk memberikan kesan yang lebih segar di dalam ruangan.

Design rumah modern minimalis mengutamakan ruang yang rapi, tertata dan bersih. Esensi dari konsep minimalis adalah dengan memiliki sedikit barang sehingga gerak penghuni dalam ruangan lebih leluasa.

Ruang yang lega dapat diciptakan dengan mengurangi dinding-dinding di dalam ruangan yang tidak diperlukan. Ruang yang lebih terbuka lebar ini bermanfaat untuk mengoptimalkan pencahayaan alami dan sirkulasi udara. Ruangan yang dihasilkan lebih terang dengan udara yang lebih segar.

Suasana ruang dengan pencahayaan yang cukup juga turut mendukung kegiatan belajar mengajar di rumah. Kondisi seperti ini juga kerap kali di aplikasikan oleh keluarga yang memberi ruang belajar anak melalui home scholling, saat ini banyak keluarga yang memberikan pendidikan anak tidak melalui sekolah formal. Nah bagi kamu yang ingin tahu berbagai info dan tips untuk refrensi mengenai home schooling bisa di baca Blog Homeschooling tidak terkecuali yang tengah mencari rekomendasi Home Education Centre dengan beragam materi belajar serta tutor berkualifikasi.

4. Design Compact

Bisa dibilang rumah compact mengarahkan penghuninya untuk menjalani gaya hidup minimalis yang tentunya akan disesuaikan dengan kebutuhan penghuninya. Tidak banyak atribut, sehingga rumah terasa luas dan bersih. Jadi yang tersisa hanya ruangan yang esensial saja.

Ruang yang multifungsi dan bersih inilah yang akan mengarahkan penghuninya untuk hanya menyimpan hal-hal yang diperlukan, dan menghilangkan ketidakpuasan karena menyimpan hal-hal yang tidak perlu.

Sekilas, konsep ini mirip dengan gaya hidup sesuai metode yang dicetuskan oleh Marie Kondo. Hal ini bisa dimulai dengan membersihkan rumah berdasarkan ruangan. Lalu bebenah dan sortir barang sesuai dengan kategori serta eliminisi barang yang sekiranya tidak lagi dibutuhkan.

Membangun konsep rumah modern minimalis dapat dimulai dengan memenuhi beberapa aspek elemen penting. Sehingga tak hanya enak dipandang dari luar, namun rumah juga  memberi kesan nyaman pada saat ditinggali.

Dengan memiliki rumah yang nyaman terutama bagi masyarakat dengan mobilitas tinggi, kebutuhan akan rasa nyaman tentu sangat di damba di tengah aktivitas setiap hari yang melelahkan. Konsep rumah modern minimalis yang cenderung mengoptimalkan rumah secara fungsional sehingga tak heran jika design seperti ini menjadi impian masyarakat kekinian.

1 komentar:

  1. Ciri khasnya bisa diduga, memang rumah modern minimalis belakangan ini banyak digemari bahkan menjadi tren. Ciri khas ini yang sepertinya menjadi daya tarik bagi banyak untuk memilihnya. Dari desainnya yang terlihat modern, tapi minimalis mmemberi kesan mewah. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus